19 Peluang Usaha Setelah Pensiunan, Rekomendasi Terbaik!


Apa saja ide usaha setelah pensiunan? Mulai dari menjadi konsultan, buka toko, bisnis online, atau mewujudkan bisnis impian sejak masih muda. Mari cari inspirasi dan peluang bisnis pensiunan berikut ini!

Rekomendasi Usaha Setelah Pensiunan 

Ada orang tua yang memilih untuk bersantai dan menghabiskan waktu dengan keluarga di masa pensiun. Namun, banyak juga orang tua yang ingin tetap beraktivitas dan produktif setelah pensiun. 

Faktanya, para pensiunan memiliki pengalaman yang bisa dimanfaatkan dan juga kebijaksanaan untuk dibagikan. Itu bisa menjadi aspek penting untuk bisnis di hari tua. 

Terutama bagi orang tua yang tidak betah bila tidak ada aktivitas. Selain menambah penghasilan sampingan, usaha setelah pensiunan dapat menjadi media berbagi ilmu dengan junior dan menjadi produktif. 

Berikut ini beberapa peluang bisnis pensiunan:

1. Jasa Konsultan 

Jasa konsultan adalah layanan konsultasi yang diberikan oleh seorang ahli di bidang keilmuan tertentu, atau seseorang yang sudah berpengalaman di bidang tersebut. 

Profesi jasa konsultan tentu saja cocok untuk seorang pensiunan yang punya ilmu dan pengalaman terkait satu bidang. 

Membantu para junior atau orang yang tertarik dalam bidang tersebut dengan cara memberikan saran, solusi, tips dan trik, serta pembelajaran terkait. 

Secara umum, kita hanya mengenal jenis konsultan seperti konsultan pajak, konsultan akuntansi, konsultan keuangan, konsultan IT, dan konsultasi marketing. Tapi, bisa sesuaikan jasa konsultasi dengan bidang yang dikuasai, ya. 

2. Buka Kursus Privat

Bukan hanya bila sebelumnya memang berprofesi sebagai guru atau tenaga pengajar. Tapi, kamu bisa buka les privat untuk mengajarkan para junior ilmu-ilmu yang kamu kuasai. 

Katakanlah seperti berperan sebagai guru di bidang tersebut. Ini bukan hanya tentang ilmu eksak, tapi ilmu dalam semua bidang pekerjaan terkait yang sangat berguna.

Misalnya, buka kursus menjahit, kursus komputer, kursus mengemudi, kursus otomotif, kursus tata rias pengantin, kursus melukis, kursus menulis artikel, dan sebagainya. 

Apalagi bila audiens mengakui pengalaman dan keberhasilan kamu di bidang tersebut pada masanya, ilmu dan pengalaman yang kamu punya sangat mahal harganya.

3. Menjadi Pembicara Webinar

Ide profesi ini masih bersangkutan dengan poin pertama dan kedua, yaitu menjadi pembicara di webinar (seminar online) dan seminar langsung. 

Para pensiunan punya segudang ilmu dan pengalaman yang bisa dibagikan. Bukan sekadar jadi motivator, tapi juga berbagi segala pengetahuan, aplikasi ilmu, dan pembelajaran hidup pada generasi yang lebih muda. 

Umumnya, memang butuh lembaga atau media resmi yang menyelenggarakan webinar dan seminar tersebut. Sebelum pensiun, ada baiknya menjaga hubungan dengan komunitas atau lembaga terkait sehingga bisa terus membagikan ilmu di acara-acara selanjutnya. 

4. Bisnis Waralaba/Franchise 

Peluang bisnis pensiunan adalah menjalankan bisnis waralaba (franchise). Pikirkan dengan matang ingin menjalankan waralaba apa, modalnya berapa, dan rencana bisnisnya bagaimana. 

Keuntungan bisnis franchise adalah kamu tidak perlu memperkenalkan produk dari 0, karena sudah mengambil merek dari produk yang sudah dikenal masyarakat luas. 

Biasanya pihak penyedia franchise juga sudah menyiapkan perlengkapan, bahan-bahan, konten marketing, strategi branding, resep, dan keperluan terkait. 

Meski begitu, kamu tetap harus memantau operasional setiap hari dan memperbarui strategi agar bisnis maju terus.

5. Agen PPOB 

Agen PPOB (payment point online banking) adalah layanan yang memberikan jasa pembayaran online dengan sistem perbankan. Memudahkan pelanggan untuk membayar tagihan listrik, TV berlangganan, pulsa, internet, pembelian tiket, voucher game, dan sebagainya. 

Bisa dikatakan ide usaha rumahan ini ramah untuk dijalankan oleh orang tua karena tidak capek dan waktunya fleksibel. Modal bisnisnya juga tidak terlalu tinggi.

6. Bisnis Laundry

Orang tua bisa memanfaatkan uang pensiunnya untuk bisnis laundry kiloan. 

Di luaran ada yang menawarkan paket usaha laundry secara franchise mulai dari Rp15-Rp65 jutaan, siap pakai. Sudah dapat peralatan usaha laundry kiloan, tapi belum termasuk tempat usaha dan biaya operasional. 

Bisa juga memulainya dengan brand toko sendiri. Hal yang paling penting adalah untuk melakukan riset bisnis dulu, apakah warga sekitar sekiranya butuh jasa laundry atau tidak.

Bila lokasinya di sekitar perkantoran, kampus, atau komplek perumahan, ada potensi pelanggan laundry di sana. Bisa kamu pertimbangan bila di wilayah sekitar juga belum ada jasa laundry kiloan. 

7. Bisnis Peternakan

Pelajari dulu potensi bisnis peternakan, seperti ternak sapi, kambing, unggas, atau ikan. Mulai dari skala kecil, usaha peternakan yang mudah dikembangkan adalah:

  • Ternak ayam (ayam pedaging atau ayam petelur). 
  • Ternak lele
  • Ternak belut 
  • Ternak ikan hias
  • Ternak semut kroto 
  • Ternak jangkrik 
  • Ternak kambing
  • Ternak udang

Meskipun bisa dimulai dengan modal kecil, tentunya harus mempelajari dulu ilmu seputar peternakan seperti pemilihan bibit, cara pembibitan, perawatan, dan pakannya bagaimana.

Selain itu, pikirkan tentang lokasi dan pengembangbiakan hewan ternak secara spesifik. Untuk ternak ikan, bisa dimulai dengan media drum atau ember untuk skala kecil 

Hasil ternak nantinya bisa dijual ke pedagang atau pemasok lainnya.

8. Bisnis Perkebunan 

Bisnis perkebunan termasuk usaha setelah pensiunan yang paling cocok. Membayangkan suasana yang hijau, asri, dan nyaman sambil merawat berbagai jenis tanaman. 

Bila memang sudah suka bercocok tanam, tentunya akan jadi lebih mudah meski harus tetap belajar cara merawat tanaman. 

Pertimbangkan jenis tanaman apa yang akan dikelola, misalnya:

  • Budidaya tanaman hias.
  • Tanaman sayur mayur. 
  • Pohon buah. 
  • Tanaman obat. 
  • Tanaman bumbu-bumbuan. 

Semua hasil kebun tersebut dapat dijual kembali dan menghasilkan keuntungan. Tentunya punya teknik dan strategi yang berbeda. 

9. Bisnis Toko Kelontong

Apalagi ya ide bisnis untuk orang tua? Bagaimana dengan bisnis toko kelontong atau toko sembako?

Mengingat kebutuhan akan sembako dan perlengkapan sehari-hari akan selalu dicari, bisnis ini sepertinya potensial dan tidak akan pernah sepi. Tentunya harus disesuaikan juga dengan kondisi dan lokasi terkait. 

Selain secara konvensional, yuk pelajari cara jual sembako online yang lebih modern dan memudahkan pelanggan kamu!

10. Rental Kendaraan

Untuk memulai bisnis ini dibutuhkan beberapa unit kendaraan, tentu saja. Juga buat ketentuan yang jelas untuk mencegah kerugian di antaranya. 

Bisnis sewa mobil dan motor akan lebih laris di sekitar tempat wisata dan lokasi ramai, atau menjelang hari raya. 

11. Investasi Tanah dan Properti

Investasi tanah dan properti adalah jenis bisnis yang menguntungkan karena harganya akan selalu naik setiap tahunnya. Apalagi bila lokasinya strategis. 

Meski begitu, modal awal memang tidak sedikit. Mungkin juga sudah harus membeli tanah dan properti itu sebelum masa pensiun, jadi sudah bisa menikmati hasilnya di masa mendatang.

12. Bisnis Kos-kosan atau Kontrakan

Bisnis kos-kosan cocok dijalankan di sekitar kampus, perkantoran, mall, dan kawasan ramai. Sementara bisnis kontrakan biasanya dijalankan di kawasan padat penduduk, perkampungan, atau komplek perumahan. 

Bila sudah menjalankannya, bisnis kos-kosan dan kontrakan bisa menjadi pendapatan pasif yang rutin setiap bulan tanpa harus capek bekerja. 

Namun sama seperti investasi tanah, bisnis ini sudah harus dipikirkan mungkin bertahun-tahun sebelum masa pensiun karena modalnya tidak sedikit. 

13. Bisnis Kuliner

Ingin mencoba peluang bisnis kuliner sebagai usaha setelah pensiun? Boleh juga dicoba. 

Bila jago masak dan punya menu andalan, kamu bisa terjun langsung. Atau, kamu bisa menjadi investor utama untuk sebuah bisnis warung makan atau kafe misalnya. 

Bisnis kuliner juga bisa dimulai kecil-kecilan dari rumah. Misalnya, jual camilan, menu sarapan, makanan ringan, kue kering, atau pun bisnis kuliner kekinian

Kuncinya, makanan dan minuman harus nikmat dan harganya sesuai. Kamu bisa manfaatkan jual makanan secara online via marketplace atau ride-hailing juga, sebelum membuka toko di lokasi strategis. 

Cek tips buka bisnis kuliner bagi pemula yang bisa dicoba dengan modal minim.

14. Menjadi Mentor

Tugas seorang mentor untuk memberi saran terbaik dan solusi untuk mencapai sebuah tujuan. Tentunya berdasarkan kemampuan, pengalaman, dan strategi profesional yang dimiliki.

Selain itu, seorang mentor juga mampu mengajarkan keterampilan baru, mengembangkan keahlian yang sudah ada, meningkatkan kepercayaan diri, dan juga untuk perkembangan karir kliennya.

15. Buat Kursus Online

Selain kursus privat secara langsung, kursus online juga bisa dijalankan. Tujuannya sama, untuk membagikan ilmu dan kemampuan pada klien yang membutuhkan. Hanya dijalankan secara online agar lebih praktis. 

Kamu bisa bergabung dengan komunitas, lembaga, atau pun media yang menaungi dan menyediakan berbagai kelas online.

16. Content Creator

Siapa bilang hanya anak muda yang bisa jadi content creator? Siapa saja bisa, termasuk orang tua dan pensiunan. 

Malahan, pensiunan punya banyak pengalaman berharga dan seru yang pantas untuk dibagikan.

Kamu tentukan dulu konten apa yang akan disajikan, apakah tentang pengalaman kerja, membagikan sebuah ilmu, cerita tentang kehidupan, dan sebagainya. 

Minta bantuan seseorang yang lebih mudah dan kreatif untuk membuat konten tersebut, ya!

17. Layanan Freelance dari Rumah

Peluang bisnis pensiunan selanjutnya adalah buka layanan freelance dari rumah. Jam kerja lebih fleksibel, hasilnya bisa lumayan, dan kamu tetap produktif. 

Kamu bisa cari berbagai pekerjaan freelance di situs internet, sesuai dengan kemampuan kamu. 

Juga sebagai seseorang dengan sebuah kemampuan, kamu bisa tawarkan juga jasa kamu ke orang sekitar atau rekan-rekan kerja dulu.

18. Bisnis Online 

Usaha setelah pensiunan selanjutnya adalah mencoba bisnis online. Bisnis online memungkinkan kamu untuk bisa jualan apa saja dan di mana saja, dengan modal yang disesuaikan. 

Tentukan dulu apa mau bisnis dropship, sebagai reseller, atau mau memulai bisnis dari awal dengan modal sendiri. 

Selanjutnya, kamu harus pelajari tentang rencana bisnis dan pendekatan digital marketing secara umum dan memahami tips bisnis online ini!

Hal yang paling penting kamu harus punya website toko online untuk melancarkan bisnis online, selain jualan via marketplace atau media sosial. 

Toko online memungkinkan kamu untuk menjangkau audiens lebih luas. Bisnis juga jadi lebih kredibel dan profesional karena punya domain sendiri. 

Gimana caranya? Kamu bisa buat toko online melalui Praktisidigital. Seluruh fasilitas bisnis online dijamin sudah lengkap dan siap pakai!

19. Bisnis Sesuai Impian 

Selama ini mungkin sudah menyiapkan modal untuk bisa menjalankan bisnis impian di masa pensiun. Entah itu bisnis ikan hias, alat olahraga, restoran, bisnis barang antik, studio band, dan sebagainya. 

Itulah beberapa usaha setelah pensiunan. Hal yang penting adalah kamu juga harus konsultasikan dengan ahlinya, diskusi dengan yang lebih muda, dan kerja sama dengan pihak terkait. Selamat berbisnis!