Maklon Kosmetik: Cara Kerja hingga Keuntungan Jasanya


Jika ingin membuat brand kosmetik, kamu bisa menggunakan jasa maklon untuk memudahkan proses produksi hingga legalitasnya. Industri kecantikan di Indonesia semakin berkembang, tapi masih banyak orang yang tidak mengetahui tentang jasa ini dan mengira bahwa proses produksi produk kecantikan akan sangat rumit dan panjang. Sebelum memulai bisnisnya, yuk ketahui selengkapnya tentang jasa pembuatan produk kecantikan tersebut!

Apa Itu Maklon?

Maklon adalah kegiatan manufaktur produk yang dilakukan sebuah perusahaan yang dilakukan sesuai permintaan pihak lain. Istilah lainnya adalah makloon atau maklun.

Arti kata maklun dalam KBBI adalah upah membuat pakaian, perhiasan, dan sebagainya. Kata ini pada dasarnya adalah adalah serapan dari bahasa Belanda, yaitu maakloon, yang memiliki arti manufacturing fee atau biaya produksi.

Istilah ini paling dikenal dalam industri kosmetik. Maklon kosmetik adalah perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan produk kecantikan seperti skin care dan make up.

Meskipun begitu pada dasarnya istilah ini juga berlaku di industri lainnya. Ada juga makloon fashion yang bisa membantu kamu yang ingin membuat produk fashion dengan brand sendiri. Intinya jasa maklon adalah jasa yang membantu kamu dalam proses produksi sebuah produk sehingga kamu tidak perlu membangun pabrik sendiri.

Cara Kerja Maklon Kosmetik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, maklon paling akrab dengan industri kosmetik. Proses pembuatan produk kecantikan memang dapat dikatakan cukup rumit. Bukan hanya membutuhkan sumber daya manusia, kamu juga membutuhkan berbagai alat hingga laboratorium dalam proses pengembangan produknya.

BACA JUGA :  Perbedaan BNIB, BNOB, dan BNWB dalam Jual Beli Online

Hal ini lah yang membuat jasa tersebut laku dalam industri ini. Ketimbang harus membuat pabrik dengan biaya yang tinggi, tentu akan lebih aman jika menyerahkan proses produksi kepada pihak lain yang sudah memiliki sarana yang lebih memadai.

Selain mengurus soal produksi, maklon kosmetik juga biasanya mengurus perizinan produk. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu indikator produk kecantikan aman digunakan adalah adanya izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Maka dari itu, pemilik brand kosmetik harus mengurus hal ini. 

Apabila menggunakan jasa maklon yang sudah lulus BPOM, pastinya brand kamu juga akan lebih mudah mendapatkan perizinan. Selain izin edar BPOM, jasa ini juga bisa membantu kamu mendapatkan sertifikasi halal. Seperti yang kita tahu produk kosmetik halal ini juga memiliki pasarnya sendiri.

Hal yang perlu kamu lakukan hanya memberikan konsep tentang produk yang ingin kamu buat. Kamu juga bisa memberikan produk yang sudah ada di pasaran untuk dijadikan acuan.

Setelahnya pihak maklon akan membuat contoh produk dari konsep yang sudah dijelaskan. Apabila kamu sudah cocok dengan produknya, barulah produk akan diproduksi secara masal. 

Biaya dan Lama Proses Maklon Kosmetik

Biaya minimum yang dibutuhkan bergantung pada jenis produk yang dibuat dan setiap perusahaan juga dapat berbeda-beda.

Ada perusahaan yang menawarkan biaya mulai Rp20.000.000,-. Proses pembuatan sampel produk biasanya memakan waktu 7-14 hari. Lalu untuk produksinya bisa memakan waktu sekitar 3-6 bulan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Maklon Kosmetik

Bukan tanpa alasan tentunya mengapa banyak brand yang mengandalkan jasa ini untuk proses produksi make up atau skin care. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan jasa maklun:

BACA JUGA :  Distributor: Pengertian, Fungsi, Jenis, Tips Sukses, dll

1. Mempermudah Proses Lisensi

Proses untuk mendapatkan izin edar BPOM dan sertifikasi halal membutuhkan proses yang panjang. Kamu bisa menghabiskan banyak waktu untuk mengurusnya.

Pastinya akan sulit untuk fokus pada penjualan apabila kamu sibuk untuk mengurus hal ini. Tentu akan lebih baik menggunakan akan jasa maklon sehingga dalam waktu kurang lebih 6 bulan saja kamu sudah bisa memasarkan produk tersebut tanpa harus lagi khawatir soal lisensi.

2. Tidak Khawatir Soal Tempat Produksi dan SMD

Memproduksi skin care atau make up dalam jumlah banyak tentu membutuhkan tempat produksi dan banyak sumber daya manusia. Kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan mengenai tempat produksi, pencarian bahan baku, dan proses produksinya. 

Selain itu, kamu juga tidak perlu mencari sumber daya manusia yang mampu memenuhi kebutuhan kamu karena semua sudah diurus oleh pihak yang lebih profesional. Tentunya ini bisa jadi cara untuk menghemat waktu dan uangmu.

3. Modal Minimal

Kamu bisa memiliki brand sendiri dengan modal mulai dari Rp20.000.000,-. Tentunya jumlah uang tersebut tidak akan cukup apabila kamu memaksakan diri untuk memproduksi barang sendiri karena biaya membuat pabrik kosmetik tentunya jauh melebihi angka tersebut.

4. Lebih Mudah Menghitung Keuntungan

Jika kamu harus mengurus proses produksi, perhitungan dan rencana keuangan bisnis kamu juga akan jauh lebih panjang dan rumit. Menentukan harga jual produk pun juga jadi membutuhkan proses yang lebih panjang.

Apabila kamu cukup membayar sekali untuk mendapatkan ratusan produk, kamu jadi lebih mudah menghitung biaya produksi dan menentukan harga jual. Selanjutnya kamu pun jadi lebih mudah dalam menghitung estimasi keuntungan yang akan didapat.

4.Fokus dengan Pemasaran

Tidak ada artinya memiliki produk bagus tanpa bisa memasarkan produk tersebut. Jika proses produksi sudah diurus oleh pihak maklon, kamu pun bisa lebih fokus untuk memasarkan produk dan membangun brand awareness.

Maksimalkan penggunaan media sosial untuk mempromosikan brand-mu. Jangan lupa juga buat website toko online untuk meningkatkan kredibilitas brand, memudahkan transaksi, dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

BACA JUGA :  Apa Itu Entrepreneur? Ini Pengertian dan Karakteristiknya

Masih bingung cara buat website dan takut biaya mahal? Buat website toko online kamu di Praktisidigital dengan mudah, tidak perlu setting apa pun dan gratis!