10 Ide Bisnis Buket Unik, Bukan Hanya Bunga!


Selain rangkaian bunga, ada beberapa ide bisnis buket lainnya seperti buket snack, buket uang, atau buket produk berdasarkan padanan warna senada. Yuk, cek apa saja ide bisnis buket yang menguntungkan berikut ini!

Ide Bisnis Buket Selain Bunga 

Buket adalah karangan seikat bunga yang ditata dengan cantik menggunakan kain wrap atau kain spunbond dengan tambahan pita. Bisnis buket bunga biasanya dikerjakan oleh flourish dengan keterampilan khusus. 

Namun, sekarang kamu juga bisa menyajikan produk-produk selain bunga dengan karangan buket. Ini bisa jadi alternatif kemasan produk yang lebih cantik, unik, dan menarik. 

Simak lebih banyak peluang bisnis buket berikut ini!

1. Buket Snack

Buket snack adalah rangkaian jajanan dan makanan ringan yang disusun seperti karangan bunga yang cantik nan mewah.

Kamu bisa menjual makanan ringan pada umumnya (biskuit, permen, wafer, dll) dengan modal terjangkau, namun harga jualnya jadi lebih tinggi karena dikemas dalam bentuk buket. 

Ide bisnis buket ini cocok untuk hadiah ulang tahun, hadiah wisuda, atau pun perayaan casual lainnya. 

2. Bisnis Buket Uang

Siapa yang tidak senang bila diberi hadiah buket uang? Buket uang adalah rangkaian uang (nominal tertentu) yang dikemas dalam bentuk buket–biasanya tetap diberi sedikit rangkaian bunga. 

Kamu butuh keterampilan merangkai yang tinggi untuk mengerjakan bisnis buket uang dan juga harus teliti. Gunakan uang yang baru dan mulus, lapisi setiap lembar uang dengan pelindung agar tidak kotor, dan susun dengan rapi dan cantik. 

Hadiah buket uang cocok untuk ulang tahun, pertunangan, seserahan, pernikahan, atau pun persembahan untuk orang tua. 

3. Buket Balon 

Biasanya balon karet hanya menjadi hiasan dinding biasa. Berbeda dengan buket balon untuk dekorasi yang lebih estetika, menarik, dan cantik. 

Terdiri dari banyak jenis balon, termasuk balon latex, balon foil, dan balon chloroprene yang lebih kuat dan tidak mudah kempes. 

Bentuk balon juga bisa dipilih sesuai pesanan, bentuk hati, angka dan huruf, atau tulisan di atas balon. 

Buket balon adalah dekorasi yang cantik untuk acara tunangan, pernikahan, ulang tahun, wisuda, atau gender reveal party. 

4. Buket Permen dan Coklat

Sama-sama menjual coklat, namun akan terasa lebih spesial bila dengan kemasan produk berbentuk buket. 

Target konsumen kamu adalah pasangan atau anak muda. Kamu bisa padukan berbagai merek coklat dan permen. 

Siapkan juga berbagai pilihan, buket coklat kecil, besar, dengan kombinasi bunga, atau tema warna custom. Tema buket, misalnya hadiah spesial Valentine, anniversary, pertunangan, pernikahan, wisuda, dan lainnya. 

5. Buket Sayur dan Buah

Biasanya sayur dan buah dikemas dalam bentuk parsel, tapi kami bisa berinovasi dengan kemasan buket, lho! Pasti buah dan sayur akan terlihat lebih menarik dan estetika. 

Harga modal untuk beli sayur dan buah sama saja, tapi kamu bisa jual dengan harga yang lebih tinggi dalam kemasan buket ini. 

Namun, tentu saja kamu harus punya keterampilan merangkai buket yang ahli. Merangkai buket sayur dan buah tentu lebih sulit daripada buket bunga umumnya. 

6. Buket Kosmetik dan Skincare 

Serangkaian produk kosmetik atau perawatan wajah yang dikemas dalam rangkaian buket yang cantik. Ini akan meningkatkan keunikan, branding, dan daya jual di toko kamu. 

Buket kosmetik dan skincare cocok untuk dijadikan hadiah. Kamu harus terima pesanan custom sesuai dengan merek skincare dan kosmetik yang diinginkan konsumen. 

7. Buket Hijab atau Syal

Mengemas hijab, syal, atau produk kain lainnya dengan cara berbeda. Kamu harus punya keahlian kerajinan tangan yang tinggi untuk membentuk kain jadi bunga-bunga yang cantik. 

Jangan sampai kain jadi rusak ya karena diputar dan dilipat-lipat. Kamu juga harus pintar membuat kombinasi warna yang pas dan estetika. 

8. Buket Boneka 

Selanjutnya Ide bisnis buket boneka. Satu atau beberapa susunan boneka yang bisa ditambahkan dengan rangkaian bunga atau coklat juga. 

Buket bunga adalah hadiah yang manis untuk sahabat, teman, pacar, atau suami/istri. Kamu harus sediakan banyak pilihan boneka, ya! 

9. Buket Alat Tulis

Beragam alat tulis seperti pensil, pulpen, spidol, penghapus, dan buku catatan juga bisa dirangkai jadi sebuah buket yang cantik, lho

Kamu bisa rilis katalog ini setelah musim liburan sebagai alternatif hadiah dari orang tua untuk anak-anaknya yang masih sekolah.

10. Buket Minuman

Ide bisnis buket selanjutnya adalah rangkaian minuman. Bisa jenis minuman teh, susu, jus, kopi, minuman ringan, atau wine

Kuncinya adalah paduan warna senada dan tata letak yang rapi. Kamu juga bisa hias dengan tambahan bunga dan kartu ucapan gratis. 

11. Buket Produk Sesuai Warna 

Sebenarnya, produk apa saja bisa dikemas dalam bentuk buket asalkan ahli dalam penataan. Selanjutnya, kamu bisa buat buket produk apa saja sesuai warna yang diminta konsumen.

Misalnya, buket warna merah dengan isi mawar, coklat dengan kemasan merah, dan boneka warna senada juga. Ini adalah salah satu inovasi bisnis yang bisa kamu coba. 

Apapun bisnis yang sedang kamu jalankan, optimalkan dengan cara bisnis online mengikuti perkembangan era digital ini. Tujuannya untuk memasarkan dan menjual produk ke jangkauan yang lebih luas bahkan tidak terbatas. 

Jika belum punya toko online, kamu bisa membuatnya melalui Praktisidigital sebagai penyedia platform solusi e-commerce. Kamu akan mendapatkan fasilitas bisnis online dan panduan yang lengkap. Segera daftar untuk buat toko online profesional!