30 Ide Usaha yang Cocok untuk Bapak-Bapak, Cuan Jutaan!


Pilihan usaha yang cocok untuk bapak-bapak ada banyak. Sebagai pencari nafkah dalam keluarga, tentunya bapak-bapak sudah seharusnya punya banyak ide dan keterampilan. Ketahui ide bisnis apa saja yang bisa dijadikan sebagai usaha sampingan dan cocok untuk bapak yang sudah pensiun!

Rekomendasi Usaha yang Cocok untuk Bapak-Bapak

Ide bisnis bisa datang dari mana saja, contohnya seperti hobi atau aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa jenis bisnis yang cocok dijalani bapak-bapak:

1. Jual Beli Mobil Bekas

Bisnis yang pertama adalah jual beli mobil bekas. Dunia otomotif memang identik dengan laki-laki sehingga bisnis ini juga cocok dijalani bapak-bapak. Bisnis ini tidak selalu membutuhkan modal besar.

Sebagai permulaan, cobalah untuk menjadi perantara antara orang yang mau menjual mobilnya dan orang yang sedang mencari mobil bekas. 

2. Rental Mobil atau Motor

Usaha yang kedua juga masih terkait dengan kendaraan. Selain jual beli, bisa juga mencoba bisnis rental mobil atau motor. Setiap orang tentunya membutuhkan kendaraan, tapi tidak semua orang mampu membelinya dan ada juga yang membutuhkannya hanya untuk jangka pendek.

Kendaraan biasanya disewakan per hari, tapi kini ada juga yang menyewakan kendaraan untuk periode beberapa bulan atau bahkan hingga satu tahun.

3. Perlengkapan Memancing

Ini merupakan usaha yang cocok untuk bapak-bapak yang punya hobi memancing. Tidak dipungkiri memang bahwa memancing adalah aktivitas yang disukai oleh banyak kaum lelaki. Banyak bapak-bapak yang rela menghabiskan waktu berjam-jam di pinggir kolam pemancingan atau bahkan pergi hingga ke tengah laut untuk memancing.

Tentunya dibutuhkan berbagai alat hingga umpan untuk melakukan kegiatan ini. Peralatan memancing ini bisa dijual secara offline maupun online. Tawarkan produk langsung ke komunitas yang memang hobi memancing.

Baca Juga: 28 Ide Hobi Jadi Bisnis, Ubah Konsumtif Jadi Cuan!

4. Ternak Ikan

Ternak ikan adalah salah satu bisnis yang bisa dengan mudah dilaksanakan di rumah. Ini juga bisa jadi salah satu pilihan bagi bapak-bapak yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Ikan air tawar seperti lele dan nila bisa dibudi daya dengan menggunakan media drum.

Selain tidak menghabiskan banyak tempat perawatannya juga cukup sederhana dan bisa panen dalam hitungan bulan.

5. Ternak Unggas

Selain ternak ikan, ternak unggas juga bisa jadi bisnis yang patut dicoba. Sama halnya seperti ikan konsumsi unggas seperti ayam dan bebek juga cukup tinggi di Indonesia. Pastinya tidak akan sulit menjual hasil panen ternak tersebut.

Sayangnya memang ternak unggas tidak disarankan untuk dilakukan di rumah, terutama bagi yang tinggal di pemukiman padat penduduk. Apabila memiliki lahan yang cukup jauh dari pemukiman warga, tentunya bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan bisnis potensial.

6. Ternak Kambing dan Sapi

Masih seputar ternak hewan, bisnis selanjutnya yang bisa dicoba oleh bapak-bapak adalah ternak kambing dan sapi. Kedua hewan ini penjualannya meningkat pesat ketika Iduladha. Khusus untuk kambing, bisa juga mempertimbangkan bisnis katering akikah yang pastinya dibutuhkan sepanjang tahun.

7. Toko Kelontong

Bisnis untuk bapak-bapak selanjutnya ini bisa dilakukan di rumah. Meskipun minimarket sudah menjamur, tapi keberadaan toko kelontong alias warung juga tetap masih memiliki peminatnya sendiri.

Di lingkungan yang padat penduduk, bisnis satu ini masih sangat potensial. Toko kelontong juga sering kali menjual barang dengan lebih murah dan menyediakan produk-produk dengan kemasan lebih ekonomis yang dibutuhkan masyarakat.

8. Laundry Kiloan

Ide usaha yang cocok untuk bapak-bapak selanjutnya adalah laundry. Mencuci pakaian bukan aktivitas yang identik dengan perempuan, melainkan laki-laki juga harus bisa melakukannya. Siapa saja juga bisa terjun ke bisnis satu ini.

Pakaian yang layak pakai adalah kebutuhan pokok setiap orang, tapi tidak semua orang memiliki waktu untuk mencuci sehingga bisnis laundry pun tidak pernah sepi peminat.

9. Agen PPOB

Agen PPOB (payment point online bank) menjual pulsa, paket data, token listrik, dan menerima berbagai pembayaran seperti PDAM, internet, dan tagihan PLN.

Mendaftar sebagai agen PPOB dapat dengan mudah dilakukan dan setiap agen biasanya diharuskan untuk melakukan deposit yang biasanya paling kecil adalah Rp50.000,00. Setiap transaksi biasanya dikenakan biaya administrasi sekitar Rp2.000,00 hingga Rp2.500,00, inilah keuntungan yang didapat sebagai agen.

10. Kursus Online

Bapak-bapak yang expert di bidang tertentu dan suka berbagi ilmu bisa mempertimbangkan untuk membuka kursus online. Saat ini memang zaman sudah serba digital sehingga pembelajaran online juga banyak dipilih banyak orang.

Selain lebih dapat menjangkau murid yang lebih banyak, kelas online juga lebih efisien karena semuanya bisa dikerjakan dari rumah.

11. Kost atau Rumah Kontrakan

Apabila memiliki rumah atau kamar kosong yang tidak terpakai, lebih baik manfaatkan dengan cara disewakan ke orang lain. Bisnis kost atau rumah kontrakan adalah bisnis jangka panjang yang sangat menjanjikan bagi bapak-bapak yang memiliki aset properti.

Memang modalnya tidak sedikit untuk bisnis ini, tapi keuntungannya juga akan terus mengalir bahkan bisa diwariskan kepada anak.

Baca Juga: 17 Usaha Rumahan Modal Kecil yang Bisa Untung Besar

12. Kandang dan Pakan Burung

Selanjutnya juga merupakan ide bisnis yang berasal dari hobi. Salah satu hewan peliharaan yang diminati kaum laki-laki adalah burung.

Bisnis kandang dan pakan burung hingga budi daya burung juga bisa dicoba oleh bapak-bapak yang menggeluti bisnis ini. Tentunya lebih mudah memulai bisnis dari hobi karena sudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pasar.

13. Bengkel

Bisnis bengkel juga bisa jadi salah satu ide usaha yang cocok untuk bapak-bapak. Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa dunia otomotif memang identik dengan laki-laki.

Setiap orang menggunakan kendaraan dan kendaraan ini membutuhkan perawatan rutin tentunya. Hal ini lah yang membuat bengkel menjadi bisnis yang sangat potensial.

14. Salon Kendaraan

Selain bengkel, salon kendaraan juga dibutuhkan untuk perawatan kendaraan. Kini baik bengkel maupun salon kendaraan sudah banyak yang menyediakan layanan untuk di panggil ke rumah atau ke lokasi di mana kendaraan membutuhkan bantuan.

Hal ini membuat pemilik bisnis tidak wajib untuk menyewa tempat untuk bengkel maupun salon tersebut. Fokus pada layanan home care bisa menjadi pilihan agar bisnis lebih efisien.

15. Fotocopy dan ATK

Bisnis fotocopy, print, dan ATK memang sudah ada sejak dulu. Meskipun kini sudah banyak yang beralih ke dokumen digital, tapi hingga kini masih banyak orang yang membutuhkan jasa fotocopy.

Alat tulis kantor juga tentunya masih dibutuhkan banyak orang. Jasa print dan penjualan ATK sendiri saat ini sudah banyak yang merambah pasar online, jadi lebih banyak pembeli yang bisa dijangkau.

16. Peralatan Olahraga

Satu lagi bisnis yang juga berasal dari hobi dan bisa jadi usaha yang cocok untuk bapak-bapak, yaitu menjual peralatan olahraga.

Baik bapak-bapak yang hobi berolahraga maupun penikmat olahraga tentunya sangat bisa mencoba bisnis yang satu ini.

17. Mebel

Mebel atau furniture dibutuhkan untuk melengkapi rumah, kantor, dan tempat lainnya. Saat ini furniture yang bisa dibongkar pasang banyak diminati oleh masyarakat.

Pengiriman ke tempat yang jauh pun jadi lebih mungkin untuk dilakukan. Selain itu, furniture dengan desain custom juga tidak kalah menarik dan memiliki peminatnya tersendiri.

18. Warung Kopi atau Coffee Shop

Bagi sebagian orang, memulai hari dengan segelas kopi adalah sebuah keharusan. Berjualan kopi bisa jadi ide usaha yang cocok untuk bapak-bapak yang memang dikenal juga sebagai kaum pencinta kopi.

Bentuk bisnisnya bisa disesuaikan dengan modal yang ada dan konsep yang diinginkan. Apakah warung kopi yang lebih merakyat atau bisa juga coffee shop yang lebih kekinian dan banyak diminati oleh anak muda.

19. Sewa Arena Olahraga

Selain menjual peralatan olahraga, bisnis lain yang cocok untuk pencinta olahraga adalah penyewaan arena olahraga.

Jika dibandingkan dengan bisnis peralatan olahraga, bisnis ini memang membutuhkan modal yang jauh lebih besar, tapi tentunya investasinya juga bersifat jangka panjang.

Arena olahraga yang paling banyak dicari adalah lapangan futsal, lapangan bulutangkis, dan kolam renang.

20. Studio Musik dan Rekaman

Bisnis penyewaan sarana selanjutnya cocok bagi pencinta musik. Bukan sekadar latihan band, tapi studio musik sudah seperti area bermain bagi para pencinta musik. Ini juga bisa menjadi sarana untuk anak muda agar dapat berkarya dengan mudah.

Lengkapi studio musik dengan alat-alat yang bisa membantu pengguna studio untuk membuat konten. Zaman sekarang memamerkan karya memang lebih mudah dilakukan dengan menggunakan media sosial.

Baca Juga: 20 Bisnis yang Laku Setiap Hari, Langsung Coba Jualan!

21. Rumah Makan Khas Daerah

Ide usaha yang cocok untuk bapak-bapak selanjutnya adalah rumah makan. Bukan sekadar rumah makan biasa, melainkan rumah makan yang menyediakan makanan khas daerah. Indonesia terdiri dari berbagai suku yang memiliki ciri khas masing-masing.

Makanan khas suatu suku atau suatu kota biasanya memiliki daya tarik tersendiri bagi orang yang berasal dari sana maupun bagi orang yang penasaran dengan daerah tersebut.

22. Katering

Bisnis selanjutnya masih seputar dunia kuliner, yaitu usaha katering. Usaha satu ini juga bisa dilakukan di rumah saja.

Jenis katering sendiri juga ada banyak, mulai dari katering nasi kotak, katering buffet untuk acara seperti pernikahan, hingga katering sehat.

Umumnya katering sehat ini tujuannya adalah untuk menurunkan berat badan atau bisa juga untuk pelanggan yang memiliki kondisi tertentu seperti hamil, sakit jantung, diabetes, atau yang lainnya. 

23. Franchise Makanan atau Minuman

Bisnis franchise makanan atau minuman juga bisa jadi ide usaha yang cocok untuk bapak-bapak. Ini adalah salah satu bisnis yang cocok bagi orang-orang yang menginginkan bisnis yang praktis.

Tidak perlu branding dan memikirkan dari mana bahan baku, bapak bisa langsung berjualan dengan sistem ini. Biasanya bisnis ini sudah bisa dimulai dengan modal belasan juta rupiah dan dengan mempekerjakan satu karyawan atau bisa juga dengan berjualan sendiri.

24. Pangkas Rambut

Pangkas rambut atau barber shop adalah tempat untuk pria mendapatkan perawatan rambut. Meskipun layanannya tidak sebanyak di salon, tapi kebanyakan pria memang hanya memerlukan tempat ini untuk mendapatkan tampilan baru yang lebih segar.

Beberapa tahun ini banyak barber shop yang memiliki desain tempat unik sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

25. Jual-beli Barang Bekas

Tidak sedikit orang yang suka membuang barangnya dengan tujuan agar tidak menumpuk di rumah, padahal barang tersebut masih layak pakai. Biasanya barang-barang ini hanya perlu diperbaiki atau bahkan hanya perlu dibersihkan.

Bisnis jual-beli barang bekas ini bukan hanya bisa mendatangkan keuntungan, tapi juga mendukung pengurangan sampah di bumi.

26. Agen Isi Ulang Galon

Air adalah kebutuhan esensial sehari-hari. Jika tinggal di pemukiman padat penduduk, bisnis air galon bisa sangat menguntungkan. Sediakan galon lebih dari satu mereka agar pembeli bisa memilih mana yang lebih disukai. Selain itu, bisnis ini biasanya bisa merambah ke aneka minuman kemasan lainnya.

27. Perkebunan Modern

Berkebun juga bisa dilakukan dengan cara modern dan bisa menjadi peluang usaha yang cocok untuk bapak-bapak. Contoh perkebunan modern adalah dengan teknik hidroponik. Selain itu tentu masih banyak teknik lainnya.

Cara modern ini seharusnya bisa menghasilkan sayuran atau buah yang lebih berkualitas daripada cara tradisional. Hasil panennya juga bisa lebih banyak dan lebih cepat. Perkebunan modern juga bisa mendistribusikan produknya langsung ke pembeli sehingga bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi.

28. Ikan Hias

Ide bisnis selanjutnya kembali terkait dengan hobi, yaitu hobi memelihara ikan hias. Sama seperti burung, ikan hias juga menjadi salah satu peliharaan lain yang banyak diminati. Selain itu, akuarium ikan hias juga memang merupakan salah satu dekorasi rumah.

Peminat ikan hias juga sangat beragam, bahkan anak-anak pun menyukainya. Maka dari itu, budidaya ikan hias ini bisa jadi salah satu bisnis potensial yang sayang jika dilewatkan.

29. Content Creator

Siapa pun bisa jadi content creator, termasuk bapak-bapak. Topik yang diangkat juga bisa terkait dengan kehidupan sehari-hari dan menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Target audiesnya juga tentu saja merupakan bapak-bapak.

Menjalani bisnis ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan konsistensi untuk terus membuat konten. Jadi jangan langsung merasa putus asa apabila baru memiliki sedikit viewers di awal.

30. Tanaman Hias

Mengoleksi tanaman hias sepertinya menjadi hobi bagi sebagian besar orang belakangan ini. Banyak orang yang mulai menggeluti hobi ini karena diharuskan untuk menghabiskan waktu di rumah. Hal ini pun menyebabkan bisnis tanaman hias semakin maju beberapa tahun belakangan ini.

Tentunya bukan hanya produk tanaman hiasnya saja yang bisa dijual, tapi bapak juga bisa menjual produk lainnya seperti pot, media tanam, pupuk, dan alat berkebun lainnya.

Itu dia berbagai ide usaha yang bisa dicoba oleh para bapak yang sebagian besar bisa berasal dari hobi. Selain itu, bisnis yang disebutkan di atas juga sebagian tidak membutuhkan modal yang besar. Yuk, mulai kembangkan bisnis bapak sekarang!

Kalau sudah menentukan bisnisnya, sebaiknya bapak juga langsung maksimal melakukan pemasaran dengan buat wesbite toko online. Tidak perlu pusing karena bapak bisa buat website tanpa harus ngerti coding di Praktisidigital. Cukup daftar, website toko langsung jadi. Gratis!