10 Tips Memulai Bisnis Sepatu, Pemula Bisa Jualan!


Bisnis sepatu adalah salah satu yang paling potensial dalam bidang fashion. Alas kaki satu ini memang dibutuhkan di berbagai kesempatan. Modelnya juga sangat banyak sehingga membuat kamu sebenarnya tidak perlu bingung untuk memulai bisnis ini.

Tips Memulai Bisnis Sepatu untuk Pemula

1. Tentukan Jenis dan Model Sepatu

Sepatu itu ada banyak jenisnya. Lalu kamu ingin jual sepatu apa? Lebih baik fokus dengan salah satu kategori jenis sepatu. Misalnya sepatu sneakers, sepatu wanita, sepatu formal, dan lain sebagainya.

Setiap kategori ini juga memiliki berbagai pilihan. Contohnya di kategori sepatu wanita, kamu bisa menjual flat shoes, boots, sneakers, high heels, dan sebagainya. Fokus pada satu kategori produk lebih dulu akan membuat kamu lebih mudah dalam menentukan target pasar.

2. Lakukan Riset Pasar

Tips kedua untuk memulai bisnis sepatu adalah melakukan riset pasar. Kamu bisa langsung melakukan riset sesuai dengan jenis sepatu yang dipilih.

Misalnya kamu memilih sepatu sneakers, kamu bisa langsung melihat di pasaran model sepatu sneakers seperti apa dan merek apa yang sedang banyak dicari dan diminati masyarakat.

Kamu juga bisa mempelajari bagaimana strategi pemasaran kompetitor dalam menjual jenis sepatu ini. Selain itu, pelajari juga kisaran harga sepatu sneakers yang ada di pasaran.

3. Tentukan Target Pasar

Tentunya produk dengan kualitas dan harga yang berbeda akan memiliki target pasar yang berbeda. Menentukan target pasar dan segmentasi pasar sangatlah penting agar strategi marketing dapat disusun dengan tepat.

Target bisa ditentukan berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, karakter, dan masih banyak faktor lainnya. Nantinya target ini dapat dikelompokkan ke dalam beberapa segmentasi berbeda untuk lebih memudahkan lagi strategi marketing yang bisa dilakukan.

4. Tentukan Harga Produk

Apabila sudah mengetahui target pasar dengan jelas, kamu akan dapat menentukan rentang harga produk yang akan dijual. Jadi nantinya ketika mencari distributor dan supplier, kamu bisa menyesuaikan harganya agar tetap bisa mendapat keuntungan dengan maksimal.

Tentunya harga ini juga harus ditentukan berdasarkan harga yang ada di pasaran yang sudah diketahui melalui riset pasar sebelumnya. Harga yang ditawarkan tentu tidak bisa terlalu murah karena bisa menyebabkan kerugian dan tidak juga terlalu mahal karena bisa tidak laku.

5. Cari Distributor atau Supplier

Apabila ingin bisnis sepatu branded, carilah distributor resmi yang bisa memberikan harga yang terjangkau.

Hati-hati dalam memilih distributor karena sepatu adalah salah satu produk yang banyak juga dijual versi KW. Jadi jika kamu ingin menjual sepatu bermerek asli, tentu distributornya tidak sembarangan.

Selain itu, bagi kamu yang ingin menjual sepatu dari brand yang sudah ada, kamu juga bisa berjualan dengan sistem reseller atau dropship, bergantung kesepakatan dengan distributor atau supplier.

Apabila ingin menjual sepatu dengan brand sendiri, kamu bisa menggunakan jasa maklon sepatu untuk lebih memudahkan proses produksi.

6. Foto Sepatu dengan Jelas

Setelah barang siap, segera foto untuk katalog produk. Pastikan sepatu difoto dengan jelas.

Pertama adalah foto produk secara umum. Kedua, foto ketika produk digunakan. Selanjutnya, ada juga foto detail yang menunjukkan keunggulan dari sepatu, misalnya sol yang kuat atau alas yang tidak licin, maupun detail lainnya.

7. Optimalkan di Media Sosial

Media sosial menjadi media promosi yang paling ampuh. Meskipun sekarang sudah berkurang toko yang melakukan transaksi jual beli melalui medsos, tapi platform satu ini masih jadi yang utama untuk meningkatkan awareness.

Nantinya calon pembeli akan diarahkan untuk bertransaksi ke marketplace maupun official website toko. Mengoptimalkan media sosial bisa secara organik maupun dengan ads.

Media sosial bukan hanya menjadi tempat untuk memperkenalkan produk, tapi bisa juga sebagai media untuk menjaga relasi baik dengan pelanggan sehingga mereka dapat menjadi loyal customer.

8. Jualan Sepatu di Marketplace

Selain media sosial, memanfaatkan marketplace dengan baik juga termasuk ke dalam tips bisnis sepatu yang sayang untuk dilewatkan. Biasanya setiap marketplace memiliki fitur atau promo tertentu yang membuat pelanggan tertarik untuk bertransaksi di sana.

Manfaatkanlah fitur tersebut dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan penjualan. Salah satu fiturnya adalah fitur ads sama seperti di media sosial.

9. Promosi

Sebelumnya telah disinggung bahwa media sosial dan marketplace memiliki fitur ads yang bisa dimanfaatkan sebagai media untuk promosi. Ketika memasang ads, pastikan bahwa target iklan sudah sesuai dengan target pasar dari toko sepatu milikmu.

Selain itu, berikan juga berbagai penawaran menarik pada pelanggan untuk meningkatkan minat belanja mereka. Misalnya seperti promo gratis ongkir, promo payday, promo buy 1 get one, atau yang lainnya.

10. Buat Website Toko Online

Tips memulai bisnis sepatu yang terakhir adalah dengan membuat website toko online. Ada banyak keunggulan ketika memiliki website bisnis sendiri.

Pertama, kredibilitas toko kamu akan meningkat. Kedua, transaksi dalam menjadi lebih mudah dan kamu bisa mengatur promo toko sendiri di website. Ketiga, tentunya toko online kamu jadi bisa menjangkau lebih bayak pelanggan dengan adanya website ini.

Banyak penjual online yang belum berani membuat website karena berpikir biayanya yang besar. Kamu bisa buat website bisnis gratis di Praktisidigital.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera buat website dan mulai bisnis sepatu kamu sendiri!