11 Media Promosi Online Paling Efektif, Pilih yang Mana?


Penggunaan media promosi online yang efektif bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Ada banyak media pemasaran yang bisa kamu pilih sesuai dengan goals, mulai dari meningkatkan brand awareness hingga meningkatkan penjualan. Apa saja media yang bisa digunakan?

Media Promosi Online yang Paling Efektif

1. Google Shopping

Tentunya kamu sudah tidak asing dengan Google Ads. Media promosi online satu ini memiliki beberapa pilihan campaign berbeda yang bisa kamu pilih. Jika goals dari promosi yang kamu lakukan adalah meningkatkan penjualan, Google Shopping bisa menjadi campaign yang relevan untuk kamu pilih. 

Pernah memasukkan suatu keyword di mesin pencari Google lalu memilih bagian “Shopping/Belanja” di halaman hasil pencarian? Di sana lah iklanmu akan muncul jika kamu menggunakan Google Shopping.

Iklan di Google Shopping berisikan gambar produk, harga, dan link ke toko online kamu. Informasi spesifik ini sangat cocok menyasar audiens yang memang siap berbelanja. Jika ingin menggunakan Google Shopping untuk berpromosi, kamu perlu membuat akun Google Ads dan Google Merchant Center.

2. Facebook Ads

Tahukah kamu bahwa Indonesia masuk 5 besar negara dengan pengguna Facebook terbanyak?

Tak heran jika sejak dulu Facebook Ads jadi media yang efektif untuk mempromosikan bisnis. Demografi pengguna Facebook di Indonesia beragam mencakup berbagai kelompok usia. Ini akan memudahkan kamu untuk menentukan target iklan dengan spesifik.

Perlu diketahui bahwa iklanmu enggak hanya akan muncul di Facebook, tapi juga bisa muncul di website lain yang bekerja sama dengan Facebook. Biaya Facebook Ads juga tergolong murah karena mulai dari Rp10.000 kamu sudah bisa pasang iklan. 

3. Instagram Ads

Dulunya kamu harus memasang iklan lewat Facebook Ads jika ingin berpromosi di Instagram, tapi kini iklan dapat langsung di pasang lewat aplikasi Instagram.

Kalau kamu punya katalog toko online di Instagram, tak ada salahnya menggunakan media satu ini untuk meningkatkan followers dan meningkatkan penjualan tokomu. 

Sama halnya Facebook Ads, budget iklan di Instagram juga ringan. Kamu dapat mulai memasang iklan dengan Rp20.000 saja.

4. Twitter Ads

Media sosial lain yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis adalah Twitter. Terdapat beberapa jenis iklan di Twitter mulai dari promoted tweet, promoted accounts, hingga promoted trends. 

Jika kamu sudah mengetahui target audiens dengan jelas, kamu bisa membuat campaign-mu sendiri. Namun jika kamu belum tahu, kamu bisa menggunakan fitur promosi otomatis yang disediakan Twitter.

5. TikTok Ads

Pada tahun 2020, Indonesia berada di urutan kedua pengguna TikTok terbanyak setelah Amerika Serikat. Sayang sekali bukan jika kita tidak memanfaatkan media sosial satu ini untuk berpromosi? Kamu bisa menggunakan fitur TikTok Ads untuk membuat campaign promosi. 

Selain fitur iklan, kamu pada dasarnya juga bisa dengan mudah meningkatkan views video TikTok secara organik. Di TikTok terdapat fitur For You Page (FYP) di mana kamu dapat melihat postingan dari akun yang relevan denganmu meskipun belum kamu follow.

Kamu tidak perlu membayar untuk masuk ke FYP. Beberapa cara agar konten kamu masuk FYP adalah dengan membuat konten yang bagus, mengikuti tren, menggunakan hastag yang relevan, mengikuti challage, dan sebagainya.

6. Instagram Reels

Pernah dengar Instagram Reels? Fitur ini pada dasarnya sama dengan fitur FYP TikTok.

Kamu dapat membuat konten video berdurasi 30 detik yang berkesempatan untuk dilihat seluruh pengguna Instagram. Nah buat kamu yang sudah aktif berjualan di Instagram, mulailah untuk memanfaatkan fitur ini untuk menjangkau lebih banyak audiens.

7. YouTube Ads

Media promosi online lain yang bisa kamu manfaatkan adalah YouTube Ads. Jenis iklan yang satu ini memang membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Cara membuat campaign di YouTube adalah melalui Google Ads. Biaya yang dibutuhkan berkisar antara $0,003 sampai $0,10 per video yang tayang. Harga ini bervariasi tergantung pada di wilayah mana kamu ingin beriklan.

8. Marketplace

Marketplace bukan hanya menjadi sarana untuk berjualan, tapi juga dapat membantu bisnis kamu semakin dikenal. Setiap marketplace juga biasanya menyediakan fitur iklan yang bisa kamu manfaatkan.

Jika kamu tidak ingin mengeluarkan biaya lebih dulu, kamu hanya perlu membuat katalog yang bagus di marketplace untuk mendatangkan pelanggan. Pastikan deskripsi produkmu dibuat detail dan membuat keyword yang banyak dicari dan relevan.

9. Advertorial

Advertorial adalah bentuk iklan yang disajikan dalam bentuk konten editorial. Media promosi online satu ini merupakan salah satu strategi mempromosikan produk atau jasa dengan gaya soft selling.

Pastikan advertorial memuat berbagai informasi mendetail dan keunggulan dari produk atau jasa yang dijual, agar lebih banyak pembaca yang tertarik dengan barang atau jasa yang kamu tawarkan.

10. Endorsement

Selain menggunakan fitur ads di media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, hingga Twitter, kamu juga bisa menggunakan jasa endorsement dari para influencer.

Umumnya tarif yang dikenakan berbeda tergantung berapa banyak followers dari influencer tersebut dan bentuk konten yang dipromosikan. Misalnya di Instagram, biaya untuk promosi di feeds biasanya akan lebih mahal dibandingkan promosi di Instagram story karena iklan di Instagram story hanya bertahan 24 jam.

Kamu bisa memilih influencer yang sesuai dengan target pasarmu. Jika ingin memulai dengan bujet yang kecil, pilihlah jasa micro influencer lebih dulu.

11. Website

Media terakhir yang bisa kamu manfaatkan untuk promosi online adalah website. Keberadaan website akan sangat membantu pelanggan untuk menemukan bisnismu lebih mudah. Lebih lagi, transaksi melalui website toko online juga lebih praktis.

Banyak yang mengira bahwa pembuatan website membutuhkan biaya yang besar. Siapa bilang? Kamu juga bisa membuat website tanpa modal untuk toko online di Praktisidigital. Hanya butuh waktu sekitar 3 menit dan tanpa coding, kamu siap jualan!