7 Cara Memaksimalkan Fitur Instagram Shopping


Pengajuan IG shopping sudah lolos dan diterima? Langkah selanjutnya yaitu terapkan cara memaksimalkan fitur Instagram Shopping. Jika berhasil melakukannya, maka penjualan toko online akan meningkat. Bagaimana caranya? Cek panduannya dalam artikel ini!

Instagram Shopping approved
Pemberitahuan Instagram Shopping diterima pada Facebook Commerce Manager

Instagram Shopping merupakan salah satu cara terbaik untuk menampilkan produk dan mendorong lebih banyak penjualan. Postingan Instagram Shopping memudahkan orang untuk berbelanja produk yang mereka temukan di Instagram, tinggal sekali klik, lalu muncul harganya dan akan diarahkan ke halaman website produk tersebut.

View Shop
Tampilan Instagram Shopping

1. Tag Produk di Post

First thing first, setiap upload konten di Instagram, tandai produkmu. Kamu bisa tag produk di single image dan video post Instagram hingga 5 produk atau 20 produk per carousel post. Jadi, setiap kali kamu posting ke feeds, kamu dapat menciptakan pengalaman berbelanja untuk followers dan mulai menampilkan produk terbarumu. Cara menandai produk, sama dengan cara menandai orang dalam foto.

Cara tag produk Instagram Shopping
Cara tag produk Instagram Shopping
Instagram Shopping tag produk
Contoh foto yang sudah ditandai produk

2. Tag Produk di Story

Tidak hanya bisa tag produk di feeds, kamu juga bisa tag produk di Instagram Story. Saat followers kamu melihat rangkaian story, mereka bisa klik produk dan mengarah ke halaman produk tersebut. Kabar baiknya untuk bisnis kecil adalah tidak perlu menunggu followers hingga 10.000 untuk bisa pakai fitur swipe up mengarah ke website, jika Instagram Shopping kamu sudah disetujui, bisa langsung tandai produk dan mengarahkan traffic audiens ke website kamu.

Instagram Story tag produk
Tag produk di Instagram Story

3. Desain Tampilan

Tampilan Instagram Shopping bisa diatur di Facebook Business Manager pada bagian Commerce Manager > Shops > Edit. Sebaiknya pilih produk Dynamic pada bagian teratas agar tampilannya sesuai dengan preferensi masing-masing followers. Lalu pada bagian More From This Shop, bisa pilih All Products from Catalog agar semua produkmu tampil di Instagram Shopping. Kamu juga bisa menambahkan koleksi produkmu di sini, loh!

Commerce Manager
Commerce Manager
Edit Shop Commerce Manager
Edit desain toko

4. Update Produk di Facebook Catalog

Setiap kamu memiliki produk baru di website, jangan lupa untuk update produkmu di Facebook Catalog, agar terhubung ke Instagram Shopping untuk menandai stiker produk di foto. Nah, kemudahan pakai website Praktisidigital, kamu bisa melakukan integrasi tokomu dengan Facebook, dan… voila! Semua produkmu akan terhubung otomatis ke Facebook Catalog tanpa upload manual.

How to upload Facebook Catalog
Tampilan Facebook Catalog
Praktisidigital Admin
Tampilan Praktisidigital Admin

5. Nama Produk di Website

Dalam penulisan nama produk, sebaiknya mengikuti kaidah penulisan nama produk yang benar dan mendeskripsikan jenis produk dengan jelas. Hal ini akan berpengaruh pada saat pembeli mencari barang kamu di Instagram Shopping. Contoh penamaan produk yang baik: Lila Crop Cardigan.

Shop Instagram
Contoh nama produk

6. Bio Profil Instagram

Sebaiknya tulis jenis produk yang kamu jual di bio profil Instagram. Hal ini berpengaruh pada fitur Search Shop, apabila calon pembeli mencari tipe produk yang diinginkan, nama tokomu akan muncul.

Shop Instagram
Contoh pencarian di Instagram Shopping

7. Gunakan Facebook Shop

Dari tadi kamu sudah membaca mengenai Instagram Shopping, jangan lupakan Facebook Shop kamu! Sama seperti Instagram Shopping, kamu juga bisa menandai produk pada Facebook Page.

Facebook Shop

Kini kamu sudah bisa mulai memanfaatkan fitur Shop agar pengunjung website makin ramai. Selain itu, fitur Facebook Shop dan Instagram Shopping membuat akun bisnismu semakin tepercaya dan profesional. Jika kamu belum memiliki fitur Shop, kamu bisa mengikuti panduan lengkap cara membuat Instagram Shopping. Semoga sukses, ya!