19 Manfaat Toko Online untuk Pertumbuhan Bisnis


Selain transaksi jual-beli jadi lebih cepat, mudah, dan praktis, sebenarnya apa lagi manfaat toko online untuk pertumbuhan bisnis di masa kini? Cek informasi tentang fungsi toko online dan cara membuat website toko online terbaik di sini! 

Apa Itu Toko Online?

Toko online adalah sebuah situs website di internet milik brand sebagai tempat untuk transaksi jual-beli produk atau jasa yang ditawarkan. Selain browser web, toko online juga bisa dijalankan berbasis aplikasi seluler dan media sosial. 

Artinya, penjual dapat memamerkan produk, memasarkan, menjalankan promosi, mencatat pesanan, berkomunikasi dengan konsumen, hingga menyelesaikan transaksi pembayaran secara online. Konsumen bisa mengakses dan membeli produk di toko online kapan saja.

Pengguna internet menggunakan laptop, tablet, dan smartphone mereka bukan hanya untuk berkomunikasi dan mencari hiburan, tapi juga melakukan pembelian dan bahkan menjual produk melalui Internet. 

Memungkinkan untuk menjalankan bisnis secara mandi di rumah dengan modal yang rendah. Faktanya, perkembangan transaksi online sangat pesat dan menumbuhkan nilai ekonomi yang cukup tinggi. 

Manfaat Toko Online untuk Bisnis

Berdasarkan survei dari Kominfo, pertumbuhan nilai perdagangan elektronik di Indonesia mencapai 78 persen pada 2019–salah satu yang tertinggi di dunia. 

Transaksi online juga makin meningkat saat pandemi COVID-19. Ini dapat membantu penggiat UMKM untuk melancarkan bisnis mereka dan mendongkrak perekonomian. 

Jenis usaha kreatif baru yang menjanjikan, berikut ini manfaat online shop bagi bisnis: 

1. Efisiensi Biaya

Kamu bisa memangkas biaya sewa toko dan operasional. Biaya untuk membuat dan pemeliharaan website juga cenderung lebih terjangkau dari pada harus sewa toko. 

Modal untuk buka toko online juga dinilai lebih sedikit. Begitu juga biaya periklanan dan pemasaran yang lebih murah. 

Meski demikian, ide yang bagus untuk brand yang sudah punya toko fisik dan tetap memaksimalkan bisnis dengan toko online

2. Menghemat Waktu dan Tenaga

Penjual online memiliki komitmen waktu yang lebih sedikit daripada penjualan offline. Alih-alih menunggu konsumen datang, kamu bisa belajar dan menyiapkan strategi penjualan di internet. 

Meskipun begitu, membangun bisnis tidaklah mudah dan kamu harus investasi tenaga, pikiran, dan waktu kamu. Walaupun bisnis online, tidak akan semudah itu.

3. Jangkauan Bisnis yang Lebih Luas

Manfaat toko online adalah kamu bisa menjual produk kamu ke konsumen yang ada di beda kota dan bahkan beda negara. Tidak ada batasan jarak dan waktu lagi. 

Kamu juga bisa menjangkau target konsumen yang lebih luas lagi melalui pendekatan mesin pencari dan media sosial. Ketika calon konsumen mencari produk yang kamu jual, hasil pencarian akan menjadi trafik dan muncul di layar mereka. 

Ini berpotensi menjadi penjualan, loh! Setidaknya, calon konsumen akan mengingat produk dari brand kamu ketika dia siap untuk membelinya. 

4. Fleksibel

Manfaat toko online juga bisa membantu kamu berjualan di mana saja dan kapan saja, selagi ada smartphone dan koneksi internet yang lancar. 

Situs toko online juga sangat fleksibel karena kamu bisa beradaptasi akan beragam perubahan kebutuhan konsumen atau tuntutan bisnis. 

5. Bisa Diakses Kapan Saja 24/7

Konsumen bisa mengakses dan membeli produk dari toko online kapan saja. Tidak perlu repot-repot harus toko fisik atau menunggu jam buka toko. 

Kamu juga bisa mengkoordinasikan pengiriman produk kapan saja dan produk akan tiba sesuai estimasi. 

Bahkan, bila konsumen lebih memilih untuk membeli secara langsung, mereka bisa mendapat informasi produk yang lengkap lebih dulu di toko online sebagai gambaran. 

6. Lebih Nyaman

Hadirnya toko online membuat konsumen lebih nyaman dalam berbelanja. Mereka bisa transaksi kapan saja dengan payment gateway yang disediakan. 

7. Lebih Sedikit Biaya Overhead

Biaya overhead adalah biaya tambahan untuk kelancaran bisnis. Operasional toko online lebih sedikit pengeluaran biaya overhead, karena tidak ada biaya sewa, tagihan listrik, uang keamanan, dan sebagainya. 

8. Harga Kompetitif 

Memungkinkan untuk menjual produk dengan harga yang kompetitif karena pengeluaran overhead yang lebih sedikit. Konsumen juga bisa membandingkan harga toko online kamu dangan milik kompetitor. 

9. Lebih Sedikit Risiko

Bagaimana pun itu, membangun bisnis tentu tidak lepas dari risiko bisnis lainnya, ya!

Meski demikian, toko online memungkinkan kamu menikmati peningkatan profitabilitas dengan risiko lebih kecil. Misalnya, risiko kecil ada kecurangan pegawai, kerusakan barang, atau penggelapan uang.  

Fungsi Toko Online untuk Bisnis

Ciptakan hubungan yang lebih dekat dengan konsumen melalui toko online. Berikut ini keuntungan memiliki toko online:

1. Memudahkan Transaksi Jual-Beli

Belanja online lebih praktis, mudah, dan fleksibel. Hanya dengan klik tanpa harus keluar rumah, konsumen bisa beli produk pilihannya. 

Produk akan segera dikirim ke alamat rumah setelah menyelesaikan transaksi. Menghemat waktu dan tenaga untuk belanja. Harga yang ditawarkan juga kompetitif.

2. Memungkinkan untuk Pasar Global 

Kamu bisa menjangkau konsumen yang sangat luas, bahkan untuk menawarkan produk/layanan kepada pelanggan di seluruh dunia. Siapa saja bisa melihat katalog produk kamu secara online

3. Memaksimalkan Pemasaran Digital

Produk-produk yang kamu jual bisa dioptimasi di mesin pencari (Google) agar page itu muncul di halaman pertama, sehingga konsumen mudah melihat dan mengaksesnya. 

Kamu juga bisa memahami bagaimana target konsumen kamu mencari produk-produk secara online. Memungkinkan kamu mengembangkan strategi online atau digital marketing ke pelanggan yang relevan dengan bisnis kamu. 

Begitu juga pemasaran via media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, dan lainnya. Unggah katalog produk, berkomunikasi dengan audiens, tarik minat mereka dengan konten yang menarik dan relevan dengan produk/layanan apa yang kamu tawarkan. 

Selain itu, silakan analisis untuk mempromosikan produk lewat iklan baik di mesin pencari atau media promosi online

4. Pemasaran yang Dipersonalisasi

Toko online memungkinkan kamu menjalankan strategi customer centric dan pemasaran yang dipersonalisasi untuk konsumen. Termasuk, memberi rekomendasi produk berdasarkan riwayat pencarian dan riwayat pesanan konsumen. 

5. Tingkat Konversi Lebih Tinggi

Konversi dalam bisnis adalah istilah untuk pengunjung yang mengambil tindakan lebih lanjut hingga menyelesaikan transaksi di website dan toko online. Itu bisa dilihat dari trafik di fitur yang sudah tersedia, misalnya Google Analytics atau metrik bawaan dari website toko online

Pelanggan potensial lebih cenderung melakukan pembelian ketika mereka dapat memesan secara instan dan praktis di toko online, daripada menunggu toko konvensional buka.

6. Dapat Memamerkan Produk Terbaik

Kamu tahu siapa target pasarnya dan apa produk yang mereka incar, saatnya untuk menonjolkan produk itu di homepage dan halaman yang mudah ditemukan konsumen. Kamu juga bisa memaksimalkan pemasaran produk yang dijagokan dengan optimasi atau iklan online.

7. Meningkatkan Brand Awareness

Setiap orang menggunakan internet, maka melakukan pemasaran secara online akan semakin meningkatkan brand awareness. Brand awareness adalah kemampuan konsumen mengingat sebuah brand yang pada akhirnya akan memengaruhi keputusan pembelian mereka.

Kamu harus mendesain tampilan website toko online sesuai dengan karakter dan tujuan brand, agar meninggalkan kesan berbeda saat calon konsumen mengaksesnya. Sebagai informasi, dengan website toko online kamu bisa menerapkan branding yang lebih kuat daripada tampilan di marketplace

Selain itu, ciptakan user experience yang baik, termasuk kemudahan navigasi, penggunaan yang mudah, penempatan konten yang relevan, copywriting yang menarik, dan seberapa responsif halaman tersebut. 

8. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Kamu bisa menampung kritik dan saran, menjawab pertanyaan calon konsumen, mempromosikan produk, hingga berkomunikasi secara langsung pada audiens. Toko online juga termasuk media komunikasi secara tidak langsung dengan para pelanggan. 

Ketika pelanggan merasa diperhatikan, mereka akan punya ikatan berbeda dengan brand. Terlebih lagi, kamu bisa memberikan penawaran dan promosi yang dipersonalisasi sesuai dengan minat konsumen kamu. Pada akhirnya, itu akan meningaktakan brand loyalty.

9. Meningkatkan Keuntungan

Fungsi bisnis online selanjutnya untuk meningkatkan keuntungan. Saat ini sebagian besar konsumen melakukan transaksi secara online seiring dengan perkembangan bisnis digital yang masif dan pesat.

Tren bisnis online juga melaju ke arah positif di mana menumbuhkan ekonomi nasional. Bahkan di saat pandemi di mana ada pembatasan aktivitas di ruang publik, tren belanja online tetap meningkat dan bertumbuh. 

Berdasarkan survei, Indonesia termasuk dalam negara dengan nilai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara–yaitu mencapai sekitar $40 miliar pada 2019 dan diprediksi terus tumbuh hingga $130 miliar pada 2025.

Bisnis online juga memungkinkan UMKM untuk terus bertumbuh dan sukses di sektornya. Mereka bisa menjalankan bisnis offline dan memaksimalkannya dengan jangkauan bisnis online

10. Pemasaran dan Promosi Produk Lebih Luas 

Menampilkan produk di toko online akan meningkatkan penjualan. Tentunya kamu harus menyajikan katalog produk yang menarik dan informatif untuk menarik perhatian calon konsumen yang potensial. 

Caranya mempromosikan produk secara online:

  • Foto produk asli
  • Buat video demo cara pemakaian
  • Tulis deskripsi yang lengkap
  • Tampilkan testimoni positif dari pelanggan lain
  • Kerja sama dengan pihak ketiga seperti KOL (Key opinion Leader) atau influencers yang relevan dengan produk kamu.
  • Bangun komunitas. 
  • Komunikasi dengan calon konsumen. 
  • Buat iklan online
  • Optimasi konten produk. 
  • Sebarkan link produk ke audiens. 

Ada banyak manfaat toko online untuk bisnis. Meskipun begitu, akan ada tantangan berbeda bagi setiap toko online untuk bersaing dan mengembangkan bisnisnya. 

Cara Membuat Toko Online 

Berpikir tentang banyak keuntungan dari toko online, namun bagaimana cara memulainya? Kamu bisa membuat toko online dengan Praktisidigital–solusi end-to-end tercanggih untuk bisnis online di Indonesia.

Kamu tidak perlu belajar coding atau paham HTML yang rumit. Cara daftarnya sangat mudah, kamu cukup sign up, isi data diri, atur tampilan website dengan mudah, dan unggah beberapa katalog produk pertama kamu. Prosesnya cepat dan praktis!

Kamu bisa pilih 100++ template desain website premium siap pakai dan nikmati fasilitas bisnis online lengkap. Termasuk, integrasi kurir, payment gateway, digital ads, dan perangkat digital marketing yang profesional. 

Bila merasa masih awam dengan dunia bisnis, kamu bisa juga belajar di Praktisidigital Business Academy. Menyediakan edukasi bisnis, finasial, pemasaran, dan konten berguna terkait lainnya dari pelaku bisnis berpengalaman dan mentor profesional. 

Semuanya gratis. Tunggu apa lagi? segera buat toko online melalui Praktisidigital!