8 Metode Pembayaran Online yang Memudahkan Transaksi


Kini semakin banyak pilihan metode pembayaran online yang memudahkan dalam bertransaksi. Tidak harus punya rekening bank, berbagai pilihan pembayaran ini membuat kita tetap membayar barang saat transaksi online. Lalu, apa saja metodenya?

Macam-Macam Metode Pembayaran Online

Banyaknya metode bayar yang bisa dipilih menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah bisnis untuk menjangkau pembeli yang lebih beragam. Berikut adalah beberapa metode yang umum digunakan:

1. COD

COD atau cash on delivery adalah salah metode pembayaran tunai yang bisa dilakukan ketika berbelanja online. Metode ini bisa menjadi pilihan aman untuk transaksi produk tertentu karena kita baru akan membayar setelah menerima barang.

Selain itu metode ini juga bisa jadi pilihan semua orang karena tidak memerlukan rekening bank. Meskipun begitu, pastikan kamu adalah orang yang stand-by di rumah apabila memilih pembayaran yang satu ini.

Saat ini hampir semua e-commerce dan marketplace juga menyediakan metode ini dan bekerja sama dengan jasa ekspedisi dalam pelaksanaannya. 

2. Transfer Bank

Metode yang paling umum dan dipakai sejak dulu adalah transfer bank. Semakin banyak pilihan banknya maka akan semakin menarik bagi pelanggan karena transaksi untuk bank berbeda dikenakan biaya admin tambahan.

Saat ini lebih banyak juga pelanggan yang memilih bertransaksi di toko yang menggunakan rekening bersama sehingga pilihan banknya beragam. Transfer bank kini juga menjadi pilihan praktis ketika berbelanja online karena sudah banyak masyarakat yang menggunakan internet banking dan mobile banking.

3. Virtual Account

Metode pembayaran online selanjutnya adalah virtual account (VA) yang merupakan nomor rekening virtual yang dikeluarkan oleh bank atas permintaan pemilik bisnis.

BACA JUGA :  JSR Store: Bisnis yang Terinspirasi dari Rasulullah

Pada dasarnya pembayarannya sama dengan transfer bank, tapi pada penggunaan VA kamu tidak perlu menyerahkan bukti transfer lagi karena biasanya sudah dicek secara otomatis.

Menggunakan VA juga membuat pembeli tidak khawatir salah dalam memasukkan nominal transfer karena biasanya nominal ini secara otomatis muncul ketika nomor VA diinput. Pembayaran VA juga bisa melalui internet banking dan mobile banking.

4. Kartu Debit atau Kredit

Pembayaran dengan kartu debit atau kredit bisa untuk berbagai transaksi, termasuk biasanya untuk transaksi dengan mata uang selain rupiah. Pembayaran dengan kartu debit akan langsung memotong saldo yang ada pada rekening bank.

Di sisi lain, pembayaran dengan kartu kredit biasanya akan jatuh tempo di tanggal yang sudah ditentukan, biasanya di bulan selanjutnya.

Kartu kredit sendiri juga memiliki keunggulan lain, misalnya seperti pembayaran yang bisa dicicil. Banyak orang yang memilih mencicil dengan kartu kredit karena biasanya bunga 0% sehingga cicilan terbilang ringan.

5. Lewat Minimarket

Selain COD, ada juga pembayaran tunai lain yaitu lewat minimarket. Sama halnya seperti COD, metode pembayaran online yang satu ini juga cocok dengan pembeli yang tidak atau belum memiliki rekening bank.

Keberadaan minimarket sekarang juga ada di mana-mana sehingga metode ini juga menjadi salah satu yang banyak dipilih.

Pembeli nantinya cukup memberikan kode unik atau kode pembayaran yang sesuai dengan instruksi transaksi. Kemudian membayarkan uang secara tunai melalui kasir minimarket. Setelah pembayaran masuk biasanya akan dicek secara otomatis oleh sistem.

6. Dompet Digital

Dompet digital atau e-wallet mulai banyak bermunculan beberapa tahun belakangan ini. Sepertinya hampir setiap orang memilikinya karena memang e-wallet ini lebih praktis untuk digunakan untuk melakukan berbagai transaksi.

BACA JUGA :  16 Perbedaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern (Terlengkap)

Ini pun menjadi salah satu metode pembayaran online yang populer. Apalagi dengan penawaran khusus seperti cashback atau diskon yang ditawarkan, pengguna yang memilih metode ini pun semakin banyak.

7. QR Code

Selanjutnya ada juga pembayaran dengan menggunakan QR code. Sistem pembayaran ini bisa digunakan ketika transaksi online maupun langsung. Biasanya penjual menyediakan satu QR code yang bisa menerima pembayaran dari berbagai e-wallet hingga bank yang mendukung penggunaan QR code.

Ketika bertransaksi online, pembeli tinggal memasukkan gambar QR code yang ada di galeri. Jika bertransaksi langsung, pembeli bisa scan code yang sudah disediakan menggunakan fitur scan di e-wallet atau m-banking.

Pembayaran dengan QR sangat praktis dan efisien sehingga banyak yang memilih metode satu ini.

8. Voucer

Metode pembayaran online selanjutnya adalah bisa menggunakan voucer. Penggunaannya biasanya bergantung pada setiap merchant. Umumnya voucer ini diberikan sebagai bentuk reward kepada pelanggan.

Penggunaan voucer bisa menutupi semua transaksi atau bisa juga hanya sebagian, tergantung pada nominal voucer, jumlah yang harus dibayarkan, dan ketentuan pada voucer. Pemberian voucer ini bisa jadi salah satu strategi marketing bisnis untuk menarik perhatian pelanggan agar mereka mau berbelanja.

Voucer biasanya berbentuk kode unik yang nantinya tinggal dimasukkan ketika akan membayar dan secara otomatis harga yang dibayarkan akan berkurang.

Beragamnya cara untuk membayar bisa jadi daya tarik sebuah bisnis. Semakin mudah pembeli membayar maka semakin tinggi kemungkinan mereka menyelesaikan transaksi. Jangan sampai pembeli batal transaksi hanya karena tak adanya metode yang cocok.

Sebagai pebisnis online, kamu juga bisa menyediakan berbagai metode pembayaran online dengan buat website untuk bisnis di Praktisidigital. Selain memudahkan kamu, tentunya ini bisa memudahkan pembeli. Yuk, daftar Praktisidigital gratis sekarang juga!

BACA JUGA :  #THRBuatModalBisnis Beri Modal Usaha hingga Rp20 Juta