10 Tips Belanja Hemat Harbolnas, Bisa Untung Besar!


Harbolnas adalah momen yang ditunggu banyak konsumen karena di hari itu ada banyak diskon dari berbagai e-commerce. Cek sejarah dan tips belanja hemat saat Hari Belanja Online Nasional dalam pembahasan ini! 

Apa Itu Harbolnas?

Hari Belanja Online Nasional atau disingkat Harbolnas adalah festival belanja online pada tanggal 12 bulan 12 setiap tahunnya di Indonesia. Berbagai situs e-commerce memberikan diskon dan banyak promosi pada konsumen sepanjang hari itu. 

Bisa dibilang Harbolnas 12.12 adalah penyelenggaraan diskon e-commerce terbesar dan sangat ditunggu jutaan konsumen. Para pedagang online juga memanfaatkan festival belanja ini untuk meraih keuntungan maksimal sekaligus meningkatkan brand awareness atas produk yang ditawarkan. 

Menilik sejarah, Hari Belanja Online Nasional pertama kali diselenggarakan pada 12.12.12 oleh satu situs e-commerce Indonesia. 

Pada tahun tersebut transaksi belanja online belum menjadi tren, sehingga festival belanja online pun dicetuskan untuk memperkenalkan masyarakat tentang cara belanja baru yang lebih mudah dan praktis.

Kegiatan belanja online pun semakin banyak diminati konsumen seiring perkembangan teknologi dan kemajuan industri bisnis. Berdasarkan survei, setidaknya 8 dari 10 konsumen Indonesia berbelanja online satu kali dalam sebulan

Belanja online dinilai lebih menguntungkan baik bagi konsumen dan penjual. Transaksi  jual beli yang mudah, praktis, cepat, murah, dan tidak terbatas jarak. 

Tips Belanja Hemat Harbolnas

Penjual online akan memberikan banyak diskon dan penawaran harga gila-gilaan pada festival belanja 12.12. 

Tentu saja ini akan menarik perhatian konsumen termasuk kamu, namun jangan sampai kalap berbelanja online. Diskon memang menggiurkan, namun pahami kebutuhan apa yang harus dan tidak harus kamu beli. 

Berikut ini tips belanja hemat saat Harbolnas: 

1. Belanja di Toko Online Tepercaya 

Saat ini ada banyak situs e-commerce dan website toko online yang mudah diakses dan memberi penawaran harga yang sangat murah. Jangan sampai kamu terkecoh dengan retail online abal-abal dan malah merugi berkali-kali lipat nantinya.

Pastikan situs belanja itu juga aman dan menjaga privasi akun kamu. 

2. Cek Anggaran Kamu 

Baik online atau offline, sebelum belanja kamu harus cek anggaran kamu. Apakah ada dana untuk belanja atau tidak? 

Terlebih lagi festival belanja online ini diadakan tanggal 12 atau tengah bulan di mana anggaran bulanan cenderung sudah menipis. 

Mengingat ini berlangsung tahunan, maka kamu masih bisa menabung dari jauh-jauh hari untuk membeli produk impian kamu. Bisa juga pisahkan anggaran belanja di awal bulan setelah gajian.

3. Siapkan Budget Sesuai Kemampuan 

Sudah menyisakan anggaran belanja? Sekarang tetapkan batas budget belanja sesuai kemampuan!

Misalnya, 100 ribu rupiah untuk untuk beli baju, 100 ribu untuk beli cemilan, dan 100 ribu lainnya untuk beli skin care

Ini akan membantu kamu tetap terkontrol saat belanja online. Kamu paham kemampuan belanja kamu berapa dan bagaimana memanfaatkan diskon untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

4. Urutkan Prioritas Produk

Kamu bisa menandai produk apa saja yang harus kamu beli sebelumnya. Buat daftar belanja yang pasti sesuai prioritas dan kebutuhan.

Daftar belanja akan menghindarkan kamu dari godaan untuk membeli ini dan itu (yang tidak kamu butuhkan) di hari festival belanja online nasional. 

5. Selalu Bandingkan Harga Barang

Bandingkan harga produk yang ingin kamu beli di beberapa toko online agar kamu mendapat penawaran harga terbaik.

Pastikan juga kualitas dan orisinalitas produk tersebut!

6. Kumpulkan Kupon Diskon  

Ini dia intisari dari Harbolnas, kamu harus mengumpulkan peluang diskon yang ditawarkan. 

Mulai dari kupon gratis ongkir (ongkos kirim), diskon sekian persen, cashback, beli 1 gratis 1, dan sebagainya. Kamu bisa tetap belanja dan berhemat dengan efektif.

7. Jangan Beli Produk karena Diskon 

Memang banyak diskon tapi jangan tergoda, ya!

Gunakan kupon diskon dengan maksimal untuk beli produk kebutuhan kamu yang esensial. 

Semua produk di situs belanja online memang sedang diskon gila-gilaan namun bukan berarti kamu harus memborongnya semua. 

Kamu juga harus cerdas memilih produk diskonan. Masalahnya ada oknum yang mengatakan produk A diskon 50% tapi itu hanya label saja—harganya sama saja dengan hari-hari sebelumnya. 

8. Hindari Pakai Pay Later 

Kini banyak yang menyediakan fasilitas pembayaran pay later (bayar belakangan) atau kartu kredit. Ini sangat memudahkan konsumen, namun kamu harus berhati-hati!

Jangan sampai kamu berhutang pada e-commerce karena belanja online berlebihan dan tidak bisa membayarnya. 

Apalagi berhutang karena membeli kebutuhan non-esensial yang bahkan tidak kamu gunakan sama sekali. Bijak dalam belanja online, jangan konsumtif atau termakan diskon. 

9. Pasang Pengingat Belanja 

Perdagangan online sering melakukan flash sale (diskon dalam waktu singkat). Nah, kamu jangan sampai terlambat karena harga di flash sale bisa turun sampai dua kali lipat lebih. 

Kamu bisa pasang pengingat untuk belanja online. Bila kamu terlambat pun jangan kecewa, karena pasti selalu ada gelombang diskon lanjutan. 

10. Belanja Cerdas

Berikut ini kiat belanja online cerdas:

  • Usahakan beli dari trusted seller, termasuk akun penjual yang sudah terverifikasi atau punya rating yang bagus. 
  • Baca testimoni dari konsumen untuk memahami kualitas produk yang ditawarkan. 
  • Jangan bertransaksi di luar situs belanja online karena rentan penipuan. 
  • Pertimbangkan kecepatan seller menjawab pertanyaan kamu dan cara komunikasinya.
  • Cek nomor rekening penjual sebelum melakukan transaksi. Kamu bisa cek secara online dan gratis.
  • Pahami fitur dan layanan yang tersedia. Misalnya, fitur pengembalian barang/dana, halaman untuk komplain, nomor layanan customer service, cara kerja cash on delivery (COD), dll. 

Bagi seller juga harus memanfaatkan Hari Belanja Online Nasional untuk meningkatkan peluang bisnis. 

Optimalkan bisnis kamu dengan membuat website toko di Praktisidigital secara gratis, untuk meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas brand kamu agar semakin laris manis mendapat keuntungan di festival belanja online terbesar!