10 Cara Menjadi Reseller Sukses dengan Untung Besar


Cara menjadi reseller itu tidak sulit, bahkan dapat dikatakan sebagai salah satu cara mudah bagi kamu yang baru ingin memulai bisnis. Tidak perlu memikirkan proses produksi, kamu bisa langsung memasarkan produk yang kamu jual. Tentunya modal yang dikeluarkan juga tak harus besar. Yuk, simak beberapa caranya!

Cara Menjadi Reseller Sukses

Meskipun ada berbagai kemudahan berjualan sebagai reseller, tapi sistem jualan satu ini juga memiliki tantangannya sendiri. Maka dari itu, kamu harus tahu langkah menjadi reseller yang benar agar dapat sukses. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Pilih Produk yang Ingin Dijual

Langkah pertama dalam bisnis apa pun, termasuk menjadi reseller, adalah menentukan produk yang akan dijual. Apakah kamu akan memilih produk barang atau produk jasa? Umumnya produk barang lebih mudah untuk dijual dengan sistem reseller.

Jenis barangnya pun dapat beragam, salah satu produk yang paling umum adalah produk fashion seperti baju, sepatu, tas, hingga aksesori. Selain itu, ada juga orang yang menjual perlengkapan bayi, frozen food, perlengkapan rumah tangga, hingga produk kecantikan. Pilihlah produk yang sudah banyak peminatnya di pasaran sehingga tidak sulit untuk menjualnya. 

2. Tentukan Target Pasar

Bukan hanya jenis produk yang harus kamu tentukan, tapi juga target pasarnya. Target pasar ini nantinya akan menentukan bagaimana strategi marketing yang akan kamu terapkan.

Mulai dari media yang digunakan untuk promosi hingga konten promosi yang dibuat nantinya akan disesuaikan dengan target pasar kamu, sehingga kamu perlu target pasar yang jelas. Misalnya ketika kamu akan menjual produk baju kantor untuk wanita, kamu bisa menggunakan target market wanita, usia 21-35 tahun, dan bekerja.

3. Cari Supplier

Cara menjadi reseller selanjutnya adalah mencari supplier. Sebagai seorang reseller, kamu akan lebih fokus untuk memasarkan barang, sedangkan proses produksi dilakukan oleh supplier. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa supplier memiliki produk yang berkualitas yang bisa kamu jual.

Pertimbangkan untuk memilih pemasok yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggalmu agar tidak terlalu berat dalam pengiriman.

Pastikan juga mereka dapat memberikan harga terbaik agar kamu bisa menjual kembali produk tersebut di pasaran dengan harga yang juga masih wajar. Bila perlu miliki lebih dari satu supplier, jadi ketika satu produk tidak tersedia di satu supplier, kamu bisa mengambil produk dari pemasok lain.

4. Branding Toko

Ketika menjadi reseller, biasanya kita akan menjual produk dari brand yang sudah ada. Meskipun tidak memerlukan brand untuk produkmu, kamu tetap harus melakukan branding toko.

Pilihlah nama toko yang sesuai dengan produk yang kamu jual, unik, tapi tetap mudah untuk diingat oleh masyarakat. Gunakan nama tersebut di seluruh platform yang kamu gunakan untuk berjualan dan promosi mulai dari Instagram, TikTok, Facebook, marketplace, hingga website toko online kamu.

5. Buat Katalog Produk Menarik

Biasanya reseller diperbolehkan untuk menggunakan foto produk yang dimiliki oleh supplier, namun akan lebih baik jika kamu juga memiliki foto katalog sendiri. Tampilkan foto yang lebih mewakilkan toko kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengambil foto yang lebih bagus dari kompetitor atau bahkan dari supplier, sehingga lebih banyak pelanggan yang tertarik untuk berbelanja di toko kamu. Ketika berjualan online, foto katalog produk adalah faktor yang sangat penting karena ini lah yang akan membuat pelanggan tertarik dengan produk yang kamu jual.

6. Pasarkan Produk dengan Konsisten

Cara menjadi reseller selanjutnya adalah tentu saja dengan memasarkan produkmu. Upload konten baru setiap hari yang bisa membuat audiens sadar bahwa mereka membutuhkan produkmu. Terus promosikan produk dengan konsisten karena penjual juga akan menilai seberapa aktif toko online-mu.

Semakin sering kamu meng-upload konten dan semakin banyak platform yang digunakan untuk mempromosikan produk maka akan semakin banyak audiens yang bisa dijangkau. 

7. Maksimalkan Media Sosial

Kamu bisa memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan produkmu. Pastikan kamu mengoptimalkan semua fitur yang ada di media sosial. Contohnya ketika menggunakan Instagram, kamu tidak hanya bisa mengunggah produkmu di feeds, tapi juga bisa stories atau bahkan reels.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur iklan yang ada di platform tersebut. Setiap media sosial tentunya memiliki fitur yang berbeda-beda. Jadi pastikan kamu memahami setiap fitur agar dapat optimal dalam menggunakannya.

8. Berikan Layanan Terbaik

Selain menyediakan produk terbaik, kamu juga harus memberikan layanan terbaik. Ini menjadi salah satu cara menjadi reseller sukses yang ampuh. Sebagai reseller, kemungkinan akan banyak toko lain yang menjual produk yang sama denganmu.

Persaingan harga pastinya akan terjadi, tapi yang terkadang kurang diperhatikan justru persaingan layanan, Terkadang orang tidak keberatan jika harus membayar lebih mahal, namun mendapat pelayanan yang lebih baik.

Contoh pelayanan yang baik adalah seperti customer service yang ramah, pengiriman tepat waktu, dan penyelesaian komplain yang baik. Tentunya akan lebih baik lagi apabila toko kamu bisa memberikan harga terbaik sekaligus layanan terbaik.

9. Adakan Promo Menarik

Adakan promo menarik agar semakin banyak orang yang ingin membeli produkmu. Promo ini juga harus diberikan secara konsisten. Ada banyak jenis promosi yang bisa kamu berikan, misalnya bundling product, diskon pembelian pertama, diskon payday, hingga promo gratis ongkir.

Kamu juga bisa mengadakan giveaway yang bisa mendatangkan lebih banyak audiens ke toko online-mu. Lakukan giveaway secara rutin, bisa seminggu atau dua minggu sekali, untuk memperbanyak followers di media sosial yang nantinya bisa meningkatkan kredibilitas toko kamu dan meningkatkan penjualan.

10. Kelola Uang dengan Baik

Cara menjadi reseller sukses selanjutnya adalah dengan mengelola keuangan sebaik mungkin. Biasanya bisnis dengan sistem ini tidak membutuhkan modal yang besar. Jika ingin modal yang sedikit ini berkembang maka kamu harus mengelola uang dengan baik.

Cobalah untuk fokus memperbanyak stok di awal bisnis dari keuntungan yang kamu dapatkan. Tentunya lebih banyak pilihan maka lebih baik untuk pelanggan. Kamu juga bisa fokus untuk terus memenuhi permintaan pelanggan dengan memperbanyak stok. Sebelum memilih barang mana yang harus ditambah, perhatikan permintaan pasar lebih dulu.

Sekian sekilas tips tentang cara menjadi reseller sukses yang bisa kamu terapkan untuk bisnis kamu. Tak perlu takut untuk bersaing dengan banyak reseller lainnya karena apabila kamu menerapkan tips di atas maka kamu akan dapat bersaing di pasar.

Demi menjangkau lebih banyak pembeli, coba buat website toko online kamu sekarang juga. Selain dapat meningkatkan kredibilitas toko, website juga memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Tak perlu takut keluar banyak biaya karena kamu bisa buat toko online gratis di Praktisidigital!