8 Ide dan Keuntungan Bisnis Perlengkapan Rumah Tangga


Bisnis perlengkapan rumah tangga adalah salah satu usaha paling potensial karena setiap rumah tentu membutuhkannya. Sebelum terjun ke bisnis satu ini, ketahui berbagai keuntungan dan contoh bisnis satu ini!

Keuntungan Bisnis Perlengkapan Rumah Tangga

Bukan tanpa alasan bisnis ini banyak diminati, tapi karena memang ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika menjalaninya. Berikut beberapa keuntungannya:

1. Selalu Dibutuhkan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perlengkapan rumah tangga ini selalu dibutuhkan. Tanpa adanya peralatan ini di rumah, tentu kita akan kesulitan melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari makan, mandi, tidur, dan segala aktivitas lain di rumah dapat dilaksanakan karena adanya peralatan ini.

2. Produk Tidak Basi

Keuntungan bisnis perlengkapan rumah tangga selanjutnya adalah produk yang tidak akan basi. Ketika berjualan makanan, kamu tentu akan takut produk akan basi atau expired.

Ketika jualan produk fashion, masih ada risiko ketinggalan tren. Meskipun memiliki trennya sendiri tapi perlengkapan rumah tangga cenderung tak lekang waktu dan pembeli juga akan lebih fokus pada fungsinya.

3. Supplier Mudah Didapat

Perlengkapan rumah tangga diproduksi mulai dari home industry hingga pabrik besar. Bukan hal yang sulit mencari supplier untuk berjualan produk ini karena sangat mudah ditemukan di mana pun.

BACA JUGA :  15 Jenis Usaha Handmade yang Menguntungkan

Setiap pasar dan pertokoan pastinya memiliki toko peralatan ini. Kamu juga bisa menemukan toko produk ini secara online dengan mudah.

4. Bisa Dijual Langsung atau Online

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak toko konvensional maupun online yang menjual produk ini. Bahkan hingga kini masih banyak juga penjual yang menawarkan produknya dengan berkeliling. Jadi tidak perlu bingung mencari tempat untuk menjual produk-produk ini.

5. Keuntungan Besar

Bisnis perlengkapan rumah tangga juga bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Apalagi bila kamu mendapatkan supplier yang bisa memberikan harga grosir yang bersahabat. Kamu bisa membeli produk dengan harga grosir dan menjualnya dengan harga eceran.  

6. Bisa Tanpa Modal

Banyak penjual yang menawarkan produk ini secara online. Kamu juga bisa menjual produk ini dengan sistem reseller atau bahkan dropshipper.

Bahkan, dengan sistem dropshipper, kamu tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali dan lebih praktis karena packaging hingga pengiriman akan diatur oleh supplier.

7. Pilihan Produk Banyak

Tak perlu bingung memilih produk yang akan dijual karena pilihan produknya sangat banyak. Kamu bisa fokus pada satu jenis produk, misalnya alat bersih-bersih, peralatan makan, peralatan mandi, hingga furnitur atau kamu juga bisa menjual perlengkapan rumah tangga secara umum.

8. Bisa Jadi Penghasilan Tambahan

Berhubung bisnis ini bisa dilakukan dengan fleksibel, sebagai permulaan kamu bisa menjadikannya bisnis sampingan.

Apabila kamu masih memiliki pekerjaan lain, bukan halangan untuk memulai bisnis ini. Tentunya hal yang bagus kan jika kita mendapatkan sumber penghasilan tambahan.

Ide Bisnis Perlengkapan Rumah Tangga

Berikut berbagai ide bisnis perlengkapan rumah tangga yang bisa dijadikan referensi:

1. Toko Perabot

Toko perabot biasanya menjual berbagai peralatan rumah tangga yang umumnya terbuat dari plastik. Produk yang dijual adalah seperti ember, gayung, sapu, kursi plastik, rak kamar mandi, pot tanaman, keranjang cucian, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA :  21 Bisnis untuk Ibu Hamil agar Produktif di Rumah

2. Alat Makan Keramik atau Kayu

Jika ingin menjual peralatan rumah tangga yang lebih kekinian, kamu bisa menjual alat makan dari bahan dasar keramik atau kayu. Kedua bahan ini menciptakan alat makan kekinian dan estetik yang banyak diminati terutama di pasar online.

3. Alat Masak

Ide bisnis perlengkapan rumah tangga selanjutnya adalah peralatan masak. Produk yang dijual dapat berupa kompor, panci, loyang, oven penggorengan, dan berbagai macam spatula. Bisnis ini cocok untuk kamu yang juga memiliki hobi di dapur.

4. Toko Kasur

Kasur dan tempat tidur adalah salah satu perlengkapan rumah tangga yang wajib ada di kamar tidur. Biasanya toko kasur ini juga menjual beberapa peralatan kamar lainnya seperti tempat tidur hingga lemari.

Selain menjual perlengkapan di kamar, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menjual furnitur lainnya seperti meja, kursi, dan rak buku, dan seterusnya.

5. Toko Elektronik

Tentunya kita tidak bisa kan hidup tanpa alat elektronik. Jadi barang elektronik juga menjadi salah satu perlengkapan rumah yang harus terpenuhi. Produk yang termasuk elektronik pelengkap rumah adalah seperti kipas angin, AC, kulkas, mesin cuci, TV, dan masih banyak lagi.

6. Peralatan Rumah Tangga Serba Kayu

Sudah disebutkan bahwa bahan alat rumah tangga didominasi oleh plastik. Berhubung ada banyak masyarakat yang ingin mengurangi penggunaan plastik maka bisnis satu ini pun bisa jadi salah satu ide cemerlang.

Perlengkapan yang dianggap ramah lingkungan ini sering kali harganya lebih tinggi tapi memang memiliki pasarnya sendiri.

Itu dia berbagai keuntungan dan ide bisnis perlengkapan rumah tangga yang bisa dicoba. Dijamin bisnis ini bisa membawa banyak keuntungan karena memang permintaannya di pasar juga selalu tinggi. Apa kamu semakin tertarik dengan bisnis satu ini? Mulailah riset dan susun perencanaan bisnismu dari sekarang!

BACA JUGA :  Fraud Triangle: Pengertian, Sejarah, Elemen, dll

Jangan lupa untuk buat website bisnis perabotan rumah tangga melalui Praktisidigital. Tersedia beragam pilihan template web yang menarik dan tidak perlu coding. Kamu juga bisa buat website gratis!

Yuk, segera daftar Praktisidigital sekarang!