Apa Itu Wirausaha? Pengetian, Karakteristik, dan Tips Sukses


Wirausaha adalah salah satu profesi impian banyak orang. Memang tidak semua orang cocok bekerja sebagai karyawan dan lebih memiliki passion untuk membangun perusahaan sendiri. Kamu juga tertarik? Sebelumnya ketahui lebih dulu pengertian, karakteristik dan tipsnya!

Apa Itu Wirausaha?

Wirausaha adalah seseorang yang menjalani kegiatan bisnis mandiri meliputi penciptaan produk baru, cara produksi baru penyusunan operasi untuk pengadaan produk baru, pemasaran, dan permodalan. Seorang usahawan mengandalkan kreativitas dan inovasi untuk dapat mengembangkan bisnisnya.

Bukan hanya menciptakan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tapi profesi ini juga membuka lapangan kerja baru.

Contoh wirausaha sangat beragam, mulai dari yang menjual produk berbentuk barang seperti makanan, pakaian, dan lain lain, hingga yang menjual jasa seperti bengkel, laundry, dan masih banyak lagi.

Ciri-Ciri atau Karakteristik Wirausaha

Tentunya tidak mudah untuk menjalani keseluruhan proses bisnis, sehingga dibutuhkan berbagai kriteria untuk dimiliki seorang yang terjun di profesi ini. Berikut adalah berbagai karakteristik dan ciri-ciri wirausaha:

  • Punya kreativitas tinggi dan selalu dapat berinovasi.
  • Mampu mengambil keputusan dengan bijak dan berani mengambil risiko.
  • Memiliki pemikiran jangka panjang.
  • Hemat, tidak konsumtif, dan dapat mengelola keuangan dengan baik.
  • Pekerja keras dan berkemauan keras.
  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.
  • Mampu memotivasi diri sendiri dan juga tim yang bekerja bersamanya.
  • Solutif dalam menghadapi setiap masalah dan tantangannya.
BACA JUGA :  Revenue: Jenis, Contoh, Sumber, dan Beda dengan Income

Apabila kamu memiliki karakter di atas, artinya kamu sudah memiliki modal dasar untuk jadi seorang pebisnis. Meskipun begitu, tentu kamu tidak hanya berpatok dengan karakter di atas saja, masih ada banyak lagi kualitas baik yang harusnya dimiliki seorang pelaku bisnis.

Baca Juga: Apa Itu Entrepreneur? Ini Pengertian dan Karakteristiknya

Tips Menjadi Wirausaha Sukses

Jika ingin bisnis berjalan lancar dan sukses, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Tetapkan Mindset

Sebelum bertindak, kamu harus lebih dulu berpikir layaknya seorang pebisnis. Cobalah untuk mengambil inspirasi dari rekan lain atau orang yang sudah sukses dalam berbisnis.

Gali apa saja mindset mereka yang bisa membantunya untuk menjalani bisnis hingga sukses. Cara ini akan sangat membantu kamu dalam menerapkan pola pikir yang baik untuk kelangsungan bisnismu.

2. Kerja Keras dan Disiplin

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pekerja keras adalah salah satu karakteristik wirausaha yang sangat penting. Membangun perusahaan sendiri memang tidak mudah dan akan menemui berbagai rintangan. Maka dari itu, dibutuhkan kerja keras agar apa yang diimpikan dapat terwujud.

Pebisnis juga harus memiliki disiplin yang tinggi, bahkan lebih dari seorang karyawan. Kamu harus bisa mendisiplinkan diri sendiri dan orang yang bekerja denganmu agar bisnis dapat berjalan lancar.

3. Berpikir Bijak tentang Modal

Benar memang bahwa modal bukan yang utama dalam bisnis. Jadi jangan langsung putus asa ketika tidak memiliki modal usaha. Hal yang pertama harus kamu miliki adalah konsep dan ide yang matang.

Setelah ide sudah matang, kamu bisa mencari modal dengan berbagai cara. Pencarian modal ini tentunya harus dilakukan dengan cermat dan bijak. Jangan sampai nantinya bisnis menanggung hutang yang terlalu memberatkan.

BACA JUGA :  Fixed Cost dan Variable Cost: Arti, Perbedaan, Contoh, dll

4. Perluas Networking

Networking yang luas ini berguna bagi siapa pun, termasuk pelaku usaha. Semakin banyak orang yang dikenal, semakin besar juga kesempatan untuk mengembangkan bisnis.

Networking yang luas bukan hanya membantu mendapatkan pelanggan baru, tapi juga mitra hingga investor.

5. Miliki Tujuan yang Jelas

Seorang wirausaha harus memiliki goals atau tujuan yang jelas agar tahu apa yang akan dicapai. Apabila tujuan jelas maka kamu juga akan dengan mudah bisa menyusun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

6. Pilih Rekan Bisnis Terbaik

Jika membutuhkan partner bisnis, pilihlah rekan dengan cermat. Tidak bisa sembarangan memang menjadikan seseorang sebagai rekan bisnis. 

Kalian harus bisa saling melengkapi dan juga saling percaya. Hindari memiliki rekan yang punya karakter yang dirasa tidak cocok untuk bekerja bersama.

7. Berani Bertindak dan Penuh Perhitungan

Seorang pebisnis memang harus berani mengambil risiko tapi bukan berarti dapat bertindak sembarangan. Setiap keputusan yang diambil tentunya harus melalui perhitungan yang matang sehingga tidak merugikan di kemudian hari.

Bertindak secara cepat juga penting untuk dilakukan agar tidak ketinggalan dari pesaing bisnis yang lain.

8. Harus Percaya Diri

Seorang wirausaha harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Kepercayaan diri ini juga yang nantinya akan membantu dalam hal pengambilan keputusan.

Selain itu, sikap percaya diri ini juga sangat dibutuhkan karena seorang pebisnis akan harus menjadi pemimpin yang harus bisa memotivasi para pekerjanya untuk dapat bekerja dengan baik.

9. Ingat Bahwa Sukses Butuh Waktu

Seorang usahawan harus selalu ingat bahwa kesuksesan itu bukan hanya butuh usaha, tapi juga waktu. Jangan langsung berpikir bahwa kamu dapat sukses dalam waktu singkat. Jangan juga langsung menyerah apabila tidak cepat mendapatkan hasil yang diinginkan. 

BACA JUGA :  Influencer: Jenis, Manfaat untuk Bisnis, Cara Memilih, dll

10. Mengenali Pelanggan

Salah satu kunci sukses bisnis adalah mengenali pelanggannya. Ini akan memungkinkan bisnis untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan memberikan pelayanan terbaik. 

Apabila tidak mengenali pelanggannya, bisnis bisa menjadi tanpa arah.

Itu dia pengertian wirausaha, karakteristik, dan tips agar sukses yang bisa kamu terapkan. Memang tidak mudah untuk menjalaninya, tapi ketika kamu memiliki passion di bidang ini maka kamu akan dapat menikmati semua proses saat menjalaninya. 

Tips lain yang bisa kamu lakukan agar bisnis sukses adalah dengan membuat website untuk bisnismu. Selain mempermudah transaksi, kamu juga jadi bisa memperluas pemasaran produk.

Buat website bisnis kamu sekarang juga dengan gratis di Praktisidigital. Kamu bisa langsung berjualan tanpa perlu memikirkan coding dan setting apa pun.