22 Bisnis Makanan yang Cocok Dijual Saat Bulan Puasa


Ada banyak bisnis makanan yang cocok dijual saat bulan puasa, seperti aneka menu takjil, lauk pauk, dan pastinya minuman dingin. Tertarik berbisnis di bulan Ramadan? Segera cek apa saja ide jualan makanan menu berbuka!

Makanan yang Cocok Dijual Saat Bulan Puasa

Di bulan Ramadan umat muslim melaksanakan puasa dan ada perubahan pola makan yang signifikan. Biasanya, mereka juga akan mencari menu makanan untuk berbuka dan sahur. 

Bisnis kuliner di bulan Ramadan pun dinilai menjanjikan. Terutama menu makanan dan minuman yang memang hanya ada di bulan puasa saja. 

Berikut ide jualan makanan bulan puasa yang menguntungkan:

1. Kolak 

Kolak adalah salah satu menu takjil yang paling banyak diminati. Ada berbagai macam jenis kolak, termasuk kolak pisang, kolak ubi, kolak singkong, kolak candil, kolak durian, dan sebagainya. 

Pedagang kolak mulai ramai berjualan di sore hari, baik di pinggir jalan, pasar, atau pun bazar Ramadan. Biasanya dijual dalam kemasan gelas kecil atau plastik. 

2. Gorengan

Walaupun bukan pilihan makanan yang sehat untuk buka puasa, tapi banyak sekali peminat gorengan. Biasanya dimakan sebagai menu pembuka sebelum makan makanan berat. 

Berbagai jenis gorengan seperti tempe, tahu, risol, pastel, singkong, bakwan, dan lainnya hampir selalu laris. 

Kamu bisa tambahkan menu gorengan kekinian, seperti pisang goreng pasir, churros, cireng mozzarella, risol mayo, corn dog, dan sebagainya. 

Cara membuatnya cukup mudah, kamu bisa mencoba bisnis kuliner ini di bulan puasa. Pastikan juga bahan makanan higienis, tidak terlalu berminyak, dan dikemas sesuai standar. 

3. Bubur Sumsum

Bubur sumsum adalah makanan yang cocok dijual saat bulan puasa. Bukan termasuk makanan berat, tapi cukup untuk mengganjal perut saat buka puasa. Rasanya juga manis, gurih, dan enak.

4. Kurma dan Olahannya

Buah kurma disarankan dikonsumsi untuk berbuka puasa, sebanyak 3 buah. Manfaat kurma untuk memulihkan stamina setelah tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman selama belasan jam. 

Kurma juga mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, B, C, sera, zinc, potassium, dan sebagainya. 

Olahan kurma juga mulai laris di pasaran sebagai alternatif menu buka puasa yang sehat. Contohnya, jus kurma, susu kurma, smoothie kurma, wedang kurma, atau pisang goreng kurma. Tertarik untuk coba bisnis ini?

5. Timun Suri

Timun suri adalah buah khas di bulan puasa, biasanya dijadikan campuran minuman dingin. Mau jualan buah timun suri atau es timun suri, keduanya sangat dicari untuk menu buka puasa. 

6. Jajanan Pasar

Berikut ini daftar makanan yang cocok dijual saat bulan puasa dalam kategori jajanan pasar:

  • Lupis
  • Dadar gulung 
  • Klepon 
  • Bolu kukus
  • Lemper 
  • Nagasari 
  • Kue lapis 
  • Kue lumpur 
  • Dadar jagung 
  • Kroket 
  • Apem 
  • Serabi 
  • Cucur 
  • Kue ku 
  • Wingko 
  • Getuk 
  • Kue talam 
  • Gemblong 
  • Panada
  • Kue pancong 
  • Kue cubit 
  • Pukis 

Tentu masih banyak lagi jenis jajanan pasar yang cocok untuk tambahan menu buka. Kamu bisa mulai jualan salah satu menu itu atau beberapa menu sekaligus. 

Plus, sebagian orang cenderung akan membeli banyak karena harga satuannya sangat terjangkau dan semuanya terlihat enak. 

7. Agar-Agar dan Puding

Kamu bisa coba jualan agar-agar untuk buka puasa. Beri variasi seperti agar-agar dengan santan atau pun topping buah. 

Puding juga banyak peminatnya karena rasanya enak, manis, lembut, dan terasa melegakan saat dimakan untuk buka puasa.

8. Pilihan Takjil Sehat

Ide jualan makanan bulan puasa selanjutnya adalah menu takjil sehat, termasuk:

  • Bubur kacang hijau
  • Salad buah atau salad sayur 
  • Kolak tanpa santan 
  • Lumpia buah basah 
  • Smoothies buah
  • Sup sayur 

Berikan konsumen pilihan lain untuk buka puasa yang lebih sehat. Ini juga akan membedakan kios kamu dengan pedagang lain. 

9. Buah-buahan

Buah-buahan tentu mengandung banyak vitamin dan mineral. Buah juga punya rasa manis alami yang menyehatkan. 

Konsumsi buah-buahan menjadi lebih penting lagi untuk buka puasa atau sahur agar tubuh tetap berstamina dan menjaga pencernaan tetap lancar. 

Selain jual buah-buahan utuh, kamu bisa jual macam-macam buah potong dalam kemasan praktis. Jual olahan buah seperti jus, smoothies, atau salad juga akan laris. 

10. Kue Kering

Bisnis kue kering untuk lebaran biasanya laku keras. Mengingat ada tradisi berbagai sajian kue kering seperti nastar, kue putri salju, kue kacang, cookies coklat, atau kastengel di hari lebaran. 

Kamu sudah harus mempromosikan bisnis kue kering kamu jauh-jauh hari menjelang bulan puasa. Kamu bisa buka sistem pemesanan lebih dulu atau pre order (PO). 

11. Dessert Box

Dessert box terbilang jenis makanan kekinian, tapi boleh juga kamu tetap pasarkan di bulan puasa. Dessert box memiliki rasa yang manis dan tekstur lembut, cocok untuk camilan berbuka puasa, sahur, atau di malam hari setelah sholat Tarawih. 

Berikan diskon spesial bulan Ramadan agar konsumen tetap tertarik. Juga berkreasi menciptakan dessert box spesial Ramadan, misalnya topping kurma. 

12. Biji Salak 

Biji salak adalah takjil buka puasa yang lezat dengan tekstur kenyal tapi lembut. Biasanya disajikan bersama kolak pisang atau bubur sumsum.

Harganya juga terjangkau, bahkan anak-anak hingga orang tua juga menyukainya. 

Bila kamu tertarik untuk menjualnya, sebaiknya sajikan menu otentik tradisional karena itu yang paling diminati. Dengan bahan utama ubi, gula merah, santan kental, dan aroma khas daun pandan.

13. Makanan Khas Buka Puasa

Di berbagai daerah ada menu khas buka puasa masing-masing. Nah, sesuaikan dengan minat dan permintaan menu di wilayah kamu. Misalnya:

  • Ketan bintul khas Banten. 
  • Kicak dari Yogyakarta.
  • Bubu pacar cina takjil khas Betawi. 
  • Barongko yang lezat khas Makassar. 
  • Mi glosor dari Bogor. 
  • Kue bingke khas Pontianak.
  • Bongko kopyor khas Gresik. 

14. Berbagai Menu Street Food

Kamu bisa meneruskan bisnis kuliner kamu yang sudah dijalani, karena makanan apapun cenderung akan laku terutama untuk buka puasa. 

Berbagai menu khas kaki lima pun banyak dicari, seperti bakso, mie ayam, ketoprak, batagor, siomay, gado-gado, sate, soto, ketupat sayur, dan sebagainya. Agar lebih laris lagi, kamu bisa ikut jualan di bazar/pasar Ramadan.

15. Aneka Lauk-pauk

Tidak hanya takjil, jual lauk-pauk juga akan laris di bulan puasa. Pasalnya, tidak semua orang akan masak di rumah atau pun sedang bosan makan makanan rumahan. 

Ada banyak menu makanan yang cocok dijual saat bulan puasa, termasuk tumis-tumisan, sayur berkuah, semur, rendang, urap sayur, pecel, dan sebagainya.

16. Menu Paket Ramadan 

Siapkan menu spesial Ramadan untuk buka puasa, apapun bisnis kuliner yang sudah kamu jalani. Sekaligus berikan diskon spesial. 

Misalnya, paket nasi plus lauk dan es teh dengan harga lebih terjangkau dari biasanya. Kamu juga bisa berikan takjil gratis. Selain untuk promosi, ini juga bentuk berbagi dari toko kamu.   

17. Paket Buka Puasa Bersama 

Pebisnis kuliner harus punya banyak inovasi dan memanfaatkan momen. Alih-alih menjual porsi kecil, kamu bisa jual versi makanan dalam porsi yang lebih besar untuk menu buka puasa bersama. 

Misalnya, nasi tumpeng untuk 9-10 porsi, bakso dandang untuk 4-5 orang, sushi tower, atau menu lainnya dalam porsi besar dan ditata yang cantik. Target pasar kamu adalah para komunitas, kelompok, atau tim reuni yang akan bukber. 

18. Aneka Jus Buah

Pasti sangat segar berbuka puasa dengan jus buah yang manis dan dingin. Jus buah juga lebih sehat, lho!

Jus buah sehat yang cocok untuk buka puasa adalah jus apel, jus pisang, jus alpukat, jus jambu, jus semangka, dan sebagainya. 

19. Es Buah

Salah satu jenis minuman yang paling laris untuk buka puasa adalah es buah. Potongan buah melon, blewah, apel, melon, anggur, alpukat, dan kelapa yang disatukan dengan sirup manis dan disajikan dingin sangat nikmat untuk buka puasa. 

20. Es Pisang Ijo 

Es pisang ijo adalah jajanan khas dari Makassar yang banyak diminati untuk sajian berbuka puasa. Rasanya manis, segar, dan juga mengenyangkan. Cocok dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan. 

21. Es Cendol atau Dawet 

Minuman yang cocok dijual saat bulan puasa adalah es cendol atau cendol dawet. Minuman khas Jawa Barat ini memiliki rasa yang manis, legit, dan segar. 

Bulir-bulir yang terbuat dari tepung beras atau tepung beras ketan itu juga memiliki tekstur yang lembut, enak, dan lumayan untuk ganjal perut sebelum makan makanan besar pas buka puasa. Plus, ada potongan alpukat dan nangka yang nikmat. 

Kamu bisa menjualnya dalam gelas-gelas kecil. Hal yang harus diperhatikan adalah rasa cendol dawet harus autentik karena itu yang paling disukai konsumen.

22. Es Kelapa Muda 

Es kelapa muda adalah salah satu minuman favorit di untuk buka puasa. Rasanya tidak terlalu manis dan segar. Potongan kelapa muda juga sangat enak dan lembut. 

Selain rasa original, kamu bisa berkreasi dengan tambahan rasa lain seperti es kelapa dengan perasa jeruk, potongan alpukat, atau pun nangka. 

Hal yang terpenting adalah kamu harus pakai kelapa muda, agar konsumen puas dan pasti akan balik lagi membelinya di lain waktu. 

Ingat strategi pemasaran word of mouthdi mana konsumen akan menceritakan ke teman-teman atau keluarganya bila ada tempat es kelapa muda yang enak dan harganya terjangkau. 

Itulah berbagai ide jualan makanan bulan puasa. Kamu tertarik memulai bisnis apa?

Tentunya kamu harus adaptasi dengan sistem bisnis online di era digital ini jika ingin bisnis kamu berjalan lancar. Salah satunya dengan toko online yang dapat terintegrasi dengan media sosial atau akun e-commerce juga. 

Melalui toko online, kamu bisa berjualan tanpa batas dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Jangan khawatir, ada Praktisidigital sebagai penyedia platform solusi e-commerce tercanggih di Indonesia yang bisa bantu kamu jualan online sampai cuan!

Cara buatnya mudah, kamu cukup klik daftar, isi data diri, dan unggah beberapa katalog jualan pertama kamu. Kamu bisa pilih template desain yang sesuai dengan branding toko kamu, ada lebih dari 100 pilihan desain juga. 

Praktisidigital juga memberi banyak fasilitas yang mendukung bisnis online jadi mudah, termasuk  termasuk payment gateway, banyak pilihan jasa pengiriman, dan dukungan fitur digital marketing lengkap. Yuk, segera buat toko online gratis sekarang!