17 Bisnis Tanpa Modal di HP yang Berpotensi Untung Besar 


Bisakah menjalankan bisnis tanpa modal di HP aja? Mulai dari menjadi dropshipper atau content creator, yuk cari tahu ide bisnis dari HP yang menghasilkan uang dengan modal kecil berikut ini! 

Rekomendasi Bisnis Tanpa Modal di HP

Banyak yang berpikir bahwa kita harus punya modal besar dulu untuk bisa menjalankan bisnis. Saat ini ada banyak peluang bisnis dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali. 

Kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk mendapatkan uang tanpa modal, tapi tentu butuh keahlian dan strategi tertentu. Penggunaan media sosial, aplikasi di HP, dan website menjadi lahan bisnis baru yang dinilai lebih fleksibel dan menjanjikan. 

Yuk, cek daftar bisnis dari HP yang menghasilkan uang berikut ini:

1. Bisnis Barang Preloved Online

Barang preloved adalah barang bekas yang masih bagus. Dari pada benda-benda itu menumpuk di sudut ruangan kamu, lebih baik dijual saja. 

Bila kamu punya baju preloved, celana, sepatu, aksesori, atau furnitur yang tidak digunakan lagi tapi kondisinya masih oke, kamu bisa jual loh. 

Kamu juga bisa jual barang preloved seperti skincare yang tidak cocok di kamu, CD/VCD, alat elektronik, barang-barang dari mantan kamu, dan sebagainya. 

Apalagi barang-barang klasik yang punya value, sejarah besar, rare, dan collectable, itu harganya bisa mahal loh. 

Kamu bisa mempromosikannya via aku media sosial kamu atau bergabung di marketplace khusus jual barang preloved seperti Carousell atau OLX. 

2. Bisnis Dropship

Dropship adalah jenis bisnis tanpa modal di HP yang menjanjikan. Drop shipping adalah bentuk bisnis ritel di mana penjual (kamu sebagai dropshipper) menerima pesanan pelanggan tanpa menyimpan stok. 

Kamu hanya membantu toko utama untuk mempromosikan, menawarkan, dan mengambil pesanan pelanggan tanpa perlu membelinya lebih dulu. Pihak toko utama yang akan mengirimkan produk langsung ke pelanggan. 

Kamu hanya bertindak sebagai perantara, tapi kamu akan dapat komisi dari setiap pembelian pelanggan yang melalui kamu. 

Ya, sudah jelas bisnis dropship tidak butuh modal, tapi kamu butuh kerja sama dengan vendor atau toko resmi misalnya. Kamu juga harus punya jaringan luar, pandai public speaking, dan punya ilmu marketing

3. Bisnis Jastip Online 

Jastip (jasa titip) adalah bisnis di mana kamu menerima titipan seseorang lalu membelikannya. Orang itu akan membayar sesuai harga barang plus upah atau komisi buat kamu. 

Bisnis jastip cocok buat kamu yang memang ada kepentingan berpergian ke suatu tempat, jadi bisa sekalian beli pesanan orang-orang. 

Agar kamu sama sekali tidak perlu mengeluarkan modal, kamu bisa minta mereka untuk bayar di muka. Tapi, kebanyakan orang memang membayar jastip setelah barang diterima. 

4. Bisnis Affiliate Marketer 

Bisnis tanpa modal di HP selanjutnya adalah menjadi affiliator (afiliasi). Eh, jangan kaget dulu ya! 

Affiliate marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh perusahaan di mana seorang affiliator akan mendapat komisi dengan cara mempromosikan produk atau layanan yang dibuat oleh perusahaan. 

Affiliator akan mendapat sejumlah komisi bila ada pelanggan yang membeli atau berlangganan produk menggunakan kode referral dari affilator itu. 

Misalnya, kamu berlangganan sebuah video game lalu punya referral code. Setiap orang yang mengunduh video game itu dengan referral code kamu, kamu dapat komisi atau keuntungan tertentu. 

Umumnya, banyak aplikasi smartphone memiliki sistem referral code untuk setiap penggunanya. Atau, kamu mungkin diminta khusus menjadi afiliasi untuk brand atau produk perusahan. 

Memang saat ini kata affiliator identik dengan produk trading abal-abal. Makanya, kamu harus pilih-pilih dan pahami produk dan cara kerja afiliasi tersebut. 

5. Bergabung dengan Aplikasi Penghasil Uang

Salah satu cara perusahaan meraih banyak kunjungan (atau tujuan marketing lain) adalah dengan memberikan uang dari menggunakan aplikasi mereka. Biasanya, uang ini berupa koin yang nilainya akan dikonversikan ke uang lalu dikirim via bank digital. 

Itu bisa berupa aplikasi nonton video, baca berita, mendengarkan lagu, bermain game, dan lainnya. Kamu harus baca ketentuannya dengan teliti, ya! 

6. Menjadi Freelancer

Banyak pekerjaan sampingan yang dipublikasikan secara online melalui situs freelancers khusus, misalnya UpWork, Projects, Sribulancer, dan lainnya. Kamu bisa cari kerjaan sampingan sesuai dengan keahlian kamu di sana. 

Pekerjaan freelance yang umumnya paling banyak dibutuhkan adalah penulis, desainer grafis, admin, media sosial admin, editor, data entry, software engineer, analis, konsultan bisnis, web designer, voice over, ahli SEO, editor foto, developer, talent video, dan lainnya. 

7. Mengikuti Survey Online

Kamu bisa bisnis tanpa modal di HP hanya dengan mengisi survey melalui aplikasi atau website. 

Beberapa situs survey online berbayar adalah YouGov Indonesia, Clixsense Indonesia, iPanel, Mobrog Indonesia, Viewfruit, dll. 

Kok bisa isi survey saja dibayar? Perusahaan butuh data survey untuk riset pasar, penelitian, data kepuasan pelanggan, dan kebutuhan lainnya. 

Dari pada bertanya langsung, tentu akan lebih fleksibel dan praktis bila survei dilakukan secara online. Perusahaan juga bisa menjangkau peserta survei yang lebih luas. 

8. Menjadi Streamer Game

Bisnis dari HP yang menghasilkan uang dan juga menyenangkan hanya dengan main game online. Kok bisa?

Saat ini ada banyak platform game online di mana penonton game itu bisa memberikan semacam saweran ke pemain game tersebut. 

Beberapa aplikasi live streaming game penghasil uang adalah Streamlabs, Omlet Arcade, Nimo TV, Twitch, Facebook Gaming, dll. 

Meskipun main game itu menyenangkan, tentu tetap ada perjuangannya biar bisa dapat uang dari audiens. Di antaranya, kamu harus jago banget atau punya ciri khas sehingga audiens bisa menonton plus belajar game dari kamu dengan asyik.

9. Menjadi Podcaster

Podcast adalah siaran audio untuk membahas dan berbagi suatu topik yang dipublikasikan di internet. Kamu bisa bikin siaran podcast kamu sendiri via platform seperti YouTube, Spotify, Anchor, dll.

Ini cocok bagi kamu yang mau mengelola public speaking dan punya bahasan yang menarik dan edukatif juga. 

Bila sudah punya pendengar setia yang banyak, mungkin ada penawaran dari brand atau mendapatkan uang dari iklan. 

10. Menjadi Content Creator

Content creator adalah seseorang yang menciptakan karya berupa konten-konten menarik, inspiratif, dan edukatif kemudian dipublikasikan melalui media online seperti YouTube, Instagram, dan lainnya.

Seorang content creator bukan sekadar melahirkan konten berupa tulisan, video, gambar, dan suara namun juga harus bertanggung jawab atas konten yang dibuatnya. Ya, harus buat konten yang berkualitas.

11. Menjadi Influencer 

Influencer adalah seseorang yang menginspirasi orang lain. Saat ini, internet influencer mengacu pada seseorang yang punya banyak followers dan memanfaatkan ketenarannya di internet itu untuk mendapatkan penghasilan. 

Mulai dari mendapatkan uang dari iklan atau kerja sama dengan brand untuk mempromosikan produk atau layanan. 

Belajar untuk menjadi influencer yang jadi role model yang baik bagi audiens. Jangan hanya sekadar viral, tapi harus cerdas memanfaatkan peluang tersebut untuk berbisnis dan berkarya. 

12. Menjadi Buzzer 

Ide bisnis tanpa modal di HP selanjutnya adalah dengan menjadi buzzer? Jangan salah sangka dulu!

Buzzer adalah salah satu strategi marketing yang sudah lama ada dan dilakukan. 

Buzzer bekerja untuk melancarkan sebuah kampanye pemasaran, menggiring orang-orang untuk mengikutinya, mengarahkan opini, dan memperkuat konten agar sesuai dengan tujuan marketing mereka. 

Memang istilah buzzer lebih dikenal sebagai sekelompok orang yang bekerja untuk menjatuhkan lawan politik atau memicu kerusuhan, untuk pengalihan isu, atau tujuan yang berdampak negatif bagi suatu pihak. 

Padahal, buzzer bisa mewujudkan kampanye pemasaran yang sukses bila dikerjakan untuk tujuan positif. Misalnya, mengarahkan audiens untuk mengunduh suatu aplikasi baru dari brand tanpa mencurangi brand kompetitor. 

13. Membuat Tutor Online

Saat ini kegiatan belajar dan mengajar juga tidak terbatas. Sebagian besar pelajar dan pencari ilmu bisa belajar melalui seminar dan tutor online

Nah, bila kamu punya suatu keahlian di mana banyak orang yang mau mempelajarinya juga, kamu bisa buat tutor online

Kamu bisa unggah video di media sosial atau jejaring streaming video. Silakan bergabung dengan komunitas atau lembaga yang menyediakan tutor online juga. 

14. Menghasilkan Uang Lewat Media Sosial

Bisnis dari HP yang menghasilkan uang melalui media sosial juga bisa, loh

Ada beberapa platform media sosial yang menyediakan fitur live streaming di mana audiensnya bisa memberikan uang secara virtual. 

Selain itu, kamu bisa coba jualan online melalui berbagai media sosial. Ikuti tren yang sedang ada dan rencanakan strategi bisnis online yang matang. 

15. Menjadi Vlogger

Vlogger adalah istilah untuk seseorang yang menciptakan konten video blog (vlog). Mereka merekam aktivitas sehari-hari, suatu kegiatan bermanfaat, video review, menyiarkan topik spesifik, dan sebagainya. 

Biasanya vlog itu diunggah di YouTube atau media streaming dan media sosial lainnya. 

Seorang vlogger harus bisa membuat audiensnya tertarik dengan konten mereka, baik itu konten yang seru, atraktif, atau mendidik. 

Ketika sudah memiliki audiens yang banyak, maka bisa mendapatkan uang dari iklan atau kerja sama dengan perusahaan lainnya. 

16. Menjadi Blogger

Blogger adalah istilah untuk seseorang yang menyajikan konten tulisan di website. Seorang blogger juga bisa mendapat penghasilan dari iklan dan kerja sama dengan brand

Meskipun sekarang tren audiens lebih suka menonton vlog dari pada membaca blog, namun karir menjadi blogger tetap bisa menghasilkan asal up to date dengan tren dan punya strategi bisnis. 

17. Bisnis Online 

Bisnis dari HP yang menghasilkan uang adalah bisnis online. Ya, tetap butuh modal namun lebih efisien dari pada harus buka toko konvensional. 

Lalu, gimana cara memulai bisnis online untuk pemula

Kamu bisa buat toko online melalui Praktisidigital, yang bisa kamu buka dari HP dan aplikasinya bisa diunduh oleh pengguna Android. 

Praktisidigital adalah platform solusi e-commerce paling canggih di Indonesia. Membantu merchant dari berbagai skala bisnis agar sukses jualan online. 

Dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis online yang lengkap, seperti payment gateway, integrasi kurir, integrasi dengan media sosial toko kamu, fasilitas untuk membuat iklan online, dan perangkat digital marketing yang komprehensif.