15 Jenis Usaha Handmade yang Menguntungkan


Beberapa jenis usaha handmade yang menguntungkan di antaranya aksesori, produk dekorasi ruangan, kreasi dari kain, dan banyak lagi. Yuk, simak apa saja jenis produk handmade dan tips sukses menjualnya!

Apa Itu Produk Handmade?

Berdasarkan Kamus Webster, handmade adalah produk yang dibuat dari tangan. Ini termasuk proses pengerjaan dengan tangan manusia dari awal hingga akhir, diklaim memiliki kualitas yang lebih bagus daripada produk yang diproduksi oleh mesin pabrik secara massal. 

Produk handmade biasanya diproduksi dalam jumlah terbatas, karena pengerjaannya harus satu per satu dan cenderung lebih lama. Harga produk handmade juga biasanya lebih mahal, sekali lagi karena proses, tenaga, dan membutuhkan detail yang lebih tinggi. 

Faktanya, hasil produk handmade juga terkesan lebih elegan, unik, dan berkelas. Banyak konsumen yang juga tertarik untuk membeli berbagai produk handmade selain karena fungsinya, ada nilai estetika dan filosofis di situ. 

Rekomendasi Jenis Usaha Handmade

Bila kamu memiliki kemampuan untuk membuat suatu produk dari tangan, kenapa tidak mencoba untuk memulai bisnis tersebut? Selain itu, kamu juga bisa mengakomodir para pengrajin untuk menjual berbagai produk ciptaannya. 

Berikut ini beberapa jenis usaha handmade yang menguntungkan: 

1. Kreasi Kain

Berbagai jenis kain seperti kain flanel, kain perca, dan kain rajut dapat dikreasikan sebagai produk handmade yang unik. 

Misalnya, dibuat menjadi taplak meja, sarung bantal, sarung tangan, tempat pensil, scrunchies, tas, sweater, topi, pakaian, gantungan kunci, dan sebagainya. 

Kamu harus mendesainnya dengan model yang keren dan motif yang menarik. Tentunya, kualitasnya harus bagus untuk memaksimalkan daya guna.  

2. Kreasi Tanah Liat

Berbagai produk pottery (tembikar) dibuat dari bahan baku tanah liat yang dikreasikan jadi benda berguna, unik, dan berestetika tinggi. Contoh usaha handmade yang menguntungkan dari bahan tanah liat adalah asbak, guci, kendi, tempayan, kuali, celengan, pot tanaman, anglo, peralatan makan, dan berbagai produk dekorasi. 

Prosesnya memang agak rumit dan butuh keterampilan tinggi. Namun, hasil produk dari lempung biasanya dijual dengan harga cukup tinggi.

3. Kreasi dari Kertas

Selain membuat karya origami, kamu bisa mengolah kertas menjadi produk kreatif lain seperti kartu ucapan, amplop, tas kertas, buket, hiasan di rumah, vas bunga, hingga keranjang. 

Tentunya kertas juga menjadi media untuk menggambar, mewarnai, atau membuat karya kaligrafi. Kamu dapat menggunakan kertas polos, kertas bekas, kertas kado, HVS, atau art paper khusus untuk berkarya sekaligus menjadi creativepreneur

4. Kreasi Bahan Kulit

Produk handmade dari bahan kulit terkenal memiliki nilai yang cukup tinggi. Sebutlah produk tas, sepatu, jaket, atau jam tangan dari bahan kulit asli harganya mahal. 

Selain karena bahan material yang berharga, proses pengerjaan bahan kulit juga butuh ketelitian tinggi serta prosesnya yang lama. Ya, membuat kerajinan dari bahan kulit adalah usaha handmade yang menguntungkan.

5. Kreasi dari Keramik

Kerajinan dari keramik banyak peminatnya, termasuk vas bunga, hiasan lampu, piring dan gelas, guci, atau dekorasi rumah lainnya. 

Bagi pemula, dapat mencoba menjual pot tanah liat yang dipercantik menjadi keramik. Bagi para ahli, tentu saja bisa mengembangkan bisnisnya dalam desain keramik yang artistik. 

6. Kerajinan Bahan Kayu

Usaha handmade yang menguntungkan selanjutnya adalah berbagai kerajinan bahan kayu yang biasanya diolah menjadi produk furnitur. Misalnya, meja, kursi, lemari, dipan tempat tidur, dan sebagainya. 

Bagi pemula, bisa coba belajar kreasi kayu dari jenis kayu akasia atau mahoni yang mudah diolah. Buat kerajinan yang kecil dulu seperti kotak cincin atau hiasan dinding. 

7. Aksesori 

Ini adalah jenis usaha handmade yang menguntungkan dan mudah dibuat. Kamu bisa membuat kreasi dari pernak-pernik, pita, tali cantik, rantai kecil, kancing-kancing, benang, dan manik-manik lainnya. 

Contoh aksesori handmade yang paling laku adalah anting-anting, kalung, gelang, gantungan kunci, bros, jepit rambut, cincin, hiasan ikat pinggang, dan juga hiasan dinding. 

Berbagai aksesori perhiasan juga dapat dibuat secara handmade, di mana lebih spesial karena desain yang unik dan kekinian. 

8. Lukisan

Lukisa adalh karya seni visual yang hasilnya dijadikan untuk dekorasi, juga mempunyai nilai asrtistik dan filosofis.

Selain di kanvas untuk dijadikan pajangan dinding, kamu bisa mengembangkannya sebagai bisnis lain. Contohnya, melukis di kaos, sepatu, atau tas totebag sebagai produk jualan yang lebih bernilai. 

9. Lilin

Bahan-bahan untuk membuat lilin aromaterapi sendiri adalah soy wax, sumbu alami, 80-120 tetes minyak esensial, alat pengaduk, sumpit, wadah yang cantik, dan ornamen lainnya sesuai keinginan. 

Cara membuat lilin aromaterapi dengan melelehkan soy wax, memasang sumbu di tengah, dan menuangkannya ke wadah. Lalu, diamkan hingga beku.

Kamu harus menyesuaikan aromanya serta mendesainnya dengan cantik atau sesuai tema yang diinginkan. Peminat aromaterapi custom saat ini meningkat semenjak masa pandemi. 

10. Boneka Handmade

Usaha handmade yang menguntungkan selanjutnya adalah membuat boneka atau sarung bantal custom. Kamu harus memiliki kemampuan menjahit dan desain yang sesuai. Gunakan bahan isian boneka yang empuk dan bahan sarung boneka yang lembut. 

11. Bingkai Foto Estetik

Kreasi bingkai foto custom juga banyak peminatnya. Kamu bisa membuatnya dari kreasi kayu, kaca, atau kertas. Hal yang terpenting adalah desainnya harus penuh estetika, kualitas bagus, dan punya berbagai pilihan ukuran. 

12. Masker Bahan 

Selain sebagai proteksi diri dan bagian dari protokol kesehatan saat ini, desain dan motif masker juga penting. Pasalnya, masker harus dipakai setiap saat ketika berada di luar rumah. 

Kamu bisa membuat masker bahan sendiri dengan motif yang menarik atau sesuai dengan fashion terkini. Selain itu, tetap perhatikan kualitasnya, ya! Masker bahan harus punya beberapa lapisan, bahannya adem, dan proteksi kuat sesuai standar masker kesehatan.

13. Rangkaian Buket

Kreasi merangkai buket yang cantik, baik dari kerajinan kertas, plastik, kain wrap/spunbond, dan pita. Bukan hanya untuk bunga-bunga, tapi juga untuk buket snack, buket boneka, buker cokelat, atau bahkan buket uang. 

14. Kreasi Scrapbook 

Scrapbook adalah kreasi buku dengan tempelan, hiasan, gambar, foto, atau desain kreatif lainnya. Semacam diary zaman dulu, namun dibuat lebih artistik lagi. 

Biasanya scrapbook digunakan untuk menuliskan sejarah keluarga, namun saat ini bisa digunakan sebagai alternatif buku foto, album kenangan, catatan perjalanan, jurnal, dan catatan hadiah untuk menyimpan kenangan. 

15. Pakaian Hewan Peliharaan 

Kamu bisa berkreasi untuk menciptakan pakaian hewan peliharaan, biasanya kucing dan anjing. Pemilik biasanya butuh pakaian untuk hewan peliharaan ketika ada kontes atau untuk sekadar foto. 

Itulah berbagai usaha handmade yang menguntungkan. Tips sukses jualan produk handmade adalah dengan bisnis online. Kamu bisa bergabung di merchant TokoTolk untuk mengoptimalkan bisnis online kamu. 

Bisa pilih desain merchant apa saja sesuai dengan ciri khas bisnis kamu dan nikmati berbagai fasilitas lengkap untuk bisnis online. Ini semua gratis, loh! Kunjungi Praktisidigital untuk mempelajarinya lebih lanjut.