9 Manfaat Kewirausahaan dalam Bisnis, Cek Penjelasannya!


Manfaat kewirausahaan adalah kamu bisa membangun bisnis sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan yang kamu yakini. Kewirausahaan memang bukan jalan yang mudah dan mungkin bukan jalan untuk semua orang. Tetapi, bila dijalani benar, itu bisa menjadi salah satu keputusan karier paling berharga di hidup kamu. Yuk, cek apa saja manfaat wirausaha berikut ini!

Manfaat Kewirausahaan 

Wirausahawan adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan segala inovasi untuk mencapai tujuan. Seorang wirausahawan memiliki tanggung jawab penuh dan menanggung sebagian besar risiko, namun juga akan menikmati hasil sepenuhnya bila sukses. 

Bagi orang-orang dengan mental pengusaha dan kamu yang baru ingin mulai berbisnis mandiri, cek manfaat wirausaha berikut ini!

1. Menciptakan Bisnis dan Pasar Baru

Wirausahawan memulai jenis bisnis baru, yang artinya membuka pasar baru untuk layanan dan produk yang bermanfaat. Mengikuti perubahan tren dan tuntutan konsumen, maka ada peluang bagi wirausahawan untuk memulai bisnis baru.

Seorang wirausahawan juga bisa menciptakan industri yang benar-benar baru dan mengubah hidup. Misalnya, terkait teknologi atau fitur-fitur yang solutif. 

2. Menciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Manfaat wirausaha adalah membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat luas. Bukan hanya tentang menghasilkan pendapatan untuk diri sendiri, tetapi mereka juga mempekerjakan orang lain dalam operasi bisnis mereka. 

Semakin bisnis berkembang, semakin butuh sumber daya pekerja yang kompeten di bidangnya. Membuka kesempatan berkarier untuk orang-orang yang mungkin tidak cocok dengan minat dan kemampuan di industri yang sudah ada. 

BACA JUGA :  10 Tips Belanja Hemat Harbolnas, Bisa Untung Besar!

3. Meningkatkan Kompetisi dan Produktivitas

Entrepreneurs hadir dengan bisnis yang baru dan masuk ke pasaran dengan harga lebih rendah dan variasi produk lebih banyak, sehingga menantang perusahaan yang sudah ada untuk lebih kompetitif lagi. 

Ini akan mendorong ambisi, inovasi, dan pertumbuhan yang akan berdampak positif pada sektor perekonomian juga. Bagi konsumen tentunya juga akan diuntungkan karena jadi punya banyak pilihan. 

4. Menyumbang Perekonomian Negara

Tentunya akan ada perputaran ekonomi yang meningkat dari produk/layanan yang diciptakan oleh wirausahawan sukses, menghasilkan kekayaan baru dari pasar baru.

Bila pendapatan wirausahawan itu cukup tinggi, maka akan ada peningkatan pendapatan nasional. Kenapa begitu? Individu yang berpenghasilan akan membayar pajak ke negara sesuai dengan pendapatan yang diterimanya per tahun. 

Dana pajak akan dikelola oleh pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan banyak fasilitas dan sektor negara. 

5. Menciptakan Karier Sesuai Passion 

Kamu membuka pintu karier kamu sendiri dengan memulai bisnis yang sesuai dengan visi dan misi yang kamu percayai. Berarti juga membuka jalan karier para pegawai kamu yang memiliki passion yang sama. 

Kewirausahaan memungkinkan kamu untuk merancang kehidupan dan karier yang selaras dengan nilai-nilai inti, misalnya kamu ingin membantu orang lain dengan cara A, mengutamakan perasaan, menyelamatkan lingkungan, berguna bagi masyarakat, dan sebagainya. 

Biasanya, seorang wirausahawan tidak berhasil menemukan pekerjaan yang sesuai dengan dirinya, maka dia menciptakannya sendiri. Bisa jadi pengalaman yang sangat memuaskan!

6. Belajar Ilmu Kepemimpinan 

Manfaat kewirausahaan selanjutnya adalah tentang bagaimana kamu belajar menjadi pemimpin, bukan bos. 

Kamu harus belajar tentang kedisiplinan diri, etos kerja, kerja sama, keterampilan, manajemen waktu, manajemen uang, komunikasi, tanggung jawab, mencari solusi, semangat, optimisme, kesabaran, analisis, dan sebagainya. Tentunya juga menerapkan konsep 6M dalam kewirausaha.

BACA JUGA :  Menjadi Ibu Rumah Tangga dan Entrepreneur? Why Not!

Bukan hanya tentang profesionalisme saat bekerja, tapi sikap profesionalisme itu juga mencerminkan pribadi kamu sebenarnya secara tidak langsung. Membangun perusahaan dari nol memaksa kamu harus mengasah sifat kepemimpinan ini, agar kamu bisa menginspirasi pihak lain. 

7. Memiliki Jadwal Kerja Fleksibel

Keuntungan menjadi wirausaha adalah kamu jadi punya waktu kerja yang cukup fleksibel, tidak selalu harus jam 9 pagi sampai 5 sore. 

Namun, bukan berarti kamu bisa santai-santai, loh! Kamu bisa memaksimalkan waktu kerja di jam-jam di mana kamu merasa sangat bersemangat dan mampu produktif. 

Di sisi lain, ‘Shark Tank’ investor dari Lori Greiner mengatakan bahwa entrepreneurs adalah satu-satunya orang yang akan bekerja 80 jam seminggu untuk menghindari bekerja 40 jam seminggu. 

Bagaimana pun, kamu harus investasi waktu, tanaga, dan pikiran untuk memulai bisnis baru yang pasti tidak mudah. 

8. Membangun Jaringan dan Relasi

Memasuki dunia kewirausahaan artinya memperluas jaringan dan relasi profesional. Semakin banyak koneksi, kamu semakin memperluas klien dan konsumen yang potensial untuk bisnis kamu. 

Besar kemungkinannya kamu akan bertemu dengan orang-orang dengan pemikiran yang sama. Atau pun, bertemu seseorang yang lebih hebat di mana kamu bisa belajar darinya juga belajar bersama. 

9. Menciptakan Inovasi Baru 

Manfaat kewirausahaan adalah kesempatan dan menggali kemampuan untuk menciptakan inovasi baru yang berguna untuk banyak orang. Selain mencari keuntungan, tujuan dari bisnis adalah mencari solusi atas permasalahan konsumen.

Tujuannya juga untuk mempermudah hidup konsumen dengan inovasi terbaru yang diciptakan. Misalnya, inovasi dalam dunia teknologi jadi memudahkan kamu untuk komunikasi, akses informasi, atau juga mencari peluang bisnis. 

Termasuk inovasi dunia digital yang memudahkan kamu untuk memulai bisnis dari manapun kamu dan konsumen berada. Bisnis online memudahkan transaksi jual-beli serta keuntungan dua arah bagi penjual dan konsumen. 

BACA JUGA :  Seminar Digital Marketing: From Zero to Hero

Bila kamu belum tahu caranya bisnis online, segera buat toko online melalui Praktisidigital sebagai solusi platform e-commerce tercanggih di Indonesia. Kamu bisa buat toko online gratis dan mengintegrasikannya dengan media sosial atau marketplace kamu untuk mengoptimalkan bisnis online. Yuk, pelajari lebih lanjut tentang Praktisidigital