15 Ide Bisnis Mainan Anak Perempuan yang Banyak Dicari


Jualan mainan anak perempuan bisa menjadi ide bisnis yang bagus dan menjanjikan. Ada banyak jenis mainan yang banyak dicari oleh orang tua untuk buah hatinya. Apa saja? Cek beragam rekomendasinya!

Mainan Anak Perempuan yang Banyak Dicari 

Mainan bukan hanya jadi media hiburan untuk anak-anak, tapi juga metode pembelajaran yang seru. Mulai dari melatih kreativitas, keterampilan, hingga mengasah kecerdasan emosional anak. 

Para orang tua juga sering membelikan anak mainan sebagai hadiah baik untuk ulang tahun, penghargaan, atau bentuk kasih sayang pada anak. 

Tak heran jika permintaan untuk mainan anak sepertinya tidak pernah habis. Ini bisa jadi peluang bisnis yang menarik sekaligus menguntungkan. Tertarik?

Berikut ini beberapa jenis mainan anak perempuan yang potensial untuk dijual:

1. Boneka 

Boneka adalah jenis mainan yang paling identik dengan perempuan. Ada berbagai jenis boneka seperti boneka beruang, boneka panda, dan boneka dari berbagai karakter kartun. 

Boneka Barbie menjadi salah satu mainan anak yang selalu laku dan tinggi peminatnya. Cobalah berjualan beberapa series Barbie terbaru lengkap dengan aksesorisnya. 

Ukuran mainan boneka juga bervariasi. Boneka kecil biasanya dijadikan gantungan kunci dan boneka besar sebagai teman tidur anak. 

Hampir semua jenis boneka anak-anak tersebut digemari dan tidak pernah hilang dari pasaran. Jadi, ini ide bisnis jualan yang potensial sekali. 

2. Mainan Edukasi 

Banyak orang tua yang tidak mau sembarangan memilih mainan anak. Bukan hanya untuk membuat anak senang, mainan harus bermanfaat bagi perkembangan otak dan emosional si Kecil. 

Sekarang ini, ada tren mainan edukasi seperti:

  • Papan tulis magnet lengkap dengan alat tulis. 
  • Storybook atau buku cerita khusus anak. 
  • Buku menggambar portable
  • Papan permainan jejak kaki dan tangan. 
  • Puzzle gambar atau tulisan. 
  • Mainan balok susun. 
  • Susun lego. 
  • Rubrik. 
  • Magnet huruf dan angka. 
  • Kertas origami.
  • Flash card untuk main tebak-tebakan warna, gambar hewan, tumbuhan, atau benda lainnya. 
  • Mainan pasir kinetik untuk melatih saraf motorik. 
  • Mainan montessori untuk melatih kecerdasan balita. 

Ada banyak jenis game edukatif lainnya yang selalu dicari para orang tua. Tentunya ini menjadi peluang karena orang tua bisa memberikan mainan berkualitas, aman, dan bermanfaat bagi perkembangan si kecil. 

3. Set Alat Rias Mainan  

Mainan anak perempuan yang banyak dicari juga yaitu alat rias. Banyak anak yang senang bermain rain rias-riasan bersama sepupu dan teman-temannya.

Biasanya ini berisi cat face painting berbasis air. Alat make up mainan sudah dirancang khusus aman untuk kulit anak-anak dan juga mudah dihapus. 

Beberapa produk mainan make up anak juga biasanya tidak ada isinya, hanya bentuknya yang menyerupai alat make up sungguhan. 

Mainan make up anak bukan berarti mengajarkan anak untuk tampil lebih dewasa dari usianya, namun semata-mata mengajarkan kreativitas. 

Silakan pilih produk mainan make up anak yang berkualitas dan memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk dijual. 

4. Set Mainan Masak-Masakan

Mainan masak-masakan biasanya selalu jadi kegemaran anak perempuan. Mereka bisa belajar masak dan membangun kerjasama dengan teman bermainnya.

Kamu bisa mulai berbisnis online mainan masak-masakan yang unik dan lengkap. Mulai dari yang ukuran kecil berbahan plastik, hingga alat masak yang menyerupai alat masak asli.

5. Alat Musik

Banyak orang tua yang mulai memperkenalkan musik pada anaknya dengan mainan alat musik. Ini juga bisa melatih kecerdasan emosional si Kecil. 

Silakan sediakan barang dagangan mulai dari gitar mainan, piano, drum, mikropon, atau kotak musik yang cantik. 

6. Play Dough 

Play-doh untuk mengasah kreativitas anak. Anak bisa mulai belajar bentuk, warna, dan nama-nama benda dari bermain play-doh.

Bila mau memulai bisnis mainan anak, pastikan kamu hanya menjual play-doh dengan sertifikat SNI yang aman untuk anak. 

7. Permainan Tradisional

Anak-anak jaman sekarang sepertinya mulai jarang bermain permainan tradisional. Selain akibat perubahan era, mungkin karena tidak ada pedagang yang menjualnya lagi. 

Kamu bisa menjadi pioner untuk memperkenalkan lagi mainan tradisional ke anak-anak di masa ini. Contoh permainan tradisional untuk anak perempuan:

  • Bola bekel
  • Congklak
  • Yoyo
  • Lompat tali
  • Egrang 
  • Permainan papan 
  • Gamebot 90an

8. Set Alat Menggambar 

Sediakan produk mainan alat menggambar khusus anak-anak, seperti pensil warna, crayon, cat lukis, dan buku gambar. 

Anak perempuan juga suka buku mewarnai dengan tema putri cantik, boneka lucu, atau pemandangan. 

9. Mainan Alat Kebersihan

Produk mainan alat kebersihan dengan karakter kartun juga digemari anak perempuan. Ini termasuk kain lap bermotif, alat pel, dan sapu kecil. 

Orang tua juga banyak mencari jenis mainan ini untuk mengajarkan anak nilai kebersihan, kerapian, dan kesehatan. 

10. Set Mainan Profesi

Set mainan profesi adalah salah satu jenis mainan anak yang potensial untuk dijual. 

Misalnya, seperangkat alat dokter-dokteran, juru masak, profesi guru, dan lainnya. Anak bisa belajar tentang tanggung jawab dan menambah wawasan. 

11. Ponsel Mainan 

Salah satu jenis mainan anak yang selalu tinggi permintaannya. Mainan ini aman dan bermanfaat untuk melatih komunikasi dan kreativitas anak. 

Modal bisnis ponsel mainan anak juga tidak terlalu besar. Kamu bisa memilih vendor atau supplier yang menawarkan harga grosir. 

12. Mainan Anak untuk Belajar Mengaji

Anak perempuan yang baru belajar pasti senang dan bersemangat bila mendapatkan mainan edukasi elektronik untuk mengaji. 

Produknya berupa gawai mainan dengan speaker agar anak bisa menghafal dan mengaji dengan benar. 

13. Mainan Anak untuk Belajar Membaca

Usaha mainan yang selalu laku di pasaran adalah mainan untuk belajar membaca. 

Ini termasuk poster alphabet dan nomor, buku warna-warni, dan yang lebih modern playpad

Berisi fitur untuk belajar huruf, kata, nomor, nama benda, mengulang kata, hingga belajar mengeja.

14. Mainan Anak untuk Belajar Bahasa Inggris

Usaha mainan anak yang sedang trend saat ini adalah mainan tablet atau gawai untuk belajar bahasa Inggris. 

Alat bantu ini tersedia dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia), desain menarik sesuai kesukaan anak, dan ada fitur suara atau musik yang membuat belajar bahasa Inggris jadi tambah seru. 

15. Mobil-Mobilan Anak Perempuan 

Bukan hanya jadi mainan anak laki-laki, sekarang ini ada mainan seperti mobil sungguhan yang dirancang sesuai karakter khas anak perempuan. 

Nah, itu dia beberapa ide jualan mainan anak perempuan yang potensial. Jika sudah punya ide bisnis yang cocok, segera mulai berbisnis online dengan buat website toko online gratis di Praktisidigital!