24 Peluang Usaha di Lingkungan Kampus yang Selalu Ramai 


Ada banyak peluang usaha di lingkungan kampus, mulai dari bisnis yang berhubungan dengan kegiatan pendidikan hingga bisnis kuliner. Cek apa saja ide bisnis di sekitar kampus berikut ini!

Jenis Peluang Usaha di Lingkungan Kampus 

Lingkungan kampus juga bisa menjadi pusat bisnis karena kawasannya selalu ramai. Selain proses belajar, lingkungan kampus juga menjadi tempat mahasiswa dan mahasiswi untuk saling berinteraksi dan bergaul. 

Biasanya, anak kampus juga suka nongkrong di sekitaran universitas–yang memungkinkan untuk kamu menjalankan bisnis kuliner, minuman ringan, dan keperluan penunjang lainnya. 

1. Warkop 

Warkop atau warung kopi adalah tempat orang-orang nongkrong dengan sajian kopi khas dan camilan lokal. Ini merupakan usaha kecil yang juga punya potensi laris bila dijalankan di sekitaran kampus. 

Anak-anak kampus suka berkumpul setelah jam kuliah berakhir, entah itu untuk diskusi, belajar kelompok, ngobrol, atau sekadar istirahat. 

Warung kopi tetap menjadi tempat favorit karena menu-menunya cenderung murah dan tempatnya nyaman, cocok banget untuk basecamp para mahasiswa.  

Sesuaikan konsep warkop kamu dengan target pasar, ya! Bila letaknya di sekitaran kampus elit di kota besar, boleh lah pakai konsep warkop yang lebih modern. Namun, konsep warkop tradisional juga tetap diminati, yang penting bersih, menu enak, dan harga bersahabat. 

2. Kantin

Bisnis kantin di sekitar kampus juga bakal laris, loh! Selain ruang kelas, kantin adalah tempat yang akan paling sering dikunjungi oleh para mahasiswa. Begitu juga para dosen dan staf kampus, terutama di jam makan. 

Kamu bisa sajikan satu menu saja, atau beberapa menu. Menu kantin yang paling umum, disukai banyak orang, dan tidak pernah salah adalah nasi goreng, mie goreng, ayam krispi, es teh manis, air mineral, dan makanan ringan lainnya. 

Sekali lagi, sesuaikan menu, fasilitas, dan harga dengan kriteria kampus tersebut. 

3. Camilan dan Jajanan

Anak-anak kampus juga suka beli jajanan dan camilan setelah lelah belajar seharian. Contoh jenis jajanan yang laku adalah gorengan, kentang goreng, batagor, takoyaki, seblak, tahu krispi, siomay, keripik, kue cubit, cokelat, telur gulung, jajanan pedas, dan lain-lain. 

Selain rasanya enak dan membuat bahagia, harganya juga cenderung terjangkau. Pas dengan kantong anak kampus! 

Faktanya, di sekitaran kampus sering menjadi sarang penjual jajanan yang nikmat. Orang-orang di luar kampus pun sampai datang ke sana untuk beli jajan. 

4. Menu Paket Nasi Murah

Sebagian mahasiswa apalagi yang merantau harus pintar-pintar mengatur biaya untuk makan. Maka dari itu, menu paket nasi murah selalu jadi buruan. 

Contoh jenis makanan ramah kantong untuk anak kampus yang bisa kamu jual:

  • Nasi kulit lengkap dengan sambal, sayur, dan gorengan. 
  • Ayam geprek plus nasi sepuasnya. 
  • Nasi campur. 
  • Pake soto ayam dan nasi. 
  • Menu makanan ala rumahan. 
  • Nasi plus telur dan sayur, jangan lupa sambal dan kecapnya. 
  • Nasi goreng. 
  • Paket pecel ayam atau pecel lele hemat. 
  • Menu hemat sate dan lontong. 
  • Paket nasi dan ayam krispi. 
  • Menu bento hemat. 
BACA JUGA :  10 Ide Bisnis Iduladha: Bukan cuma Jual Kambing Kurban!

Sebagai pebisnis, kamu harus menyesuaikannya dengan target konsumen di kampus, plus memberi asupan bergizi yang enak dan terjangkau. Namun, jangan sampai salah cara menentukan harga jual makanan, ya!

5. Jasa Fotokopi

Sebagai salah satu komponen penting dalam kegiatan perkuliahan, jasa fotokopi selalu dicari para mahasiswa. Ya, menjadi mahasiswa harus berkutat dengan tugas-tugas di lembaran kertas dan memperbanyaknya. 

Jasa fotokopi di sekitar kampus akan sangat membantu mahasiswa/mahasiswi dan para dosen. Selain jangkauannya jadi dekat, jasa fotokopi dekat kampus juga biasanya lebih murah. 

Tidak hanya fotokopi, kamu bisa juga jual alat tulis, buku catatan, dan keperluan terkait lainnya. 

Di setiap kampus, biasanya ada lebih dari tiga jasa fotokopi yang selalu ramai. Bagusnya, persaingan bisnis di lingkungan tersebut cenderung sehat dan bersahabat. 

6. Warnet

Di era dengan perkembangan teknologi yang pesat dan setiap orang dewasa sepertinya sudah memiliki setidaknya satu gawai untuk dirinya sendiri, jasa warnet (warung internet) masih dibutuhkan oleh mahasiswa di lingkungan kampus. 

Mungkin ada hari di mana mereka lupa bawa laptop, tidak punya jaringan wifi dan paket internet, ada deadline tugas mendadak, ada revisi, dan kebutuhan pengerjaan tugas lainnya. Warnet dan rental komputer bisa sangat membantu. 

Oh, bila itu bukan untuk kebutuhan mengerjakan tugas, bisa juga lah ada fasilitas warnet untuk main game

7. Jasa Ketik

Masih berhubungan dengan pengerjaan tugas-tugas kuliah, jasa ketik juga dibutuhkan. Ya, ini akan berguna bagi mahasiswa/mahasiswi yang kebetulan sedang sibuk atau tidak punya cukup energi untuk mengetik tugasnya sendiri. 

Bisanya, bisnis warnet dan rental juga dilengkapi dengan fasilitas jasa ketik ini. One stop service and solution buat para anak kampus, ya! 

7. Percetakan (Print)

Peluang usaha di lingkungan kampus selanjutnya adalah bisnis percetakan atau jasa print. Ada banyak paper yang harus dikumpulkan. 

Bagi anak kampus yang sedang di semester akhir menyelesaikan skripsi, mereka akan bolak-balik ke tempat jasa print. Bahkan, biaya untuk print ini dan itu bisa jadi sangat mahal. 

Keunggulan jasa print di lingkungan kampus (yang harus tetap kamu utamakan bila membuka bisnis ini) adalah biaya print cenderung lebih murah daripada jasa print di luar kampus. Berikan juga diskon bila mahasiswa/mahasiswi itu print dalam jumlah banyak atau bila sudah langganan. 

8. Toko Buku

Toko buku juga termasuk bisnis yang menjanjikan di sekitar kampus. Para anak kampus tentu butuh banyak jenis buku untuk belajar dan kebutuhan tugas mereka. 

Bukan hanya buku baru, kamu bisa juga jual buku-buku bekas yang masih layak pakai. Mulai dari kamus, buku teori, hingga novel dan buku-buku fiksi lainnya. 

Oh ya, para mahasiswa juga cenderung akan request ke pemilik toko buku itu untuk mencarikan buku-buku tertentu. Para dosen juga suka request buku tertentu karena tidak lagi tersedia di toko buku umum. Selain dapat keuntungan, kamu juga berjasa membantu mereka. 

9. Jual Makanan Kaki Lima 

Ada banyak peluang bisnis kuliner yang bisa laris dijual di lingkungan kampus, termasuk beragam menu kaki lima. 

BACA JUGA :  15 Peluang Bisnis Souvenir Pernikahan, Simak Tipsnya!

Contohnya, mie ayam, bakso, ketoprak, mie tek-tek, nasi goreng, bubur ayam, ketoprak, nasi pecel, nasi gila pedas, dan masih banyak lagi. 

Kuliner yang menggugah selera untuk menemani perjuangan keras para anak kampus. 

10. Wifi Koin

Kamu bisa bikin spot khusus untuk tempat nongkrong mahasiswa sambil jualan minuman dan makanan ringan. Plus, sediakan wifi koin untuk akses internet yang murah bagi pengunjung. 

Di sekitaran kampus mungkin ada cafe atau warkop yang sudah menyediakan wifi gratis, namun seringnya wifi di tempat umum itu jaringannya kurang lancar. 

Jadi, wifi koin semoga bisa jadi solusi buat mahasiswa sekitar kampus yang kebetulan paket internetnya sedang habis. Oh ya, spot nongkrong harus didesain senyaman mungkin! 

11. Kafe 

Peluang usaha di lingkungan kampus selanjutnya adalah bisnis kafe untuk tempat mahasiswa dan mahasiswi berkumpul, belajar kelompok, mengerjakan tugas sambil pesan makanan dan minuman favorit mereka. 

Kopi dan minuman segar di kafe juga jadi solusi agar mereka semangat lagi untuk kerjakna banyak deadline di kampus.

12. Buka Warmindo

Walaupun secara penelitian konsumsi mie instan terlalu banyak dan sering tidak baik untuk kesehatan, tapi mie instan adalah salah satu comfort food bagi sebagian orang. Alhasil, warmindo tempat makan mie instan pun selalu ramai. 

Disukai juga para anak kampus karena rasanya enak dan harganya terjangkau. Untuk bisnis warmindo di sekitar lingkungan kampus, sediakan juga varian topping agar rasa mie instan jadi lebih enak. 

13. Jual Pulsa dan Paket Internet 

Konter pulsa juga lumayan laris di sekitaran kampus. Sediakan juga dagangan yang lengkap seperti paket internet, top up voucher untuk game, jual SIM card baru, flash disk, hingga aksesori smartphone

Siapkan juga diri kamu pada risiko bisnis, seperti bila ada anak kampus yang suka kasbon.

14. Jual Minuman Kekinian 

Apalagi peluang usaha di lingkungan kampus? Coba cari ide untuk jual minuman kekinian.

Contoh minuman kekinian yang sedang viral, termasuk: 

  • Kopi susu gula ren 
  • Minuman boba 
  • Green tea dan matcha 
  • Teh dengan rasa-rasa unik: bubble tea, thai tea, teh madu, teh ungu, teh keju, teh herbal, teh jeruk, teh susu, teh tarik, dll. 
  • Yakult campur leci, lemon, teh, dan sebagainya. 
  • Susu regal
  • Aneka minuman coklat. 
  • Cold-pressed juice
  • Aneka minuman dengan yoghurt. 

Bisa dikatakan menu minuman kekinian pasti ada di kampus atau bahkan dimulai di kampus. Mereka cenderung akan penasaran dengan sesuatu yang baru dan mau mencobanya. 

15. Food Truck

Food truck adalah cara jual makanan dengan cara berkeliling dengan mobil atau mini truck. Semua proses mengolah dan menyajikan makanan juga disiapkan di dalam truk tersebut. 

Sesuaikan menu jualan dengan minat konsumen atau sesuatu yang kiranya semua orang akan suka. Food truck di area kampus mungkin cocok untuk jualan fast food dan junk food, ya! 

Nah, desain mobil atau truk jualan kamu dengan konsep yang keren atau anak muda banget. Ini bisa menarik perhatian mereka dengan cepat. Jangan lupa tawarkan diskon!

16. Tempat Les

Kamu bisa buka bisnis berupa tempat les atau bimbingan belajar yang dibutuhkan. Misalnya, les bahasa Inggris, pelajaran eksak, dan keterampilan khusus lainnya. 

Kamu bisa ajak para mahasiswa dan mahasiswi yang kompeten untuk magang jadi guru les di sana. Hitung-hitung membantu mereka mengasah keterampilan dan menambah uang jajan juga. 

BACA JUGA :  15 Ide Bisnis Lebaran yang Menjanjikan, Tambahan THR!

17. Jasa Servis Laptop dan Komputer

Jasa servis laptop dan komputer juga sering dibutuhkan para mahasiswa. Akan ada saja masalah dengan laptop yang menghambat kegiatan belajar mereka. 

Mahasiswa juga cenderung punya masalah pada software di gadget, kehilangan data-data penting, bingung rumus Excel, sulit mengoperasikan gadget karena satu dan lain hal. Nah, kamu bisa juga memberikan jasa untuk 1001 masalah terkait laptop dan komputer. 

18. Tempat Kos

Peluang usaha di lingkungan kampus selanjutnya adalah buka kos-kosan. Para mahasiswa dan mahasiswi datang dari banyak kota berbeda, apalagi di universitas negeri. 

Mereka tentu butuh tempat kos yang dekat kampus dengan fasilitas yang cukup dan harga masuk kantong. 

Bisnis kos-kosan memang butuh modal yang cukup besar, namun juga punya nilai investasi yang tinggi juga. 

19. Jasa Laundry Hemat

Dekat dengan kampus dan kos-kosan, harus ada juga jasa laundry hemat. Solusi bagi anak kos yang sedang sibuk, mager, atau ingin yang praktis saja untuk mencuci pakaian. 

Juga ruang kos-kosan yang biasanya tidak terlalu luas, jadi tidak ada tempat untuk jemur pakaian. Kebanyakan mahasiswa rantau juga tidak bawa setrika, sehingga lebih baik pakai jasa laundry saja. 

Berikan penawaran jasa laundry hemat yang dihitung per kilo. Selain laundry baju, laundry sepatu juga punya peluang. 

20. Minimarket

Selama ada populasi dan keramaian, buka minimarket pasti laris bahkan di sekitar lingkungan kampus. Mulai dari jual makanan, minuman, kebutuhan ATK, dan sebagainya. 

Boleh juga sediakan mie instan dalam bentuk cup atau kopi sachet. Gratis air panas, jadi anak kampus bisa seduh sendiri. Ini akan sangat membantu anak-anak kampus, loh! 

21. Jual Minuman Ringan

Kedai minuman ringan juga bakal laris, loh! Contoh minuman ringan seperti es teh, susu, sport drink, soda, jus buah, atau energy drink. Jual minuman tradisional juga bisa laris, misalnya es kelapa, es liang teh, es jeruk, dan sebagainya. 

22. Thrift Store

Peluang usaha di lingkungan kampus selanjutnya adalh buka thrift store. Loh, buka thrift shop dekat kampus apa bisa laku?

Belakangan ini thrifting sedang jadi tren anak-anak muda. Belanja baju-baju bekas dari merek-merek ternama dengan harga super terjangkau. 

Mereka akan dapat pengalaman belajar yang berbeda. Juga pasti senang karena dapat fashion dengan harga murah. 

23. Warung Jajanan Luar Negri 

Pilihan alternatif kuliner lainnya yang laku di jual di lingkungan kampus, jual berbagai menu luar negeri yang sedang viral. 

Contohnya, kentang goreng, pizza slice, burger, pasta, takoyaki, ramen, samyang, dan sebagainya. Jajanan dari Korea Selatan juga sedang sangat diminati saat ini. 

Anak muda tentunya suka dengan jajanan enak tersebut, bisa dipadukan dengan rasa lokal juga. Kamu bisa jual dalam porsi kecil-kecil juga agar affordable buat anak kampus. 

24. Jasa Penjilidan 

Jangan lupakan peluang usaha di lingkungan kampus yang satu ini. Jasa penjilidan sangat dibutuhkan oleh semua mahasiswa dari semester awal hingga akhir. Tugas-tugas mereka harus dikemas dalam jilidan yang rapi. 

Terutama bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi. Mereka butuh jasa penjilidan hard cover yang berkualitas untuk mengemas skripsi mereka yang penuh perjuangan. 

Nah, itulah berbagai peluang usaha di lingkungan kampus yang bisa kamu kembangkan. Sebagian bisnis itu memang butuh toko fisik, tapi optimalkan juga dengan toko online untuk kebutuhan pemasaran dan promosi. 

Kamu bisa buat toko online gratis dan profesional melalui Praktisidigital. Tentunya sudah dilengkapi dengan fasilitas bisnis online lengkap, termasuk perangkat digital marketing, template website siap pakai, belajar bisnis di Praktisidigital Business Academy, dan masih banyak lagi.

Langsung cek Praktisidigital sekarang juga!