28 Ide Hobi Jadi Bisnis, Konsumtif Bikin Cuan!


Mengubah hobi jadi bisnis bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menguntungkan. Hobi identik dengan kegiatan yang konsumtif dan menghabiskan uang, namun tanpa disadari, kamu bisa menjadikannya sebagai ladang penghasilan yang menjanjikan. Tidak sulit, kamu hanya perlu memulainya. Coba bayangkan jika kamu mengeluarkan ratusan hingga jutaan rupiah, tapi bisa dapat puluhan hingga ratusan juta dari hobi kamu. Menarik, bukan?

Ide Hobi Jadi Bisnis yang Menghasilkan Uang

1.Menulis

Hobi pertama yang bisa kamu monetize adalah menulis. Ada banyak ide bisnis dari hobi menulis salah satunya menjadi penulis lepas. Terdapat beberapa media online di mana kamu bisa menulis konten dan mendapatkan uang. Ada yang membayar per konten ada juga yang memberikan uang sesuai dengan jumlah pembaca maupun iklan yang tayang. Selain menulis untuk website lain, kamu juga bisa membuat blog sendiri jika ingin mendapatkan uang.

2.Fotografi

Hobi fotografi dapat menghabiskan banyak uang untuk membeli peralatan, hunting foto di tempat yang jauh, atau sekadar eksperimen foto di studio. Jika kamu memiliki hobi dalam bidang fotografi, cobalah untuk membuka jasa freelance photographer. Kamu juga bisa membuka jasa foto produk yang sedang ramai saat ini. Bisnis satu ini bisa cocok untuk kamu yang suka jenis foto konsep.

Selain itu, kamu juga bisa menjual fotomu di website yang menjual stock photo. Hasilnya? Kamu bisa mendapatkan pendapatan yang mengalir terus hanya dengan satu kali upload foto.

3.Melukis dan Menggambar

Punya bakat dan hobi menggambar atau melukis? Jangan sia-siakan!

Coba mulai pasarkan hasil karyamu secara online untuk mendapatkan uang. Kamu juga bisa menjual jasa membuat ilustrasi custom alias sesuai dengan permintaan pelangganmu. Ilustrasi ini biasanya sangat cocok dijadikan hadiah pernikahan, wisuda, dan banyak momen lainnya.

4. Desain grafis

Masih mirip dengan poin sebelumnya, kamu juga penyuka desain grafis juga bisa mendapatkan uang dari hobi ini. Kamu bisa menjadi freelance graphic designer. Melihat perkembangan media sosial yang sangat pesat sekarang, kamu juga bisa membuka jasa untuk membuat konten media sosial untuk online shop. 

5. Traveling

Hobi yang satu ini sudah jelas harus mengeluarkan uang yang cukup banyak. Bahkan meskipun kamu merupakan traveler low budget yang selalu jalan-jalan dengan gaya backpacker, kamu tetap butuh uang untuk transportasi, akomodasi, dan banyak pengeluaran lainnya. Ada beberapa ide bisnis dari hobi traveling ini!

Pertama, kamu bisa membuat konten tentang perjalananmu, baik itu dalam bentuk tulisan maupun video. Jika kamu suka jalan-jalan hingga ke luar negeri, bisnis jasa titip juga bisa kamu coba. Sudah banyak traveler yang merasakan jalan-jalan gratis dengan berbisnis jastip ini.

6. Memasak

Sebagian orang menganggap masak bukan hanya basic life skill, tapi bisa juga jadi aktivitas yang menyenangkan. Kalau kamu punya hobi masak, tidak ada salahnya bisnis kuliner. Kamu pastinya akan lebih senang ketika lebih banyak orang dapat menikmati hasil masakan kamu.

Bisnis kuliner ada banyak jenisnya dengan skala yang berbeda-beda. Bisa membuka restoran, buka jasa katering, atau berjualan makanan online atau melalui aplikasi yang punya fitur delivery makanan.

7. Membuat Kue

Masak dan membuat kue adalah hal yang sama-sama dilakukan di dapur, tapi belum tentu kamu suka keduanya. Sama halnya seperti masak, baking atau membuat kue juga bisa jadi hobi yang menghasilkan uang. Makanan jenis ini bahkan lebih mudah dipasarkan secara online. Pada musim liburan, kamu juga bisa menawarkan hampers kue yang sedang kekinian.

8. Otomotif

Selain merogoh kocek yang dalam, punya hobi otomotif juga bisa mendatangkan banyak uang. Bisnis yang cocok untuk kamu yang punya hobi di bidang ini adalah seperti bengkel reparasi dan modifikasi, salon kendaraan, penyewaan kendaraan, aksesori kendaraan, hingga jual beli kendaraan itu sendiri.

9. Olahraga

Hobi olahraga ada banyak jenisnya dan setiap jenis ini dapat mendatangkan ide bisnis yang berbeda-beda tentunya. Jika memiliki modal yang cukup besar, kamu bisa mencoba bisnis toko alat olahraga, membangun fitness center, hingga penyewaan sarana olahraga seperti lapangan futsal atau kolam renang. Jika ingin memulai dari skala yang lebih kecil, bisa dimulai dengan mencoba menjual alat olahraga dan baju olahraga yang ditawarkan online.

10. Crafting

Crafting atau membuat kerajinan tangan adalah kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang di rumah. Kamu juga bisa mendatangkan cuan dengan hobi yang satu ini. Caranya adalah tentu dengan menjual kerajinan tangan yang kamu buat. 

Jenis kerajinan yang dibuat bisa mengikuti tren. Contohnya di masa pandemi ini, selain aksesori seperti gelang atau kalung, strap mask juga menjadi salah satu yang dicari.

11. Memancing

Ide hobi jadi bisnis selanjutnya berasal dari hobi memancing. Bisnis dari hobi ini juga bisa berskala besar maupun kecil. Kamu bisa membuka pemancingan untuk bisnis skala besar, sedangkan untuk bisnis skala kecil dan menengah kamu bisa mencoba menjual alat memancing.

12. Memelihara Hewan

Apakah kamu suka bermain dengan hewan? Coba jadikan hobi ini jadi bisnis yang menyenangkan. Pertama, kamu bisa mencoba membuka jasa penitipan hewan. Kedua, kamu juga bisa menjual makanan dan mainan hewan. Ketiga, kamu bisa mencoba membuka jasa salon hewan.

13. Bermain Musik atau Bernyanyi

Ada banyak jalan untuk menghasilkan uang dari bisnis yang satu ini. Kamu bisa membentuk grup musik yang menawarkan jasa untuk mengisi acara seperti pernikahan. Kamu juga bisa menjadi content creator yang membuat cover lagu dan mengunggahnya ke YouTube.

14. Fashion

Jika kamu punya minat dalam bidang fashion, cobalah untuk terjun dalam bisnis fashion. Kamu yang suka mendesain baju bisa mencoba membangun clothing brand-mu sendiri. Jika kamu suka mix and match baju dan membagikan foto OOTD-mu, kamu juga bisa jadi fashion influencer. 

15. Bermain Game

Main game bisa menjadi hobi yang bisa sangat menyita waktu dan juga uang. Kalau skills kamu sudah mumpuni, cobalah untuk membuat blog maupun channel YouTube yang gaming. Selain itu, kamu juga bisa mencoba bisnis rental perangkat game.

16. Video Editing

Punya kemampuan video editing dan menganggapnya sebagai hobi? Kamu beruntung dan jelas bisa menghasilkan uang dari hobi yang satu ini. Coba buka jasa video editing atau buat konten videomu sendiri untuk menghasilkan uang dari YouTube.

17. Wisata Kuliner

Hobi wisata kuliner alias hobi makan juga dapat mendatangkan uang. Sama seperti beberapa hobi sebelumnya, kamu bisa membuat konten yang bisa mendatangkan uang dari hobi wisata kuliner ini. Bayangkan kalau kamu bisa wisata kuliner dengan gratis dan mencoba lebih banyak makanan dengan menjadi food vlogger atau food blogger.

18. Membaca Buku

Membaca buku adalah hobi yang sangat bermanfaat karena dapat memperluas wawasanmu. Manfaat lain yang bisa kamu dapat adalah mendapatkan uang dari hobi satu ini.

Kamu bisa membuat blog yang berisikan konten review buku. Jika ingin lebih mudah dan kekinian, kamu juga bisa membuat akun Bookstagram di Instagram yang memberikan informasi tentang buku-buku bagus kepada para bookworm (pecinta buku).

19. Menggunakan Make Up

Bagi sebagian orang, make up bukan hanya sekedar alat untuk mempercantik diri, tapi juga sebagai hobi. Industri make up yang semakin pesat kini membuat para pecinta make up memiliki banyak peluang bisnis. Jika melihat peluang, kini jasa MUA sedang banyak dicari. Cara lainnya, bisa juga menjadi seorang beauty influencer

Ketika namamu sudah besar sebagai MUA maupun beauty influencer, bakal banyak brand make up yang ingin bekerja sama. Bukan tidak mungkin kamu bisa memiliki brand sendiri di kemudian hari.

20. Menonton Film

Hobi menonton film bisa mendatangkan uang dengan cara yang kurang lebih sama dengan hobi baca buku. Kamu bisa mendatangkan uang dengan membuat konten terkait film. Jika kamu lebih suka menulis, kamu bisa membuat blog dengan konten terkait film mulai dari review, rekomendasi, hingga info terbaru seputar dunia film.

Review film tidak hanya bisa dibuat dalam bentuk tulisan, kini sudah banyak juga channel YouTube yang menyajikan konten review film. Bisa dicoba untuk kamu yang juga tertarik membuat konten dalam bentuk video.

21. Membuat Gerabah

Hobi jadi bisnis selanjutnya adalah hobi membuat gerabah. Tergolong klasin, namun masih ada orang yang menikmati hobi satu ini karena memang menyenangkan dan menenangkan. Beberapa jenis kerajinan gerabah adalah seperti pot bunga, guci, celengan, kendi, dan masih banyak lagi.

22. Mendekor

Hobi mendekor bisa kamu jadikan bisnis yang menyenangkan. Kamu bisa mencoba bisnis seperti party planner yang biasanya mengurusi acara seperti ulang tahun, bridal shower, baby shower, lamaran, dsb. Cukup buat beberapa tema dekorasi yang bisa dipilih oleh pelanggan atau kamu juga bisa membuatnya sesuai dengan tema yang pelanggan inginkan.

Bisnis party planner skalanya memang tidak terlalu besar, tapi nantinya kamu bisa mengembangkannya menjadi event atau wedding organizer.

23. Belanja

Hobi belanja adalah hobi yang boros karena kita harus mengeluarkan banyak uang. Lalu, bagaimana caranya mengubah jadi cuan?

Jawabannya mudah! Kamu bisa coba untuk buak jasa titip atau jastip. Meskipun berbelanja untuk orang lain, tapi kamu masih bisa merasakan kepuasan dari belanja, bukan? Keuntungan lainnya adalah kamu bisa mendapatkan uang dari jasa tersebut.

Jasa titip ini tidak hanya dapat kamu lakukan untuk belanja langsung ke toko. Kamu juga bisa membuka jasa titip belanja online untuk barang yang dijual di luar negeri. Umumnya pembayaran internasional dilakukan menggunakan kartu kredit, tapi tentu tidak semua orang memilikinya. Jika kamu memiliki credit card, kamu bisa membuka jasa titip untuk e-commerce, seperti Amazon atau Ebay.

24. Membuat Konten Social Media

Perkembangan teknologi membuat semakin banyak orang menghabiskan waktu untuk menggunakan social media. Terkadang tanpa sadar kita menghabiskan sangat banyak waktu hanya untuk scrolling dan melihat berbagai posting-an yang belum tentu penting. Ada baiknya kamu memanfaatkan waktu ini juga untuk mendapatkan uang.

Ide bisnis dari hobi main socmed yang pertama adalah tentu saja menjadi influencer. Namun jika kamu bukan orang yang tertarik menjadi terkenal, kamu juga bisa membuka jasa untuk membuat konten social media. Banyak pelaku bisnis, terutama yang baru mencoba memasarkan bisnisnya secara online, membutuhkan jasa ini.

25. Menjadi Kolektor

Menjadi kolektor benda apa pun itu sangat berpotensi menjadi hobi yang menghabiskan banyak uang. Jangan biarkan hal ini terjadi. Jadilah kolektor yang pandai jika kamu ingin menjadikan hobi ini sebagai cara untuk mendapatkan uang.

Sebagai seorang kolektor, kamu harus dapat membedakan barang mana yang berpotensi nilainya semakin tinggi dan yang tidak. Jadi pastikan kamu mengoleksi barang yang nantinya dapat dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada harga saat kamu membelinya. 

26. Merajut

Hobi satu ini identik dengan perempuan, tapi sebenarnya bisa juga dilakukan oleh laki-laki juga. Merajut membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi, maka tak heran hasil rajutan menjadi benda yang bernilai tinggi.

Jika kamu memiliki hobi satu ini, manfaatkan dengan cara menjual karya yang kamu buat. Kamu bisa membuat tas, sweater, kaos kaki, dompet, dan hingga hiasan dinding dengan teknik ini.

27. Aquascaping

Pernah dengar tentang aquascaping? Bagi kamu yang juga hobi memelihara ikan di aquarium mungkin sudah tidak asing dengan teknik satu ini. Aquascaping adalah teknik mengatur tanaman, batu, kayu, dan benda lain untuk mempercantik aquarium.

Hobi satu ini jelas sangat potensial dijadikan bisnis. Kamu bisa menjual aquarium yang sudah dihias dengan aquascaping kepada orang-orang yang ingin mempercantik rumahnya dengan aquarium.

28. Berkebun

Ide hobi jadi bisnis satu ini juga sudah ada dari dulu, tapi semakin hari semakin diminati banyak orang. Seperti yang kita tahu, pandemi yang mengharuskan kita di rumah saja, membuat banyak orang memiliki hobi. Salah satu yang paling banyak diminati adalah hobi berkebun. Ide bisnisnya ada banyak, mulai dari menjual bibit, pohon, pupuk dan media tanam, hingga alat-alat berkebun.

Itu dia berbagai hobi yang bisa dijadikan binis potensial. Apakah salah satunya adalah hobimu? Jika ya, jangan ragu untuk memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan. Mewujudkan ide bisnis dari hobi dapat kamu mulai dari langkah kecil lebih dulu.

Masih bingung mulainya dari mana? Segera buat akun media sosial dan buka toko online untuk mempromosikan bisnis lebih efektif. Sebagai pemula, kamu bisa buat website toko online gratis di Praktisidigital. Tidak perlu biaya atau setting apa pun, lho!