23 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Cepat Laku!


Kira-kira bisakah mulai usaha rumahan modal 50 ribuan? Tentu jawabannya bisa. Langsung cek ide bisnis modal kecil yang bisa kamu coba! 

Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu 

Berpikir tentang bisnis, kita mungkin selalu menganggap bahwa butuh modal usaha yang besar untuk memulainya. Itu mungkin benar, tapi di sisi lain kita bisa memanfaatkan sumber daya yang ada untuk memulai sebuah bisnis.

Modal itu bukan hanya tentang nominal uang, tapi juga sumber daya lain seperti kreativitas, koneksi, niat, tekad, usaha, dan juga teknologi. 

Untungnya kita bisa memanfaatkan internet dan teknologi untuk memaksimalkan sebuah bisnis bahkan dengan modal terbatas. 

Berikut ini daftar ide usaha rumahan modal 50 ribu:

1. Bisnis Kue Rumahan

Bikin kue bisa mahal dan bisa juga tidak. Tentunya tergantung pada jenis kue apa yang ingin dibuat dan pemilihan kualitas bahan-bahan kue tersebut. 

Untuk menyiasati modal kecil untuk usaha kue, bisa membuat kue yang bahanya mudah, sedikit, dan murah. Misalnya: 

  • Kue bolu
  • Kue pisang
  • Crepes
  • Donat kampung 
  • Prol tape
  • Kue bolu pandan 
  • Dadar gulung 
  • Kue odading
  • Kue kering
  • Atau pun jajanan kue pasar dan kue basah lainnya

Ukuran kue bisa disesuaikan dengan harga jualnya. Bisa dibuat lebih kecil agar bisa dijual dengan harga lebih murah, tapi harus tetap enak dan higienis. 

2. Jual Keripik

Jual keripik bisa dijalankan sebagai usaha rumahan modal 50 ribu. Bahan baku untuk buat keripik cukup mudah dan murah didapatkan, seperti tepung terigu dan sagu, bumbu, penyedap rasa, tempe/singkong/bayam, serta bahan pendukung lainnya. 

Namun, tantangannya adalah mengatasi harga minyak goreng yang suka melonjak. Kamu bisa hitung-hitung dulu modalnya. Bila tidak memungkinkan bikin keripik sendiri, kamu bisa menjadi reseller keripik atau jasa konsinyasi

Nah, pasarkan juga secara online biar lebih cuan!

3. Bisnis Pre-Order Makanan

Salah satu untuk mengatasi modal kecil adalah dengan buka sistem pre-order atau pesan dulu. Jadi, kamu hanya akan buat makanan yang sudah pasti akan laku terjual. 

Selain itu, kamu mungkin bisa minta pelanggan kamu untuk bayar DP dulu sekian persen untuk tambahan modal kamu.

Biasanya, buka dulu pre-order makanan dalam skala kecil. Misalnya, untuk kerabat dan lingkungan sekitar. 

Sebelumnya, kamu harus beri mereka sampel makanannya dulu agar mereka tertarik dan bisa meyakinkan mereka untuk beli di kesempatan berikutnya. 

4. Bisnis Kerajinan Tangan (DIY)

Usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya adalah buat kerajinan tangan atau do-it yourself (DIY). 

Kamu yang punya jiwa seni dan kreativitas tinggi, bisa mulai buat benda berguna dengan desain yang unik untuk dijual. Misalnya:

  • Custom phone case
  • Resin jewelry 
  • Gantungan kunci
  • Bom bath
  • Kreasi lilin atau lilin aromaterapi 
  • Baju hewan peliharaan 
  • Sabun organik 
  • Sarung bantal unik 
  • Tote bag unik 
  • Perhiasan aksesori 
  • Pot unik 
  • Anyaman kayu 
  • Aksesori rambut 
  • Kartu ucapan estetik 

Dan banyak lagi. Hal yang penting adalah benda itu harus punya daya guna, berkualitas, dan desainnya unik. Selanjutnya, kamu bisa belajar bisnis di Praktisidigital Business Academy untuk memasarkan produk secara online

5. Jual Camilan

Salah satu contoh industri rumah tangga yang bisa jadi ide bisnis adalah jual camilan. Melihat target market, banyak orang yang sukan camilan dan punya peluang untuk selalu laris. 

Ada banyak jenis camilan untuk dijual, mulai dari yang manis, guring, hingga yang pedas. Ketahui lebih lanjut apa saja rekomendasi ide bisnis makanan ringan dan camilan yang cepat laku! 

6. Jual Barang Preloved 

Barang preloved adalah barang bekas milik kamu sendiri yang belum pernah kamu pakai atau baru digunakan beberapa kali dan kondisinya masih bagus, tapi karena satu dan lain hal kamu sudah tidak bisa atau tidak mau menggunakannya lagi. 

Biasanya barang preloved adalah baju yang tidak cocok di kamu, sepatu yang ukurannya tidak pas di kamu, furnitur, elektronik, atau bahkan skin care yang ternyata tidak cocok di kamu. 

Bila kamu punya kriteria barang preloved itu, bisa kamu jual saja. Dari pada tidak kamu pakai dan sia-sia, hanya menumpuk di kamar kamu. 

Ikuti tips dan cara jual baju preloved  yang bisa kamu terapkan dengan mudah, meski baru pemula!

7. Bisnis Thrift Shop

Thrift shop adalah toko barang-barang bekas di mana produknya berasal dari luar negeri atau barang branded yang reject atau sisa eksport. 

Kamu bisa dapatkan produk-produk tersebut di lapak atau agen thrift. Salah satu yang paling besar adalah Pasar Pakaian Bekas Senen, Jakarta Pusat. 

Memang modalnya akan lebih dari 50 ribuan bahkan bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah bila kamu membelinya dalam kuantitas karungan atau per bal. Cobalah dari membeli beberapa potong pakaian dulu sambil belajar. 

8. Bisnis Tanaman Hias

Usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya adalah bisnis tanaman hias. Modal utama kamu untuk membeli bibit, anakan tanaman, dan peralatan budidaya seperti pot, media tanam, pupuk, dan lainnya. 

Selain itu, yang paling penting adalah ilmu budidaya dan ketelatenan. Mungkin juga tidak semua orang bisa menanam tanaman hias karena tidak tahu tekniknya. 

Beberapa jenis tanaman hias bisa dijual sangat mahal, loh! Pelajari lebih banyak tentang ide bisnis tanaman hias di sini! 

9. Bisnis Ikan Hias

Banyak sekali pecinta ikan hias. Bila kamu juga suka, bisa dijadikan peluang bisnis.

Beberapa jenis ikan tawar seperti mas koki, manfish, ikan arwana, ikan oscar, dan teman-temannya sangat digemari. Selain modalnya cukup terjangkau, perawatannya juga cukup mudah. 

Kamu juga bisa jual ikan cupang dalam toples kecil. Harganya murah tapi banyak peminatnya. 

Cek tips bisnis ikan hias online di sini! 

10. Jual Aksesori

Ada banyak jenis aksesori, seperti bros, sabuk, tas, topi, pin, kacamata, perhiasaan imitasi, dan sebagainya. 

Pilih vendor terpercaya dan berkualitas yang juga bisa kasih kamu harga grosir terbaik. Sesuaikan dengan modal yang kamu punya. 

Selagi menentukan jenis aksesori apa yang akan dijual, kamu juga harus pikirkan siapa target market dan bagaimana strategi bisnis yang paling potensial untuk tipe dan skala bisnis tersebut. 

11. Buka Jasa Kursus Online

Memiliki keahlian atau ilmu yang berguna bagi orang-orang? Kamu bisa buka jasa kursus online, sekaligus mendapat penghasilan. 

Kamu mungkin perlu menjadi anggota lembaga atau komunitas yang memfasilitasi pengadaan kursus online tersebut. 

Atau, kamu bisa berjalan secara mandiri dengan membagikan konten-konten bermanfaat terkait kemampuan kamu itu. Selanjutnya, kamu bisa buka kelas eksklusif untuk orang-orang yang mau belajar secara spesifik dan lengkap. 

12. Menjadi Freelancer

Salah satu ide usaha sampingan karyawan modal kecil yang fleksibel adalah menjadi freelancer. Cari di beberapa situs online seperti UpWork, Projects, Sribulancer, dan lainnya.

Temukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan minat dan bidang keahlian kamu. Selain kamu dapat penghasilan tambahan, ini bagus untuk mengasah kemampuan kamu, membuka koneksi, dan menambah daftar portofolio kamu. 

13. Bisnis Jasa Titip

Apa sih bisnis jasa titip? Jastip atau jasa titip adalah bisnis di mana kamu membelikan barang-barang pelanggan sesuai dengan titipan mereka. 

Kamu akan dapat semacam uang ongkos atau uang jasa dari kegiatan tersebut.

Misalnya, kebetulan kamu akan pergi ke Bandung dan kamu menawarkan jastip untuk rekan-rekan yang mungkin ingin beli oleh-oleh atau produk lain yang cuma ada di Bandung. 

Orang itu akan membayar sesuai harga barang titipan plus ongkos buat kamu yang besarannya mungkin berbeda-beda. 

Biasanya, jastip ambil untung mulai dari 5-20 ribu rupiah per item barang. Tergantung ongkos kamu untuk mencapai toko tersebut dan lainnya.

14. Bisnis Dropship

Usaha rumahan modal 50 ribuan selanjutnya adalah bisnis dropship. Dropship adalah bisnis di internet di mana kamu membantu mempromosikan produk milik pihak lain. 

Dropshipper tidak perlu membeli dulu barang dagangan tersebut atau pun menyimpan stok. Melainkan, memasukan pesanan ke vendor langsung dan mereka yang akan melanjutkan pesanan atas nama dropshipper.

Bisa dikatakan ini ide bisnis tanpa modal yang bisa dijalankan dengan efisien. Kamu cukup mencari supplier terpercaya. Nantinya dropshipper akan dapat komisi dari penjualan melaluinya. 

15. Bisnis Reseller

Reseller adalah bisnis di mana kamu menjual kembali produk dari vendor. Reseller resmi berarti menjual produk asli dari sebuah brand ke wilayah-wilayah lain. 

Pelanggan biasanya juga lebih percaya untuk belanja produk di reseller resmi. Tentunya ada banyak pilihan ide bisnis reseller yang bisa dicoba sesuai modal kamu. 

16. Mengikuti Survei Online

Sedang cari peluang bisnis tanpa modal di HP? Kamu bisa bergabung di situs atau aplikasi survei online

Tugasnya adalah mengisi berbagai survei yang disediakan, lalu kamu akan dapat sejumlah pendapatan dari situ. Mulai dari survei produk, tempat-tempat, perusahaan, dan sebagainya. 

Contoh situs survey online berbayar adalah iPanel, YouGov Indonesia, Clixsense Indonesia, Mobrog Indonesia, Viewfruit, dan sebagainya. 

17. Menjadi Content Creator

Saat ini banyak orang yang menjadikan content creator sebagai profesi, karena memang hasilnya menguntungkan. 

Content creator adalah mereka yang memanfaatkan internet dan media sosial untuk membagikan informasi dan hiburan ke banyak audiens. 

Namun, harus diingat untuk bijaksana dalam usaha membagikan konten di internet. Jangan hanya modal viral dari kegiatan yang tidak bermanfaat atau bahkan tidak mendidik, ya! 

18. Menjadi Streamer

Streamer adalah seseorang yang melakukan siaran langsung sembari membagikan konten, biasanya bermain game

Seiring dengan perkembangan teknologi, game online bukan hanya jadi sekadar hiburan tapi bisa menjadi profesi yang menjanjikan–seperti menjadi pro player dari game tertentu.

Bila kamu punya minat dalam bermain game online, mungkin bisa mencoba peluang menjadi streamer untuk mendapat penghasilan sekaligus bermain. 

19. Streaming Jualan Online 

Apa maksudnya streaming jualan online? Ini adalah metode pemasaran dan penjualan produk melalui siaran langsung di media sosial atau aplikasi internet. 

Bila kamu punya produk atau barang dagangan, bisa memanfaatkan streaming jualan online agar lebih laris!  

Masih bingung caranya? Kamu bisa cek artikel tips streaming jualan online dari Praktisidigital! 

20. Bisnis Affiliate Marketer 

Jangan salah sangka dulu, ya! Affiliate marketer adalah metode pemasaran yang sudah lama digunakan untuk meningkatkan potensi bisnis. 

Intinya, seseorang yang bertindak sebagai affiliator (afiliasi) bertugas untuk mempromosikan dan mendorong orang lain untuk ikut membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. 

Affiliator ini adalah utusan dari sebuah brand. Nantinya, affiliator ini akan dapat komisi dari penjualan yang menggunakan referensi atau referral code darinya. 

Pilih-pilih brand yang benar untuk jadi affiliator, ya!

21. Bisnis Gorengan

Usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya adalah bisnis gorengan. Banyak sekali orang yang suka makan gorengan. 

Karena itu mungkin sudah banyak orang yang jualan gorengan juga. Bila ingin mencoba peluang yang sama, bisnis gorengan kamu harus punya unique selling point

Misalnya, jualan gorengan kekinian, memperbaiki kemasan produk, atau membuat strategi pemasaran untuk target konsumen anak muda di wilayah perkantoran misalnya. 

22. Jual Jajanan SD

Coba ide jualan 1000an, seperti jual jajanan SD, jajanan pasar, keripik, atau camilan lainnya. 

Kebanyakan modal untuk jualan camilan tidak terlalu besar atau bisa disesuaikan. Mulai dari bisnis kecil-kecilan, temukan menu yang enak, dan pelajari strategi bisnis lebih baik dari waktu ke waktu agar semakin sukses. 

23. Bisnis Online 

Ada banyak lagi usaha rumahan modal 50 ribu. Melalui bisnis online, memungkinkan siapa saja untuk jual apa saja dengan modal yang terjangkau. 

Mulai dari jual aksesori, makanan ringan, peralatan rumah tangga, pakaian, dan sebagainya. 

Selain jualan online di media sosial atau marketplace yang sudah ada, optimalkan juga bisnismu dengan toko online

Apa sih toko online? Toko online adalah website yang didesain khusus untuk memudahkan transaksi jual beli, pemasaran dan promosi, serta komunikasi antara brand dan audiens yang ditargetkan. 

Calon pelanggan bisa menemukan bisnis kamu saat dia mengetik kata kunci melalui mesin pencari. 

Sementara itu, penjual bisa membagikan info yang lebih jelas tentang brand, termasuk deskripsi produk, foto produk, testimoni, dan sebagainya. 

Bila bingung harus memulai bisnis online dari mana? Kamu bisa buat toko online melalui Praktisidigital secara gratis dengan beragam fitur penunjang bisnis!