7 Ide Bisnis Aksesoris Pria dan Tips Memulai untuk Pemula


Bukan hanya aksesoris wanita, bisnis aksesoris pria juga ternyata tidak kalah potensial. Selain untuk melengkapi penampilan, beberapa aksesoris memang memiliki fungsinya tersendiri. Tertarik dengan bisnis yang satu ini? Ketahui dulu tips dan ide bisnisnya!

Tips Memulai Bisnis Aksesoris Pria

1. Lakukan Riset Pasar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar. Coba lihat produk seperti apa yang laku di pasaran dan strategi marketing seperti apa yang relevan untuk memasarkan produk tersebut.

Riset ini akan membantu memudahkan kamu untuk memilih produk yang ingin dijual, menentukan harga produk, hingga menentukan strategi bisnis yang nantinya akan diterapkan.

2. Tentukan Produk yang akan Dijual

Apabila sudah tahu banyak tentang pasar aksesoris pria, sekarang saatnya menentukan produk apa saja yang ingin dijual. Apakah ingin menjual satu produk dengan beberapa varian atau langsung dengan beberapa jenis produk.

Pastikan kamu menawarkan produk yang bisa menjawab kebutuhan pasar. Selain itu, pastikan juga produk memiliki value dan keunggulan lebih dari produk yang sudah ada di pasaran.

3. Tentukan Target Pasar

Target pasar adalah salah satu hal yang paling krusial dalam bisnis. Jangan sampai kamu tidak memiliki target pasar yang jelas sehingga tidak mempromosikan produkmu pada orang tepat.

Berhubung yang kamu jual adalah aksesoris pria, jadi target pasarmu secara umum tentu saja adalah pria. Selanjutnya kamu bisa mengelompokkan pria ini ke dalam segmentasi pasar yang lebih spesifik, misalnya remaja, pria pekerja kantoran, dan sebagainya.

4. Siapkan Modal

Besaran modal dapat disesuaikan dengan model bisnis yang direncanakan.

Asal modal juga tidak harus berasal dari kantong sendiri, tapi bisa melalui pinjaman modal. Pastikan kamu meminjam modal sesuai dengan kemampuan dan harus dengan rencana bisnis yang matang.

Apabila ingin memulai bisnis aksesoris pria tanpa modal sama sekali, kamu bisa juga mempertimbangkan jualan dengan sistem dropship atau reseller.

5. Cari Supplier

Jika ingin memproduksi sendiri, carilah supplier bahan baku. Apabila ingin lebih mudah, kamu juga bisa menggunakan jasa maklon yang bisa membantumu memproduksi barang sesuai keinginan.

Terakhir, kamu juga bisa mencari supplier yang menjual berbagai aksesoris untuk dijual kembali.

5. Optimalkan Media Sosial

Jika produk sudah tersedia, jangan lupa untuk mengoptimalkan media sosial untuk mempromosikan produkmu.

Jualan di toko online maupun toko konvensional, promosi di media sosial ini tetap penting karena mayoritas masyarakat menggunakan medsos.

6. Adakan Promosi

Ketika sudah mulai berjualan, jangan lupa untuk mengadakan promosi secara rutin. Apalagi di awal ketika sedang memperkenalkan produk, jangan ragu untuk memberikan diskon pada calon pelanggan baru.

Begitu juga pada pelanggan yang sudah pernah bertransaksi, sebisa mungkin adakan promo secara rutin agar kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan setia.

7. Buat Website Toko Online

Hal lain yang juga tidak kalah ampuh untuk mempromosikan produk lewat internet adalah melalui website. Selain toko kamu jadi lebih tepercaya, ada banyak kemudahan lain yang bisa didapat dari adanya website toko online ini.

Apalagi jika kamu membuat website bisnis di Praktisidigital, banyak pilihan metode pembayaran dan jasa pengiriman yang bisa jadi pilihan pelanggan. Bikin website di Praktisidigital juga gratis dan praktis.

Rekomendasi Ide Jualan Aksesoris Pria

Berikut adalah beberapa jenis aksesoris yang banyak digunakan oleh kamu lelaki yang bisa dijadikan ide bisnis:

1. Topi

Ada banyak jenis topi untuk pria yang penggunaannya bisa menyesuaikan dengan gaya kasual hingga formal ataupun menyesuaikan usia penggunanya. Beberapa jenis yang populer adalah seperti baseball cap, bucket hat, topi fedora, kupluk, dan masih banyak lagi.

2. Jam Tangan

Bisnis aksesoris pria potensial selanjutnya adalah jam tangan. Jam tangan sebagai penunjuk waktu ini modelnya bervariasi dari waktu ke waktu.

Pencinta jam tangan sejak dulu tidak pernah sepi. Bahkan bagi sebagian pria, ini merupakan aksesoris yang wajib digunakan.

3. Kacamata

Kacamata bisa digunakan untuk membantu penglihatan ataupun untuk bergaya. Aksesoris satu ini juga tidak pernah ketinggalan zaman dan modelnya semakin banyak pilihan.

4. Perhiasan

Perhiasan seperti gelang, kalung, dan cincin tidak hanya digunakan wanita, tapi juga pria. Bahan yang digunakan juga dapat sama mulai dari logam, kayu, maupun plastik. Mungkin desainnya saja yang akan berbeda dan lebih bernuansa maskulin.

5. Dompet

Sebagai tempat menyimpan uang dan beberapa kartu yang esensial, dompet ternyata masuk kategori aksesoris pria yang cukup populer.

Jenis dompet paling populer adalah bifold karena laki-laki umumnya suka yang lebih ringkas, bahkan sekarang banyak juga yang beralih ke card holder yang lebih ringkas lagi.

6. Ikat Pinggang

Bukan sekadar mengatasi celana yang longgar, tapi fungsi ikat pinggang juga merupakan bagian dari fashion pria yang bisa membuat penampilan lebih trendy.

Biasanya ikat pinggang terbuat dari bahan leather dan dilengkapi dengan buckle yang berbeda-beda, mulai dari yang simpel hingga yang bentuknya unik

7. Aksesoris untuk Jas

Ketika menggunakan pakaian formal seperti jas, pria ternyata membutuhkan beberapa aksesoris. Aksesoris yang dimaksud adalah seperti dasi atau dasi kupu-kupu, penjepit dasi, hingga pocket square.

Meskipun bukan kebutuhan utama, tapi bisnis aksesoris pria tidak kalah dengan jualan aksesoris wanita. Hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini adalah tren fashion yang cepat berubah-ubah, sehingga pelaku bisnis harus terus menyesuaikan diri.