15 Peluang Bisnis Musim Hujan yang Menguntungkan


Ternyata ada beberapa peluang bisnis musim hujan yang bisa kamu coba untuk penghasilan tambahan atau meningkatkan usaha jualan. Yuk, cek apa saja bisnis menguntungkan musim hujan berikut ini!

Rekomendasi Peluang Bisnis Musim Hujan 

Musim hujan di Indonesia secara umum terjadi pada bulan Oktober sampai April. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa puncak musim hujan setiap tahunnya bisa berbeda. 

Memasuki musim penghujan, kamu bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan cuan lebih banyak. Berikut ini ide bisnis menguntungkan musim hujan: 

1. Jas Hujan dan Payung

Tentu saja masyarakat akan mencari payung dan jas hujan di musim hujan untuk melindung diri mereka saat berpergian. Jual berbagai jenis payung, mulai dari yang kecil, besar, dan bisa dilipat.

Ada juga konsumen yang mencari payung dengan motif karakter tertentu, payung aesthetic, atau bahkan payung dengan stiker idola pilihan yang biasanya harganya lebih mahal. 

Begitu juga dengan jas hujan bagi pengendara motor, sediakan berbagai jenis, motif, bahan, dan warna. Ada jas hujan ponco, jas hujan syar’i, jas hujan plastik, atau jas hujan 2 kepala. 

2. Sepatu Antiair

Orang-orang juga banyak mencari sepatu tahan air di musim hujan, termasuk sepatu karet, sepatu boots, dan sendal jepit. 

Biasanya mereka memilih bepergian dengan alas kaki kedap air dan anti-slip agar tidak basah atau becek di kaki dan menggantinya dengan sepatu yang bagus saat sudah tiba di tujuan. 

Sediakan berbagai ukuran dan model alas kaki anti-slip dan antiair. Sepatu boots antiair khusus anak-anak dengan warna dan karakter lucu juga banyak diminati, lho

3. Jasa Cuci Kendaraan

Di musim hujan, kendaraan jadi cepat kotor dan kebanyakan orang malas mencucinya. Khususnya penumpukan lumpur di bagian mesin dan roda yang bisa memicu bahaya juga. 

Jasa cuci kendaraan biasanya ramai di musim hujan. Kamu bisa mulai buka bisnis jasa cuci kendaraan di rumah atau home service (layanan cuci mobil dan motor panggilan ke rumah).

4. Bisnis Pakaian Hangat

Peluang bisnis musim hujan tentu saja jualan baju-baju hangat yang fashionable. Berikut ini jenis pakaian hangat untuk musim hujan yang stylish:

  • Jaket 
  • Sweater
  • Hoodie
  • Bomber jacket
  • Knitwear (bahan rajutan)
  • Crop Tee jacket/hoodie 
  • Parka 
  • Trench Coat
  • Windbreaker
  • Kaos kaki motif lucu 
  • Topi hangat 

Bila kamu sudah bisnis pakaian saat ini, kamu bisa launching edisi musim dingin yang keren. Bisnis ini juga cocok untuk pemula karena bisnis pakaian sepertinya akan selalu ada pasarnya. 

5. Jasa Laundry

Banyak orang juga yang malas mencuci sendiri di musim hujan karena kebutuhan ganti pakaian semakin banyak dan lama keringnya karena tidak dapat sinar matahari untuk menjemur. 

Mereka banyak yang memilih jasa laundry agar lebih praktis, cepat, hemat tenaga, dan harganya terjangkau juga. Bukan hanya laundry pakaian, saat ini jasa laundry sepatu juga sangat dicari untuk membantu konsumen membersihkan sepatu di musim hujan. 

6. Tanaman Pengusir Nyamuk

Perkembangbiakan nyamuk di musim hujan sangat banyak. Bukan hanya mengganggu saat tidur di malam hari, gigitan nyamuk juga bisa berbahaya bagi kesehatan. 

Salah satu cara mengatasinya dengan menanam tanaman pengusir nyamuk di sekitar rumah, seperti tanaman lavender, marigold, peppermint, rosemary, sage, geranium, basil atau kemangi, lemon balm, dan catnip. Kamu bisa berjualan tanaman tersebut plus ajari konsumen cara merawat tanamannya. 

7. Jual Minuman Hangat

Jual minuman hangat adalah bisnis menguntungkan musim hujan. Bila kamu sudah terjun di bisnis minuman, kamu bisa tambahkan menu minuman hangat tradisional seperti:

  • Wedang jahe
  • Bajigur
  • Wedang uwuh
  • Bir pletok
  • Wedang ronde
  • Bandrek 
  • Teh talua
  • Kembang tahu 
  • Angsle 
  • Sekoteng 
  • Wedang kacang 

Ada banyak menu minuman hangat lainnya yang bisa kamu coba. Silakan kombinasikan dengan resep kekinian agar dagangan kamu laris manis. 

8. Jual Frozen Food 

Frozen food adalah ide bisnis menguntungkan di segala musim, sebenarnya bukan hanya di musim hujan saja. Masak frozen food sangat praktis dan mudah, membantu konsumen yang tidak punya waktu untuk masak lama. 

Makanan beku bisa disimpan berhari-hari dan diolah jadi berbagai menu makanan, bahkan olahan makanan berkuah yang lezat. Konsumen tidak perlu repot-repot belanja keluar rumah setiap hari saat musim hujan. 

9. Jual Obat-obatan

Tantangan di musim hujan adalah kita jadi mudah sakit, terutama bila terpaksa harus hujan-hujanan. Kebutuhan akan obat-obatan seperti obat flu, obat demam, obat radang, vitamin, suplemen, hingga minyak kayu putih pun meningkat. 

Kamu bisa membantu menyediakan kebutuhan produk kesehatan tersebut untuk konsumen. Pertimbangkan untuk beri potongan harga atau hadiah tambahan berupa vitamin lainnya. 

10. Cat Pelapis Anti Bocor

Masalah lain di musim hujan adalah atap rumah bocor dan tembok rembes. Kamu bisa jual produk renovasi seperti cat pelapis antibocor, cat rumah untuk dinding retak rambut, waterproofing, primer super cement, alat plester dan acian, serta produk bangunan lainnya. 

11. Jasa Rumah Bocor

Bila kamu memang punya keterampilan untuk renovasi, kamu bisa menawarkan jasa renovasi rumah bocor. Di musim hujan permintaan untuk perbaikan rumah bocor atau rembes pasti meningkat. 

12. Jual Camilan

Peluang bisnis musim hujan adalah jualan camilan, mulai dari camilan tradisional hingga camilan kekinian. Banyak konsumen yang suka makan aneka snack, jadi bisnis ini bisa dipastikan selalu cuan. 

Beberapa jenis camilan yang selalu dicari sepanjang musim adalah makaroni (goreng atau pedas), stik balado, aneka rasa keripik, stik kentang, stik keju, kue gabus, egg moon, dan berbagai snack kiloan. 

13. Jual Makanan Berkuah

Apa lagi yang paling nikmat di musim hujan? Tentu saja makan makanan berkuah dan sebagian lagi suka menu berkuah pedas. Itu salah satu cara konsumen untuk menghangatkan diri. 

Contoh bisnis kuliner paling laris di musim hujan adalah jualan bakso, mie ayam, bakso aci, soto, sop daging atau ayam, mi instan kuah, mi godog jawa, sayur asem, dan banyak lagi menu tradisional yang cocok dikonsumsi kala hujan. 

Bila kamu sudah bisnis kuliner sebelumnya, silakan kembangkan bisnis untuk menambah menu berkuah spesial di musim hujan. 

14. Pelengkap Alat Elektronik

Jual pelengkap alat elektronik juga termasuk bisnis menguntungkan musim hujan. Barang-barang seperti plastik Hp waterproof, casing waterproof, earphone case, pelindung hp, dan pouch hp tahan air banyak dicari untuk melindungi gadget mereka agar tidak kehujanan. 

15. Jual Tas 

Konsumen juga banyak mencari tas waterproof untuk digunakan selama musim hujan, demi melindungi barang bawaan agar tidak kebasahan air hujan. Ada berbagai jenis dan model tas kedap air —terutama tas laptop waterproof— yang bisa kamu jual plus dengan pelindung tas juga. Bisa dipertimbangkan untuk jual tas online!

Itulah berbagai peluang bisnis musim hujan yang menguntungkan dan bisa kamu coba. Bila sudah menentukan core bisnis kamu, jangan lupa untuk membuat website toko online di Praktisidigital. 

Website toko akan memudahkan kamu untuk memasarkan produk lebih luas lagi, juga meningkatkan kredibilitas nilai bisnis kamu di mata konsumen. Daftar Praktisidigital sekarang untuk memulai bisnis online dengan buat website untuk jualan!