11 Peluang Bisnis K-Pop Potensial untuk Para K-Popers


Peluang bisnis K-Pop adalah salah satu jenis usaha yang bisa mendatangkan untung besar. Semakin banyaknya lagu baru maupun idol baru membuat fans K-Pop semakin banyak, termasuk K-Popers di Indonesia. Kalau kamu adalah K-popers, tak ada salahnya coba lirik bidang usaha yang satu ini. Kira-kira apa saja yang bisa dijual?

Rekomendasi Peluang Bisnis K-Pop yang Potensial

1. Jual Album K-Pop

Peluang usaha K-pop yang pertama adalah tentu saja menjual album. Membeli album dapat menjadi bentuk dukungan fans terhadap idolanya. Selain itu, penjualan album juga hingga kini masih dijadikan sebagai salah satu alat ukur popularitas sebuah grup di dunia musik.

Kamu bisa menjual album dengan sistem pre-order karena biasanya e-commerce Korea yang menjual album sudah melakukan PO beberapa minggu sebelum album resmi dirilis. Setelah barang rilis dan dikirim, maka akan memakan waktu sekitar 2-4 minggu untuk pengiriman dari Korea Selatan ke Indonesia tergantung dari jasa ekspedisi yang dipilih.

2. Photo Card K-Pop

Photo card adalah salah satu item wajib yang dikoleksi oleh para K-popers. Biasanya photo card bisa didapatkan dari album, tapi ada juga yang didapatkan dari berbagai event atau bahkan dari pembelian produk tertentu hasil kerja sama brand dengan idol.

Photo card kini banyak diburu para kolektor barang K-pop. Salah satu cara mendapatkan photo card yang harganya terjangkau adalah dengan membeli langsung pada sesama kolektor yang berasal dari Korea Selatan, Cina, Thailand, atau bahkan beberapa negara Asia lainnya.

BACA JUGA :  15 Bisnis Makanan Korea yang Hits, Pasti Laku!

Kamu membutuhkan jasa forwarder atau warehouse untuk mengurus pengiriman barang dari negara tersebut ke Indonesia agar ongkos kirimnya tidak terlalu mahal. Saat barang sudah sampai di Indonesia, kamu bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

3. Tiket Konser

Peluang bisnis K-pop selanjutnya adalah jualan tiket konser. Memang di masa pandemi ini konser offline masih belum diperbolehkan, tapi sudah banyak idol yang mengadakan konser online dan antusiasme fans pun tidak berkurang.

Tiket konser biasanya juga dijual bersama dengan merchandise dari event tersebut. Jadi selain menjual tiketnya, kamu juga bisa menjual barang-barang tersebut.

4. Jual Light Stick K-Pop

Light stick dapat dikatakan sebagai salah satu identitas K-Popers. Umumnya light stick ini dibawa ketika konser. Ketika konser online pun para fans akan membawa light stick agar suasana konser tetap hidup.

Bisnis jualan lightstick K-pop tergolong potensial karena light stick dapat dikatakan sebagai starter pack seorang fangirl maupun fanboy.

5. Jual Fan Kit Membership

Setiap idol biasanya memiliki fan kit membership yang bisa dibeli oleh fans. Jadi, para fans bisa terdaftar secara official dengan adanya membership ini.

Keuntungan dari membership dan isi fan kit ini bisa berbeda-beda ya setiap idol. Biasanya fan kit ini akan dikeluarkan setiap tahun, jadi jika fans ingin memperpanjang membership, harus membeli lagi fan kit di tahun selanjutnya. 

6. Jual Beragam Official Merchandise K-Pop

Selain light stick dan fan kit, masih ada banyak official merchandise K-pop lainnya.

Ada merchandise yang dikeluarkan rutin setiap tahun seperti Season Greeting yang pada dasarnya merupakan kalender, ada merchandise khusus event, ada juga merchandise yang dirilis sebagai pelengkap album, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA :  16 Ide Bisnis Kue Kering yang Paling Laris di Pasaran

Sama halnya seperti album, kamu juga bisa menjual official merchandise ini dengan sistem pre-order.

7. Hand Banner

Hand banner yang berisikan slogan adalah benda wajib lain yang biasanya dibawa saat konser. Keberadaan banner berisikan slogan ini biasanya adalah untuk memberikan semangat pada para idol.

Selain bisa digunakan ketika konser offline maupun online, banner ini biasanya juga dipasang ketika fans menjalani fansign online dengan idol. Tak hanya itu, banyak juga yang memajang hand banner di kamar. Nah, pada umumnya banner ini diproduksi oleh fanbase dari seorang idol

8. Jual Baju K-Pop

Ada beberapa bisnis baju yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Bisnis baju yang termasuk ke dalam merchandise K-pop official. Biasanya baju ini diproduksi oleh brand yang bekerja sama dengan idol.
  • Jual baju dengan desain sendiri. Contohnya, kaus dengan sablon ilustrasi gambar idol.
  • Jual baju yang sama dengan yang dipakai idol, jadi temanya adalah steal-the-look dari idol

9. Membuat Fan Account

Fan account di media sosial bisa menjadi salah satu peluang bisnis K-pop juga!

Kalau kamu adalah tipe yang senang posting tentang idola di media sosial, tak ada salahnya coba buat fan account yang selalu update tentang kabar terbaru idola kamu. Setelah mendapatkan banyak followers, kamu bisa memanfaatkan akun tersebut untuk mendapatkan uang layaknya seorang influencer.

10. Menjual Makanan/Minuman Korea

Juaalan makanan khas Korea juga bisa jadi peluang bisnis menjanjikan karena tidak sedikit pecinta K-pop yang menyukainya.

Tak dapat dipungkiri kini makanan khas Korea semakin banyak diminati di Indonesia. Jika masih kesulitan memproduksi sendiri, kamu bisa mencari supplier untuk menjadi reseller makanan Korea.

BACA JUGA :  17 Peralatan Usaha Laundry Kiloan, Jadi Peluang Bisnis!

Jika kamu jeli, coba cari tahu brand makanan atau minuman yang bekerja sama dengan idol K-Pop baik di Korea maupun Indonesia. Biasanya para fans akan mendukung idol mereka dengan cara membeli produk tersebut.

11. Jual Produk dari Korea

Kalau kamu sudah punya akses mudah untuk belanja barang dari Korea Selatan, tak ada salahnya kamu juga menjual barang dari Korena lainnya. Contohnya, kamu bisa buka jastip Korea, seperti baju, tas, sepatu hingga skin care.

Sama halnya dengan jual makanan Korea, kamu juga harus tahu kerja sama antara brand Korea dengan para idol. Kebanyakan dari fans tidak punya memiliki akses langsung untuk belanja dari Korea untuk membeli barang yang digunakan oleh sang idol. Tentu ini akan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan!

Nah, itu dia berbagai ide bisnis merchandise K-Pop dan beberapa barang lain yang bisa kamu jual. Mana yang akan kamu coba?

Apa pun yang kamu jual, sebaiknya langsung buat website toko online gratis di Praktisidigital. Memariknya, kamu tidak perlu mengerti IT dan coding karena cukup upload produk. Website dari Praktisidigital juga bisa membantu kamu mengelola sistem PO album dan merchandise K-Pop, lho!