11 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula


Mau sukses? Kamu harus tahu cara memulai bisnis online untuk pemula, khususnya jika kamu belum ada pengalaman di bidang usaha. Jangan langsung mulai, kamu harus mengetahui tahapan apa saja yang harus dilakukan!

Apa Itu Bisnis Online?

Bisnis online adalah bisnis yang transaksinya terjadi di internet. Hampir semua barang dan jasa bisa dijual di internet (asalkan legal dan mematuhi hukum dan perundang-undangan).

Pertumbuhan bisnis online di Indonesia sangat pesat. Berdasarkan laporan dari Google-Temasek, jumlah transaksi secara online di Indonesia diperkirakan mencapai USD100 miliar atau Rp1,4 triliun pada 2025 mendatang.

Inilah mengapa usaha online sangat diminati karena peluangnya sangat besar!

Cara Mulai Bisnis Online untuk Pemula

1. Tentukan Target Pasar

Langkah yang harus dilakukan yaitu menentukan target pasar. Kamu harus tau produk kamu akan dijual ke siapa.

Tentukan mulai dari gender, usia, dan lainnya. Kenapa bukan menentukan produk dulu?

Sebaiknya riset dulu seberapa banyak kalangan yang membutuhkan produk tertentu!

2. Cari Produk yang Banyak Dibutuhkan

Jika ingin produk laris dan banyak pembeli, kamu harus cari apa yang banyak dibutuhkan. Hal ini tentu berkaitan dengan poin sebelumnya.

Ketika kamu sudah tahu target pasar kamu, selanjutnya cari tahu apa yang paling mereka butuhkan agar bisnis lancar.

BACA JUGA :  7 Perbedaan UKM dan UMKM (Penjelasan Lengkap)

3. Cari Tahu Masalah Pasar

Mencari tahu masalah pasar adalah cara memulai bisnis yang sering diabaikan oleh para pemula.

Masih bingung? Begini, kamu harus tahu apa yang menjadi masalah khalayak, salah satunya melakukan riset kata kunci di internet.

Kamu dapat menggunakan Google Trends atau Keyword Planner untuk pencarian yang simpel dan spesifik. Setelah itu, temukan produk yang bisa menyelesaikan masalahmu.

4. Riset Kompetitor

Cari tahu siapa saja kompetitor bisnis kamu, kunjungi website mereka, serta analisis untuk mencari kekurangan dan kelebihan bisnis mereka.

Ketika sudah mendapatkan informasinya, kamu bisa menciptakan atau menjual produk yang lebih bagus. Dengan demikian, kamu bisa memenuhi kebutuhan pembeli dengan lebih baik

5. Riset Standar Harga

Mematok harga yang mahal untuk bisnis baru bukan cara bisnis online yang baik karena kamu tidak akan mendapatkan untung besar.

Meskipun demikian, menjual barang atau jasa dengan harga yang sangat murah pun akan membuat kamu rugi. Sebaiknya kamu harus riset harga pasar untuk tahu standar harganya.

6. Memahami Produk yang Dijual

Bermodal data calon konsumen dan produk yang bagus saja tidak cukup.

Sebelum memulai bisnis, kamu harus paham dengan jelas produk yang dijual. Ketika kamu paham, maka kamu dapat dengan mudah meyakinkan calon customer.

7.  Buat Website untuk Toko Online

Fungsi website bisa jadi media pemasaran untuk bisnis kamu, baik jika kamu menyediakan layanan online atau offline.

Sayangnya, banyak pebisnis pemula tidak membuatnya karena merasa mahal. Faktanya, kamu bisa buat website toko online gratis, seperti di Praktisidigital.

8. Buat Akun Media Sosial

Terkesan sederhana, cara memulai bisnis online untuk pemula yang tidak boleh kamu lupakan adalah membuat akun media sosial perusahaan.

BACA JUGA :  10 Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri untuk Dijual

Selain dari website, calon pembeli juga biasanya mencari informasi melalui social media. Bukan hanya untuk branding, kamu juga bisa gunakan untuk pasang iklan.

9. Pelajari SEO untuk Bisnis

Setelah membuat website toko online, pasti kamu ingin website kamu dikunjungi oleh calon pembeli. Nah, solusinya adalah pelajari teknik SEO bisnis online untuk mengoptimasi mesin pencari.

SEO bisa membantu pembeli dalam menemukan website jualan kamu. Perlu diingat, semakin banyak pengunjung, maka semakin besar peluang bisnis lebih sukses.

10. Pelajari Digital Marketing

Ingin pemasaran yang lebih cepat? Kamu bisa gunakan teknik digital marketing untuk memasarkan produk atau jasa.

Kamu bisa pasang iklan di Google dan bahkan beragam media sosial. Hasilnya tentu akan lebih cepat dibandingkan pakai teknik SEO.

11. Siapkan Mental

Cara bisnis online pemula yang terakhir dan tidak kalah penting yaitu kamu harus menyiapkan mental dengan matang.

Kamu harus siap kalau ternyata bisnismu gagal. Selain itu, coba siapkan rencana lain jika ternyata bisnis atau usaha yang dibangun kira-kira sudah mulai tidak stabil.

Sudah siap buat bisnis kamu sendiri? Yuk, jangan ragu untuk mulai dan segera terapkan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba!