33 Ide Bisnis Kreatif yang Potensial dan Inovatif


Kamu sedang memikirkan ide bisnis kreatif dan unik? Bagian penting dari menjadi wirausahawan adalah harus kreatif dan inovatif. Yuk, cek beberapa peluang usaha kreatif berikut ini! 

Pilihan Ide Bisnis Kreatif Kekinian

Bisnis kreatif bisa berupa menciptakan peluang usaha yang benar-benar baru tidak ada sebelumnya, seperti ride hailing dan marketplace yang mengeluarkan gebrakan dan inovasi baru–juga mengubah kehidupan orang-orang.

Usaha kreatif juga bisa berupa pembaruan atau peningkatan kualitas, fitur, atau jenis bisnis yang sudah ada. Mengikuti perkembangan era dan perubahan minat pasar. 

Berikut ini beberapa ide bisnis kreatif dan unik yang bisa kamu kembangkan:

1. Inovasi Kuliner Tradisional

Makanan tradisional sebenarnya banyak disukai, namun ada yang terlupakan mungkin karena perubahan zaman. Agar makanan khas lokal kembali banyak peminatnya, dibutuhkan inovasi mulai dari cara penyajian, eksplorasi rasa, kemasan produk, dan cara jualan.

Contohnya, selain rasa original serabi dan kue cubit, bisa buat inovasi rasa lain seperti topping durian, srikaya, green tea, keju, dan lainnya yang masih cocok di lidah. Jajanan pasar lainnya bisa dikemas dengan lebih cantik dan modern untuk menarik perhatian pasar.

2. Bisnis Terkait K-Pop

Korean Pop atau K-Pop adalah subgenre musik pop asal Korea Selatan yang banyak sekali penggemarnya di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penggemar K-Pop terkenal sangat loyal dengan sosok idolanya. 

Kamu bisa memanfaatkan ini sebagai peluang bisnis K-Pop. Mulai dari bisnis jastip album dan merchandise asli Korea Selatan atau jual photocard dan poster K-Pop idol original. 

Kamu juga bisa jual produk kreatif buatan sendiri terkait K-Pop (tanpa menjiplak produk asli), seperti alat tulis atau alat makan dengan nuansa BTS atau Blackpink dan sebagainya. Bahkan saking terkenalnya, jajanan Korea Selatan di pasar lokal pun bisa laris-manis. 

3. Jual Tumbler Custom

Dalam rangka mengurangi penggunaan botol plastik dan efisiensi, banyak orang yang sudah menggunakan botol minum atau tumbler sendiri. Ini peluang bisnis untuk buat desain tumbler custom dengan logo, gambar, warna, tulisan, atau nama yang bisa dipersonalisasi oleh konsumen. 

Kualitas tumbler sendiri harus bagus, yaitu sesuai standar food grade, BPA free, atau dengan tambahan fitur seperti bisa untuk termos dingin dan panas. 

Selain fungsional sebagai botol air minum, juga tampilannya menarik untuk dibawa-bawa. Cocok juga untuk hadiah, loh! 

4. Bisnis Kaos Custom

Jual kaos custom termasuk sebagai ide bisnis kreatif untuk mahasiswa. Biarkan konsumen memilih dan membuat desain kaos mereka sendiri, lalu kamu bantu eksekusi dengan kemampuan menyablon kaos dan menyediakan bahan kaosnya juga. 

Kamu bisa juga memberikan pilihan desain kreatif ciptaan kamu sendiri. Bila kamu bisa gambar, ilustrasi, atau sedang belajar design graphic, boleh juga dicoba. Hitung-hitung buka bisnis clothing line kecil-kecilan. 

5. Bisnis Kue Desain Unik

Semua kompetitor membuat kue dengan rasa dan bentuk yang sama. Mungkin enak tapi tidak menarik. Ini saatnya kamu buat inovasi di bisnis kue kamu. 

Sudah bosan dengan cake bentuk bulat, kotak, atau persegi panjang? Kamu bisa buat kue dengan cetakan angka atau huruf, ini jadi lebih spesial untuk konsumen. 

Atau, kue ulang tahun kecil dalam kotak bento, kue bentuk binatang imut, es krim, wajah seseorang, atau benda lain yang tidak terpikirkan. 

Selain itu, kamu bisa kreasi dengan rasa dan topping kue. Selain keju, coklat, stroberi, atau selai buah lainnya, kamu bisa buat topping dengan macaron, meringue, wafer paper edible, gummy bear, stik biskuit, atau sesuai snack manis kesukaan konsumen kamu. 

6. Jasa Lukis Sepatu

Jasa lukis sepatu adalah ide bisnis kreatif dan unik untuk kamu yang jago gambar dan melukis. Alih-alih menuangkan kreativitas dan perasaan di kanvas, kamu bisa melukisnya di sepatu. Sekaligus menambah desain sepatu sesuai dengan karakter dan permintaan pemiliknya.

7. Jual Makanan Jadul

Sayangnya, banyak sekali jenis makanan dan jajanan jadul yang enak tapi sudah tidak ada lagi–seperti beragam snack 90an. Entah karena perusahaan itu sudah tidak memproduksinya lagi atau pelan-pelan tergantikan dengan produk makanan baru. 

Kamu bisa membuat kembali makanan tersebut dan mempromosikannya dengan cara modern. Atau, cari vendor yang ternyata masih memproduksi makanan jadul yang sangat mirip. 

8. Thematic Cafe atau Restoran

Buat cafe atau restoran yang instagramable dengan konsep penuh estetika. Misalnya, kafe dengan interior gaya klasik, industrial, gaya rustic, mid-century, atau vintage. 

Contoh tema dan ide cafe yang lebih tersegmentasi adalah cafe dengan tema kucing atau anjing, cafe dengan interior K-Pop, Harry Potter, karakter kesukaan anak, klub bola, tema buku, atau tema dan ikon budaya pop lainnya yang banyak penggemarnya. 

Bukan hanya untuk makan dan minum, pengunjung akan datang untuk menikmati pengalamannya juga. Bisa jadi tempat favorit mereka untuk berkumpul. 

9. Bisnis Buket Unik

Bukan hanya buket bunga, tapi kamu bisa mengemas produk-produk lainnya dalam bentuk buket yang lebih unik, menarik, dan kreatif. Misalnya, bisnis buket snack, buket uang, buket boneka, coklat, permen, atau pun buket buah. 

Modal bahan-bahan tetap sama, hanya ditambah harga kemasan produk. Plus, butuh keterampilan menata buket yang ahli. Ini bisa meningkatkan harga jual produk, lho! 

10. Bisnis Sushi Cake

Sebenarnya, ini hanya tentang cara pengemasan makanan yang berbeda. Biasanya, sushi dijual dalam kemasan kotak biasa namun kamu bisa tambah sedikit kreativitas dengan menyusuk sushi seperti sebuah cake besar. 

Ini cocok untuk konsumen yang ingin membagikan sushi ke banyak orang atau pun pengganti kue ulang tahun biasa. Selain sushi, kamu bisa kreatif menyusun makanan dengan cara seperti ini. 

11. Kreasi Pancakes Unik

Masih dari sektor bisnis kuliner, beberapa inovasi akan mengubah makanan jadi lebih spesial. Contohnya, biasanya bentuk pancake bulat biasa saja. Kamu bisa tambahkan kreativitas dengan buat bentuk karakter dengan pancake

Untuk ini, memang butuh keahlian memasak dan menggambar/melukis tingkat tinggi, ya. Kesulitannya hampir sama dengan barista yang membuat kreasi latte art. 

Bila pancake terlalu kebarat-baratan, kamu bisa kreasi bentuk dan rasa kue cubit atau kue laba-laba menjadi next level–rasa dan teksturnya mirip pancake juga. 

12. Jual Es Krim Kekinian

Di Indonesia ada banyak jenis es krim tradisional, seperti es lilin, es goyang, es puter, es dung-dung, dan sebagainya. Tetap pertahankan cita rasa lokal, kamu bisa berinovasi untuk membuat penyajian es krim lebih kekinian.

Misalnya, ada pilihan cone warna-warni, cup es dengan desain yang cantik, dan warna es krim yang menggugah selera. Sajikan pilihan berbagai topping terbaru, misalnya marshmallow, potongan buah asli, biskuit, wafer, potongan madu, dan lainnya. 

13. Desain Case Handphone

Ide bisnis kreatif untuk mahasiswa adalah buat casing handphone secara custom. Misalnya, foto idola, desain estetika, tulisan, atau tema tertentu sesuai dengan permintaan konsumen. 

14. Bisnis Merchandise

Merchandise original dari tokoh ternama, selebriti, klub bola, band, atau artis biasanya selalu laris. Apalagi, mereka yang punya fanbase loyal akan rela membeli produk merchandise apapun. 

Nah, itulah peluang bisnis buat kamu. Selain produk original, kamu juga bisa berkreasi dengan desain merch sendiri dengan tema tokoh-tokoh tersebut. 

15. Bisnis Minuman Kekinian

Bisnis minuman berkembang pesat dan di antaranya butuh inovasi agar menonjol dari kompetitor. Selain siapkan berbagai varian rasa, pilihan topping, juga sediakan signature drink dari brand kamu, ya!

16. Bisnis Barang-Barang Unik Online

Ada saja produk-produk unik yang diproduksi untuk mengatasi hal-hal sepele dalam hidup. Produk itu tetap saja laku karena orang-orang penasaran. 

Kamu bisa jadi reseller produk-produk unik itu secara online. Tunjukan cara pakai dan pembuktian fungsi produk. Ini ide bisnis kreatif untuk mahasiswa yang paling cocok. 

17. Souvenir Pernikahan Custom

Banyak calon pengantin yang ingin memberi souvenir pernikahan yang berbeda dan unik. Ide bisnis kreatif dan unik misalnya, lilin aromaterapi, tote bag custom, botol minum, alat makan reusable, talenan custom, sandal, dompet, dan sebagainya. 

Kamu bisa bertindak sebagai vendor yang menyediakan beragam pilihan souvenir berguna dan lucu. 

18. Bisnis Produk Kreasi dari Rajutan

Ide bisnis kreatif dan unik selanjutnya adalah menciptakan produk kreasi dari rajutan. Misalnya, bucket hat rajut, sweater, syal, atau jenis pakaian lainnya yang fashionable

Desain harus bagus dan produk berkualitas. Harga jual rajutan handmade juga biasanya lebih tinggi. 

19. Jual Gelas Unik

Gelas custom di mana konsumen bisa memilih desainnya sendiri. Biasanya dijadikan sebagai hadiah pernikahan, untuk pasangan, atau pun pesanan dari perusahaan. 

Kamu juga bisa jensi gelas dengan fitur tambahan, misalnya gelas yang bisa mengaduk sendiri, gelas plus termos, gelas untuk anak-anak, gelas khusus kopi, gelas bentuk lampu, dan beragam jenis gelas unik lainnya. 

20. Jual Aksesori Unik

Bila kamu cukup kreatif, coba desain aksesori sendiri dari manik-manik, limbah kayu, tali rajut, atau material lainnya. 

Faktanya, sudah banyak produk aksesori kreatif yang laku di pasaran. Yang penting desainnya harus bagus dan unik sesuai dengan kesukaan banyak orang. 

21. Bisnis Aksesori Hewan Peliharaan

Ide bisnis kreatif dan unik selanjutnya adalah membuat aksesori khusus untuk hewan peliharaan. Misalnya, pakaian hewan, kalung pet, harness, mainan hewan, alat makan, litter box, dan sebagainya. 

Para pemilik hewan peliharaan–kucing dan anjing misalnya–biasanya akan sangat loyal dan mengutamakan kenyamanan, fasilitas, dan kebutuhan peliharaan kesayangannya. Jadi, target pasarnya pasti ada dan permintaannya tinggi. 

22. Buka Thrift Store

Pakaian bekas (secondhand) atau produk sisa ekspor dijual di thrift shop. Ternyata banyak peminat barang-barang thrift karena harganya terjangkau dan kualitasnya masih bagus. 

Hanya saja, kamu harus pintar-pintar memilih produk secondhand yang masih oke dan modelnya bagus. Beruntung bila kamu dapat produk branded bekas untuk dijual kembali.

23. Bisnis Barang-Barang Klasik

Banyak orang yang memburu dan mengoleksi barang-barang klasik dan antik, loh! Contohnya, uang kuno, guci antik, piringan hitam zaman dulu, perabot antik, atau kamera jadul. Mereka juga rela mengocek kantong dalam untuk mendapatkannya. 

24. Kreasi Barang Daur Ulang

Ciptakan produk daur ulang dengan fungsi yang baru serta desain yang bagus. Selain kamu membantu pengelolaan lingkungan, kamu juga bisa dapat untung besar. 

Misalnya, kelola sampah botol plastik dan kaleng jadi pot, pajangan, vas, tempat lampu, dll. Bila punya keterampilan menjahit dan desain, kamu bisa daur ulang kantong belanja jadi tas tangan dengan desain layaknya produk branded!

25. Bisnis Warkop Kekinian

Kebanyakan masyarakat lokal suka nongkrong di warkop. Nah, coba upgrade warkop dengan fasilitas yang lebih oke–dengan mengincar target pasar anak muda. 

Misalnya, lengkapi dengan wifi, live music, pilihan menu beragam. Suasana warkop juga harus didesain senyaman mungkin, ya!

26. Jual Bantal dan Selimut Custom

Menyediakan desain bantal yang kreatif akan membuat toko kamu lebih menarik. Mulai dari bantal dan selimut custom sesuai pesanan konsumen, atau desain bantal dengan gambar yang tidak biasa misalnya kemasan produk, poster film, gambar boyband, dan sebagainya. 

27. Jasa Permak Pakaian yang Fashionable

Alih-alih menambal pakaian bolong dengan tambalan biasa, kamu bisa membuat desain baru, loh. Misalnya, di bagian tambalan ditambah rajutan bentuk bunga atau desain lainnya. 

Atau, permak pakaian yang sudah tidak dipakai jadi pakaian model baru atau pun produk lainnya. Kamu juga bisa redesign dan recycle kain-kain bekas jadi produk berguna dan bernilai. 

28. Bisnis Studio Foto Berbeda 

Di studio foto pada umumnya memang sudah menyediakan background atau tema foto berbeda. Kamu bisa ciptakan yang lebih berbeda dan unik lagi, tema foto studio yang Instagramable.

Di Amerika, ada studio foto dengan tema pesawat jet pribadi yang mirip banget. Tema hotel mewah, restoran fancy, atau seperti suasana liburan yang keren. 

29. Bisnis Scrapbook

Scrapbook adalah kreasi buku catatan yang berisi foto-foto, hiasan, dan beragam kenangan. Saat ini bisnis scrapbook masih cukup jarang dan tersegmentasi, namun tetap ada peluangnya. 

Hadiah scrapbook cocok untuk pasangan, pernikahan, tunangan, atau pun buku tahunan. 

30. Bisnis Perlengkapan Buku Estetika

Untung mengembangkan bisnis buku online kamu, sediakan juga berbagai produk penunjang seperti pembatas buku yang lucu, rak buku minimalis, sampul buku, atau pun alat tulis. 

Sediakan aksesori unik lainnya, misalnya lilin aromaterapi yang sesuai dengan tokoh di novel, action figure, lampu tumblr, hiasan bunga kering, dan keperluan book aesthetic lainnya.

31. Kreasi Bunga Kering

Ide bisnis kreatif untuk mahasiswa selanjutnya adalah buat kreasi bunga kering untuk hiasan bingkai foto, hiasan dinding, hiasan furnitur, atau aromaterapi. 

32. Bisnis Terrarium

Terrarium adalah semacam wadah kaca mirip aquarium untuk tempat menanam. Digunakan untuk tanaman hias seperti kaktus, pakis kancing, daun dolar, pakis, hedera helix, lidah mertua, fittonia, dan lainnya.

33. Inovasi Bisnis Online 

Bukan hanya produknya saja yang harus kreatif, cara jualan dan strategi pemasarannya juga harus kreatif. Produk apapun yang kamu jadikan bisnis, optimalkan dengan toko online untuk memasarkan produk lebih luas lagi. 

Kamu juga disarankan membuat iklan di internet yang memikat dan menarik perhatian calon konsumen. Praktisidigital menyediakan fasilitas bisnis online lengkap, kamu bisa buat toko online gratis

BIsnis kreatif semakin dimudahkan dengan cara bisnis online. Calon konsumen bisa cek dan cari informasi lengkap seputar produk-produk kamu di toko online, juga jadi bisa langsung checkout belanjaan dengan mudah dan praktis.