29 Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan Konsumen


Ada berbagai jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Beberapa di antaranya terkesan aneh, namun ide baru dan kreatif tersebut menciptakan peluang usaha dan banyak peminatnya. Yuk, cek apa saja ide bisnis yang jarang tapi dibutuhkan oleh target konsumen tertentu pada pembahasan ini!

Jenis Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

Semua jenis bisnis hadir untuk memberikan solusi ke konsumen. Kamu juga bisa mulai bisnis dari ide-ide unik yang bermanfaat, sembari mendapat keuntungan. 

Mungkin beberapa ide bisnis kamu bisa memberi inspirasi, cek daftar peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan!

1. Bisnis Smash Room

Smash room atau break room adalah fasilitas ruangan berisi furnitur di mana pengunjungnya bebas untuk ‘merusak’ apapun di sana untuk mengeluarkan amarah, rasa frustasi, dan stres mereka. 

Konsep ini juga disebut dengan smash therapy. Pengunjung akan dilengkapi dengan atribut pelindung agar tidak terluka saat mengekspresikan dirinya. 

2. Bisnis Layanan Pembersihan Khusus

Layanan kebersihan berbagai sektor akan selalu diminati karena ada saja konsumen yang tidak sempat untuk melakukannya sendiri, atau pekerjaan bersih-bersih itu terlalu rumit. 

Termasuk jasa membersihkan toilet, karpet, laptop, perlengkapan kamera, kandang hewan peliharaan, gudang, rumah kosong, dan sebagainya. Kamu bisa mempromosikan diri sebagai petugas kebersihan andal untuk sektor spesifik atau pun menyeluruh.

3. Menjadi Author-preneur

Author-preneur adalah penulis yang juga menjual dan memasarkan karya tulisannya sendiri. Mereka tidak bekerja sama dengan penerbit major, tapi mungkin melalui penerbit indie (minor).

Ini memotong perantara penerbit sehingga penulis dapat terjun langsung dan memiliki kepemilikan karya sepenuhnya. Penulis bisa promosi dan menggunakan pemasaran media sosial untuk membangun basis penggemar literasinya sendiri.

4. Menjadi Creativepreneur

Creativepreneur adalah strategi pengembangan bisnis dengan pendekatan kreatif, termasuk dari ide produk atau gebrakan baru dalam segi pemasarannya. 

Apapun sektor bisnis yang kamu jalani, kamu harus mencari inovasi segar dan berguna untuk mencapai tujuan bisnis. Umumnya, seorang creativepreneur akan menggunakan strategi internet dan digital marketing untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.

5. Bisnis Baju Custom 

Bisnis pakaian dan garmen adalah sektor yang diklaim paling laris atau selalu ada peminatnya. Namun, salah satu yang belum banyak ditemukan adalah bisnis baju custom

Konsumen punya kesempatan untuk desain kaosnya sendiri dengan gambar atau tulisan sesuai minat. Konsumen harus mengirimkan desain sesuai dengan ketentuan dan kamu mencetaknya dengan sablon yang bagus di bahan kaos yang premium.

6. Bisnis Glamping 

Glamping adalah istilah untuk camping yang glamor. Sediakan tempat kemah wisata di alam namun dengan sedikit kemewahan. 

Misalnya, tenda di dekat pantai atau bukit namun di dalamnya ada fasilitas layaknya hotel. Ini bisa menjadi potensi wisata yang menyenangkan dan banyak peminatnya. 

7. Bisnis Sayuran Microgreen

Microgreens adalah jenis sayuran hijau berukuran kecil (tidak lebih dari 7,5 cm) yang dikemas dengan vitamin dan nutrisi. 

Contoh microgreens adalah jenis tanaman:

  • Brassicaceae. Arugula, selada air, kubis, kembang kol, dan brokoli.
  • Asteraceae. Sawi putih, selada, dan radicchio. 
  • Apiaceae. Seledri, adas, dan wortel. 
  • Amaranthaceae. Bayam hijau, bayam merah, dan bit, 
  • Amaryllidaceae. Bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. 

Kamu bisa juga microgreens ke pasar lokal, restoran, katering, atau konsumen pecinta makanan organik. 

8. Bisnis Papan Charcuterie 

Charcuterie adalah seni memasak ala Prancis di mana koki akan menyusun beragam makanan di papan khusus. 

Gunanya untuk menciptakan penampilan makanan yang menggugah selera dan menyajikan keseimbangan rasa, tekstur, dan porsi antar komponen makanan. 

Bila kamu punya bisnis kuliner, bisa coba foto produk dan penyajian makanan dengan teknik charcuterie board ini. Ini pasti menjadi sangat estetik, cocok untuk promosi di media sosial. 

9. Jual dan Jasa Dekorasi Balon Pesta Custom 

Bisnis yang berhubungan dengan dekorasi, termasuk untuk dekorasi pesta, ulang tahun, pernikahan, tunangan, acara kelulusan, gender reveal party, dan momen lainnya. 

Saat ini dekorasi berbagai jenis dan model balon mulai diminati karena terkesan meriah dan estetik. Balon dapat dirangkai menjadi karakter, huruf, kata-kata, hiasan dinding, atau bahkan karangan bunga. 

10. Bisnis Perawatan dan Penitipan Hewan Ternak 

Bila kamu punya lahan dan ahli dalam bidang peternakan, kamu bisa membuka jasa perawatan dan penitipan hewan ternak juga. 

Maksudnya, orang-orang yang ingin beternak tapi tidak punya waktu, lahan, atau energi untuk merawatnya bisa menitipkan hewan-hewan ternak mereka sama kamu untuk dirawat dengan baik. 

Tentukan tarif yang sesuai dengan berbagai ketentuan yang harus disepakati bersama. Konsumen akan memiliki hewan ternak yang sehat, dan kamu dapat upah dari jasa tersebut. 

11. Jasa Peluk dan Curhat 

Tidak terpikirkan tapi jasa peluk dan curhat termasuk jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Banyak orang yang butuh mengekspresikan perasaanya untuk menghilangkan stres dan kesepian, namun tidak tahu harus kemana. 

Kamu bisa membuka layanan ini untuk membantu mereka. Nah, tapi harus ada perjanjian, aturan yang jelas, dan batasannya agar hubungan kamu dengan klien tidak menjurus ke potensi kejahatan dalam bentuk apapun. 

12. Jasa Partner Sewaan 

Layanan untuk memberi pendampingan untuk klien yang butuh teman atau pasangan. Misalnya, untuk sekadar menemani chat, telepon, datang ke kondangan bersama, menemani makan malam, atau kencan seperti biasa. 

Namun, harus ada aturan dan batasan yang ditetapkan, ya! Jasa partner sewaan ini tidak boleh sampai menjurus ke tindakan kejahatan yang melanggar hukum. 

13. Katering Sehat

Bisnis katering sepertinya sudah banyak, namun masih jarang bisnis katering yang spesifik untuk menu makanan sehat. 

Kamu bisa buat bisnis katering sehat dengan kategori seperti katering untuk diet, katering untuk pasien penyakit tertentu, dan sebagainya. Kamu harus kerja sama dengan ahli gizi dan punya koki yang andal untuk meracik makanan sehat yang lezat.

14. Baju dan Aksesori Hewan Peliharaan 

Buat baju dan aksesori hewan peliharaan adalah jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Umumnya, pemilik hewan peliharaan kucing dan anjing butuh baju dan aksesori untuk kontes hewan atau digunakan di momen spesial. 

15. Jasa Rental Barang Branded 

Bisnis sewa barang-barang branded juga dibutuhkan. Biasanya, bagi konsumen untuk kebutuhan properti video/film, syuting, atau acara lain. 

Beberapa orang juga ingin sewa barang branded untuk kebutuhan media sosial, foto produk, atau menunjang properti promosi mereka. Bahkan, ada konsumen yang ingin sewa smartphone mahal seperti iPhone terbaru untuk kebutuhan pribadinya. 

16. Jasa Rental Sewa Kamera Profesional 

Saat ini pekerjaan sebagai content creator sangat diminati karena memiliki penghasilan yang cukup fantastis, namun tidak semua content creator pemula memiliki peralatan mumpuni untuk membuat karyanya. 

Nah, bisnis jasa rental kamera profesional dan peralatan teknologi terkait lainnya bisa menjadi lahan bisnis baru. Tentunya kamu harus menyiapkan peralatan lengkap dan ketentuan yang jelas untuk menghindari tindak kejahatan atau kerugian dari usaha rental itu. 

17. Jasa Reparasi Boneka 

Jasa reparasi boneka juga termasuk usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Faktanya, peminat dan pengoleksi boneka cukup banyak dan tidak terbatas untuk boneka anak-anak saja. 

Ada banyak jenis boneka seperti Barbie, Matryoshka, Bisque, Kachina, boneka Luk Thep, atau spirit doll yang harganya fantastis dan butuh perawatan khusus. 

18. WiFi Koin

Bisnis WiFi Koin adalah warung atau hotspot WiFi di mana orang-orang bisa mendapatkan akses dan password WiFi setelah memasukan koin di outlet yang sudah disediakan. 

Konsepnya bisa seperti wartel (warung telekomunikasi) zaman dulu. Semakin banyak pengunjung, akan semakin banyak koin yang didapat.  

Ini bisa jadi salah satu usaha di desa yang menguntungkan, di mana memudahkan masyarakat mengakses internet cepat dengan harga terjangkau. Kamu mungkin perlu menambah daya dan kecepatan WiFi bila pelanggan semakin banyak. 

19. Jasa Rental Peralatan Camping 

Harga peralatan outdoor camping dan hiking itu cukup mahal, seperti tenda, survival kit, sleeping bag, nesting makan dan kompor portable, tas carrier, dan lainnya. 

Bagi pendaki pemula atau mereka yang hanya ingin mencoba mendaki sesekali, mungkin belum mau membeli semua peralatan itu. Nah, jasa rental peralatan camping ini akan sangat membantu mereka. 

Bila kamu juga suka camping, kamu pasti paham kebutuhan apa saja untuk para pendaki dan sediakan itu sebagai barang rentalan. 

20. Salon Syariah 

Bagi wanita muslimah yang menggunakan hijab, mereka akan lebih nyaman untuk melakukan perawatan rambut di salon syariah atau terpisah dari pengunjung pria. 

Walaupun bisnis ini tersegmentasi khususnya hanya untuk wanita berhijab, tapi target konsumennya tetap banyak, lho! Kamu juga harus menyediakan perawatan dan pelayanan terbaik, serta memastikan kenyamanan dan privasi pengunjung terjaga. 

21. Kursus Masak 

Sudah banyak bisnis kuliner, tapi belum banyak bisnis kursus masak. Bila kamu jago masak, kamu bisa buka kelas untuk siapa saja yang mau belajar masak. 

Bisa kamu pisahkan dalam kategori, misalnya pastry, menu lauk pauk, makanan lokal, makanan luar negri, masak untuk pemula, dan sebagainya.

Sambil melayani kursus masak, kamu bisa juga sambil jualan alat masak, bahan makanan, atau mungkin menu makanan siap masak sebagai referensi mereka. 

22. Jasa Cuci Sepatu 

Banyak orang yang sepertinya malas atau terlalu sibuk untuk cuci sepatu sendiri, atau sepatu itu cukup berharga sehingga harus dicuci dan dirawat oleh tenaga profesional. 

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya adalah jasa cuci sepatu atau laundry sepatu. Tidak asal cuci, kamu harus paham bahan dan nilai sepatu itu. 

Setiap jenis sepatu mungkin punya teknik berbeda, seperti sepatu kulit, heels, boots, atau sepatu sports branded. Bukan hanya harus bersih, tapi sepatu harus kinclong dan terlihat seperti baru. 

23. Food Truck 

Kamu mungkin pernah membeli makanan dari food truck, sebenarnya bisnis food truck sudah tidak asing lagi namun masih jarang. 

Food truck adalah cara jualan makanan di mobil. Mereka berkeliling atau mangkal di satu tempat. 

Konsepnya sama seperti pedagang kaki lima yang berkeliling, namun dengan penampilan yang sedikit lebih mewah. Biasanya juga dilengkapi dengan bangku dan meja makan, plus menunya lengkap seperti di kafe. 

Bila kamu punya bisnis kuliner, bisa dipertimbangkan untuk mengembangkannya dalam konsep food truck. Kamu tidak perlu sewa toko dan bisa menjangkau konsumen lebih luas selama berkeliling. 

Selain itu, menu food truck harus enak dan jenis makanan yang familiar oleh lidah pengunjung. Plus, desain food truck kamu semenarik mungkin sebagai branding dan untuk mencuri perhatian pengunjung. 

24. Jasa Foto Produk 

Bergerak ke era digital marketing, para pebisnis online harus memiliki foto produk yang menarik dan mengandung pesan. Untuk itu, jasa foto produk dibutuhkan terutama bagi pebisnis mikro dan menengah. 

Bila kamu punya kemampuan fotografi dan editing, jasa kamu bisa sangat berguna dan membantu pebisnis pemula atau yang belum punya cukup modal untuk merekrut desainer khusus. 

25. Makanan Siap Masak 

Bagi pekerja yang sibuk, mereka mungkin tidak punya waktu atau tidak jago untuk masak sendiri. Alih-alih selalu makan makanan olahan, kamu bisa tawarkan mereka menu masakan rumahan siap jadi yang mudah dan cepat disajikan. 

Makanan tersaji dalam bentuk beku dan bisa tahan tanpa pengawet dalam beberapa hari. Misalnya, ayam ungkep, tumis-tumisan, rendang, sayur, atau menu lainnya yang tinggal digoreng atau dipanaskan saja.

26. Jual Jamu 

Sudah banyak penjual jamu, baik jamu gendong atau jamu di kios pinggir jalan. Namun, belum banyak penjual jamu dengan pemasaran digital dan menu jamu yang dikemas lebih modern. 

Kamu bisa mengadopsi cara kedai kopi atau minuman kekinian menjual produknya di masa kini. Kemas dalam botol-botol yang estetik, tonjolkan manfaat jamu, dan pastinya harus mengutamakan kualitas dari bahan-bahan herbal tersebut. 

Bisa sediakan jamu dalam kemasan dingin langsung minum. Ya, jualan jamu tradisional dengan cara yang lebih modern! Kamu bisa menyasar target konsumen anak muda juga untuk minum jamu. 

27. Thrift Store 

Thrift store adalah bisnis jual baju-baju bekas yang masih bagus dan layak pakai atau pakaian branded sisa ekspor dari luar negeri. Faktanya, anak-anak mudah masa kini mulai suka thrifting karena mereka bisa dapat pakaian keren, branded, dan harga jauh lebih terjangkau. 

Selain itu, thrifting dikatakan sebagai salah satu cara untuk memperlambat fenomena fast fashion–produksi/belanja pakaian yang cepat dan berganti sehingga memicu limbah pakaian di seluruh dunia. 

28. Makanan Khas Luar Negeri 

Sektor bisnis di bidang kuliner yang menjanjikan adalah jual makanan khas luar negeri. Kamu bisa menyelesaikannya dengan lidah lokal atau menyajikan makanan autentik negeri tersebut.

29. Jual Makanan Lokal 

Maksudnya, menjual makanan atau jajanan lokal dengan konsep lebih kekinian dan pemasaran digital yang lebih menarik. Membantu melestarikan makanan lokal plus mendapat keuntungan. 

Misalnya, menyajikan jajanan pasar seperti kue putri ayu, risol, pastel, bakwan, combro, dan lainnya dengan konsep charcuterie board. Menjual minuman tradisional seperti bajigur, bandrek, es campur, dll dengan kemasan produk kekinian. 

Itulah berbagai rekomendasi usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Apapun jenis bisnisnya, optimalkan dengan toko online untuk pemasaran yang lebih luas dan tertarget. 

Kamu bisa bergabung di TokoTolk untuk membuat toko online dengan fasilitas lengkap dan banyak pilihan desain yang bisa kamu sesuaikan dengan brand image toko kamu.

Caranya mudah dan cepat. Cukup klik daftar, isi data diri dan informasi yang dibutuhkan, tidak perlu belajar coding atau HTML, kamu bisa setting toko online kamu dengan praktis.