31 Ide Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil yang Fleksibel


Usaha sampingan karyawan bisa menjadi cara untuk menambah penghasilan. Sebaiknya pilih usaha yang tidak mengganggu pekerjaan yang dijalani sehari-hari. Tidak semua bisnis membutuhkan modal besar, ada juga yang bisa dilakukan dengan modal minim hingga tanpa modal sama sekali.

Rekomendasi Ide Usaha Sampingan Karyawan

Bisnis sampingan bisa dilakukan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Berikut beberapa ide usaha untuk pekerja kantoran yang bisa dicoba:

1. Agen PPOB

Agen PPOB (point payment online bank) menerima berbagai pembayaran seperti listrik pascabayar, internet, PDAM, BPJS, dan masih banyak lagi. Selain itu, agen ini juga biasanya menyediakan pulsa dan paket data.

Tidak membutuhkan modal yang besar dan bisa dilakukan di sela waktu kerja, bisnis satu ini sangat cocok untuk dijadikan sampingan. Kamu juga hanya memerlukan smartphone untuk menjalaninya. Hanya perlu mendaftar dan deposit sejumlah uang untuk memulai bisnis ini.

2. Jasa Laundry Kiloan

Ide usaha sampingan karyawan yang kedua adalah laundry kiloan. Bisnis ini bisa dimulai dari skala kecil, mulai dari menggunakan satu mesin cuci saja. Kamu mungkin akan memerlukan satu orang karyawan untuk menjalani bisnis ini.

Apabila bisnis sudah semakin berkembang dan pelanggan sudah semakin ramai, jumlah mesin cuci dan karyawan juga dapat ditambah.

3. Kontrakan atau Kost

Usaha satu ini cocok untuk kamu yang memiliki properti tidak terpakai atau banyak kamar kosong di rumah. Bisnis kontrakan atau kost adalah bisnis yang membutuhkan modal yang cukup besar di awal tetapi bisa menjadi investasi jangka panjang. 

Bisnis satu ini tidak membutuhkan perawatan setiap hari sehingga cocok dijadikan bisnis kamu yang masih bekerja sebagai karyawan.

4. Jual Snack

Bisnis selanjutnya adalah menjual snack atau camilan. Sebagai awalan sebaiknya pilih snack yang masa penyimpanannya lama dan tidak cepat basi. Produk ini bisa dijual online maupun ditawarkan pada teman di kantor.

Camilan bisa menjadi teman untuk menemani bekerja sehingga makanan satu ini laku dijual di kalangan pekerja kantoran.

5. Kopi Racikan

Bisnis kopi memang semakin ramai saja belakangan ini. Khusus kamu karyawan yang butuh penghasilan tambahan, menjual kopi racikan sendiri bisa jadi bisnis pilihan. Ini menjadi salah satu alternatif bisnis kopi yang praktis.

Nantinya kopi akan dikemas dalam botol, bisa untuk porsi satu kali minum atau bisa juga porsi satu liter. Kopi literan ini juga banyak diminati karena dianggap lebih ekonomis.

6. Program Afiliasi

Program afiliasi mengharuskan kamu untuk mempromosikan produk berupa barang atau jasa dari sebuah brand. Selanjutnya kamu akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang dijual.

Ini merupakan bisnis yang sangat praktis dan tidak membutuhkan modal. Kamu juga tidak memiliki risiko stok produk tidak laku dan bisa menjalaninya sesuai dengan waktu yang dimiliki.

7. Jual Barang Preloved

Punya banyak barang bekas yang masih layak pakai seperti baju, sepatu, tas, dan aksesori lainnya? Kamu bisa coba untuk berjualan produk preloved.

Setelah toko online kamu mendapatkan banyak perhatian pelanggan, kamu bisa menawarkan orang sekitar seperti teman atau keluarga untuk menjual barang bekasnya melalui tokomu.

Ketika menjual barang preloved, pastikan untuk mendeskripsikan kondisi produk secara rinci pada pelanggan. Apabila ada cacat pada produk, pembeli harus mengetahuinya.

8. Content Creator

Zaman yang serba canggih ini membuat orang lebih mudah untuk menjadi seorang content creator. Apabila kamu merupakan orang yang memiliki kreativitas tinggi, kamu bisa mencoba membuat konten yang menarik di media sosial, bentuknya bisa tulisan, foto, maupun video.

Jenis konten bisa disesuaikan dengan kompetensi yang kamu miliki atau hal yang kamu sukai. Pastikan konten yang dibuat ini bermanfaat dan menarik bagi banyak orang. Seorang content creator akan mendapatkan penghasilan dari AdSense dan juga kerja sama dengan brand.

9. Sewa Perlengkapan Bayi

Bisnis penyewaan barang memang menjadi bisnis yang cocok dijadikan usaha sampingan karyawan. Belakangan ini juga sewa perlengkapan bayi semakin populer.

Semakin banyak orang tua yang mempertimbangkan untuk menyewa dibandingkan membeli barang yang hanya digunakan untuk jangka pendek saja. Beberapa barang yang biasanya disewakan adalah seperti stroller, car seat, box tempat tidur, hingga perlengkapan untuk menyusui. 

10. Sewa Mainan Anak

Selain perlengkapan bayi, sewa mainan anak juga tidak kalah laku. Biasanya mainan anak memang terus berganti seiring dengan bertambahnya usia anak. Selain itu, anak juga bisa cepat bosan dengan mainannya.

Maka dari itu, menyewa mainan bisa jadi solusi untuk para orang tua memenuhi kebutuhan mainan anak. Mainan memang bukan hanya menghibur, tapi juga bisa menjadi alat untuk pembelajaran anak.

11. Bisnis Aksesori Handmade

Apabila kamu termasuk orang yang suka membuat kerajinan tangan, bisnis satu ini mungkin cocok untuk kamu. Kamu bisa menjalani proses produksi sekaligus menyalurkan hobi.

Setelah produk jadi, coba untuk tawarkan secara online. Bisnis ini bisa jadi bukti bahwa hobi juga bisa jadi hal yang mampu menghasilkan uang.

12. Bisnis Cuci Kendaraan

Ide usaha sampingan karyawan selanjutnya adalah bisnis cuci kendaraan. Saat ini bisnis cuci kendaraan tidak harus membutuhkan tempat yang besar. Kamu juga bisa menawarkan jasa cuci kendaraan yang bisa dipanggil ke rumah atau layanan home care.

Jadi yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini adalah alat cuci kendaraan portable. Kamu bisa mempekerjakan orang yang profesional dalam bidang ini untuk pelaksanaannya.

13. Jastip

Jastip atau jasa titip adalah jasa untuk membelanjakan barang tertentu. Biasanya orang menggunakan jasa ini karena tidak sempat berbelanja. Bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan, kamu bisa menjalani bisnis ini setiap akhir pekan dan hari libur.

Tentunya tidak akan sulit terutama bagi kamu yang memang suka berbelanja. Biasanya tarif jastip ini akan dipungut dari setiap barang yang diminta untuk dibelanjakan.

14. Bisnis Rental Kendaraan

Ide bisnis sewa selanjutnya adalah bisnis sewa kendaraan. Semua bisnis sewa memang membutuhkan modal besar di awal tapi bisa juga mendapatkan manfaat jangka panjang. Jika memiliki kendaraan yang tidak terpakai, cobalah untuk menyewakannya. Tawarkan untuk sewa jangka panjang seperti bulanan atau tahunan agar lebih praktis.

15. Ojek atau Taksi Online

Bisnis selanjutnya masih terkait dengan memanfaatkan kendaraan bermotor yang dimiliki. Apabila kamu menempuh perjalanan berangkat dan pulang kantor dengan kendaraan pribadi, tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri sebagai mitra ojek atau taksi online.

Kamu bisa mengambil order di jalan pulang dan berangkat. Pilihlah yang rutenya sesuai dengan rute kantor dan tempat tinggalmu. Paling tidak usaha sampingan ini bisa menutupi biaya transportasi untuk ke kantor setiap hari.

16. Franchise Makanan atau Minuman

Bisnis franchise atau waralaba adalah salah satu cara praktis memulai bisnis, terutama bisnis makanan atau minuman.

Kamu bisa langsung berjualan tanpa perlu menciptakan brand sendiri. Mulailah dengan skala yang lebih kecil dulu dengan mempekerjakan satu karyawan.

Sebelum mulai berjualan, pastikan mencari tempat yang strategis. Pilihlah brand yang popularitasnya memang sudah cukup tinggi, sehingga lebih mudah dalam menjualnya.

17. Make Up Artist

Kemampuan merias sebaiknya tidak disia-siakan, coba tawarkan jasa make up artist. Permintaan MUA di akhir pekan pasti lebih meningkat sehingga bisnis ini bisa dijadikan ide untuk mengisi akhir pekan sekaligus mendapatkan keuntungan.

Satu riasan setiap hari sabtu dan minggu bisa mendatangkan 8-10 proyek riasan setiap bulan. Jumlahnya tentu lumayan karena tarif MUA ini berkisar antara ratusan hingga jutaan rupiah disesuaikan dengan jenis riasan dan kemampuan MUA tersebut.

18. Jual Beli Buku Bekas

Ide usaha sampingan karyawan satu ini sangat cocok untuk kamu yang punya hobi baca buku. Selagi menjalani bisnis ini kamu juga bisa sambil menambah pengetahuan dengan membaca buku-buku tersebut. Kamu juga bisa menyesuaikan waktu berjualan dengan waktu untuk bekerja.

Bisnis ini juga bisa dijalankan secara online, jadi tidak perlu khawatir mengganggu waktu kerja sehari-hari.

19. Bisnis Kue Kering

Kue kering identik dengan kue yang disajikan saat Lebaran. Ini bisa jadi salah satu bisnis musiman. Jadi kamu hanya membuka pre-order di saat menjelang Lebaran. Bukan hanya kue kering dengan kemasan biasa, kamu juga bisa menerima pesanan hampers Lebaran.

Tentunya ini bisa jadi salah satu bisnis pilihan yang tepat untuk mencari uang tambahan menjelang hari raya.

20. Jual Stok Foto

Pecinta fotografi sebaiknya tidak menyia-nyiakan hobi yang satu ini, apalagi jika memiliki peralatan foto yang cukup bagus.

Apabila tidak memiliki waktu untuk menjadi fotografer, bisa mencoba untuk menjual foto konsep dengan berbagai tema. Bisnis satu ini bisa lebih fleksibel dan juga bisa menjadi sumber penghasilan pasif juga.

21. Jual Ilustrasi

Selain menjual stok foto, menjual ilustrasi atau karya dalam bentuk vektor juga dapat dilakukan oleh kamu yang punya hobi menggambar. Sama halnya seperti menjual stok foto, ini juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan pasif.

Nantinya uang akan didapatkan setiap ada yang mengunduh karyamu. Maka dari itu, sebaiknya terus berkarya sebanyak mungkin agar kemungkinan mendapat royalty juga semakin tinggi.

22. Agen Asuransi

Semakin hari semakin banyak orang yang sadar kebutuhan asuransi. Pekerjaan sebagai agen asuransi ini memang tidak harus fulltime. Kamu juga bisa menawarkan asuransi sebagai agen lepas. Komisi akan diberikan untuk setiap paket asuransi yang terjual.

Sebelum memasarkan produk, pastikan kamu mengetahui dengan jelas jenis asuransi yang ditawarkan sehingga pembeli tidak salah memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya.

23. Makelar atau Agen Properti

Selain menawarkan asuransi, menawarkan properti juga bisa jadi bisnis yang menjanjikan. Untung yang didapatkan untuk setiap transaksi penjualan properti ini cukup banyak, bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Bisnis satu ini juga sangat mungkin dilakukan di sela waktu bekerja atau di hari libur. Jadi, tidak perlu mengganggu pekerjaan kantor.

24. Ternak Unggas

Berternak bisa jadi hobi yang menyenangkan dan tentunya mendatangkan uang.

Jenis unggas yang bisa dipelihara dengan mudah adalah seperti ayam dan bebek. Selain perawatannya yang tidak begitu sulit, konsumsi ayam dan bebek juga cukup tinggi di Indonesia sehingga dipastikan akan terus laku.

25. Ternak Ikan

Selain ternak unggas, ternak ikan juga bisa jadi pilihan usaha sampingan karyawan.

Ternak ikan seperti nila atau lele tidak membutuhkan tempat yang begitu luas, kamu bisa menggunakan media drum agar lebih simpel. Ternak ikan adalah bisnis yang potensial dan kamu sudah bisa panen dalam waktu sekitar 3 bulan. 

26. Jual Ikan Hias

Bukan hanya ikan ternak, budi daya ikan hias juga tidak kalah potensial, apalagi hobi memelihara ikan ini sangat umum dan peminatnya juga dari berbagai kalangan. Pemeliharaan ikan hias juga tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas karena media utamanya adalah akuarium.

27. Bisnis Tanaman Hias

Punya hobi berkebun? Coba bisnis tanaman hias yang semakin hits belakangan ini.

Harga tanaman hias ini beragam, bahkan ada yang bisa mencapai jutaan rupiah. Apabila ingin mendapat keuntungan lebih banyak, coba untuk budi daya tanaman yang lebih langka, tapi kemungkinan perawatannya juga akan lebih sulit.

28. Makanan dengan Sistem DO

Ide usaha sampingan karyawan selanjutnya adalah berjualan makanan dengan sistem delivery order (DO). Sistem ini dianggap lebih praktis karena kamu tidak perlu menyediakan tempat untuk dine in.

Proses delivery makanan bisa dilakukan sendiri atau bisa juga melalui aplikasi delivery makanan yang sudah banyak tersedia. Kamu bisa bermitra dengan keluarga atau teman yang memiliki waktu dan kemampuan untuk memasak untuk menjalankan bisnis ini.

29. Katering

Selain menjual makanan dengan sistem delivery, kamu juga bisa bermitra dengan keluarga atau teman untuk bisnis katering. Jenis katering sendiri ada banyak. Apabila tidak ingin mengganggu pekerjaan sehari-hari, lebih baik pilih katering yang menyediakan makanan untuk acara seperti lamaran, pernikahan, atau acara lainnya yang diselenggarakan di akhir pekan atau hari libur.

30. Bisnis Dropshipper

Bisnis lain yang bisa dilakukan sebagai sampingan adalah bisnis dengan sistem dropship.

Sama seperti program afiliasi, kamu hanya perlu mempromosikan sebuah produk. Bedanya adalah uang didapatkan bukan dari komisi, melainkan dari mark up harga untuk setiap produk yang dijual.

Kamu bisa menjalani usaha ini tanpa menyita banyak waktu karena kamu tidak perlu mengurus sistem produksi, bahkan pengiriman juga diurus oleh pihak supplier. Jenis barang yang bisa dijual dengan sistem ini beragam, mulai dari produk fashion hingga perlengkapan rumah tangga.

31. Bisnis Reseller

Bisnis sebagai reseller juga tidak kalah praktis dengan dropship karena kamu tidak perlu memikirkan proses produksi. Bedanya adalah kamu harus mengurus pengiriman ke pelanggan.

Biasanya harga yang diberikan untuk reseller lebih murah sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar ketika menjadi reseller.

Itu dia berbagai ide usaha sampingan untuk pekerja kantoran yang bisa kamu coba. Pilihlah bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan tidak mengganggu pekerjaan utama kamu.

Ketika memulai bisnis, punya website untuk jualan adalah hal yang penting. Kamu bisa buat toko online jadi lebih profesional dengan buat website di Praktisidigital. Butuh modal berapa? Jawabannya gratis!

Segera daftar di Praktisidigital. Tanpa syarat apapun, kamu bisa langsung jualan online setelah upload minimal 3 produk!