Layanan email marketing termurah & terbaik di Indonesia

Mailketing, Layanan email marketing termurah & terbaik di Indonesia

Di artikel ini saya ingin mereview salah satu layanan Layanan email marketing termurah & terbaik di Indonesia yaitu Mailketing.
Perlu dicatat dulu ya,  artikel ini bukan semata – mata promosi ataupun endorse produk Mailketing tapi memang real pengalaman saya selama ini ketika menggunaan menggunakan layanan email marketing dari Mailketing.

Jadi sebelum menggunakan mailketing, sebelumnya saya sempat gonta ganti layanan email marketing baik buatan dalam ataupun luar negeri.  Dari yang harganya cm beberapa dolar sampai puluhan dolar perbulan.

Nah ada beberapa pertimbangan saya yang membuat saya jadi “kutu loncat” selama menggunakan layanan – layanan tersebut, yaitu :

 

1. Harga

Tidak bisa dipungkiri, ketika akan menggunakan suatu layanan saya pasti melihat harganya dulu. masuk ga di anggaran bulanan?  Walaupun tetap mengeluarkan biaya setidaknya saya bisa menekan seminimal mungkin biaya yang saya keluarkan, karena masih ada beban anggaran untuk tools & layanan lain tentunya.
Dan mailketing ini sangat membantu saya untuk urusan menghemat pengeluaran email marketing.  Sebelumnya saya bisa mengeluarkan puluhan dollar rutin tiap bulan untuk urusan langganan layanan email Marketing,  tapi saat ini cukup beberapa ratus ribu rupiah ( hampir setara dengan biaya bulanan saya sebelumnya )  saya bisa menggunakan layanan email marketing sampai berbulan – bulan. Ngirit banget pokoknya.

 

2. Limitasi

Sejauh yang saya lihat umumnya layanan email marketing menerapkan beberapa limitasi dalam paket produknya. Yang paling dasar  umum ya limitasi jumlah client / leads yang bisa ditampung atau limitasi jumlah pengiriman.

Untuk jumlah client yang kecil ada yang menerapkan biaya murah, bahkan gratis. Namun ketika client bertambah banyak tentunya perlu upgrade ke paket yang lebih tinggi untuk menambah daya tampung dan ini fair karena penyedia layanan tentunya butuh biaya untuk menjalankan bisnisnya.
Untuk tipe layanan yang memberikan limitasi pada jumlah pengiriman, ada yang menerapkan sebaliknya : Jumlah user tidak dibatasi tapi jumlah semacam kredit / point pengiriman email dihitung kirim ke berapa user. Semakin banyak user & semakin sering kirim email ya semakin cepat habis kredit / pointnya.

BACA JUGA :  Cara Berpromosi menggunakan E-mail Marketing

Ada pula yang menerapkan model limitasi user / kredit pengiriman + berlangganan bulanan.  Jadi habis ga habis ya tiap bulan mesti bayar perpanjangan akun agar tetap dapat menggunakan layanannya.

Nah Mailketing masuk ke kategori yang ke 2, Yaitu tidak membatasi jumlah user tapi dihitung berdasarkan point / credit email yang dikirim, Tapi tidak ada biaya berlangganan bulanannya.

Artinya selama credit / point masih ada yang tetap bisa kirim email ke client client yang kita miliki.

 

3. Kemampuan Integrasi dengan sistem lain

nah ini juga penting , Semakin banyak sistem lain yang bisa diintegrasikan maka akan semakin mudah & praktis untuk menggunakan layanan email marketingnya. Biasanya layanan email marketing memiliki fitur SMTP, API dan plugin / module untuk sistem aplikasi lain agar keduanya bisa diintegrasikan.

Contohnya mengirim notifikasi dan invoice secara otomatis. Kebetulan saya sendiri menggunakan Mailketing untuk diintegrasikan dengan layanan web hosting saya ( Gapurahoster ) dan sistem notifikasi web ini juga ( Praktisidigital ).

Nah kalau dari sisi integrasi, karena mailketing ini layanannya dibuat oleh orang Indonesia maka banyak sistem & apikasi buatan Indonesia & banyak digunakan oleh orang Indonesia juga yang disupport  & bisa diintegrasikan , misalnya  : Plugin Sejoli, Membership bisnis top, wordpress, woocomerce, elementor , mailwizz , crisp dll.

ini juga yang jadi pertimbangan saya menggunakan Mailketing, PR saya tentang pengotomatisasian sistem terpenuhi dengan mudah.

Jadi kalau ditanya rekomendasi layanan email marketing saya biasanya merekomendasikan Mailketing ke teman – teman yang lain.

Buat yang ingin nyobain atau sekedar KEPO pengen tau seperti apa fitur – fitur lengkapnya coba kunjungi webnya langsung disini : https://bit.ly/belajarmailketing

Semoga review ini bermanfaat untuk teman – teman yang sedang mencari referensi Layanan email marketing termurah & terbaik di Indonesia.

BACA JUGA :  Cara Berpromosi menggunakan E-mail Marketing