17 Peluang Bisnis Syariah yang Menguntungkan dan Halal


Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, bisnis syariah bisa menjadi peluang bisnis yang sangat potensial di Indonesia. Kamu tertarik menjalani bisnis satu ini? Ada beberapa prinsip dalam bisnis ini yang harus dipahami dulu.

Apa Itu Bisnis Syariah?

Pada dasarnya, bisnis syariah adalah usaha yang dikembangkan berdasarkan prinsip yang ada dalam Al-Qur’an dan hadis. Ada banyak jenis bisnis yang bisa dikategorikan syariah, tentunya bisnis ini memiliki target pasar yang lebih spesifik, yaitu umat muslim.

Berikut adalah beberapa prinsip umum bisnis syariah:

  • Hanya menjual produk halal.
  • Adanya ijab qabul antara penjual dan pembeli.
  • Bebas dari unsur riba.
  • Transaksi harus dilakukan seadil mungkin, tidak ada pihak yang dirugikan baik itu penjual maupun pembeli.
  • Bebas dari gharar (segala sesuatu yang tidak pasti dalam transaksi) dan maysir (segala sesuatu yang bersifat untung-untungan dan mengandung unsur perjudian).

Itu dia beberapa prinsip yang sebaiknya diketahui sebelum menambahkan label syariah dalam bisnis kamu. Sudah siap memulai bisnisnya? Simak beberapa ide berikut ini, yuk!

Rekomendasi Peluang Bisnis Syariah

1. Pegadaian Syariah

Mungkin hingga kini masih banyak yang bertanya-tanya apakah pegadaian dilarang dalam Islam atau tidak. Pada dasarnya pegadaian tidak dilarang, namun hingga kini masih terbilang sedikit jumlah pegadaian yang menggunakan sistem syariah. Umumnya berbagai pegadaian masih belum menghilangkan unsur riba secara 100%.

Terdapat dua jenis akad yang biasanya diterapkan dalam pegadaian syariah, yaitu akad ijarah dan akad gadai. Unsur bunga dalam pegadaian dapat diganti menjadi biaya simpan barang yang dilakukan dengan akad ijarah jasa. 

2. Kuliner Halal

Seperti yang sudah diungkit sebelumnya, bahwa salah satu prinsip yang harus ada pada bisnis syariah adalah kehalalan dari produk yang dijual. Maka dari itu, bisnis kuliner halal bisa dikategorikan sebagai bisnis ini. Memang sih makanan halal bukan makanan yang sulit ditemui di Indonesia, tapi adanya label halal ini akan sangat membantu konsumen untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi halal.

Sertifikasi halal di Indonesia bisa kamu dapatkan dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Selain membantu umat muslim yang menjadi pelanggan kamu di Indonesia, sertifikat halal ini juga bisa jadi salah satu modal jika produk makanan kamu ingin go international, lho.

3. Jual Baju Muslim

Bisnis islami selanjutnya yang bisa kamu tekuni adalah bisnis baju muslim. Siapa bilang kan pakaian muslim tidak bisa membuat kamu fashionable? Kini berbagai model baju koko, gamis, hijab, dan banyak lainnya yang tidak hanya membantu kaum muslim menutup aurat, tapi juga tampil trendy

Bukan hanya pakaian muslim untuk sehari-hari, kamu juga bisa membuat model baju tertentu edisi spesial seperti edisi Lebaran contohnya.

4. Distro Muslim

Distributor outlet atau distro pada dasarnya merupakan bisnis dalam bidang fashion juga. Umumnya pakaian yang dijual di distro adalah seperti kaos, jaket, topi, kemeja, tas, dll.

Kamu bisa memproduksi atau menjual produk-produk tersebut, namun dengan desain yang lebih islami. Umumnya distro hadir dalam bentuk toko offline, tapi kini sudah banyak juga distro yang mulai melengkapi diri dengan toko online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

5. Jual Alat Ibadah

Alat ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, kopiah, bisa kamu pasarkan baik offline maupun online. Jangan lupa untuk selalu update trend terbaru, ya!

Coba perhatikan model mukena dan sajadah travel yang sedang hits belakangan ini. Pandemi mengharuskan kita untuk jaga jarak dengan orang lain. Jadi apabila kita terpaksa harus keluar rumah, tentu peralatan salat yang travel friendly dibutuhkan agar kita tidak perlu menggunakan alat salat yang ada di tempat umum.

6. Salon Muslimah

Banyak muslimah berhijab yang terkadang bingung ketika ingin melakukan perawatan kecantikan. Kehadiran salon muslimah adalah solusi bagi para muslimah hijabers untuk bisa mendapatkan perawatan kecantikan dengan bebas. Biasanya salon muslimah ini hanya melayani pelanggan wanita dan semua pekerjanya juga tentu wanita. Kamu bisa membuka salon dengan jenis beauty salon, hair salon, atau bisa juga keduanya.

7. Les Mengaji

Ide bisnis islami selanjutnya adalah membuka jasa les mengaji. Anak-anak biasanya belajar mengaji di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an), namun tentunya sekarang sulit membuka kegiatan TPA secara offline. Kamu bisa menawarkan jasa les mengaji privat yang dilakukan secara daring. 

8. Bisnis Travel Haji dan Umroh

Bisnis travel haji dan umroh adalah salah satu bisnis yang potensial. Meskipun memang bisnis ini sedang sepi belakangan karena ibadah haji belum diperbolehkan untuk umat Islam yang berada di Indonesia. 

Tentu bisnis ini tidak akan sepenuhnya mati karena ibadah haji adalah salah satu dari rukun Islam. Meskipun belum bisa memberangkatkan langsung untuk ibadah haji di masa pandemi, kamu sudah bisa membuka program untuk tabungan haji. Jadi jika nanti sudah diperbolehkan, jemaat yang mendaftar pun tidak perlu menunggu terlalu lama untuk kemudian berangkat ke Tanah Suci.

9. Travel Wisata Halal

Travel haji dan umroh dapat dikategorikan sebagai halal travel, namun ada juga lho jenis travel halal lainnya. Halal trip ini tidak harus merupakan wisata religi, melainkan perjalanan traveling biasa yang dipastikan tidak meninggalkan syariat islam. 

Travel jenis ini biasanya mengakomodasi pelanggannya untuk menemukan hotel dengan makanan halal, wisata kuliner halal, dan memastikan pelanggan dapat tetap beribadah tepat waktu selama trip ini.

10. Jual Oleh-Oleh Haji

Ide usaha yang satu ini masih terkait dengan ibadah haji dan umroh. Banyak orang yang melakukan ibadah haji dan umroh, namun kesulitan untuk membawa oleh-oleh yang terlalu banyak dari Tanah Suci. Jualan oleh-oleh haji di Indonesia dapat menjadi solusi untuk persoalan ini. Kamu bisa memulai bisnis ini setelah ibadah haji dan umroh sudah pulih, ya!

11. Daycare Islami

Ide bisnis syariah selanjutnya adalah daycare atau penitipan anak islami. Daycare adalah salah satu kebutuhan bagi orang tua yang bekerja. Menitipkan anak tentu bisa menjadi keputusan yang sulit ya. Daycare islami ini bisa menjadi pilihan orang tua muslim untuk lebih memercayakan anak-anaknya. Orang-orang yang bekerja di penitipan anak ini tentu harus beragama Islam dan bisa mengajarkan pada anak-anak tentang adab sehari-hari berdasarkan ajaran Islam.

12. Buku Anak Islami

Buku adalah salah satu media pembelajaran anak terbaik. Orang tua bisa juga mengajarkan nilai-nilai Islam dengan buku. Hal ini tentu akan lebih baik dibandingkan selalu menggunakan gadget yang berpotensi membuat anak kecanduan. Buku islami untuk anak dapat berupa buku tentang kisah Nabi, buku doa, buku tuntunan salat, maupun jenis buku lainnya yang dikemas islami.

13. Blog Islami

Tidak bisa dipungkiri bahwa kini hampir semua orang mencari informasi di internet, termasuk informasi terkait dengan agama. Jika kamu memiliki kemampuan untuk menulis, kamu bisa mempertimbangkan untuk membangun blog islami untuk berbagai ilmu keagamaan dengan para pengguna internet.

14. Properti Syariah

Bisnis jual beli properti juga merupakan salah satu bisnis yang enggak ada matinya. Kamu bisa membuka broker properti syariah untuk melayani kaum muslim yang ingin melakukan jual beli properti syariat. Hal yang penting diperhatikan adalah proses jual beli ini harus sesuai dengan syariat Islam, ya.

15. Herbal Ala Nabi

Pengobatan herbal merupakan salah satu pengobatan yang masih sangat diminati di Indonesia. Menjual herbal yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad saw dapat menjadi ide bisnis islami yang penuh berkah, nih. Kamu bisa menjual madu, habbatussauda, siwak, minyak zaitun, dan herbal lainnya yang dipercaya dalam Islam memiliki khasiat kesehatan.

16. Alat Make Up Halal

Kosmetik atau alat make up halal terbilang masih jarang di Indonesia, sehingga bisnis satu ini dapat menjadi ide bisnis islami yang bisa membawa banyak keuntungan. Kamu bisa menjual alat make up hingga parfum halal yang pastikan akan sangat diminati oleh para muslimah.

Jika belum bisa memproduksi sendiri, kamu juga bisa membuka toko online yang menjual brand make up dan parfum khusus yang memiliki sertifikat halal. Sama halnya seperti makanan, alat make up halal juga sertifikasinya diberikan oleh MUI.

17. Skin Care Halal

Selain make up dan parfum, skin care kini juga menjadi kebutuhan yang esensial baik untuk wanita maupun laki-laki. Sama halnya seperti produk make up, produk skin care halal juga masih terbilang jarang di Indonesia. 

Syarat skin care halal dan make up halal yang paling umum adalah tidak mengandung bahan yang haram seperti babi dan alkohol. Memilih skin care ini memang harus dilakukan dengan hati-hati, ya. Jika kamu berjualan skin care, kamu bukan hanya harus menawarkan kehalalan produknya saja, tapi juga harus bisa membantu pelanggan untuk mendapatkan skin care sesuai kebutuhan kulitnya.

Kira-kira mana yang paling bikin kamu tertarik? Apa pun bisnisnya, pastikan kamu tetap menerapkan prinsip-prinsip di atas sebelum melabeli bisnis kamu dengan kata “syariah”. Apabila kamu menjual produk halal, namun transaksinya tidak memenuhi prinsip bebas riba atau adanya akad jual-beli yang jelas, maka label bisnis syariah bisa hilang.

Apa pun bisnisnya, yuk, jangkau lebih banyak pelanggan dengan website toko online! Website dapat memudahkan transaksi dan meningkatkan kredibilitas bisnis kamu. Segera buat website toko online kamu melalui Praktisidigital. Kamu tidak perlu punya skill IT untuk punya website. Coba gratis sekarang!