Apa Itu Entrepreneur? Ini Pengertian dan Karakteristiknya


Menjadi seorang entrepreneur dapat memberikan kamu kesempatan untuk membuka lapangan kerja sendiri. Khusus untuk kamu yang punya ide cemerlang dan tidak suka bekerja untuk orang lain, profesi ini sangat cocok. Apa saja langkah untuk menjadi seorang pengusaha? Simak ulasannya di sini!

Apa Itu Entrepreneur?

Entrepreneur adalah pengusaha atau usahawan. Menurut Merriam-Webster Dictionary, entrepreneur adalah seseorang yang mengatur, mengelola, dan menanggung risiko suatu bisnis.

KBBI mengartikan pengusaha sebagai orang yang mengusahakan perdagangan, industri, dan sebagainya atau orang yang berusaha dalam bidang perdagangan.

Jadi, dapat dikatakan bahwa seorang pengusaha adalah orang yang memimpin sebuah bisnis dan menanggung risiko dari bisnis tersebut. Berhubung ia menanggung risiko terbesar dari setiap keputusan dalam bisnis tersebut maka keuntungan terbesar dari bisnis tersebut akan menjadi miliknya.

Contoh entrepreneur adalah seperti pendiri perusahaan start up atau pemilik perusahaan baik itu perusahaan besar maupun UMKM. 

Karakteristik Entrepreneur

Seorang pengusaha harus bisa menguasai yang namanya entrepreneurship atau kewirausahaan. Tentunya ada beberapa karakteristik yang sebaiknya dimiliki seorang pengusaha agar dapat sukses.

Dilansir JBCN International School, berikut kriterianya:

1. Kreatif

Hal pertama yang wajib dimiliki seorang pengusaha adalah kreativitas. Seorang pengusaha dituntut untuk dapat terus berinovasi. Tanpa adanya kreativitas, tentunya inovasi tersebut tidak akan muncul.

Bisnis dapat terus maju apabila kamu dapat berpikir kreatif atau bahkan out of the box.

2. Profesional

Seorang pengusaha juga harus memiliki profesionalisme karena akan berhubungan dengan banyak karyawan dan klien. Biasanya sikap ini dibarengi dengan disiplin.

Ketika memiliki keduanya, pengusaha akan dapat mengembangkan budaya organisasi dengan baik sekaligus mampu mencapai targetnya.

3. Memiliki Rencana

Seperti yang kita tahu, bisnis membutuhkan perencanaan. Tentunya rencana ini disusun oleh si pemilik bisnis. Perencanaan ini akan dijadikan pedoman dalam menjalani bisnis agar kamu tetap memiliki tujuan yang jelas.

Meskipun sudah memiliki rencana yang jelas, seorang entrepreneur tetap harus dapat berimprovisasi apabila ada kejadian di luar rencana.

4. Mau Mengambil Risiko

Sulit menemukan hal baru apabila kamu tidak mau mengambil risiko.

Seorang pengusaha yang baik harus berani mengambil risiko, tapi yang tidak kalah penting adalah memiliki rencana cadangan dari setiap risiko yang diambil tersebut. Jadi jangan samakan mengambil risiko dengan berani dengan mengambil risiko sembarangan.

5. Berpikiran Terbuka

Seorang pengusaha juga harus memiliki pemirikan terbuka. Mereka harus siap belajar hal baru, mendengarkan orang lain, dan tentunya juga terbuka terhadap kegagalan. Seorang pengusaha yang baik harus bisa belajar dari setiap situasi dan orang yang ada di sekitarnya.

6. Kemampuan Sosial

Selain profesionalisme, kemampuan sosial juga sangat penting dimiliki seorang entrepreneur.

Ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkan pelanggan, bekerja sama dengan pihak eksternal, dan juga dalam bekerja bersama para karyawan. Kemampuan ini juga yang akan membantu kamu untuk menyampaikan ide dengan lebih baik.

7. Berwawasan Luas

Terkadang merealisasikan sebuah ide itu tidak mudah, apalagi jika kita tidak memiliki wawasan di bidang tersebut. Seorang pengusaha harus memiliki wawasan luas terutama untuk industri yang ingin digelutinya.

Wawasan ini juga dibutuhkan untuk mengatasi berbagai masalah dan kendala yang mungkin akan dihadapi ketika menjalani bisnis tersebut.

8. Memiliki Empati

Empati dibutuhkan oleh seorang pemimpin untuk dapat mengerti orang-orang yang bekerja bersamanya. Maka dari itu, seorang pengusaha yang memimpin perusahaan membutuhkannya.

Sifat ini akan membantu kamu dalam memahami kekurangan dan kelebihan setiap orang yang bekerja sama denganmu.

9. Memiliki Passion

Biasanya orang ingin bekerja sendiri atau menjadi pengusaha karena memang ingin mengejar passion-nya. Bekerja sesuai passion memang akan lebih menyenangkan. Kamu bisa lebih menikmatinya meskipun tahu harus menghadapi risiko yang juga lebih besar.

10. Mengerti Customer 

Seorang pengusaha harus bisa mengerti customer yang dijadikan target pasarnya. Jika tidak, tentu produk yang sesuai keinginan pelanggan tidak akan tercipta. Ini adalah salah satu karakteristik yang wajib dimiliki seorang entrepreneur.

Bagaimana Cara Menjadi Entrepreneur?

Jika ingin menjadi seorang pengusaha, berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Temukan bisnis yang sesuai denganmu. Kamu bisa menentukan berdasarkan passion-mu.
  • Pelajari tentang industri yang ingin digeluti. Ini bisa jadi harus kamu pikirkan sebelum memilih jurusan kuliah, tapi sebuah ilmu tentu tidak harus didapatkan di bangku kulit, bisa juga dengan cara lainnya.
  • Buat rencana bisnis yang kamu inginkan. Ini bisa berguna untuk nantinya mencari investor.
  • Perluas networking. Apa pun pekerjaanmu, networking adalah hal yang sangat penting, ini menjadi lebih penting lagi ketika kamu menjadi pengusaha.
  • Jual produkmu. Selanjutnya kamu bisa terjun ke pasar dan mulai memasarkan produkmu.
  • Kelola bisnis dengan strategi marketing terbaik. Kelola bisnis dengan baik dengan menerapkan strategi marketing yang tepat untuk bisnismu agar kamu terus bisa mendapatkan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Itu dia sekilas informasi tentang pengertian entrepreneur, karakteristik, dan beberapa langkah untuk menjadi salah satunya. Apakah kamu juga salah satu pengusaha atau ingin menjadi pengusaha? Waktu yang tepat untuk memulai bisnis adalah sekarang juga!

Ketika memutuskan untuk mengembangkan bisnis, ada baiknya segera buat website untuk bisnis. Hal ini bisa membantu kamu untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan kredibilitas.

Kamu bisa buat website tanpa coding dan gratis melalui Praktisidigital. Caranya mudah, cukup daftar, isi data diri lengkap, dan upload minimal 3 produk.