37 Peluang Usaha Menjanjikan 2022 untuk Pemula


Ada berbagai peluang usaha menguntungkan dengan modal kecil dan menengah yang bisa kamu mulai hari ini. Kamu tertarik? Cek apa saja peluang bisnis di sini! 

List Peluang Usaha 2022 yang Untung Besar 

Mau mulai usaha sendiri, namun bingung harus mulai dari mana? Berikut ini beberapa inspirasi untuk memulai bisnis sendiri:

1. Jualan Online

Jualan online adalah jenis bisnis dengan modal kecil. Kamu tidak perlu sewa ruko atau pegawai, cukup menjalani semua transaksi jual beli di ponsel pintar kamu. 

Kamu bisa bergabung dengan platform e-commerce yang tersedia dan ikuti ketentuannya. Bisnis online memungkinkan kamu menjual apa saja dan tidak terbatas jarak dengan calon konsumen kamu.

2. Bisnis Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat sekarang sudah jadi tren, maka ada peluang bisnis makanan sehat yang bisa dicoba. Sediakan berbagai menu diet sehat termasuk paduan buah dan sayur dengan rasa yang enak. 

Selain harus jago masak, kamu harus kerja sama dengan ahli gizi agar tidak salah menentukan menu dan kandungan gizi. Kamu bisa berjualan secara langsung, online, atau gunakan sistem pre-order

3. Bisnis Mainan Anak

Salah satu bisnis yang tidak ada matinya, jualan mainan anak perempuan dan laki-laki. Silakan pilih dengan cermat jenis mainan apa saja yang akan kamu jual, ada yang murah hingga yang mahal seperti mobil mainan aki yang bisa anak naiki. 

Jenis mainan seperti boneka, robot, mainan senjata, atau peralatan masak-masakan hampir selalu laku. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menjual set mainan edukasi anak seperti rubik, mainan profesi, alat tulis karakter, dll. 

4. Bisnis Skin Care dan Kosmetik

Target pemasaran bisnis skin care bukan hanya untuk wanita, tapi laki-laki juga. Sediakan berbagai brand skin care dan kosmetik untuk dijual.

Mulai dari facial wash, serum, toner, krim siang dan malam, masker kulit, lotion, lipstik, bedak, eyeliner, hingga berbagai produk body care (body wash, body scrub, lulur, dll). Bisnis ini sangat menjanjikan, asalkan kamu tidak jual produk kecantikan abal-abal, ya! 

5. Jual Sayur Online

Budaya hidup sehat semakin gencar dikampanyekan semenjak masa pandemi sehingga banyak orang mulai mengonsumsi sayur-sayuran padahal sebelumnya tidak suka. 

Manfaatkan media internet untuk jualan sayur online yang lebih mudah. Kamu bisa pakai sistem ready stock untuk jenis sayuran umum seperti bayam, kangkung, sawi, kol, jagung, wortel, dan kentang yang banyak peminatnya. 

Semetara gunakan sistem pre-order untuk jenis sayuran yang agak mahal atau jarang ditemui seperti selada merah muda, bayam yamashita, dan berbagai jenis daging merah premium. 

6. Bisnis Ikan Hias

Tidak disangka tapi ikan hias juga banyak peminat dan permintaannya. Jenis ikan hias yang paling laris adalah ikan cupang, ikan molly, ikan mas koki, dan ikan guppy.

Kamu juga bisa meraih lebih banyak keuntungan dengan bisnis ikan hias dan perlengkapan untuk memelihara ikan seperti aquarium, pakan ikan, obat-obatan, bibit ikan, batu aerasi, lampu serta filter aquarium, dan lainnya. 

7. Jual Buku Online

Bila kamu pecinta buku dan literasi, jual buku online adalah peluang bisnis yang cocok untuk kamu. Kamu bisa mulai menjual buku bekas atau buku-buku baru sesuai dengan permintaan. 

Kamu bisa mengembangkan bisnis dengan mempromosikannya di media sosial, bekerja sama dengan penerbit dan penulis, serta bergabung di komunitas cinta baca dan menulis. 

Lengkapi juga dengan jualan peralatan terkait seperti pembatas buku, sampul buku, alat tulis, dan lainnya. 

8. Usaha Bengkel

Bila suka otomotif dan kebetulan ada modal lebih, pertimbangkan untuk buka usaha bengkel. Mulai dari memberikan jasa service, memperbaiki kendaraan, atau bisa menjual peralatan otomotif, spare part, dll. 

9. Menerima Pesanan Kue

Bisnis sampingan yang cocok untuk ibu-ibu dalam skala usaha rumahan modal kecil. Mulai dari kue kering, kue basah, atau bahkan cake ulang tahun. 

Kamu bisa mulai dari lingkungan terdekat seperti jualan ke tetangga atau teman-teman. Pastikan juga kue-kuenya memiliki rasa yang enak dan harga bersaing. 

Pasarkan di media sosial dan website toko online untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen. Jangan lupa minta testimoni makanan dari para pembeli agar bisnis semakin terpercaya dan laris!

10. Bisnis Pakaian

Bisnis baju adalah peluang usaha yang tidak ada matinya. Tidak peduli apa musimnya, orang-orang selalu punya alasan untuk beli pakaian baru. 

Mulai dari jenis pakaian sehari-hari seperti kaos, celana, dan daster hingga pakaian formal, pakaian kantor, atau pakaian formal lainnya. Fashion hypebeast dari brand mewah juga selalu diminati terutama untuk anak muda. 

11. Jual Baju Preloved

Punya baju yang tidak mau kamu pakai lagi dan kondisinya masih bagus? Kamu jual saja dengan sistem preloved

Kamu bisa jual secara langsung ke lingkungan terdekat, jual di e-commerce dan website toko online, atau pasarkan di media sosial. Biasanya produk-produk jualan preloved dijual dengan harga lebih murah jadi cukup banyak peminatnya!  

12. Jual Produk Elektronik

Permintaan produk elektronik khususnya smartphone dan laptop sangat tinggi. Keuntungan dari jual produk elektronik juga cukup menjanjikan. 

Tips jual produk elektronik adalah kamu harus paham dengan spesifikasi produk dan perkenalkan calon konsumen dengan brand atau tipe laptop/smartphone terbaru. 

13. Bisnis Kuliner Kekinian

Setiap hari ada saja tren makanan baru yang viral. Bagi penggiat bisnis, itu adalah peluang usaha yang menjanjikan. 

Kamu bisa ikut jualan makanan kekinian, misalnya makaroni pedas, roti kukus, menu salted egg, makanan Korea, takoyaki, martabak manis topping kekinian, sate taichan, salad buah, dan menu lain yang sedang banyak dicari. 

14. Jual Beli Mobil Bekas

Kamu bisa jadi perantara untuk mempertemukan orang yang mau jual mobil dan orang yang mau beli mobil bekas. Kamu bisa usaha tanpa menggunakan modal sama sekali kalau begitu, namun harus punya kemampuan pemasaran yang baik. 

15. Toko Kelontong 

Toko kelontong adalah salah satu jenis bisnis yang laku setiap hari. Tidak pernah kehilangan konsumen, terutama bila ada di lokasi strategis. 

Biasanya ada di kawasan perumahan penduduk untuk menyediakan berbagai keperluan sehari-hari, mulai dari makanan, sembako, peralatan mencuci, dan kebutuhan lainnya. 

16. Bisnis Peralatan Olahraga

Peluang usaha selanjutnya adalah bisnis perlengkapan olahraga. Ini juga cukup banyak peminatnya. 

Kamu bisa mulai menjual alat olahraga yang terjangkau dan sederhana seperti matras, tas gym, bola gym, wristband, arm sleeve, bola, raktet, dan sepatu olahraga. 

17. Agen PPOB 

Point payment online bank (PPOB) adalah agen yang menyediakan pembayaran online seperti bayar token listrik, pulsa, paket internet, PDAM, BPJS, top up uang digital, transfer, dan lainnya. 

Kamu tidak perlu modal yang terlalu besar untuk memulai usaha PPOB. Sediakan smartphone yang mumpuni dan akses ke semua pembayaran digital. 

18. Kedai Kopi

Bisnis kedai kopi cukup menjamur beberapa tahun belakangan ini. Bila tertarik dan memang pecinta kopi, kamu juga bisa mencoba peruntungan. 

Bisa dimulai dari warung kopi kecil-kecilan di pinggir jalan atau buat kedai kekinian bila kamu punya modal lebih. 

Kamu juga harus memikirkan signature kopi di kedai kamu, beberapa menu kopi andalan yang kamu yakin akan membuat pengunjung betah dan mampir lagi. 

19. Katering

Bisnis katering adalah peluang usaha yang cukup menjanjikan. Banyak orang yang membutuhkan katering untuk acara lamaran, sunatan, pernikahan, hingga gathering keluarga atau kantor. 

Biasanya katering menyediakan menu makanan sehari-hari, tapi bisa juga sesuai pesanan konsumen. 

20. Bisnis Frozen Food

Makanan beku seperti nugget, sosis, dimsum, bakso, dan lainnya sangat banyak peminatnya. Bahkan, saat ini banyak jenis makanan lain yang sengaja dibekukan agar bisa bertahan lebih lama. 

Modal bisnis frozen food juga tidak terlalu mahal. Bahan makanan bisa tahan lama jadi lebih rendah risiko rugi akibat makanan belum laku.

21. Bisnis Fashion Wanita

Bisnis fashion wanita tidak pernah kehilangan pasarnya karena tren baju wanita berganti-ganti, jadi selalu ada permintaan. Sediakan model baju wanita terbaru, pakaian muslim, dan klasifikasi dari baju wanita remaja hingga dewasa. 

Jenis pakaian wanita seperti dress, rok, blouse, dan kemeja juga selalu laris. Saat ini pakaian wanita bergaya Korea Selatan yang paling laris. 

22. Bisnis Tanaman 

Bisnis tanaman hias ternyata menguntungkan juga karena banyak peminatnya. Terutama tanaman hias yang langka dan mahal seperti sri rejeki lotus delight, jemanii cobra, kabel busi billitiae, dan lainnya. 

Kamu harus telaten merawat tanaman agar tidak mati dan juga harus memiliki informasi seputar tanaman/tumbuhan yang cukup untuk mengedukasi para konsumen. 

23. Jual Sembako

Sembilan bahan pokok adalah beras, gula, minyak goreng/mentega, telur, daging ayam dan sapi, susu, bawang merah dan putih, gas elpiji, dan garam beryodium. 

Itu adalah kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan setiap orang. Pasti banyak dicari dan pasti menguntungkan. 

Kamu harus membeli barang dagangan sembako dari vendor terpercaya dengan harga yang lebih murah agar semakin untung. 

24. Jual Voucher Game

Para gamers bisa menghabiskan cukup banyak uang untuk membeli voucher game. Nah, kamu bisa mengambil peluang usaha di sana untuk jualan voucher game atau top up berbagai jenis game

25. Buka Franchise

Keuntungan bisnis franchise adalah kamu tidak terlalu perlu memasarkan produk itu dari nol karena konsumen sudah mengenalnya dan bahkan sudah langganan. 

Bisnis franchise mulai dari 5 jutaan rupiah. Paling diminati franchise ayam goreng, ekspedisi pengantaran, laundry, atau brand makanan/minuman di pinggir jalan. 

26. Jasa Fotografi 

Bila punya kemampuan fotografi plus edit foto, ini peluan bisnis yang sempurna untuk kamu. Bisa menjalani hobi sekaligus dapat keuntungan.

Kamu juga bisa bermitra dengan kerabat kamu untuk buka jasa fotografi yang lebih lengkap dan profesional. 

27. Bisnis Wedding Organizer 

Memang membutuhkan modal yang lebih besar, tapi cukup menjanjikan. Wedding organizer bertugas untuk membantu calon pengantin merencanakan dan melaksanakan pernikahan sesuai dengan budget pernikahan. 

28. Bisnis Pet Shop

Usaha pet shop menyediakan info tentang adopsi hewan peliharaan dan juga berbagai peralatan pemeliharaan hewan lengkap.

Sediakan barang jualan pet shop yang lengkap seperti kandang hewan, pakan hewan, boks pasir, mainan hewan, kalung tali, dan lainnya. 

29. Bisnis Laundry

Usaha laundry kiloan juga menguntungkan. Kamu bisa ikut franchise laundry mulai dari 5,5 juta rupiah atau merintis bisnis laundry sendiri. 

Bukan hanya baju dan kain, saat ini bisnis laundry sepatu juga banyak peminatnya. Terutama untuk jasa cuci sepatu mahal. 

30. Bisnis Cuci Kendaraan

Tidak semua orang bisa mencuci kendaraan sendiri. Selain butuh tenaga, cuci kendaraan juga butuh kemampuan khusus agar body kendaraan bersih mengilap tanpa merusak komponennya. 

Tidak selalu membutuhkan lahan yang besar, namun saat ini kamu bisa menawarkan jasa cuci kendaraan dengan fasilitas home care atau datang ke rumah konsumen untuk mencuci kendaraan sesuai pesanan. 

31. Bisnis Furnitur

Permintaan furnitur seperti kasur, lemari, sofa, kursi atau bangku, dan rak-rak juga selalu tinggi. Kamu bisa jualan secara langsung atau online

Ambil furnitur dari toko grosir agar lebih murah untuk kamu jual lagi dengan harga lebih tinggi. Bila perlu, beli barang dagangan dari tangan pertama perusahaan furniture itu. 

32. Menjadi Dropshipper

Ini adalah peluang usaha dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Tugas dropshipper hanya memasarkan produk milik pihak lain (pemasok) tanpa perlu membelinya. 

Saat ada konsumen yang mau beli, dropshipper akan memesannya dari pihak pemasok untuk dikirimkan langsung konsumen. Dropshipper biasanya menjual barang itu dengan harga lebih tinggi dari harga pemasok.

33. Bisnis Jajanan Pasar

Siapa bilang tidak ada lagi orang yang suka jajan makanan pasar tradisional? Jajanan tradisional seperti risol, pastel, kue cucur, lumpia, bakwan, kue ku, serabi, kue putu, dan lainnya selalu banyak peminatnya. 

Kamu bisa kreasikan jajanan tradisional dengan rasa yang lebih modern, misalnya dengan topping kekinian keju, coklat, tiramisu, dan lainnya. 

34. Bisnis Kuliner

Kemana pun kamu pergi, kamu pasti mencari makanan. Mulai dari makanan di kaki lima hingga restoran. 

Nah, ada peluang usaha di sana yang bisa kamu manfaatkan. Jual berbagai jenis makanan yang selalu diminati, misal soto, sate, nasi uduk, batagor, bakso, mie ayam, dan lainnya. 

35. Jual Buah-buahan

Buah kaya akan nutrisi dan enak, sehingga banyak peminatnya. Mungkin kamu mau coba jualan buah secara langsung. 

Beli buah dari petani buah atau vendor pertama agar dapat buah segar berkualitas, harga terjangkau, dan pengiriman tepat waktu. 

36. Jual Makanan Ringan atau Camilan 

Ada banyak peluang bisnis dari sektor kuliner, salah satunya jualan makanan ringan atau camilan. 

Kripik, biskuit, makaroni goreng, kerupuk, dan camilan lainnya selalu digemari. Kamu bisa jual dalam bentuk eceran dengan harga terjangkau. 

37. Content Creator 

Content creator adalah mereka yang membuat konten di media digital dan bertanggung jawab atas semua informasi yang diunggah tersebut. 

Biasanya content creator termasuk influencer mempromosikan gaya hidup dan produk-produk. 

Kamu harus mempunya ciri khas dan tema untuk kebutuhan branding. Selanjutnya, kamu bisa bekerja sama dengan berbagai brand untuk mempromosikan barang dagangan mereka. 

Itulah beberapa peluang usaha yang menjanjikan dan dapat banyak keuntungan. Kamu sedang berpikir ingin bisnis apa?

Setelah memastikan jenis bisnis, optimalkan bisnis kamu dengan membuat website toko online di Praktisidigital! Tanpa modal kamu bisa memiliki website toko online profesional. 

Segera daftar di Praktisidigital. Tanpa syarat apapun, kamu bisa punya website untuk toko online gratis. Yuk, mulai jualan!