10 Ide Bisnis Iduladha: Bukan cuma Jual Kambing Kurban!


Ide bisnis Iduladha yang paling umum adalah jualan hewan kurban. Jika kamu ingin memanfaatkan momen menjelang Iduladha, sebenarnya masih ada banyak peluang usaha lain yang bisa dipilih. Ketahui apa saja peluang usahanya untuk meraih keuntungan yang maksimal!

Ide Bisnis Iduladha yang Bikin Untung

1. Jual Hewan Kurban

Menjual hewan kurban seperti kambing, domba, atau sapi memang masih menjadi pilihan bisnis pertama yang bisa dilakukan menjelang Iduladha. Tidak dapat dipungkiri bahwa ini adalah salah satu jenis bisnis yang paling menjanjikan setiap tahunnya, meskipun memang membutuhkan modal yang juga cukup banyak.

Apabila belum punya modal untuk bisnis ini, kamu bisa mencoba menjadi broker atau reseller yang menjadi perantara antara calon pelanggan dan penjual hewan. Sebelum menjualnya, pastikan bahwa hewan tidak sakit, cacat, dan sesuai dengan syarat kurban!

2. Penitipan Hewan Kurban

Selain bisnis jual-beli hewan kurban, penitipan hewan kurban juga dianggap sebagai bisnis menjelang Iduladha yang cukup menjanjikan. Banyak orang yang membeli hewan kurban beberapa waktu sebelum Iduladha, tapi tidak memiliki lahan untuk menyimpannya. 

Kamu bisa membuka bisnis ini dengan bermodalkan lahan kosong yang cukup luas. Bukan hanya menyediakan tempat, kamu juga harus memberi makan dan merawat hewan tersebut sampai hari H. Dihimpun dari berbagai sumber, perawatan sapi dapat dikenakan tarif hingga Rp1,5 juta untuk 2 minggu, sedangkan kambing Rp500 ribu untuk 2 minggu.

3. Peralatan Ibadah

Tidak hanya saat momen Idulfitri, penglengkapan ibadah juga banyak diburu saat Iduladha. Tentu tidak salah jika banyak yang ingin memiliki penampilan terbaik dengan peralatan ibadah baru saat salat Id. Ini juga merupakan bentuk antusiasme dalam menyambut hari raya. Jenis peralatan ibadah yang dimaksud dapat berupa mukena, sajadah, dan sarung.

4. Pakaian Muslim

Ide bisnis Iduladha yang juga tidak kalah menjanjikan adalah bisnis pakaian muslim. Selain peralatan ibadah yang baru, ada juga yang menunjukkan antusiasme menyambut hari raya dengan menggunakan pakaian muslim baru. Kamu dapat berjualan gamis, kaftan, baju koko, peci, dan banyak jenis baju muslim lainnya.

5. Katering Makanan Iduladha

Sama halnya seperti Idulfitri, biasanya makanan khas Lebaran juga tersedia saat Iduladha. Hal ini disebabkan karena Iduladha juga menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga. Makanan ini dapat berupa ketupat, rendang, opor, dan masih banyak lagi.

Banyak orang yang sibuk bahkan hingga menjelang hari Iduladha, sehingga tidak sempat untuk memasak. Kamu bisa memanfaatkan ini sebagai peluang untuk membuka jasa katering makanan Lebaran.

6. Kemasan Daging Ramah Lingkungan

Panitia kurban Iduladha membutuhkan kemasan daging dalam jumlah yang sangat banyak. Penggunaan plastik dianggap tidak ramah lingkungan dan sudah mulai dikurangi di beberapa daerah. Menjual kemasan daging kurban yang ramah lingkungan dapat menjadi ide bisnis sekaligus mendukung misi pengurangan sampah plastik.

Benda yang dapat digunakan sebagai kemasan daging kurban adalah besek dan daun pisang. Kamu dapat menawarkan kemasan ini ke panitia kurban yang ada di sekitar lingkungan rumahmu atau dapat juga memasarkan secara online.

7. Bumbu Siap Pakai

Ide bisnis Iduladha satu ini tidak berbeda jauh dengan poin sebelumnya. Jika kamu tidak dapat memasak dalam jumlah yang banyak, kamu juga bisa menjual bumbu siap pakai. Bumbu ini dapat digunakan untuk masak makanan Lebaran atau mengolah daging kurban. Gunakan sistem pre-order dan pasarkan produk ini jauh hari sebelum Iduladha, sehingga pada hari H bumbu sudah tersedia dan kamu hanya tinggal menggantarkan pada pelanggan.

Beberapa bumbu yang paling dibutuhkan saat Iduladha adalah seperti bumbu sate, rendang, gulai, dan bumbu untuk mengolah daging lainnya. Namun kamu juga bisa membuat bumbu-bumbu lain sesuai permintaan pelanggan bila mereka ingin berkreasi dengan resep lainnya.

8. Oleh-Oleh Haji

Iduladha adalah waktu di mana umat Muslim melakukan ibadah haji. Umumnya orang yang pulang dari ibadah haji akan membawa oleh-oleh seperti air zam-zam, kurma, cokelat, kacang arab, dan masih banyak lagi. 

Banyak orang yang kesulitan membawa banyak oleh-oleh langsung dari tanah suci, sehingga lebih memilih membeli oleh-oleh yang sudah diimpor ke Indonesia. Mengingat di masa pandemi ini kegiatan haji belum berjalan dengan normal, kamu bisa menyimpan ini sebagai ide bisnis di masa depan ketika ibadah haji kembali normal.

9. Jasa Pengolahan Daging

Ada banyak orang yang mendapatkan daging kurban namun tidak memiliki waktu untuk mengolahnya. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk membuka jasa pengolahan daging kurban. Jadi pelanggan memberikan daging mentah dan kamu mengembalikannya dalam bentuk masakan. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini tidak terlalu besar karena kamu hanya perlu menyediakan bumbu-bumbu untuk memasak. 

10. Peralatan Membuat Sate

Peralatan membuat sate adalah salah satu yang paling dicari pada hari Iduladha. Membuat sate bukan sekadar mengolah daging kurban, tapi sudah seperti tradisi Iduladha di Indonesia. Maka dari itu, menjual peralatan sate dapat menjadi peluang yang bagus saat Iduladha. Kamu bisa menjual arang, batok kepala, tusuk sate, kipas, hingga panggangan.

Itu dia berbagai ide bisnis Iduladha yang bisa kamu coba. Mana bisnis yang paling menarik menurutmu? Kalau kamu merasa terlalu mepet, kamu bisa mulai merintis dari sekarang, sehingga bisa meraup keuntungan berlipat tahun depan.

Buat bisnis kamu lebih terpercaya dengan bikin website toko online di Praktisidigital. Sudah banyak loh pebisnis hewan kurban di Praktisidigital. Tunggu apa lagi? Segera daftar gratis di Praktisidigital dan promosikan bisnismu!