12 Cara Memulai Bisnis Baju Tidur (Piyama) bagi Pemula


Ingin memulai bisnis sendiri tapi bingung cara memulai bisnis baju tidur? Simak pembahasan berikut ini tentang cara jual baju tidur dengan pendekatan bisnis online

Cara Memulai Bisnis Baju Tidur

Saat ini sektor bisnis pakaian ternyata sangat luas, mulai dari baju kasual, pakaian sehari-hari, fashion wanita, busana laki-laki, baju anak, hingga spesifik bisnis baju tidur.

Ya, baju tidur juga memiliki nilai fashion saat ini sehingga permintaannya tinggi. Desain dan model baju tidur juga berkembang dan beragam yang banyak disukai di kalangan wanita dan anak-anak. 

Nah, ini adalah peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Pelajari cara memulai bisnis baju tidur: 

1. Buat Rencana dan Tujuan Bisnis

Jangan sekadar ikut-ikutan jualan baju tidur hanya karena saat ini sedang tren. Sebaiknya tetap pikirkan rencana, strategi, dan tujuan bisnis dengan matang. 

Kamu harus perhitungkan modal, target pasar, cara pemasaran, target keuntungan, dan memperkirakan risiko kerugian. Kamu juga harus siap menerima tantangan yang pasti akan terjadi selama proses berbisnis. 

2. Siapkan Modal Usaha

Siapkan modal usaha yang cukup dan kamu mungkin harus memasukan anggaran untuk biaya tak terduga juga. Bisnis dengan modal besar bisa menentukan kualitas produk dan strategi pemasaran. 

Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa berbisnis dengan modal yang terbatas. Kamu bisa mencoba sistem reseller misalnya, di mana kamu membantu memasarkan produk dari toko grosir dan kamu akan mendapat komisi dari setiap konsumen yang belanja melalui kamu. 

Silakan beli produk dagangan yang sesuai dengan modal kamu, sambil kamu mencicil mengembangkan usaha dari keuntungan yang didapat. 

3. Kerja Sama dengan Vendor

Ada banyak vendor baju tidur yang menyediakan produk kualitas bagus dengan harga yang lebih murah. Kamu harus cermat memilih vendor terbaik dan bisa dipercaya. 

Untuk mengujinya, silakan membeli produk dalam jumlah kecil di beberapa vendor. Cek mana produk yang paling bagus dan sesuai dengan kemampuan beli brand kamu. 

Jalin hubungan baik dengan vendor yang kamu sepakati. Bila sudah langganan, vendor cenderung bisa memberikan harga lebih murah dan model terbaru. 

4. Sediakan Berbagai Jenis Model Baju

Cara memulai bisnis baju tidur adalah dengan menyediakan berbagai jenis model baju tidur dan sesuai tren masa kini. Saat ini model baju tidur sangat menarik dan fashionable

Bahkan daster-daster juga tidak identik dengan ibu-ibu, tapi anak muda mau memakainya karena desainnya yang cantik. Kamu harus menyediakan produk baju tidur (sleepwear) yang kekinian, mulai dari yang kasual, seksi, piyama, dan sebagainya. 

Sediakan juga baju tidur untuk anak-anak dengan berbagai desain karakter favorit. Misalnya, baju tidur anak perempuan dengan karakter princess atau karakter superhero untuk anak laki-laki.

6. Perhatikan Kualitas Produk

Selain modelnya, hal penting untuk baju tidur adalah bahan dan tingkat kenyamanannya. Konsumen tidak akan suka dengan baju tidur yang panas, bahan kasar, tidak menyerap keringat, terlalu tipis/tebal, atau warnanya cepat pudar. 

Pastikan produk brand kamu berkualitas bagus sesuai dengan kebutuhan konsumen. Baju tidur harus adem, lembut, nyaman dipakai, dan harganya terjangkau. Bangun kepercayaan dan persepsi positif sehingga konsumen terikat dan terbentuk brand loyalty

7. Bergabung di E-Commerce 

Cara memulai bisnis baju tidur dengan bergabung di e-commerce, tempat kamu bisa jualan online dengan praktis. Saat ini hampir mayoritas konsumen senang belanja online karena dinilai lebih murah, banyak promosi, tidak ribet, dan banyak pilihannya.

8. Branding di Media Sosial 

Branding adalah sebuah strategi untuk memperkenalkan brand kamu ke audiens. Salah satu caranya dengan menggunakan media sosial untuk membagikan informasi produk, konten terkait produk, dan terkoneksi dengan calon konsumen yang potensial.

Unggah foto-foto produk jualan baju tidur dari brand kamu dengan palet warna dan tema yang terkonsep. Jangan lupa sapa audiens dengan manis sambil memasarkan produk. 

9. Buat Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah serangkaian rencana untuk mempromosikan produk agar menjangkau audiens dan membuat mereka tertarik untuk membeli. 

Rencanakan marketing campaign yang sesuai dengan target konsumen kamu. Misalnya, berikan konsumen pertama potongan harga, hadiah menarik, harga bundling yang lebih murah, diskon untuk konsumen yang terus berlangganan, atau jenis promosi lain yang menarik. 

10. Kerja Sama dengan Influencers

Kerja sama dengan pihak ketiga untuk menciptakan strategi promosi yang tepat, misalnya dengan agensi, influencers, atau key opinion leader (KOL). Mereka adalah orang-orang berpengaruh dengan banyak audiens yang mengamati. 

Minta influensers untuk memberi testimoni produk kamu, dengan harapan reviews dari mereka dapat memperkenalkan brand kamu plus memengaruhi keputusan pembelian audiens. 

11. Jangkau Komunitas

Berbicara tentang baju tidur, mayoritas penggunanya dan produknya ditujukan untuk golongan wanita dewasa. Kamu bisa merangkul komunitas atau kelompok ibu-ibu misalnya untuk mencoba menggunakan baju tidur dari brand kamu melalui media sosial atau pendekatan langsung. 

Pemasaran melalui komunitas biasanya berhasil. Konsumen yang puas cenderung akan merekomendasikan produk itu ke teman-temannya, disebut juga dengan pemasaran word of mouth.

12. Buat Website Toko Online 

Website toko online penting untuk meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme brand. Tetap disarankan untuk memiliki website toko online walaupun sudah berjualan di e-commerce

Konsumen cenderung untuk mencari tahu informasi produk dan reputasi brand melalui mesin pencari. Kamu juga bisa mengunggah informasi, promosi, dan katalog lebih banyak tentang brand kamu di website toko online. 

Kamu bisa buat website toko online gratis dan mudah melalui Praktisidigital. Caranya mudah hanya dengan klik daftar, isi data yang diperlukan, unggah minimal 3 produk untuk siap jualan online. Menariknya lagi, Praktisidigital memiliki fitur lengkap, sehingga memudahkan kamu untuk upload produk hingga pasang iklan di Instagram dan Facebook. 

Nah, itulah pembahasan lengkap tentang cara memulai bisnis baju tidur. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berbisnis!