15 Ide Bisnis Lebaran yang Menjanjikan, Tambahan THR!


Manfaatkan momen untuk bisnis Lebaran, seperti jual perlengkapan ibadah, baju muslim, dan makanan khas. Telusuri apa saja ide bisnis menjelang Lebaran yang menjanjikan berikut ini!

Rekomendasi Ide Bisnis Lebaran

Idulfitri atau masyarakat lokal menyebutnya dengan Lebaran adalah hari raya umat Islam sebagai bentuk dari kemenangan spiritual setelah berpuasa di bulan Ramadan selama sebulan penuh. Dirayakan dengan sukacita bersama keluarga, sahabat, kerabat, dan kolega. 

Ada banyak tradisi menjelang dan saat Lebaran, seperti menyajikan makanan khas, beli pakaian baru, mudik, liburan, dan silaturahmi. Berbagai kegiatan itu menumbuhkan peluang bisnis, apalagi daya beli kebanyakan masyarakat akan meningkat karena mendapat THR (Tunjangan Hari Raya). 

Berikut ini beberapa peluang bisnis menjelang Lebaran yang menjanjikan: 

1. Jual Perlengkapan Ibadah

Selama bulan Ramadan dan menjelang Lebaran, ada peningkatan permintaan perlengkapan ibadah seperti mukena, peci, tasbih, sajadah, dan sarung. Umat muslim ingin mempersiapkan perlengkapan ibadah yang baru untuk memaksimalkan ibadah, atau untuk hadiah ke keluarga dan sanak saudara. 

Sediakan berbagai pilihan dan kategori perlengkapan ibadah, mulai dari untuk anak-anak hingga orang tua. Pastikan kualitasnya bagus dan nyaman digunakan. 

2. Bisnis Baju Muslim

Bisnis baju muslim juga termasuk ide bisnis menjelang Lebaran yang menjanjikan. Lebih utama merayakan Lebaran dengan menggunakan baju muslim.

Berikan konsumen beragam pilihan baju muslim untuk muslimah, seperti gamis, kaftan, abaya, tunik, dan sebagainya. Juga sediakan pilihan baju muslim pria, seperti baju koko beragam model, kurta, jubbas, galabiyya, atau sirwal. 

3. Jual Baju Lebaran

Selain baju muslim, berbagai jenis fashion lainnya juga akan laris menjelang Lebaran. Umat muslim cenderung akan pakai baju baru di hari raya sebagai simbol serta penyambutan hari baru yang suci. 

Mulai dari baju anak-anak hingga baju orang dewasa, sediakan berbagai model dan ukuran. Biasanya, pedagang akan membuat promosi ‘Lebaran Sale’ atau ‘Ramadan Sale’ untuk menarik perhatian dan meningkatkan pembelian.

4. Jual Sepatu, Sandal, dan Aksesori

Bukan hanya pakaian baru, tapi pakai sepatu/sandal dan aksesori baru juga jadi tradisi di Lebaran. Kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk jual sepatu dan sandal sesuai dengan modal dan target pasar kamu. 

Biasanya, jenis alas kaki yang paling laris adalah sepatu wanita dan anak-anak dengan model yang bermacam-macam. 

5. Bisnis Kue Lebaran

Ciri khas dari Lebaran adalah kue kering yang disajikan di setiap rumah yang merayakannya. Kue kering nastar, kastengel, dan cookies putri salju seperti hanya ada dan terasa lebih nikmat di hari raya.

Ini adalah peluang bisnis Lebaran buat kamu, terlebih lagi bila pintar buat kue. Bila tidak, kamu bisa membeli berbagai jenis kue kering dari vendor atau seseorang untuk dijualkan kembali. 

Ingat, rasa kue kering harus enak dan teksturnya pas. Kamu bisa jual secara satuan atau lusinan. Juga buat metode pre-order agar kamu bisa menyiapkan semua pesanan sebelum lebaran. 

6. Jual Ketupat

Bisnis Lebaran selanjutnya adalah jualan ketupat, bisa ketupat matang atau anyaman janur ketupat. Keduanya tidak mudah dibuat, jadi banyak orang yang memilih membelinya. 

Ketupat adalah menu wajib Lebaran yang disajikan dengan opor ayam dan lauk lainnya. Setiap umat muslim bahkan yang non-muslim pun banyak yang suka, jadi ini peluang bisnis yang bagus di momen Lebaran.  

7. Bisnis Katering

Ciri khas Lebaran adalah mengonsumsi makanan khas Lebaran bersama keluarga, namun ada beberapa orang yang mungkin tidak sempat atau tidak bisa masak sendiri. Sehingga permintaan akan katering makanan khas Lebaran akan meningkat. 

Bila kamu jago masak, silakan promosikan diri kamu untuk menawarkan jasa masak makanan khas Lebaran yang rasanya enak seperti buatan ibu sendiri! 

8. Bisnis Makanan Khas Daerah

Ada makanan khas Lebaran yang spesifik dari daerah, namun jarang ditemukan lagi atau tidak semua orang bisa membuatnya. Contohnya, kolang-kaling, tapai uli, dodol, gulai kurma dari Aceh, ayam bumbu anam dari Palembang, lemang khas Jambi, dan sebagainya. 

Nah, itulah peluang bisnis kuliner kamu. Bila kebetulah kamu bisa memasaknya atau mengenal seseorang yang bisa masak menu itu, kamu bisa mulai memasaknya dari sekarang.  

9. Jasa Titip Oleh-Oleh

Bila kebetulan kamu akan mudik ke daerah yang kaya akan makanan khas, maka kamu bisa buka jasa titip (jastip) makanan khas untuk orang-orang yang tidak mudik atau memang suka makanan itu. Bisnis sekalian kamu jalan-jalan juga, ya! 

10. Bisnis Hampers

Lebaran juga identik dengan membagikan hadiah hampers ke orang-orang tercinta. Cara memulai bisnis hampers dengan sediakan beragam pilihan dan ukuran hampers. 

Ada jenis hampers sembako, kue kering, pakaian, perlengkapan ibadah, dan sebagainya. Sediakan juga hampers berdasarkan kategori harga untuk memudahkan konsumen memilih hampers yang sesuai dengan biaya yang mereka punya. 

11. Jual Dekorasi Lebaran

Lebaran juga dirayakan sebagai momen berkumpul untuk keluarga dan berfoto-foto. Tentu akan lebih lengkap dengan dekorasi Lebaran, seperti hiasan gantung gambar masjid, anyaman ketupat, miniatur bedug, bunga-bunga, kaligrafi, dan sebagainya. 

12. Jasa Penitipan Hewan

Jasa penitipan hewan peliharaan juga termasuk bisnis menjelang Lebaran yang menjanjikan, lho! Bagi pemilik hewan yang akan mudik atau liburan, jasa kamu untuk mengurus hewan sangat berharga. 

Tentu saja kamu harus sudah familiar dan paham bagaimana cara mengurus hewan peliharaan tersebut, ya! 

13. Jasa Petugas Bersih-Bersih

Beberapa orang sangat butuh jasa petugas bersih-bersih sebelum Lebaran, agar rumah bersih dan tertata rapi dalam menyambut banyak tamu yang datang silaturahmi di hari raya. Juga membantu membersihkan rumah yang cenderung akan berantakan setelah perayaan Lebaran. 

14. Kreasi Kartu Ucapan dan Amplop Lebaran

Tradisi Lebaran lainnya adalah bagi-bagi THR untuk anak-anak yang akan lebih menarik bila dikemas di amplop Lebaran yang lucu dengan kreasi kartu ucapan. 

Ini adalah ide bisnis sederhana modal kecil yang bisa kamu jalani. Sediakan berbagai ukuran dan model amplop, atau bisa dibuat untuk custom juga! 

15. Jasa Asisten Rumah Tangga Infal

Biasanya asisten rumah tangga (ART) dan babysitter akan pulang kampung di hari Lebaran, sehingga pemilik rumah akan kerepotan mengurus semuanya. 

Bila kamu punya kenalan ART dan babysitter yang terpercaya, kamu bisa koordinasikan untuk jadi petugas infal (pengganti) bagi mereka yang membutuhkan. 

Itulah beberapa peluang bisnis Lebaran yang menguntungkan dan bisa kamu coba segera. Setelah rencana bisnis kamu sudah matang, kamu bisa optimalkan dengan toko online untuk meningkatkan potensi dan jangkauan bisnis yang lebih luas.

Kamu bisa mempromosikan dan memasarkan bisnis secara online, juga untuk transaksi bisnis yang praktis. Jangan bingung karena ada Praktisidigital sebagai platform e-commerce tercanggih di mana kamu bisa buat toko online gratis. Yuk, cek sekarang juga untuk info lebih lanjut!