35 Peluang Usaha Modal Kecil yang Untung Banyak


Peluang usaha ada banyak di sekitar kita, tapi sayang kita sering tidak menyadarinya. Tak perlu bingung ketika ingin memulai bisnis, coba kamu lihat hal-hal yang ada di dekatmu. Mungkin kamu punya hobi? Sering melihat banyak hal yang sedang viral, tapi belum ada di sekitarmu? Kalau masih bingung juga, berikut beberapa ide yang mungkin bisa jadi inspirasi kamu!

Peluang Usaha Modal Kecil yang Untung Besar

1. Produk Daur Ulang

Khusus untuk kamu yang cinta dengan lingkungan dan ingin mengurangi sampah plastik, bisnis produk daur ulang bisa jadi ide yang potensial. Jadi selain kamu berbisnis, kamu juga ikut berkontribusi besar dalam menyelamatkan bumi dari pemanasan global akibat sampah yang terus menumpuk. Ada banyak jenis produk yang bisa dibuat dari sampah plastik, salah satu yang paling umum adalah tas.

Apalagi saat ini beberapa daerah sudah melarang penggunaan plastik saat berbelanja kan, jadi kamu bisa memanfaatkan sampah plastik untuk membuat tas belanja maupun tas lain yang bisa bernilai tinggi. Selain tas, barang seperti kotak tisu, hiasan meja hingga mainan juga bisa terbuat dari plastik daur ulang.

2. Kursus Online

Punya kemampuan khusus dan suka mengajar? Kamu bisa nih mulai bisnis kursus online. Saat ini banyak kegiatan yang dilakukan di rumah saja untuk menghindari bahaya pandemi yang berlangsung. Maka dari itu, kurus yang dilakukan online lebih banyak diminati. Jenis kursusnya bisa apa saja, mulai dari pelajaran sekolah, mengaji, kursus bahasa, kelas zumba atau yoga, dan banyak kursus lainnya sesuai dengan kemampuanmu bisa kamu coba tawarkan.

3. Rental Mobil dan Motor

Banyak orang yang galau ketika ingin membeli kendaraan. Pasalnya kendaraan seperti mobil atau motor memang bukan aset yang akan naik nilainya seiring waktu, malah nilainya justru akan berkurang. Nah untuk mengatasi kegalauan ini, rental mobil atau motor jangka panjang biasanya menjadi solusi. Selain disewakan untuk jangka panjang, mobil dan motor juga bisa disewakan jangka pendek, terutama di daerah-daerah pariwisata.

Rental mobil dan motor bukan berarti kamu harus mengeluarkan modal besar untuk membeli kendaraan tersebut dalam jumlah banyak. Kamu juga bisa membuka jasa yang berfungsi penghubung antara orang yang memiliki kendaraan dan penyewa.

4. Rental Sepeda

Peluang usaha modal kecil yang bisa kamu coba adalah menyewakan sepeda. Pasti kamu sudah sadar juga kan beberapa waktu belakangan ini semakin banyak orang yang hobi bersepeda. Seseorang yang jarang memiliki waktu namun suka bersepeda kemungkinan akan lebih memilih sewa sebagai alternatif dibandingkan dengan membelinya.

BACA JUGA :  24 Barang yang Cepat Laku Dijual Online Tahun 2022

5. Jasa Foto Katalog

Semakin banyaknya toko online bermunculan, jasa foto katalog produk pun semakin laku. Jika kamu punya perangkat seperti kamera dan kemampuan untuk foto produk, enggak ada salahnya memulai bisnis yang satu ini. Foto katalog produk enggak harus selalu menggunakan studio besar kok. Sekarang sudah banyak juga perangkat studio mini dan properti foto yang dijual terjangkau. Selanjutnya, andalkan kreativitas kamu sebaik mungkin!

6. Wedding Organizer

Meskipun di masa pandemi ini sulit untuk mengadakan resepsi pernikahan, tapi bukan berarti bisnis wedding organizer ini hilang begitu saja. Intimate wedding yang dihadiri teman terdekat dan keluarga saja juga memerlukan jasa wedding organizer untuk dapat berjalan lancar. Kebetulan pesta yang diadakan di masa ini juga skalanya lebih kecil, jadi tentu kamu juga memtubuhkan modal yang tidak begitu besar. 

7. Party Planner

Party planner pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan wedding organizer, namun memang skalanya lebih kecil. Umumnya party planner mengurus acara seperti ulang tahun, bridal shower, baby shower, atau sejenisnya. Kamu bisa nih menawarkan jasa party planner yang taat protokol kesehatan atau yang cukup dilaksanakan online. Tentunya akan lebih menarik, bukan?

9. Jual Software

Peluang bisnis jual software kini semakin marak di pasaran, terutama pasar online. Jika kamu suka dengan dunia perkomputeran, bisnis ini cocok untuk kamu. Software yang dijual ini dapat merupakan software yang kamu buat sendiri atau yang sudah tersedia seperti software Microsoft, Adobe, dll.

10. Salon atau Barber Shop

Salon atau barber shop juga bisa menjadi pilihan bisnis yang enggak pernah ketinggalan zaman. Baik pria maupun wanita membutuhkan perawatan rambut dan tubuh. Pada masa pandemi ini, salon atau barber shop dengan fasilitas home care pastinya akan sangat diminati. Tentu kamu juga tidak perlu bayar mahal untuk sewa tempat dengan layanan home care ini. Perawatan yang ditawarkan untuk home care service tidak perlu yang rumit, bisa dimulai dari yang paling sederhana seperti potong rambut.

11. Daycare

Daycare atau penitipan anak adalah solusi terbaik para orang tua yang harus bekerja. Syarat membuat daycare adalah harus bisa merawat anak-anak dan memiliki tempat yang ramah untuk anak-anak. Bisnis ini bisa jadi merepotkan, tapi pasti bisa jadi bisnis yang menyenangkan juga jika kamu adalah sosok yang menyukai anak-anak.

12. Sewa Mainan Anak

Mainan anak setiap tahapan usianya berbeda-beda. Hal ini tentu membuat orang tua terkadang pusing untuk memenuhi kebutuhan satu ini. Meskipun memang satu jenis mainan tidak digunakan untuk waktu yang panjang, tapi jelas mainan ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Kini banyak hadir penyewaan mainan anak yang jadi solusi orang tua untuk memenuhi kebutuhan mainan anak. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

13. Sewa Peralatan Bayi

Selain sewa mainan anak, sewa perlengkapan bayi baru lahir juga tidak kalah diminati belakangan ini. Maklum saja, peralatan bayi seperti stroller, gendongan, box tempat tidur, bouncer, car seat, dan lainnya biasanya hanya dipakai sebentar. Tentunya daripada membeli dengan harga mahal, banyak orang tua yang lebih memilih untuk menyewanya saja.

14. Pet Shop

Kamu pecinta hewan? Bisnis pet shop cocok banget nih untuk kamu. Jika modal kamu tidak terlalu besar, kamu bisa mulai berjualan online lebih dulu. Umumnya pet shop menyediakan berbagai keperluan hewan peliharaan mulai dari makanan hewan, kandang, mainan, pasir, hingga peralatan mandi hewan. 

BACA JUGA :  40 Ide Bisnis Gorengan yang Laris dan Menguntungkan 

15. Salon Hewan

Bisnis satu ini juga cocok untuk kamu pecinta hewan. Selain salon untuk manusia, salon hewan juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Salah satu yang paling umum ditemui adalah jasa salon dan grooming untuk kucing dan anjing. Kamu bisa menyediakan home care service untuk jasa ini. Pastinya ini juga akan membuat hewan lebih nyaman karena perawatan dilakukan di tempat tinggalnya.

16. Katering Diet

Peluang bisnis yang enggak kalah menarik dan kekinian adalah katering diet. Mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan memang susah, sehingga banyak yang memilih untuk menggunakan jasa katering agar makanannya lebih terkontrol dengan baik. Jasa katering diet biasanya tidak hanya melayani diet untuk menurunkan berat badan, tapi juga diet khusus penyakit atau kondisi tertentu seperti ibu hamil, darah tinggi, diabetes, hingga penyakit jantung.

17. MUA

Meskipun banyak orang telah belajar make up sendiri, tapi jasa MUA atau make up artist tetap dibutuhkan hingga kini. Bukan hanya make up untuk pengantin saja, banyak orang juga yang menggunakan jasa MUA untuk acara lamaran, ulang tahun, kondangan, dan banyak momen lainnya.

Kalau kamu hobi mengoleksi alat make up dan suka mengaplikasikannya, kamu bisa memasarkan jasa ini di media sosial. Jangan lupa pamerkan berbagai hasil make up kamu dengan bermacam gaya, sehingga semakin banyak orang yang berminat menggunakan jasa kamu.

18. Bisnis Open Trip

Memang selama pandemi ini kegiatan pariwisata sangat terbatas. Seiring berjalannya waktu, pariwisata akan kembali bangkit dan pulih. Bagi kamu yang memiliki hobi traveling, bisnis open trip ini sangat cocok untuk kamu. Selain menjadi sumber penghasilan, kamu juga tentunya bisa jalan-jalan gratis dengan bisnis ini.

19. Jadi Penulis E-book

Zaman serba digital ini membawa berbagai kemudahan, termasuk dalam hal penerbitan buku. Jika kamu tertarik untuk menulis sebuah buku, kamu bisa menerbitkannya secara online dalam bentuk e-book. Bisnis satu ini bisa jadi salah satu sumber pendapatan pasif kamu.

20. Laundry Baju

Jasa laundry memang tidak pernah sepi sejak dulu. Jika ingin memulai dari skala kecil, kamu bisa membuka jasa laundry di rumah dimulai dengan satu mesin cuci dulu. Bisnis laundry dengan skala kecil ini bisa dimulai dengan modal sekitar 5 juta rupiah.

21. Laundry Sepatu

Tak hanya laundry baju yang sekarang diminati, tapi mulai banyak juga orang yang mencari jasa laundry cuci sepatu. Biasanya jasa ini juga memberikan servis memoles sepatu yang membuat sepatu tidak hanya bersih tapi juga terlihat seperti baru. Menarik, ya?

22. Jamu dan Herbal

Bukan hanya obat-obatan farmasi saja yang diandalkan untuk memelihara kesehatan, tapi jamu dan herbal juga masih populer hingga kini di Indonesia. Jamu dan herbal ini juga mudah dipasarkan secara online. Pastikan jamu yang kamu jual sudah lulus uji BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). 

23. Jahit dan Permak Pakaian

Peluang usaha selanjutnya bisa dipilih oleh kamu yang punya kemampuan menjahit. Kemampuan dasar menjahit ini juga pada dasarnya tidak sulit kok untuk dipelajari. Ada banyak jasa kursus menjahit yang tersedia jika kamu memang berminat.

24. Bisnis Konveksi

Selain bisnis jahit, kamu juga bisa memulai jasa konveksi yang skalanya lebih besar. Cara memulai bisnis konveksi tanpa modal bisa kamu lakukan dengan bekerja sama dengan konveksi yang belum pernah dipasarkan secara online. Kamu bisa memasarkannya secara online agar semakin banyak yang menggunakan jasa konveksti tersebut.

BACA JUGA :  11 Ide Bisnis Fashion Wanita, Bukan Cuma Jual Baju!

25. Jual Snack Kekinian

Bisnis selanjutnya yang bisa kamu coba adalah menjual snack kekinian. Makanan ringan jenis ini tidak harus dengan menciptakan makanan baru ya, tapi bisa juga dengan modifikasi makanan yang sudah ada. Contohnya ketika kamu ingin menjual keripik, kamu bisa membuat keripik singkong dengan berbagai rasa.

26. Penitipan Hewan

Usaha yang satu ini juga bisa dilakukan oleh kamu yang suka hewan. Selain salon dan pet shop, banyak juga orang yang mencari jasa satu ini. Umumnya orang yang memelihara hewan membutuhkan jasa ini ketika ingin pergi ke luar kota.

27. Bisnis Sewa Pakaian

Tentu akan sangat disayangkan jika membeli pakaian untuk sebuah acara, namun hanya untuk sekali pakai saja. Oleh karena itu, bisnis penyewaan baju hadir untuk mengatasi masalah ini. Umumnya jenis baju yang banyak dicari adalah baju pesta, baju kerja, hingga baju adat yang digunakan dalam kesempatan tertentu.

28. Jual Pakaian

Selain sewa baju, bisnis jual pakaian juga sebenarnya tidak kalah menguntungkan. Jika kamu belum punya modal besar dan tertarik untuk berjualan dengan sistem reseller maupun dropshipper, bisnis pakaian ini bisa jadi salah satu pilihan paling praktis.

Baca Juga: 14 Cara Memulai Bisnis Fashion agar Cepat Sukses

29. Rental Perlengkapan Outdoor

Peralatan outdoor seperti carrier, tenda, hingga alat masak, dan sejenisnya dibutuhkan ketika naik gunung atau camping. Seseorang yang punya hobi tersebut mungkin sudah memiliki alat-alat tersebut, namun bagi pemula yang baru memulai hobi ini biasanya akan lebih memilih untuk menyewa. Sama halnya bisnis rental yang lain, bukan berarti kamu harus menyediakan barangnya sendiri, tapi kamu juga bisa mengajak kerja sama orang-orang yang memiliki barang tersebut dan berniat menyewakannya.

30. Sewa Alat Pesta

Bisnis sewa yang lainnya yang tidak kalah menarik adalah sewa alat pesta. Meskipun skala pesta yang dilakukan belakangan ini terbatas, tapi tetap peralatan pesta untuk perayaan sederhana juga dibutuhkan. Jenis alat yang bisa kamu sewakan adalah seperti tenda, meja dan kursi, back drop, dan masih banyak lagi. Kamu bisa bekerja sama dengan wedding organizer dan party planner ketika menjalankan bisnis ini.

31. Bisnis Minuman Kekinian

Saat ini ada banyak bisnis minuman kekinian yang bermunculan. Kamu bisa survei ke daerah sekitar untuk mencari tempat yang potensial untuk bisnis franchise minuman kekinian. Apabila bisa dilakukan di rumah maka lebih baik karena kamu bisa menghemat biaya untuk sewa tempat.

32. Frozen Food

Peluang usaha modal kecil selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah jualan frozen food. Daya simpan yang lama membuat frozen food menjadi praktis dan lebih mudah dijual. Kamu bisa menyimpan untuk waktu yang lama tanpa khawatir makanan akan basi.

33. Sewa Photobooth

Peluang bisnis ini masih terkait dengan bisnis wedding organizer dan party planner. Acara pesta seperti tidak lengkap tanpa adanya photobooth. Umumnya photobooth ini disewakan terpisah. Kamu harus dapat menyediakan berbagai tema photobooth unik agar pelanggan memiliki banyak pilihan. 

34. Ternak Hewan

Bisnis ternak hewan biasanya akan ramai pada waktu tertentu, misalnya saat Iduladha. Jika tidak memiliki modal dalam jumlah banyak, kamu bisa menjadi reseller hewan kurban. Selain untuk kurban, hewan ternak juga biasanya banyak dicari untuk acara aqiqah.

35. Jual Produk Handmade

Peluang usaha terakhir yang bisa kamu manfaatkan adalah produk handmade. Bisnis ini paling cocok untuk kamu yang suka membuat kerajinan tangan. Barang handmade dapat berupa barang fungsional seperti tas atau bisa juga barang dekoratif seperti hiasan meja.

Itu dia berbagai peluang bisnis modal kecil yang bisa kamu pilih. Sudah siap mulai jualan dan jadi pebisnis sukses? Langsung maksimalkan bisnis kamu dengan buat website toko online di Praktisidigital. Jangan khawatir, kamu masih tetap bisa menekan modal karena tersedia layanan buat website gratis. Yuk, segera daftar di Praktisidigital!