15 Aksesori Motor Terlaris, Peluang Bisnis Otomotif!


Bisnis jual-beli aksesori motor tergolong potensial mengingat banyaknya pengendara motor di Indonesia. Bukan hanya untuk mempercantik tampilan motor, tapi beberapa aksesori juga berguna meningkatkan performa, menambah kenyamanan berkendara, dan melindungi kendaraan.

Aksesori Motor yang Banyak Dibeli

Berikut adalah barang-barang yang dapat menjadi pelengkap motor:

1. Knalpot

Salah satu bagian motor yang paling sering dimodifikasi adalah bagian knalpot. Kebanyakan orang mengganti knalpot untuk meningkatkan kecepatan motor.

Hal ini memang bisa dilakukan, tapi mengganti knalpot saja tidak cukup untuk meningkatkan kecepatan, bagian karburatornya juga harus di-setting ulang. Di sisi lain, ada juga orang yang mengganti knalpot hanya untuk memperindah tampilan motor.

2. Lampu Sorot LED

Lampu tambahan pada motor biasanya dipasang pada motor yang sering dipakai touring. Ini akan sangat berguna ketika melewati jalan yang pencahayaannya minim.

Bukan sekadar aksesori untuk memperindah tampilan motor, lampu sorot LED juga berguna untuk meningkatkan keamanan berkendara di malam hari.

3. Box

Pernah lihat motor yang dilengkapi dengan box? Biasanya box ini dipasang di bagian belakang motor atau ada juga yang dipasang di bagian kanan kiri motor.

Ini sangat berguna untuk pengguna motor yang sering bepergian jauh dan membawa banyak barang. Box ini bisa digunakan untuk menyimpan helm cadangan, jas hujan, atau barang lainnya.  

BACA JUGA :  17 Bisnis Tanpa Modal di HP yang Berpotensi Untung Besar 

4. Fairing

Fairing atau sayap adalah bagian yang dipasang di bagian kanan kiri sepeda motor. Biasanya ini digunakan untuk memperindah tampilan motor sport. Selain itu, fairing juga berguna untuk melindungi mesin motor, terutama bagian radiator yang rawan terhadap benturan.

5. Phone Holder

Aksesori motor satu ini digunakan untuk menyimpan handphone saat sedang berkendara. Biasanya untuk mempermudah melihat GPS. Tentunya aksesori satu ini harus digunakan dengan hati-hati karena penggunaan ponsel selama berkendara motor tentu tidak diperbolehkan.

6. Charger Handphone

Selain phone holder untuk mempermudah melihat GPS di handphone, aksesori terkait lainnya adalah charger handphone di motor. Tentunya fitur satu ini sangat dibutuhkan ketika bepergian jauh.

Jika dibandingkan penggunaan power bank, keberadaan charger di motor ini akan lebih membantu. Fitur yang satu ini juga bisa semakin lengkap jika ada phone holder.

7. Spion

Kaca spion tentunya merupakan fitur yang memang wajib ada pada kendaraan. Banyak orang yang mengganti spion standarnya dengan bentuk yang lebih unik untuk meningkatkan penampilan motor. Selain bentuknya unik, tetap pastikan juga spion yang dijual memenuhi standar.

8. Sarung Motor

Menyimpan motor di luar ruangan bisa membuatnya terpapar matahari dan hujan. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang membutuhkan sarung atau cover motor ini. Produk ini biasanya dibutuhkan oleh orang yang suka bepergian atau yang tidak memiliki garasi di rumah.

9. Shockbreaker

Shockbreaker yang merupakan bawaan dari pabrik tentu sudah cukup bagus. Meskipun begitu, banyak orang yang mengganti shockbreaker standar dengan shockbreaker variasi untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.

Sarung pelindung shockbreaker juga bisa jadi ide aksesori motor. Biasanya sarung ini digunakan untuk melindungi shockbreaker dari air saat hujan atau jalanan basah.

BACA JUGA :  11 Ide Bisnis Gila yang Unik, Bisa Untung Besar!

10. Tutup Minyak Rem

Tutup minyak rem atau cover master rem juga merupakan aksesori yang sangat umum. Tidak memiliki fungsi khusus, produk ini memang digunakan hanya untuk mempercantik tampilan motor.

11. Speaker Klakson

Klakson juga merupakan fitur wajib pada sebuah kendaraan. Speaker klakson juga bisa jadi barang yang meningkatkan penampilan motor. Ada banyak pilihan suara, biasanya suara yang membuat motor tampil lebih sporty lebih diminati. 

12. Stiker

Stiker motor tersedia dalam berbagai bentuk. Banyak juga pengendara motor yang suka memasang benda satu ini di motornya.

Ada juga stiker yang dirancang untuk dipasang ke seluruh body motor. Ini bisa mengubah tampilan secara keseluruhan dan membuat motor terlihat seperti baru.

13. Remote Alarm

Bukan hanya untuk mobil, tapi kini sudah banyak juga motor yang menggunakan remote alarm.

Gunanya tentu saja tidak saja hanya untuk perlindungan ekstra agar motor tidak mudah dicuri. Selain itu, ini juga mempermudah kamu untuk menemukan motor ketika lupa parkir di mana.

14. Kain Microfiber dan Kanebo

Kedua jenis kain ini sama-sama berguna untuk membersihkan body motor dari air, biasanya setelah dicuci atau karena terkena hujan. Kamu bisa memilihnya sesuai preferensi.

Aksesori satu ini merupakan salah satu yang harus dimiliki oleh pengendara motor karena sangat berguna untuk mengeringkan motor yang basah.

15. Crash Protection

Fungsi benda yang satu ini adalah untuk melindungi motor, sehingga tidak terjadi kerusakan parah saat kecelakaan atau motor terjatuh.

Harga crash protection beragam bergantung pada jenisnya, ada yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Memang tidak dapat dikatakan sebagai aksesori yang murah, tapi ini merupakan salah satu pilihan terbaik karena sangat berguna untuk perlindungan motor.

BACA JUGA :  28 Ide Hobi Jadi Bisnis, Konsumtif Bikin Cuan!

Itu dia berbagai jenis perlengkapan motor yang banyak dicari. Kini semaikin banyak juga orang beli aksesori motor secara online. Tentunya ini bisa jadi kesempatan untukmu agar dapat berjualan lebih mudah.

Tertarik dengan bisnis yang satu ini? Segera buat website gratis untuk jualan di Praktisidigital tanpa syarat apapun. Kamu juga jadi bisa buat website tanpa coding!