20 Ide Bisnis di Masa Pandemi yang Laris Manis


Beberapa ide bisnis di masa pandemi ini bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang terdampak akibat penyebaran infeksi COVID-19 yang tidak menentu. Penggunaan media digital untuk bisnis online dinilai sangat membantu pelaku usaha agar bisa tetap menjalankan bisnis dan perdagangan dengan meminimalisir kerumunan dan kontak dekat. 

Ide Bisnis di Masa Pandemi 

Pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung sejak akhir tahun 2019 masih menunjukan angka fluktuatif hingga sekarang. Penyebaran infeksi ini membawa pengaruh tidak menyenangkan untuk berbagai sektor, mulai dari sektor kesehatan, pendidikan, serta bisnis dan ekonomi. 

Banyak warga yang terdampak karena sakit, tidak bisa keluar untuk bekerja, kehilangan pekerjaan, atau bisnisnya jadi tidak laris karena daya beli berkurang. 

Meskipun begitu, bisnis online mengalami pertumbuhan signifikan yang tidak terduga, tepatnya di sektor digital dan e-commerce. Ketika pembatasan aktivitas di luar rumah menjadi normal baru, konsumen pun beralih ke arah digital untuk membeli barang atau jasa secara online

Pelaku bisnis perseorangan, UMKM, hingga brand bisa memanfaatkan bisnis online agar tetap bisa bersaing di masa pandemi ini. Kamu juga bisa mulai bisnis online di masa pandemi, berikut beberapa ide bisnis di tengah COVID-19:

1. Jual Makanan Online 

Apapun jenis makanan dari usaha kuliner yang sedang kamu rintis, disarankan untuk bergabung di aplikasi antar makanan, ojek online, e-commerce, website jualan, atau media sosial untuk pemesanan online

Bisnis online sektor kuliner menjadi salah satu kategori yang paling diminati konsumen dan tentu saja menguntungkan. Perilaku konsumen saat ini lebih suka order makanan dari rumah atau kantor karena tidak ribet dan biasanya konsumen akan dapat banyak diskon juga.

2. Jual Minuman Botolan Online 

Mengingat di masa pandemi pengunjung kafe dan restoran dibatasi, konsumen pun tidak bisa nongkrong untuk sekadar minum kopi di tempat seperti biasanya. Namun, minat konsumen untuk minum kopi atau jenis minuman kekinian lainnya tetap tinggi. 

BACA JUGA :  15 Ide Jualan Bulan Ramadan Modal Kecil, Untung Besar!

Kamu bisa mengakalinya dengan menyediakan menu minuman botolan atau literan. Brand besar seperti Starbuck pun sekarang menyediakan kopi dalam kemasan botol besar untuk pemesanan online

Selain itu, kamu harus sediakan menu paket misalnya paket 5 gelas boba, bundling kopi, paket kopi dan roti, atau pasangan menu lainnya sesuai yang tersedia. Konsumen cenderung tertarik dengan kampanye promosi seperti ini karena harganya lebih murah. 

3. Buka Online Shop 

Pedagang toko kelontong, sembako, UMKM, dan jenis dagangan apapun disarankan untuk membuka online shop. Bisnis online akan memudahkan transaksi jual beli di masa pandemi karena tidak perlu ada interaksi, tidak terbatas, dan prosesnya lebih praktis. 

Pelaku usaha bisa menjangkau konsumen—bahkan lebih banyak—tanpa harus bertatap muka secara langsung. Bahkan walaupun ada karantina wilayah dan physical distancing, bisnis online shop kamu akan tetap bisa beroperasi dengan baik.  

4. Jual Ikan Hias Online 

Banyak orang yang terpaksa harus di rumah saja hingga mereka merasa bosan. Beberapa di antaranya mencoba mengalihkan rasa stres di masa pandemi dengan memelihara ikan hias.

Maka dari itu, jual ikan online menjadi salah satu ide bisnis menjanjikan di masa pandemi. Mulai dari ikan hias biasa seperti ikan cupang, ikan mas koki, atau ikan guppy, hingga hobi ikan hias mahal dengan seni aquascape yang mewah. 

5. Jual Sembako Online 

Bila kamu punya toko kelontong, silakan bergabung untuk jual sembako online di berbagai platform bisnis online. Pasalnya, tren belanja online juga tinggi untuk kebutuhan sembako. 

Beberapa konsumen yang sedang dalam masa karantina, isolasi mandiri, atau mengikuti peraturan physical distancing tidak bisa kemana-mana sehingga membutuhkan jasa pengiriman online untuk beli kebutuhan sembako sehari-hari. 

6. Jual Sayur Online 

Ya, kamu juga bisa jual sayur online! Kesadaran masyarakat untuk rajin makan sayur menjadi semakin meningkat semenjak masa pandemi.

Permintaan berbagai jenis sayuran juga sangat tinggi dan sebagian konsumen ingin mendapatkannya dengan praktis. Layanan jual sayur online akan sangat membantu konsumen di masa pandemi ini. 

7. Katering Masakan Rumahan 

Ide bisnis di masa pandemi selanjutnya adalah jual katering masakan rumahan. Target pasarnya adalah orang kantoran, anak kosan, keluarga, atau warga sekitar. 

Konsumen cenderung akan lebih pilih-pilih makanan sehat di masa pandemi, tentunya di tempat katering yang menyediakan menu bervariasi, sehat, enak, dan hemat. 

BACA JUGA :  11 Bisnis Minuman Kekinian yang Unik dan Cepat Laris

Kamu juga bisa buat menu khusus untuk pasien COVID-19, orang yang sedang isoman, atau paket menu sehat yang murah.

8. Jual Tanaman Online 

Beberapa orang memiliki hobi baru di masa pandemi, salah satunya memelihara tanaman hias atau pun berkebun. Beberapa jenis tanaman hias bahkan harganya melambung tinggi karena permintaanya tinggi.

9. Menjadi Reseller atau Dropshipper 

Ide bisnis online di masa pandemi dengan modal kecil, yaitu menjadi reseller atau dropshipper. Kamu bekerja sama dengan official store atau toko grosir untuk memasarkan produk mereka, kamu akan dapat komisi atas konsumen yang beli produk mereka melalui kamu. 

10. Content Creator  

Content creator adalah seseorang yang menciptakan karya yang menghibur atau mendidik dan mempublikasikannya dengan berbagai media khususnya media digital

Saat ini ada banyak sekali channel media sosial yang bisa menjadi wadah berbagai bakat. Kamu bisa membuat sketsa, podcast, bernyanyi, menari, bercerita, mengajarkan sebuah kemampuan, berbagi resep masakan, menjadi creativepreneur, dan sebagainya namun harus hal-hal positif, ya. 

11. Membuka Seminar atau Kelas Online 

Di bidang pendidikan juga memberlakukan sistem belajar dari rumah di masa pandemi. Begitu juga dengan berbagai industri lain yang semakin sering mengadakan seminar dan kelas online di masa pandemi. 

Bila kamu punya sebuah kemampuan dan ingin berbagi ilmu, silakan bergabung dengan sebuah instansi atau komunitas untuk menyelenggarakan seminar atau kelas online terkait.

12. Jual Produk dan Alat Kesehatan 

Ide bisnis di masa pandemi selanjutnya adalah jual produk dan alat kesehatan sesuai dengan standar yang berlaku. 

Misalnya, minyak esensial, obat-obatan dot hijau, masker kesehatan, hand sanitizer, desinfektan, termometer, tensimeter, alat tes gula darah, oximeter, timbangan badan, dan lainnya. 

Sebaiknya jual produk kesehatan dengan jujur dan sesuai prosedur. Jangan menjual produk palsu dan jangan juga menaikan harga sepihak karena produk-produk tersebut sedang tinggi peminatnya.

13. Jual Bahan Herbal 

Sebagian besar masyarakat juga beralih mengonsumsi bahan-bahan herbal untuk meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan. Kamu bisa jual produk herbal untuk memenuhi permintaan sekaligus membantu meningkatkan kesehatan konsumen di masa pandemi. 

Misalnya, jual jamu-jamuan, minuman herbal empon-empon, susu jahe, wedang jahe, STMJ, teh herbal, jus buah, salad buah atau sayur, smoothies, dan sebagainya. 

Mohon berjualan dengan bijaksana dengan hanya menjual produk original, berkualitas, dan tidak perang harga. 

14. Menjadi Freelancer 

Pegawai yang sedang work from home (WFH) atau pun belum mendapat pekerjaan baru bisa mengisi kesibukan untuk menjadi freelancers di berbagai bidang yang ditekuni. 

BACA JUGA :  29 Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan Konsumen

Beberapa profesi freelancers yang paling banyak dicari, termasuk penulis, desain grafis, analis, konsultan bisnis, voice offer, data entry, web designer, digital marketer, SEO spesialis, programmer, editor foto/video, fotografer, perencana keuangan, dan data scientist. 

Tidak menutup kemungkinan ada peluang untuk pekerjaan paruh waktu di profesi lain. Kamu harus rajin mengeceknya di berbagai situs freelancers

15. Jual Foto, Video, atau Karya Seni Online 

Bila kamu memang punya kemampuan fotografi, editing foto/video, atau pelaku seni, sekarang kamu bisa menjual karya kamu secara digital di berbagai platform

Misalnya, beberapa situs seperti Pinterest, ShutterStock, atau Freepik. Beberapa galeri online seperti Saatchi Art, Fine Art America, Singulart, Artfinder, dll. Kamu juga bisa bergabung di NFT.

16. Jual Pakaian Online 

Jual baju online adalah bisnis yang menjanjikan di masa pandemi. Apapun situasinya, hampir selalu ada konsumen yang ingin beli baju baru. 

Pebisnis online harus kreatif dalam memasarkan produk pakaian secara online. Mulai dari bikin konten di media sosial, iklan di website, hingga promosi tanpa henti melalui situs e-commerce. 

17. Jual Barang Preloved 

Jual barang preloved online adalah bisnis di masa pandemi yang menjanjikan. Bila kamu memiliki banyak baju bagus yang sudah tidak kamu pakai lagi, silakan tawarkan ke konsumen secara online

Sembari kamu merapikan lemari, mendekor ulang kamar, mungkin juga thrifting, dan sekaligus dapat uang jajan tambahan. Apalagi bila itu produk-produk branded, pasti banyak peminatnya! 

18. Jual Alat Olahraga 

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan olahraga teratur di masa pandami. Kesadaran untuk rajin olahraga pun meningkat, sejalan dengan permintaan berbagai alat olahraga di rumah yang tinggi. 

Kamu bisa jual alat olahraga online, seperti dumbell, matras, alat skipping, raket, bola, sepeda, gym ball, pakaian olahraga, sepatu olahraga, dan perlengkapan latihan fisik lainnya. 

19. Jual Buah Online 

Bisnis jual buah online juga laris manis di masa pandemi ini. Baik untuk dikonsumsi sendiri atau dikirim ke kerabat yang sedang isoman, konsumen suka beli buah online karena praktis dan cenderung lebih murah. 

20. Jual Camilan Sehat 

Sekarang sedang tren camilan sehat, misalnya salad buah, salad sayur, cookies veggie, churros almond, yoghurt, mixed berries, oatmeal, serta kreasi snack dengan bahan dan cara masak yang lebih sehat. 

Yuk, coba berkreasi membuat makanan ringan yang sehat, enak, dan bisa dijual dengan harga hemat untuk anak-anak, pemuda, hingga orang tua. 

Itulah berbagai ide bisnis di masa pandemi. Kamu bisa perhitungkan modal, mencari vendor, dan mulai belajar bisnis online sekarang juga. 

Sudah siap punya bisnis sendiri? Segera buat toko online di Praktisidigital dengan mudah dan praktis. Sudah terintegrasi dengan berbagai jasa pengiriman dan payment gateway!