15 Ide Jualan Bulan Ramadan Modal Kecil, Untung Besar!


Mau mulai usaha? Ada banyak ide jualan bulan Ramadan yang bisa untung besar. Bayangkan jika dapat untung banyak, maka THR yang kamu dapat pun akan berlipat. Siapa yang tidak mau, bukan? Yuk, temukan dan pilih salah satu ide berikut ini!

Pilihan Ide Jualan di Bulan Puasa

1. Takjil

Takjil menjadi peluang usaha yang menjanjikan di bulan Ramadan. Kamu juga bisa meraup keuntungan berlipat. Ada banyak pilihan menu takjil yang bisa dijual, seperti kolak, kue basah, es buah, dan masih banyak lagi.

2. Kurma

Ide jualan lainnya yaitu kurma. Seperti yang kita tahu, kurma adalah buah nabi yang memiliki banyak manfaat. Berdasarkan alasan tersebut, maka tak heran banyak yang membeli kurma saat bulan puasa untuk dijadikan menu berbuka puasa.

3. Baju Muslim

Jualan baju muslim bisa menjadi peluang menjanjikan lainnya. Banyak orang yang membeli baju muslim, seperti baju koko dan gamis untuk digunakan sehari-hari atau digunakan di hari raya.

4. Perlengkapan Ibadah

Seperti yang diketahui, banyak orang yang fokus beribadah saat bulan Ramadan. Oleh karena itu, kamu bisa melihat peluang ini dengan menjual perlengkapan ibadah. Beberapa di antaranya mukena, sajadah, sarung, tasbih, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Tips Jualan Online di Bulan Ramadan, Bisa Dapat Modal!

5. Laundry

Jasa laundry di bulan puasa juga diminati oleh banyak orang. Kenapa? Banyak orang yang memiliki kesibukan dan mungkin merasa lemas saat puasa. Selain itu, banyak yang membersihkan perlengkapan rumah untuk mempersiapkan Idulfitri.

6. Katering

Jasa katering di bisa jadi salah satu yang banyak dicari dan potensial menjadi ide jualan di bulan Ramadan. Seperti yang kita tahu, tidak semua orang berpuasa di bulan Ramadan. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat peluang jasa katering untuk menu buka puasa atau sahur untuk para perantau.

7. Kue Kering

Semakin banyak orang yang mengembangkan bisnis kue Lebaran. Jika kamu punya kemampuan membuat kue, kamu sebaiknya coba untuk menjual kue kering. Kamu bisa mulai memasarkannya jauh-jauh hari sebelum Idulfitri.

8. Hampers Lebaran

Selain memberikan THR, tradisi lainnya yaitu membagikan parcel. Isi hampers ini beragam, bisa terdiri dari makanan, alat makan, hingga perlengkapan beribadah. Hal yang terpenting yaitu kamu harus pandai memilih barang untuk dijadikan hampers agar lebih menguntungkan.

9. Ketupat Mentah atau Matang

Permintaan konsumen akan ketupat akan biasanya meningkat menjelang hari raya Idulfitri. Meski identik dikonsumsi saat Lebaran, tak jarang ada juga yang menjadikan ketupat sebagai menu berbuka puasa. Meskipun demikian, mungkin omzet kamu akan meningkat menjelang Idulfitri.

Baca Juga: 22 Bisnis Makanan yang Cocok Dijual Saat Bulan Puasa

10. Gadget

Jual gadget di bulan puasa, seperti smartphone, tablet, laptop, hingga komputer menjadi pilihan yang patut dilirik.

11. Jual Game

Main game menjadi salah satu kegiatan ngabuburit yang asyik. Oleh karena itu, jualan game merupakan peluang yang tak kalah menjanjikan. Cari tahu kira-kira game apa yang banyak diminati saat ini agar meningkatkan peluang

12. Servis Kendaraan

Idulfitri identik dengan mudik, maka tak jarang banyak yang servis kendaraan agar nyaman ketika digunakan. Meski ada larangan mudik selama pandemi Covid-19, bukan tidak mungkin tetap ada yang servis kendaraan. Bisa saja ada yang rumah keluarganya masih dalam satu kota atau terkadang servis motor atau mobil juga bisa dilakukan sebagai salah satu kegiatan ngabuburit.

13. Jasa Konveksi/Jahit

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang beli baju baru sebelum Lebaran bisa dijadikan peluang usaha. Kamu bisa mengembangkannya dengan memproduksi pakaian Muslim.

14. Jasa Titip

Jasa titip atau jastip juga menjadi peluang yang menarik. Menjelang Lebaran, terutama setelah mendapatkan THR, banyak yang belanja baju baru.

15. Jasa Asisten Rumah Tangga

Merasa tidak punya keahlian untuk jualan online? Mungkin kamu bisa coba jasa asisten rumah tangga. Meski terlihat sepele, usaha ini bisa saja dikembangkan dengan menjalin kerja sama dengan banyak orang.

Itu dia beragam pilihannya. Kira-kira apa yang kamu pilih untuk berjualan di bulan puasa? Jangan terlalu lama ditunda. Jangan tanggung-tanggung, segera buat toko online di Praktisidigital dan maksimalkan penjualan atau promosi kamu selama Ramadan!