15 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Potensial


Kenali ciri-ciri peluang usaha yang baik sebelum memulai sebuah bisnis. Ternyata tidak semua ide bisnis itu dapat diwujudkan dengan baik, meskipun idenya terlihat bagus. Sebuah bisnis harus memiliki beberapa ciri yang menunjukkan bahwa bisnis tersebut memang potensial.

Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik

Terkadang memang eksekusi tidak secemerlang idenya. Maka dari itu, kenali beberapa ciri peluang bisnis yang baik berikut ini:

1. Ide Orisinal atau Asli

Sebuah bisnis yang bagus harus berasal dari ide yang orisinal. Bukan berarti kamu harus menciptakan produk baru yang belum ada sama sekali di dunia ini. Tentunya akan lebih sulit untuk memperkenalkan sesuatu yang belum pernah ada. 

Inspirasinya dapat diambil dari produk yang sudah ada di pasaran, lalu kamu dapat memodifikasinya agar dapat lebih unggul dari produk-produk yang sudah ada. Pastikan kamu memahami apa yang dibutuhkan masyarakat sehingga dapat tahu ide apa yang paling relevan untuk diwujudkan.

2. Risiko Kecil

Seorang pebisnis memang harus berani mengambil risiko, tapi bukan berarti kamu harus selalu mengambil risiko yang besar. Faktanya dalam menjalankan bisnis, lebih disarankan untuk mengambil risiko yang kecil sehingga kamu dapat bertahan lebih lama.

Tentunya dalam setiap mengambil risiko juga harus dipertimbangkan dengan matang agar tidak berdampak negatif pada bisnismu.

3. Sumber Daya Tersedia

Ciri-ciri peluang usaha yang baik selanjutnya adalah sumber dayanya tersedia. Baik itu untuk bahan baku produk maupun sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan.

Apabila sumber daya sulit untuk ditemukan, tentu akan semakin sulit proses produksi dan ini bukan hal yang baik untuk bisnis.

4. Bukan Musiman

Mengikuti tren adalah hal penting dalam bisnis, tapi harus dipastikan juga bahwa peluang bisnis tersebut bukan hanya musiman. Apabila ingin mengandalkan hal sedang viral sebagai ide bisnis, pastikan tetap menyusun rencana jangka panjang.

Setelah hal tersebut tidak lagi viral, bisnis harus masih bisa tetap berjalan dengan inovasi baru lainnya. 

5. Bisa Bertahan Jangka Panjang

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, bisnis musiman tentu akan sulit untuk bertahan jangka panjang. Apabila peluang bisnis tersebut memiliki potensi untuk bertahan lama dan memiliki masa depan, artinya itu merupakan peluang bisnis yang bagus.

6. Dapat Berkembang

Ciri-ciri peluang usaha yang baik selanjutnya adalah dapat berkembang. Ini juga merupakan salah satu hal yang dapat membuat bisnis bertahan lama.

Apabila bisnis bisa dimulai dari skala kecil dan berpotensi untuk menjadi skala yang lebih besar, ini merupakan hal bagus. Perkembangan ini tentunya menjadi salah satu tujuan utama dari bisnis itu sendiri.

7. Mampu Menciptakan Relasi

Membangun dan menjaga relasi memang merupakan hal penting bagi semua orang, termasuk pelaku bisnis. Peluang bisnis yang baik akan mampu menciptakan relasi yang lebih luas.

Nantinya relasi ini, baik itu relasi dengan pembeli, relasi dengan supplier, maupun relasi dengan pebisnis lain, juga dapat membantu bisnis lebih cepat berkembang.

8. Tidak Menghabiskan Modal

Ciri-ciri peluang usaha yang baik selanjutnya adalah tidak menghabiskan modal terus-menerus, tapi juga harus mendatangkan keuntungan. Modal memang merupakan hal penting dalam bisnis dan merupakan hal wajar mengeluarkan modal di awal.

Tentu banyaknya modal yang dikeluarkan sudah ada pada perencanaan bisnis yang disusun di awal. Selain itu, terdapat juga perkiraan kapan bisnis tersebut mendatangkan keuntungan hingga balik modal.

9. Dapat Menyelesaikan Masalah

Sebuah produk yang baik akan dapat membantu menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. Ini lah mengapa melakukan riset pasar sangat penting dilakukan sebelum memulai bisnis.

Riset ini dapat membantu kita mengetahui apa permasalahan yang tidak dapat diselesaikan oleh produk yang sudah ada di pasaran, kemudian kita hadir menawarkan solusi untuk masalah tersebut.

10. Tidak Mudah Ditiru

Ciri-ciri peluang usaha yang baik lainnya adalah tidak mudah ditiru. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa tidak masalah memodifikasi apa yang sudah ada di pasaran, asalkan kamu memiliki ciri khas sendiri.

Ciri khas ini lah yang sebaiknya menjadi hal istimewa dari bisnismu dan pastikan hal ini tidak mudah ditiru oleh bisnis lain.

11. Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Semakin dibutuhkan oleh masyarakat maka semakin bagus potensi sebuah bisnis. Misalnya saja bisnis kuliner dan fashion yang memenuhi kebutuhan primer. Semua orang membutuhkan pakaian dan makanan, jadi tentu ini merupakan peluang yang bagus.

Meskipun begitu, bukan berarti bisnis untuk kebutuhan tersier itu tidak bisa berkembang. Hal yang penting untuk diperhatikan adalah kamu harus bisa menciptakan produk yang berguna dan menentukan target pasar dengan tepat. 

12. Dapat Beradaptasi dengan Baik

Persaingan dan pasar terus berubah dan berkembang. Peluang usaha yang baik adalah yang dapat beradaptasi dengan berbagai dinamika bisnis dari waktu ke waktu.

Bisnis yang tidak mudah beradaptasi dan tidak bisa menyesuaikan keadaan akan kesulitan untuk bertahan. Maka dari itu, adaptasi yang baik ini adalah salah satu ciri peluang bisnis yang bagus.

13. Nilai Kerugian Kecil

Untung dan rugi adalah hal yang lumrah dalam sebuah bisnis. Biarpun begitu, seorang pebisnis harus sebisa mungkin mendapatkan banyak keuntungan dan menekan kerugian. Salah satu ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah memiliki nilai kerugian kecil dan potensi keuntungan yang tentunya besar.

Memilih bisnis dengan nilai kerugian kecil merupakan salah satu bentuk mengambil risiko kecil. Memang sebisa mungkin kerugian harus dihindari, tapi ini juga merupakan salah satu langkah antisipasi.

Baca Juga: 11 Penyebab Usaha Bangkrut yang Jarang Disadari Pebisnis

14. Banyak Orang Bilang Itu Ide Bagus

Jika kamu menceritakan pada banyak tak dikenal tentang sebuah peluang bisnis dan mereka bilang itu ide bagus maka artinya itu merupakan ide bagus.

Orang-orang tak dikenal ini dapat memberikan penilaian yang objektif tentang ide bisnis yang diceritakan. Salah satu cara untuk mengumpulkan pendapat orang adalah tentu saja melalui sebuah survei.

15. Kamu Paham dan Suka

Menguasai sebuah peluang bisnis saja tidak cukup, kamu juga sebaiknya menyukai ide tersebut. Menjalani sesuatu yang disukai memang lebih menyenangkan. Maka dari itu, pastikan kamu menyukai bisnis yang dijalani agar dapat sukses.

Itu dia berbagai ciri-ciri peluang usaha yang potensial untuk dijalani. Sebetulnya, salah satu cara mengembangkan bisnis yang ampuh adalah dengan jualan pakai website toko online.

Kamu bisa buat website jualan gratis di Praktisidigital. Website bisnis yang mudah diakses di mana dan kapan saja memudahkan pelanggan untuk transaksi, apalagi dengan adanya berbagai pilihan metode pembayaran dan jasa pengiriman.