11 Usaha yang Tidak Pernah Sepi, Laku Setiap Hari!


Beberapa jenis usaha yang tidak pernah sepi seperti bisnis sembako, jual sayur-sayuran, bisnis kuliner, hingga agen gas elpiji. Bagi pebisnis pemula, dapat mencoba bisnis tersebut dengan asumsi akan selalu ada pasarnya dengan konsumen yang potensial. Yuk, cek lebih banyak bisnis yang tidak pernah sepi di sini! 

Rekomendasi Usaha yang Tidak Pernah Sepi

Faktanya ada jenis bisnis yang laku setiap hari, meskipun ada perubahan ekonomi atau pola hidup konsumen. Bisnis yang terkait kebutuhan sandang, pangan, dan papan bagaimanapun akan selalu dicari untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Walaupun pasti tetap ada risiko bisnis yang tidak menentu, berikut ini beberapa jenis usaha yang tidak pernah sepi: 

1. Bisnis Sembako

Sembako adalah sembilan bahan pokok, yang meliputi:

  1. Beras
  2. Gula pasir
  3. Minyak goreng dan mentega
  4. Daging sapi dan daging ayam
  5. Telur ayam
  6. Susu
  7. Bawang merah dan bawang putih
  8. Gas elpiji dan minyak tanah
  9. Garam

Bahan-bahan tersebut digunakan setiap hari terkait kebutuhan pangan oleh masyarakat. Jadi, toko sembako nampaknya akan selalu laris–baik skala kecil seperti warung, toko kelontong yang lebih besar di pasar, atau pun toko serba-ada yang lebih modern.

Tentunya selalu ada gejolak bisnis, seperti penurunan daya beli karena perubahan harga (naik) yang memberatkan masyarakat–meski tetap akan berusaha untuk membelinya. 

Kamu bisa menyediakan bahan sembako eceran atau menyesuaikan harga dengan kualitas sesuai target pasar kamu, agar tetap ada transaksi jual-beli di sana.

2. Bisnis Sayur-sayuran

Sayur-sayuran adalah bahan makanan sehat kaya vitamin, harganya juga cukup terjangkau sehingga banyak digemari masyarakat. Berbagi makanan tradisional juga membutuhkan komponen sayur-sayuran. 

Kebutuhan dan permintaan akan sayur-sayuran ada setiap hari. Jadi, bisnis sayur-sayuran bisa kamu pertimbangkan. Bahkan kamu bisa juga jual sayur online sekarang, loh

3. Bisnis Makanan Kaki Lima

Bisa diakui, makanan kaki lima adalah yang paling enak, porsinya pas, dan harga terjangkau. Kemana pun masyarakat pergi, pasti mereka akan mencari makanan kaki lima juga. 

Misalnya, nasi goreng, bubur ayam, sate ayam dan kambing, mie ayam, bakso, gado-gado, ketoprak, soto, batagor, siomai, ketupat sayur, seafood,ayam bakar, dan masih banyak lagi. 

Walaupun jualan di kaki lima, harus tetap berikan pelayanan terbaik, ya! Utamakan rasa makanan, kebersihan, kenyamanan pengunjung, dan kamu juga harus upgrade bisnis sesuai dengan ekspektasi konsumen. 

Selain mencari lokasi strategis, kamu bisa mengoptimalkan usaha kuliner dengan bisnis online—baik marketplace atau pun ride hailing

4. Bisnis Pakaian

Pakaian bukan hanya kebutuhan sandang manusia, tapi juga sudah masuk gaya hidup dan yang utamanya nilai fashion. Fashion itu sendiri berputar dan bergerak sangat cepat. 

Setiap hari ada perubahan tren fashion yang diikuti banyak orang. Maka dari itu, bisnis pakaian sepertinya akan selalu laris. 

Hal yang terpenting, kamu harus selalu menyediakan produk fashion yang sedang tren. Juga perhatikan kualitas produk sesuai dengan harga untuk segmentasi pasar kamu. 

5. Jual Buah-buahan

Apakah harga buah lebih mahal dari sayur dan masyarakat umum tidak terlalu suka konsumsi buah? Tidak juga, jualan buah juga termasuk peluang bisnis yang menjanjikan. 

Apalagi untuk jenis buah-buahan musiman yang banyak disukai, seperti durian, rambutan, kurma, atau jenis mangga dan apel tertentu. 

Selain dijual secara eceran atau kiloan, sediakan juga pilihan parsel buah. Kamu juga bisa kerja sama dengan pedagang lain untuk mengolah buah yang tidak habis terjual sebelum busuk, dijadikan jus, smoothie, atau keripik buah. 

6. Jual Perlengkapan Bayi

Usaha yang tidak pernah sepi adalah bisnis perlengkapan bayi. Mulai dari produk perlengkapan mandi, perawatan kulit dan rambut, pakaian bayi, kain dan selimut, mainan bayi, makanan, hingga susu formula. 

Orang tua pasti akan memenuhi kebutuhan buah hati kesayangannya, jadi akan membeli produk terbaik juga untuk memenuhi kebutuhan itu. 

Sebagai pebisnis, sebaiknya hanya sediakan produk perlengkapan bayi yang berkualitas dan sesuai standar, ya. Bukan hanya soal mencari keuntungan, tapi juga membantu para orang tua dan keluarganya mendapatkan produk terbaik untuk si Kecil.  

7. Bisnis di Pasar

Pasar adalah tempat transaksi jual-beli yang besar, buktinya pasar hampir selalu ramai pengunjung. Mulai dari penjual makanan, pakaian, toko emas, toko elektronik, dan sebagainya. 

Selain jualan secara konvensional di pasar, kamu harus memikirkan strategi pemasaran yang berbeda agar toko kamu lebih menonjol dari kompetitor toko lainnya. 

Berikan pelayanan yang baik, jaga kebersihan, tetapkan harga bersaing, display produk dengan rapi dan indah, serta pastinya kualitas produk-produk yang kamu tawarkan harus yang paling juara. 

Kamu juga bisa mulai terapkan metode jualan yang lebih modern, seperti menerima pembayaran digital dengan QR code misalnya dan membuat toko online juga. 

8. Bisnis Skincare dan Kosmetik

Tidak semua orang pakai kosmetik dan skincare, tapi orang-orang yang pakai kosmetik dan skincare bisa menjadi pelanggan setia kamu.

Pastikan kamu beri produk original, jangan hanya cari keuntungan dengan jual produk KW atau produk ilegal lainnya. 

Bukan hanya menjual, kamu juga harus paham akan product knowledge dan setidaknya memberi saran terbaik berdasarkan sumber dan narasumber yang kredibel. 

9. Agen Gas Elpiji dan Galon

Selain sembako, gas elpiji dan galon air juga penting untuk menunjang kebutuhan pangan masyarakat. Meskipun kadang harga gas elpiji melonjak, konsumen tetap akan mencari cara untuk mampu membelinya. 

Bila tidak jadi agen elpiji pusat karena modalnya cukup besar, kamu bisa jadi pengecer elpiji di toko sembako atau toko kelontong. Nah, hati-hati memilih agen elpiji, jangan sampai kamu menjual elpiji oplosan atau elpiji kosong. 

10. Jual Camilan

Masyarakat juga suka beragam jenis camilan dan makanan ringan. Mulai dari camilan tradisional seperti keripik, beragam jenis kue basah, kue kering, jajanan pasar, seblak, jajanan kaki lima, kue dan roti, dan banyak lagi. 

Jajanan kekinian juga banyak diminati seperti corn dog, menu rasa salted egg, croffle, dan banyak lagi–walaupun pasarnya cenderung akan turun setelah tidak viral lagi. 

11. Bisnis Warung Makan

Beragam sektor kuliner memang termasuk usaha yang tidak pernah sepi. Begitu juga dengan warung makan seperti warteg, rumah makan Padang, rumah makan Sunda, warung makan pecel lele dan ayam bakar, dan sebagainya. 

Kamu bisa coba memulai bisnis warung makan kamu sendiri atau ikut sistem franchise. Hal yang penting makanannya harus enak, menu beragam, dan harga bersaing. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi usaha yang tidak pernah sepi. Manfaatkan peluang dengan jeli dan cerdas. 

Selain itu, optimalkan bisnismu dengan toko online untuk memudahkan konsumen mengakses deskripsi produk, harga, informasi produk lainnya. Toko online juga memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi jual-beli online dengan payment gateway serta sistem yang komprehensif, aman, dan praktis. 

Kamu bisa buat toko online dengan segala fasilitas bisnis online lengkap tersebut melalui Praktisidigital. Yuk, langsung buat toko online sekarang!