bisnis dari bermain game

12 Peluang Bisnis Gamer Terbukti Cuan, Tertarik?

Ingin memulai bisnis gamer tetapi tidak yakin apa yang harus dimulai? Bermain game sekarang bukan hanya sekadar hobi atau mengisi waktu luang, tapi juga bisa jadi cara untuk menghasilkan uang. Cek beberapa peluang bisnis game berikut ini! 

Rekomendasi Bisnis Gamer Buat yang Suka Mabar

Berdasarkan data yang dipublikasi dari We Are Social, Indonesia ada di urutan ketiga dengan jumlah online gamers  terbanyak–yaitu 94,5% pengguna internet berusia 16-64 tahun yang bermain video game per Januari 2022. Setelah Filipina (96,4%) dan Thailand (94,7).

Game online dan game console juga sudah masuk dalam kategori Esports (electronic sports). Industri game bukan hanya tentang hiburan semata, tapi juga memfasilitasi pemainnya untuk berprestasi, berkarya, dan mendapatkan keuntungan lainnya.

Termasuk ada banyak ide bisnis game. Kamu penggiat game bisa memanfaatkan hobi sebagai peluang bisnis. Berikut ini ide bisnis gamer yang mungkin cocok untuk kamu!

1. Menjadi Game Streamer

Streamer online atau live streamer adalah orang yang melakukan siaran langsung melalui media sosial atau platform hiburan lainnya.

Salah satu genre yang paling digemari adalah game streamer, berarti seorang gamer akan melakukan siaran langsung saat bermain game.

Di antaranya, biasanya juga sambil merespon komentar, melakukan tantangan, ngobrol dengan audiens, atau pun obrolan solo.

BACA JUGA :  9 Cara Memulai Bisnis Baju Muslim Pria dan Wanita

Beberapa aplikasi live streaming game terbaik adalah YouTube, Facebook, Twitch, Nimo TV, OBS Studio, XSplit Gamecaster, Omlet Arcade, dll.

Para streamer akan mendapatkan uang dari mana? Uang didapat dari iklan atau semacam saweran dari audiens menggunakan menu khusus yang sudah disediakan platform tersebut.

Ini termasuk bisnis tanpa modal di HP yang berpotensi untung besar, kan?

2. Menjual Rekomendasi Aksesori Gaming

Tren bermain game online saat ini bukan sekedar kesenangan dan kemampuan, tapi harus didukung dengan berbagai peralatan dan aksesori yang sesuai spesifikasinya.

Ini memberikan peluang bisnis untuk jual berbagai aksesori dan peralatan gaming, seperti:

  • Keyboard
  • RGB Gaming Mouse
  • Mouse pad
  • Headset
  • Microphone
  • Audio interface
  • Gaming monitor 
  • Kursi gaming 
  • Speakers 
  • Bluetooth gaming controller
  • 4K webcam
  • Customizable smart lighting
  • WiFi Routers
  • Set komputer
  • Dan banyak lagi

Kamu bisa memberikan rekomendasi terbaik untuk para gamers, karena kamu juga main game dan mengerti tentang berbagai perangkat teknologi tersebut.

Caranya dengan memulai bisnis online, di mana kamu bisa mencoba bisnis meski dalam modal terbarus. Coba untuk jadi reseller, dropship, atau stok beberapa produk sesuai kemampuan kamu.

Selain itu, kamu bisa jualan online dengan buat toko online melalui Praktisidigital. Cara buatnya praktis dan gratis, loh!

Kamu sudah dapat fasilitas bisnis online lengkap dan komprehensif, seperti payment gateway, integrasi kurir, akses ke Instagram Shopping, dan panduan bisnis di Praktisidigital Business Academy.

3. Jual Merchandise Game

Para game enthusiast juga akan menyukai merchandise game. Misalnya:

  • Baju/hoodie/sweater custom dari judul game tertentu.
  • Topi dengan logo game. 
  • Gantungan kunci/pin bentuk karakter game favorit.
  • Action figure dan boneka tokoh di game.
  • Poster-poster.
  • Mugs dan sejenisnya.
  • Aksesori identik lainnya terkait tokoh game.

4. Jual Preloved Games dan Consoles 

Bila kamu punya peralatan game, konsol, dan aksesori game yang masih berfungsi baik tapi tidak mau kamu gunakan lagi, kamu jual saja.

BACA JUGA :  15 Bisnis Makanan Korea yang Hits, Pasti Laku!

Ada pasar besar untuk game dan konsol bekas. Silakan coba peluang jual konsol dan alat gaming secara online.

5. Jasa Rental Peralatan Game 

Game konsol seperti PlayStation, XBox, dan Nintendo banyak peminatnya, tapi harganya cukup mahal. Sehingga ada peluang bisnis buka jasa rental peralatan games.

Begitu juga dengan video games dan peralatan game online. Namun, memang butuh modal yang cukup besar untuk memulai bisnis rental game ini.

6. Buat Gaming Blog/Vlog 

Peluang bisnis gamer selanjutnya adalah membuat blog atau vlog dengan fokus niche seputar game.

Mulai dari berbagi pengalaman bermain game, tips main game, mengulik game, review perlengkapan game, info Esport, atau membagikan berita terbaru tentang game dan kaitannya.

7. Jual Voucher Game 

Bisnis reseller game juga menguntungkan. Bisnis reseller juga bisa dijalankan dengan modal kecil atau bisa disesuaikan.

Apalagi bila kamu ada di komunitas game, kamu bisa tawarkan berbagai voucher game ke mereka.

8. Sewa Kostum 

Para cosplayer juga suka mengambil tema game, di mana mereka berpakaian dan berdandan seperti tokoh game favorit.

Jasa sewa kostum, aksesori, hingga jasa make up cosplay bakal sangat laris. Kamu bisa mulai dari game kesukaan kamu.

Kamu mungkin harus kerja sama dengan desainer, clothing line, penjahit, konveksi, dan sebagainya.

9. Content Creator Gaming

Content creator bisa mencakup sebagai game streamer juga.

Seorang content creator dengan fokus game juga akan membuat konten tips bermain game, belajar agar skill semakin jago, review game, konten hiburan terkait game, dan pengetahuan lain seputar game lainnya.

Content creator gaming berkarya untuk meningkatkan konten yang dihasilkan untuk mencapai suatu tujuan atau sasaran dan tidak hanya menyiarkan video game seperti para streamer.

10. Buka Gaming Lounge

Gaming lounge adalah satu ruang yang didesain sesuai dengan nuansa yang identik dan nyaman buat para gamers. Ini dilengkapi set komputer gaming, konsol lengkap, dan teknologi terbaru.

BACA JUGA :  17 Bisnis Tanpa Modal di HP yang Berpotensi Untung Besar 

Gaming lounge bisa menjadi tempat komunitas gamers untuk berkumpul, turnamen, kontes cosplay, acara networking, dan gaming event lainnya.

11. Game Tester

Perusahaan teknologi dan pengembang game butuh jasa dari game tester untuk mencoba game mereka. Ini untuk membantu mengetahui kekurangan game, apa yang bisa ditambah, dan kesempurnaan game tersebut.

12. Jasa Teman Mabar 

Ada banyak game yang tidak bisa dimainkan sendirian, butuh teman main bareng. Nah, bisa kamu jadikan bisnis juga untuk menawarkan jasa teman mabar.

Itulah beberapa ide bisnis gamer yang mungkin bisa kamu kembangkan. Kamu tertarik ide bisnis yang mana? Semoga informasi ini bermanfaat!

Yuk, coba mulai bisnis online melalui Praktisidigital!