17 Usaha Rumahan Modal Kecil Peluang Untung Besar


Usaha rumahan menjadi bisnis yang banyak dicari untuk menambah pemasukan. Tidak heran kalau banyak ibu rumah tangga yang mencari inspirasi bisnisnya. Kamu juga tertarik?

Ide Usaha Rumahan dengan Omzet Jutaan Rupiah

Memulai usaha di rumah bisa menjadi alternatif yang bisa dipilih untuk mengisi waktu luang dengan jam kerja fleksibel. Tidak semua menguntungkan, berikut beberapa peluang usaha rumahan modal kecil dengan omzet besar:

1. Agen PPOB

Agen PPOB (payment point online banking) menawarkan jasa pembayaran seperti pembayaran listrik, tagihan PDAM, tagihan telepon dan internet, TV berlangganan, hingga ke pembelian tiket pesawat dan kereta api.

Biasanya kamu hanya perlu mendaftar dan deposit sejumlah uang untuk jadi agen ini.

Selain jasa pembayaran, biasanya agen PPOB juga melayani pembelian pulsa dan paket internet.

Hampir setiap orang sekarang menggunakan smartphone, jadi wajar sekali ya jika bisnis satu ini termasuk yang paling dicari saat ini.

2. Toko Kelontong atau Warung

Ide usaha rumahan yang berikutnya adalah buka toko kelontong.

Meskipun memang saat ini minimarket sudah menjamur, tapi masih banyak juga yang lebih memilih belanja di warung atau toko kelontong. Selain harganya lebih murah, lokasinya juga lebih dekat dengan pemukiman warga.

Kamu bisa mendesain toko kamu ini seperti minimarket, sehingga lebih menarik.

Berikan tag harga pada setiap produk dan biarkan pelanggan mencari produk yang dibutuhkannya sendiri. Bila perlu, berikan diskon menarik secara rutin untuk produk yang berbeda-beda.

3. Kedai Kopi

Seperti yang kita ketahui, kedai kopi mulai menjamur beberapa tahun belakangan ini.

Kamu bisa mencoba bisnis franchise kedai kopi jika memiliki modal yang cukup. Jika modal terbatas, kamu juga bisa membuka kedai dengan brand kamu sendiri.

Sebelumnya kamu bisa belajar dulu tentang pengolahan kopi yang baik agar dapat menciptakan rasa kopi yang memiliki ciri khas.

4. Jual Makanan

Usaha rumahan satu ini bisa dicoba oleh kamu yang suka memasak. Kamu bisa memulai dari skala kecil.

Contoh bisnis makanan bisa dengan berjualan nasi uduk, nasi kuning, atau gorengan di depan rumah.

Kamu juga bisa membuat menu masakan dan menjualnya dengan sistem pre-order. Menu setiap harinya berganti-ganti, sehingga pembeli tidak bosan.

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan jasa delivery makanan yang sudah semakin banyak pilihan saat ini. Jadi kamu tidak perlu repot mengirimkan makanan ke pelanggan. 

5. Katering

Tak jauh berbeda dengan sebelumnya, kamu juga bisa membuka bisnis katering.

Bedanya, katering ini biasanya dibuat berdasarkan pesanan, misalnya untuk acara tertentu atau untuk makanan sehari-hari dengan sistem paket mingguan atau bulanan. 

Salah satu jenis katering yang juga banyak dicari belakangan ini adalah katering diet.

Makanan yang ditawarkan biasanya dapat membantu menurunkan berat badan atau bisa juga untuk individu dengan kondisi tertentu seperti ibu hamil, penderita diabetes, penderita penyakit jantung, dll.

6. Pertamini

Hampir semua orang membutuhkan kendaraan bermotor untuk mobilisasi, tapi sayangnya jarak pom bensin tidak selalu dekat.

Jika kamu tinggal di daerah yang lumayan berjarak dari pom bensin atau di pinggir jalan, kamu bisa mencoba bisnis yang satu ini.

Pertamini ini lebih praktis dari bensin eceran yang dulunya banyak kamu temui di jalan. Pengisian bensin menggunakan mesin, sehingga kamu tidak perlu mengemas bensin di botol-botol.

Nominal yang dibeli oleh pelanggan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhannya layaknya pengisian di pom bensin.

7. Konveksi

Bisnis yang sudah ada sejak dulu ini masih dibutuhkan hingga sekarang karena termasuk kebutuhan pokok. Bisnis yang satu ini juga bisa kamu jalani dari rumah.

Bingung cara mendapatkan pelangggan? Sekarang juga bisa dilakukan secara online baik itu melalui website atau promosi dengan media sosial.

Kamu bisa memulainya dengan mempekerjakan satu atau dua penjahit lebih dulu.

8. Laundry Kiloan

Peluang usaha rumahan selanjutnya adalah bisnis laundry kiloan. Bisnis jasa cuci ini cukup sederhana, bahkan bisa dijalankan oleh hanya satu orang saja.

Jika mengerjakan sendiri, mungkin kapasitasnya tidak akan terlalu banyak. Daya tarik usaha laundry kiloan ini biasanya ada pada layanan delivery dan juga jasa laundry express.

Biasanya laundry express ini dikenakan tarif yang lebih tinggi daripada layanan regular.

9. Frozen Food

Jualan frozen food dan makanan ready-to-cook cocok untuk dijalani oleh kamu yang tertarik dengan bisnis kuliner, namun ingin menghindari risiko makanan yang mudah basi.

Contoh frozen food adalah seperti chicken nugget, sosis, dimsum frozen, kebab frozen, dan masih banyak lain, sedangkan makanan ready-to-cook adalah seperti rendang daging atau opor ayam kemasan.

Jenis makanan ini juga lebih mudah dipasarkan secara online dan pilihannya juga sangat beragam.

Meskipun tidak mudah basi, kamu juga tetap harus memerhatikan masa simpan produk. Selain itu perhatikan juga dengan baik proses pengirimannya apabila kamu menjual produk ini secara online.

10. Kue Homemade

Masih berkaitan dengan makanan, usaha kue homemade juga tak kalah menarik.

Terutama di musim liburan hari raya seperti Lebaran dan Natal, pastinya bisnis jualan kue akan semakin laku keras.

Buat kemasan yang menarik dan jangan lupa untuk menawarkan paket hampers yang pastinya akan membuat jualan kamu ini semakin laris manis.

11. Franchise Makanan atau Minuman

Bisnis franchise makanan atau minuman adalah salah satu cara praktis untuk memulai bisnis kuliner. Kamu hanya perlu modal tanpa harus membuat konsep bisnis sendiri.

Sebelum membuka bisnis franchise, jangan lupa untuk melakukan riset dengan teliti.

Misalnya kamu ingin membuka bisnis ini di rumah, pastikan dulu brand makanan atau minuman apa yang belum ada di sekitar rumahmu dan apakah brand tersebut cocok dengan lingkunganmu. 

12. Kerajinan Tangan

Bisa dikatakan bahwa bisnis kerajinan tangan ini memang salah satu yang paling umum berbasis home industry.

Jenis kerajinan tangan ini ada banyak, kamu bisa menyesuaikan bisnis yang sesuai dengan minat kamu dan melihat pada tren saat ini.

Sebaiknya ciptakan produk yang memiliki nilai pakai, misalnya tas, aksesori, dll. Barang kerajinan tangan yang memiliki kerumitan tinggi biasanya memiliki harga jual yang juga tinggi.

13. Ternak Ikan

Ternak atau budidaya ikan adalah salah satu bisnis yang bisa dilakukan di rumah. Jenis ikan yang bisa dibudidaya di media yang tidak terlalu luas adalah lele dan nila.

Kedua ikan ini bisa kamu coba budi daya di media drum plastik atau bahkan ember. Jadi tidak perlu kolam besar dan tidak makan tempat, ‘kan?

Hal yang perlu diperhatikan adalah sirkulasi dari air kolam dan pakan ikan agar ikan dapat berkembang dengan baik.

14. Ikan Hias 

Selain bisnis ternak ikan, kamu juga bisa bisnis budi daya ikan hias dan bahkan bisa jual aneka akuarium. Jangan lupa juga sediakan pakan ikan hias!

Beberapa jenis ikan hias harganya bisa sangat mahal hingga mencapai jutaan rupiah. Semakin mahal ikan, biasanya budi dayanya juga semakin sulit.

Sebaiknya pelajari budi dayanya dengan baik jika ingin sukses dalam bisnis ini!

15. Air Galon

Air adalah kebutuhan pokok yang sangat krusial. Biasanya untuk kebutuhan air minum sehari-hari, masyarakat lebih memilih membeli air galon daripada memasak sendiri karena memang lebih praktis.

Kamu bisa jual air isi ulang maupun air mineral galon dari beberapa brand. Lebih banyak pilihan tentu lebih baik agar kamu dapat memenuhi lebih banyak permintaan pelanggan.

Selain air galon, kamu juga bisa menyediakan aneka minum kemasan untuk melengkapi toko kamu.

16. Tanaman Hidroponik

Hidroponik adalah tanaman yang ditanam dengan media air, bukan tanah. Usaha rumahan satu ini cocok bagi kamu yang suka bercocok tanam dan memiliki area halaman yang luas.

Biasanya yang ditanam dengan sistem hidroponik adalah sayuran seperti sawi, selada, kale, dan masih banyak lagi. Selain sayuran, buah seperti strawberry, melon, semangka, hingga anggur juga bisa ditanam dengan teknik yang satu ini.

Tertarik untuk mencoba? Jenis sayuran atau buah yang ditanam sebaiknya disesuaikan dengan iklim tempat tinggal kamu karena tidak semua tanaman bisa hidup di iklim yang berbeda.

17. Bisnis Tanaman Hias

Ide bisnis rumahan selanjutnya masih terkait tanaman, yaitu berjualan tanaman hias.

Buat kamu yang punya hobi berkebun, jangan lewatkan kesempatan untuk berbisnis dari hobi kamu tersebut. Bisnis tanaman hias kini semakin berkembang, bahkan juga merambah pasar online.

Selain menjual tanaman hias, kamu juga bisa menjual pupuk, media tanam, hingga serum tanaman, atau bahkan pot dan alat berkebun lainnya. Kamu bisa sekaligus menjalankan hobi nih sambil berbisnis.

Sudah siap bisnis dari rumah? Langsung kembangkan bisnis kamu dengan buat website toko online gratis.

Kamu bisa buat website untuk bisnis di Praktisidigital. Tanpa harus coding, kamu bisa daftar gratis dan upload 3 produk untuk langsung jualan!