10 Ide Bisnis untuk Fresh Graduate, Bisa Tanpa Modal!


Bingung cari kerja setelah lulus kuliah dan mau coba bisnis untuk fresh graduate? Seorang lulusan baru umumnya belum memiliki penghasilan, sehingga butuh bisnis yang tidak perlu modal besar. Bisnis memang tidak harus selalu bermodal besar, bahkan beberapa bisnis tidak memerlukan modal. Simak ide dan tipsnya di sini!

Ide Bisnis untuk Fresh Graduate

Selain modal, ide pada dasarnya adalah hal utama dalam memulai sebuah bisnis. Buat kamu fresh graduate, berikut beberapa bisnis yang bisa kamu coba:

1. Jualan dengan Sistem Reseller

Ide bisnis modal minim yang pertama adalah bisnis dengan sistem reseller. Ada banyak sekali jenis produk yang bisa kamu jual dengan sistem ini mulai dari pakaian, makanan, alat rumah tangga, aksesori, dan masih banyak lagi.

Biasanya supplier mengharuskan kamu untuk berbelanja sejumlah barang agar dapat resmi menjadi reseller dan mendapatkan harga reseller. Selanjutnya kamu bisa memasarkan barang tersebut dengan harga yang kamu tentukan sendiri. Kamu bisa menyesuaikan dengan harga pasaran. 

Sebagai seorang reseller, kamu harus memahami dengan baik value produk yang kamu jual, sehingga kamu tahu cara mempromosikannya pada pelanggan. Kamu juga sebisa mungkin harus memberikan pelayanan terbaik dan mengadakan promosi menarik agar toko kamu dapat bersaing dengan toko yang menjual barang yang sama.

2. Jualan dengan Sistem Dropship

Pernah dengar sistem dropship? Apa bedanya dropship dengan reseller?

Jika pada sistem reseller kamu diharuskan berbelanja sejumlah produk, maka tidak begitu dengan sistem dropship. Sistem ini hanya mengharuskan kamu untuk mempromosikan produk dari supplier.

Setelah ada pesanan masuk, kamu hanya perlu memberikan detail pesanan tersebut ke supplier dan mereka akan mengurus packing dan pengiriman barang langsung ke pelanggan. Jadi dalam bisnis dengan sistem dropship, kamu tidak memerlukan modal sama sekali. Kamu hanya perlu waktu, smartphone, dan internet untuk dapat memasarkan produk.

Meskipun tidak perlu modal seperti sistem reseller, tapi sistem ini memiliki kelemahan. Beberapa supplier tidak memberikan potongan untuk dropshipper, sehingga kamu perlu menjual barang lebih mahal demi mendapatkan untung.

3. Jasa Les Privat

Ide bisnis untuk fresh graduate selanjutnya adalah mengajar privat.

Kamu bisa mengajar pelajaran apa saja yang kamu sukai, bisa pelajaran sekolah dari tingkat SD hingga SMA, les mengaji, hingga les bahasa. Jenisnya bisa kamu sesuaikan dengan kompetensi kamu.

Saat ini kursus dan les privat juga lebih mudah dilakukan, yaitu secara online dengan sarana Zoom atau Google Meet. Tentunya kamu juga bisa dengan lebih mudah mempromosikan jasa ini melalui media sosial.

4. Fotografer Lepas

Khusus kamu yang punya hobi fotografi, kamu juga bisa menjadi seorang freelance photographer. Kamu bisa membuka jasa untuk foto pre-wedding, pernikahan, tunangan, ulang tahun, hingga acara lainnya. Jika kamu suka dengan genre foto konsep, kamu juga bisa membuka jasa foto produk.

Bisnis ini sangat diminati belakangan karena ada banyak toko online yang ingin menyajikan katalog produk yang menarik. Tidak perlu khawatir soal peralatan seperti kamera atau bahan studio foto. Peralatan fotografi seperti kamera, lighting, dan peralatan lainnya bisa kamu sewa jika kamu belum memilikinya.

5. Party Planner atau Event Organizer

Selanjutnya kamu juga bisa mencoba bisnis sebagai party planner atau bahkan event organizer. Pada dasarnya party planner juga merupakan bagian dari event organizer, tapi skalanya lebih kecil. Jika kamu memulai bisnis ini sendiri, mungkin kamu membutuhkan sejumlah modal yang tidak sedikit.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menjalani bisnis ini jika tidak memiliki modal. Kamu bisa tetap menjalaninya dengan cara bekerja sama dengan party planner atau EO yang sudah ada dan mempromosikannya lewat sosial media. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan vendor seperti vendor tenda, sound system, dan lainnya.

6. Jasa Penerjemah

Punya kemampuan bahasa yang mumpuni? Kamu bisa coba menawarkan jasa penerjemah. Umumnya jasa penerjemahan teks memasang tarif untuk per kata maupun per halaman. Harga bisa berbeda-beda bergantung pada kesulitan teks dan kemampuan kamu.

Bisnis yang satu ini paling cocok untuk fresh graduate jadi jurusan Bahasa dan Sastra. Tentunya selama berkuliah kamu memiliki kamus bahasa asing sesuai jurusan kamu.

Selain kemampuan bahasa yang sudah kamu miliki, kamus ini juga akan sangat membantu pekerjaan kamu. Jika kamu memiliki sertifikat yang membuktikan kemampuan bahasa kamu, ini bisa dijadikan sebagai salah satu alat untuk mempromosikan jasa tersebut.

7. Jasa Desain Grafis

Selanjutnya adalah ide bisnis untuk fresh graduate yang lulus dari jurusan Desain Grafis atau kamu yang memang memiliki kemampuan dalam bidang ini. Sebelum mendapatkan pekerjaan di bidang ini, kamu bisa menawarkan jasa ini dan menjadi seorang freelance graphic designer.

Tidak perlu modal yang besar, kamu hanya perlu mempersiapkan portofolio desain untuk diperlihatkan kepada klien agar mereka tertarik untuk menggunakan jasa kamu.

8. Jasa Content Writing

Jasa penulisan konten atau content writing juga kini banyak dibutuhkan. Hal ini disebabkan karena semua bisnis ingin merambah dunia digital dan membutuhkan konten untuk website dan media sosial mereka.

Jika kamu memiliki passion dalam dunia penulisan, kamu bisa coba menawarkan jasa yang satu ini. Sama halnya seperti graphic designer, kamu hanya perlu mempersiapkan portofolio yang berisikan karyamu untuk menarik pelanggan. Jadi, bisnis ini juga tidak perlu modal.

9. Jual Makanan

Ide usaha untuk fresh graduate selanjutnya adalah menjual makanan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu sebenarnya bisa menjual makanan dengan sistem reseller atau bahkan dropship, tapi tentunya tidak semua jenis makanan bisa dijual dengan sistem ini. Selain itu pada dasarnya kamu bisa memulai bisnis ini tanpa memerlukan modal yang terlalu besar.

Kamu bisa menjual makanan dengan sistem pre-order dan menawarkannya melalui media sosial. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan layanan delivery makanan yang kini banyak tersedia. Kamu tidak perlu menyediakan tempat untuk dine-in, sehingga kamu hanya memerlukan modal untuk bahan makanan saja.

10. Thrift Shop

Ide bisnis terakhir yang cocok untuk kamu yang baru lulus kuliah adalah thrift shop atau toko barang bekas. Salah satu pilihan terbaiknya adalah pakaian. Selain memang masyarakat sudah tidak asing dengan bisnis pakaian bekas, supplier untuk produk jenis ini juga lebih mudah ditemukan.

Harga pakaian thrift relatif murah, sehingga kamu tidak harus mengeluarkan uang terlalu besar untuk memulai bisnis ini. Bahkan dengan modal di bawah 1 juta rupiah pun kamu sudah bisa mendapatkan puluhan potong pakaian thrift yang bisa kamu jual kembali di marketplace dan pasarkan di media sosial.

Tertarik mencoba berbagai ide bisnis untuk fresh graduate tersebut? Pilihlah yang sesuai dengan minat kamu agar dapat lebih semangat dalam menjalaninya. 

Demi mendukung bisnis kamu, jangan lupa untuk buat website toko online kamu di Praktisidigital. Adanya website dapat membuat transaksi lebih mudah membuat toko kamu lebih terpercaya. Buat website toko online kamu di Praktisidigital sekarang juga. Gratis!