29 Ide Bisnis Jasa yang Paling Banyak Dicari


Ada banyak ide bisnis jasa, mulai dari jasa fotografi, konsultan, jasa rental, dan layanan lainnya. Yuk, cari inspirasi bisnis jasa terlaris di bawah ini! 

Apa Itu Usaha Jasa?

Bisnis jasa adalah usaha yang melakukan tugas dan memberikan layanan sebagai kegiatan bisnis utama. 

Dalam bisnis jasa, memenuhi kebutuhan pelanggan adalah prioritas utama. Petugas yang bertanggung jawab atau perusahaan mendapatkan penghasilan setelah menunaikan tugasnya dengan baik. 

Industri jasa ini sangat penting karena membantu pelanggan untuk mendapatkan layanan terbaik dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Petugas servis ini bisa sangat membantu kehidupan agar jadi lebih mudah. 

Tugas pelayanan jasa atau servis ini mencakup transportasi, pembersihan, perjalanan, perhotelan, pemeliharaan, konsultasi, dan lainnya. 

Rekomendasi Ide Bisnis Jasa Terlaris 

Bisnis jasa juga termasuk dalam jenis bisnis yang potensial karena dibutuhkan sesuai dengan konteksnya. 

Mungkin beberapa ide bisnis jasa terlaris ini cocok untuk kamu: 

1. Jasa Fotografi

Fotografer adalah seseorang yang ahli dalam memotret dengan kamera, serta bertanggung jawab atas pengembangan digital atau fisik gambar/foto.

Fotografer mungkin juga bertanggung jawab atas sebagian atau seluruh proses pengeditan foto.

Seiring berkembangnya penggunaan media sosial, jasa fotografi semakin dibutuhkan karena banyak orang yang butuh pengambilan gambar atau foto yang bagus oleh profesional. 

Terutama perusahaan, brand, lembaga, komunitas, atau organisasi lainnya akan butuh jasa fotografer. Sesuai jenis fotografi: 

  • Fotografi potret.
  • Fotografi jalanan.
  • Fotografi lanskap.
  • Fotografi makanan.
  • Fotografi makro.
  • Fotografi produk.
  • Fotografi wedding.
  • Dan kebutuhan dokumentasi lainnya.

Meskipun teknologi kamera di smartphone sudah semakin tinggi yang memungkinkan orang untuk ambil foto bagus tanpa perlu jasa fotografer, tetap saja jasa fotografer itu dibutuhkan untuk kebutuhan dokumentasi terutama acara besar dan spesial. 

2. Jasa Videografi

Videografi adalah keahlian untuk menangkap video atau elektronik gambar bergerak menggunakan media elektronik seperti kamera digital, kaset video, dan media streaming.

Videografer fokus untuk memproduksi berbagai jenis dan konsep video seperti:

  • Video dokumenter.
  • Video siaran langsung.
  • Film pendek.
  • Dokumentasi acara seperti video wedding, tunangan, pesta ulang tahun, acara olahraga, dan sebagainya. 
  • Video untuk iklan dan konten produk.
  • Konten di media sosial.
  • Shooting acara. 
  • Kebutuhan video untuk beragam dokumentasi acara dan tujuan lainnya. 

Sama seperti kebutuhan jasa fotografi yang permintaannya meningkat seiring penggunaan media sosial, jasa videografi juga banyak dibutuhkan. 

3. Jasa Foto dan Video Editing 

Ide bisnis jasa terlaris saat ini adalah jasa foto dan video editing.

Sebagian jasa dari videografer dan fotografer biasanya sudah mencakup pengambilan video/foto plus mengeditnya hingga jadi. 

Namun secara profesional, tugas tersebut bisa dibedakan untuk memproduksi foto/video berkualitas sesuai tujuannya. 

Biasanya, pelanggan sudah punya bahan mentahan video dan foto dan butuh editing sesuai tujuan.

4. Jasa Desain Grafis

Desain grafis adalah keahlian yang mencakup untuk menyusun dan mengatur elemen visual dari sebuah proyek. 

Seorang desainer grafis bertugas untuk merancang tata letak, membuat materi, dan komunikasi visual.

Jasa desain grafis mencakup membuat halaman web, logo, sampul buku, sampul majalah, iklan, dan poster, dan konten gambar visual lainnya. 

5. Jasa Copywriter

Copywriter adalah penulis profesional yang bertanggung jawab untuk menulis teks terkait kebutuhan materi pemasaran dan promosi.

Tugas copywriter untuk menulis copy yang jelas, ringkas, akurat, menarik, dan informatif untuk iklan, tagline, jargon, situs web, hingga copy untuk media sosial. 

Teks yang bagus dapat membantu mempromosikan kampanye melalui gambar atau video. Jasa copywriter dibutuhkan banyak industri, terutama untuk kebutuhan bisnis. 

6. Jasa Penulis Konten

Contoh bisnis jasa selanjutnya adalah penulis konten (content writer) untuk website atau media lainnya. 

Penulis konten adalah seseorang yang memiliki keahlian untuk menulis artikel informatif dan menarik sesuai dengan topik yang ditentukan. 

Jasa content writer banyak dibutuhkan untuk menulis konten untuk media digital. Termasuk artikel blog, penulisan skrip untuk video, emailer, posting media sosial, whitepaper, dan kebutuhan artikel lainnya yang biasanya juga untuk tujuan pertumbuhan digital suatu merek. 

7. Jasa Penerjemah 

Jasa menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. 

Bisnis jasa ini cocok banget bila kamu punya keahlian bahasa asing atau ingin memfasilitasi usaha orang yang bisa bahasa asing.

Memang sudah ada Google Translate dan berbagai aplikasi penerjemah online lainnya, tapi itu tidak akurat. 

Seorang penerjemah bukan hanya menerjemahkan kalimat, tapi harus sesuai dengan konteks dan maknanya. Biasanya translator dibutuhkan untuk kebutuhan menerjemahkan buku, jurnal, penelitian, skripsi, dokumen perusahaan, dan konten tulisan di media lainnya. 

8. Jasa Pembuat Website

Ide bisnis jasa terlaris selanjutnya adalah jasa pembuat website. Website adalah halaman yang ditampilkan oleh browser bawah satu nama domain.

Buat website sendiri itu tidak mudah, sehingga kebanyakan pelanggan butuh jasa pembuatan website

Website dibuat oleh individu, organisasi, atau perusahan yang digunakan sebagai identitas online, media informasi, media pemasaran, dan buat bisnis online

Untungnya kamu tidak perlu repot-repot bila mau buat toko online sendiri karena ada Praktisidigital, platform solusi e-commerce tercanggih di Indonesia. 

Kamu tinggal daftar saja dengan mudah untuk buat toko online melalui Praktisidigital, sudah dapat fasilitas bisnis online komprehensif, dan semuanya bisa dimulai secara gratis.

9. Jasa Sewa Kamera

Banyak orang yang mau belajar fotografi atau videografi tapi tidak punya kamera. Atau, orang-orang yang butuh kamera untuk syuting atau dokumentasi acara. 

Sebagian besar harga kamera cukup mahal. Tempat penyewaan kamera bisa sangat membantu mereka.

Bila memungkikan, kamu juga bisa sekalian buka jasa latihan atau belajar fotografi atau videografi.

10. Jasa Konsultan Bisnis 

Jasa konsultan bisnis menawarkan nasihat profesional kepada perusahaan di berbagai industri. 

Termasuk konsultan keuangan, konsultan hukum, konsultan human resources (HR) , konsultan pemasaran, konsultan akuntansi, dan bidang lainnya. 

Seorang konsultan bekerja untuk:

  • Membangun strategi bisnis.
  • Mengembangkan keterampilan manajemen perusahaan.
  • Menerapkan rencana bisnis.
  • Mengidentifikasi masalah pemasaran.
  • Dan kebutuhan bisnis lainnya. 

11. Jasa Backdrop dan Dekorasi

Bisnis jasa yang fokus untuk penyewaan dan desain backdrop, tenda, panggung, dan kebutuhan dekorasi lainnya. 

Jasa backdrop dan dekorasi dibutuhkan pelanggan untuk banyak acara, misalnya dekorasi acara pertunangan, pernikahan, pesta, peresmian, latar belakang foto, dan berbagai konten atau acara lainnya. 

Kamu harus menyesuaikan tema dengan pesanan dan keinginan pelanggan. Bukan hanya butuh peralatan, furnitur, dan aksesori, tapi juga butuh taste yang bagus. 

12. Jasa Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran melalui konten digital, termasuk artikel, video, podcast, konten di media sosial, dan media lain yang relevan.

Seorang content marketer bertugas untuk membantu bisnis mencapai tujuannya dengan mempublikasi konten strategis yang berharga ke target audiens. 

Di zaman digital ini jasa dari seorang content marketer sangat dibutuhkan, khususnya untuk brand dalam meningkatkan brand awareness dan mempromosikan produk/layanan.

13. Bisnis Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi yang mencakup semua cara agar seseorang bisa mengiklankan produk/layanan/konten mereka menggunakan internet.

Seorang digital marketer akan menggunakan konten dari tim content marketing, untuk optimasi konten tersebut agar mencapai target pemasaran. 

Kegiatan ini mencakup iklan online pengoptimalan mesin pencari (SEO/Search Engine Optimization) untuk membantu bisnis berkembang secara online.

14. Jasa Manajemen Media Sosial

Penggunaan media sosial saat ini sangat masiv. Brand atau perusahaan juga menggunakan berbagai media sosial untuk mengembangkan bisnis dan terkoneksi dengan target audiens mereka. 

Maka dari itu, jasa manajemen media sosial lumayan dibutuhkan untuk membantu bisnis besar dan kecil. 

Mulai dari bikin konten, analisis audiens, berinteraksi dengan audiens, dan memastikan kontennya bisa menjangkau audiens yang tertarget atau lebih luas lagi. 

15. Bisnis Perencanaan Acara

Contoh bisnis jasa berikutnya adalah bisnis perencanaan acara atau event planner. Seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat acara seperti pesta ulang tahun, acara pertunangan, selametan, atau perayaan lainnya. 

Event planner harus mengurus semua detailnya, mulai dari tempat, undangan, katering, wardrop, dan sebagainya. 

Permintaan untuk layanan ini cenderung tinggi di kota besar. Memulai bisnis ini juga butuh biaya awal yang relatif rendah karena kamu bisa mengatur dana yang diberikan oleh pelanggan. 

16. Jasa Les Privat 

Tugas guru privat adalah mengajar dan melatih murid untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mata pelajaran tertentu, atau keterampilan lainnya sesuai bidang yang dikuasai. 

Ini termasuk memandu murid untuk menyiapkan pelajaran, memberikan tugas, praktik, dan mengevaluasi hasil belajar. 

Ini termasuk ide usaha sampingan guru yang potensial untuk mendapat penghasilan tambahan. 

17. Jasa Tutor Online 

E-tutor adalah sebutan untuk pengajar yang memberikan layanan belajar dan bimbingan secara online

Dalam konteks tertentu, proses belajar secara online dinilai efektif dan efisien juga. 

Materi belajar diberikan melalui modul online melalui berbagai aplikasi. 

Apalagi di masa pandemi seperti ini, proses belajar melalui daring sangat membantu agar murid bisa tetap belajar dengan aman.

18. Jasa Bikin CV dan Resume

Curriculum Vitae (CV) dan resume adalah salah satu dokumen penting yang wajib dibawa saat seseorang hendak melamar kerja. 

CV berisi riwayat hidup, perjalanan karir, latar belakang pendidikan, hingga informasi pribadi yang penting terkait kebutuhan lamaran kerja. 

Salah  satu trik untuk melamar kerja–selain memiliki skill sesuai dengan posisi yang dilamar–tampilan CV juga harus menarik dan jelas. 

Pasalnya, baik isi CV atau resume adalah hal pertama yang dinilai oleh manajemen perusahaan. Saat ini permintaan untuk jasa pembuatan CV dan resume atau dokumen terkait lamaran pekerjaan juga tinggi. 

19. Jasa Pembukuan 

Pembukuan (bookkeeping) adalah pencatatan transaksi keuangan oleh akuntan yang termasuk bagian dari proses akuntansi dalam bisnis dan organisasi.

Jasa pembukuan yang andal sering dibutuhkan oleh perusahaan untuk menyusun laporan keuangan.

20. Jasa Affiliator

Jasa afiliasi termasuk dalam layanan untuk mendukung strategi marketing. 

Affiliate marketing adalah metode pemasaran di mana pihak ketiga (affiliator) membantu memasarkan produk/layanan dari perusahan dengan ketentuan yang sudah disepakati. 

Mitra afiliasi akan mendapat komisi dari penjualan yang menggunakan kode afiliasi dirinya.

Biasanya, seseorang harus memiliki basis audiens atau followers yang banyak di media sosial atau laman internet, sehingga brand akan tertarik untuk bekerja sama. 

21. Usaha Jastip Produk

Ide bisnis jasa terlaris selanjutnya adalah usaha jastip atau jasa titip. Jastip adalah jasa untuk membelikan dulu barang-barang atau produk pelanggan sesuai dengan titipan mereka.

Pelanggan tidak bisa beli produk itu sendiri sementara kamu kebetulan akan pergi ke tempat tersebut, maka terjadilah bisnis jastip ini. 

Biasanya saat seseorang kebetulan ingin pergi ke luar kota atau luar negri, atau dia memang mengumpulkan pelanggan yang ingin menitip untuk beli barang di suatu tempat dan baru dia pergi ke sana.

22. Jasa Laundry

Jasa laundry biasanya dibutuhkan di sekitar perkantoran, kos-kosan, kawasan apartemen, universitas, komplek perumahan, atau kawasan ramai penduduk lainnya. 

Sesuaikan jenis laundry, layanan, dan kisaran harga sesuai dengan target pelanggan kamu di sekitar wilayah tersebut. 

Cek apa saja peralatan usaha laundry kiloan di sini! 

23. Jasa Sewa Tenda dan Panggung

Memang bisnis jasa penyewaan tenda butuh modal yang cukup tinggi untuk membeli peralatan, menyiapkan gudang penyimpanan, dan biaya operasional. Juga harus mempersiapkan sumber daya untuk bongkar/pasang properti tersebut. 

Namun, ide bisnis jasa ini punya peluang tinggi karena banyak dibutuhkan. Mulai dari tenda dan peralatan untuk pesta pernikahan, tenda acara di rumah, dan acara lainnya.

Berdasarkan beberapa sumber, biaya awal usaha sewa tenda, partisi, dan kursi sekitar Rp30.000.000, dengan biaya operasional jutaan rupiah per bulan. 

Namun, kamu bisa sesuaikan dengan modal dan segmentasi pasar kamu. 

24. Jasa Rental Baju

Peluang bisnis jasa selanjutnya adalah rental baju. Penyewaan untuk berbagai jenis baju mulai dari gaun pesta, pakaian adat, pakaian resmi, setelan jas, kostum, dan sebagainya. 

Kenapa ide bisnis jasa ini potensial? Beberapa jenis dan model pakaian cukup mahal, serta mungkin hanya digunakan sekali saja sehingga orang enggan membelinya dan memilih untuk sewa saja. 

25. Jasa Rental Produk Branded

Tempat sewa barang-barang bermerek sekarang banyak peminatnya. Peluang usaha sewa:

  • Baju bermerek
  • Tas bermerek
  • Aksesori
  • Smartphone
  • Sepatu 
  • Furnitur 
  • Dan sebagainya 

Biasanya pelanggan butuh barang-barang tersebut untuk digunakan di acara tertentu–kebutuhan pengambilan foto dan video misalnya–atau tujuan pribadi lainnya. 

26. Guru Musik Privat

Bermain musik secara profesional dan menjadi guru musik privat adalah cara yang luar biasa untuk berbagi kecintaan dengan musik dengan orang yang juga tertarik. 

27. Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Bila kamu pecinta hewan dan punya keahlian untuk mengurusnya, ada peluang buka bisnis jasa penitipan hewan peliharaan. Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

Permintaan untuk menjaga dan merawat hewan peliharaan biasanya akan ramai di musim liburan. 

28. Jasa Makeup Artist

Jasa makeup artist adalah seseorang yang punya keahlian untuk merias wajah sesuai dengan acaranya. Istilahnya untuk riasan yang cantik seperti para selebriti. 

Jasa makeup artist dibutuhkan untuk acara pernikahan, pre-wedding, tunangan, kelulusan, dan sebagainya. 

29. Jasa Hair Stylist

Layanan makeup artist ada yang sudah mencakup tatanan rambut sekaligus. Beberapa orang atau atau dalam rangka acara spesial biasanya juga butuh jasa hair stylist atau penata rambut. 

Itulah beberapa ide bisnis jasa terlaris yang bisa kamu pertimbangkan. Ada banyak jenis bisnis lainnya, seperti jasa personal trainer, jasa grooming hewan pemasaran, jasa riset pemasaran, jasa reparasi, dan sebagainya. 

Apapun jenis bisnis yang dijalankan, maksimalkan pemasaran dan penjualan dengan bisnis online

Kamu bisa memasarkan bisnis jasa kamu secara online sehingga pelanggan bisa mengetahui informasi bisnis kamu dan bahkan memesan secara online

Gimana caranya? Cukup dengan buat toko online melalui Praktisidigital. Kamu sudah mendapat fasilitas bisnis online yang komprehensif dan mudah dipelajari. Langsung klik daftar buat toko sekarang. Gratis!