Apa Itu Virtual Account (VA)? Defisini, Cara Bayar, dll


Salah satu metode pembayaran yang paling diminati saat ini adalah virtual account (VA). Pembayaran satu ini dianggap sebagai salah satu metode pembayaran paling efisien dan mudah terutama untuk yang suka belanja online. Kira-kira kenapa metode pembayaran yang satu ini diminati dan wajib ada di toko online kamu?

Apa Itu Virtual Account?

Arti virtual account adalah nomor rekening virtual yang dikeluarkan bank atas permintaan perusahaan tertentu untuk digunakan sebagai nomor rekening penerimaan. Istilah dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai akun virtual.

Satu nomor virtual account biasanya akan tetap sama untuk satu pengguna selama mereka bertransaksi di toko online yang sama atau bisa juga berubah untuk setiap transaksi. Metode pembayaran ini tak hanya untuk toko online, tapi juga bank digital, layanan keuangan online, dan bahkan layanan pemerintah juga memanfaatkan metode pembayaran ini. 

Kelebihan Virtual Account

VA menjadi cukup marak digunakan karena dianggap lebih praktis dibandingkan dengan metode transfer, COD (cash on delivery), atau pembayaran melalui merchant ketiga. Selain itu, virtual account juga menawarkan fitur pengecekan otomatis. Jadi, pengguna tidak perlu lagi mengunggah bukti transfer mereka karena keunikan tiap kode virtual ini.

Keunikan kode ini membuat kasus salah transfer atau salah pembayaran juga bisa diminimalisir. Jadi tidak ada lagi tuh salah ketik nomor rekening atau nominal pembayaran karena biasanya jumlah pembayaran yang harus dilakukan pun sudah secara otomatis muncul di layar pembayaran atm atau aplikasi mobile banking

Pembeli tidak perlu lagi direpotkan dengan berkendara ke bank atau mengantre di teller. Tak perlu juga pergi ke merchant pembayaran lain, cukup di rumah melalui aplikasi online banking atau mencari ATM terdekat, selain itu metode pembayaran dengan virtual account ini adalah yang paling murah tanpa tambahan biaya apa pun, alias gratis.

Terutama di masa pandemi seperti ini kita juga tidak akan direpotkan dengan keharusan kontak langsung saat melakukan pembayaran ke kurir ketika memilih sistem pembayaran COD. Kita juga tidak perlu memasukkan kode unik saat memasukkan nominal pembayaran, sungguh memudahkan kita dalam bertransaksi, bukan? Belanja online jadi semakin mudah dan nyaman dengan fitur pembayaran yang semakin modern.

Cara Mendapatkan Virtual Account

Bagaimana cara mendapatkan nomor virtual account kita sendiri? Ketika akan melakukan pembayaran di e-commerce maupun pembayaran online lainnya, kita akan diminta untuk memilih metode pembayaran. Salah satu metode pilihannya adalah dengan melalui virtual account. Biasanya terdapat beberapa pilihan bank yang bisa kita manfaatkan. 

Kita bisa memilih bank mana yang sesuai dengan kebutuhan kita. Ingat ya, tiap bank akan mengeluarkan virtual account-nya masing-masing jadi kemungkinan besar kode pembayarannya akan berbeda.

Sama halnya ketika kita ingin top up saldo dompet digital, kita akan dihadapkan dengan berbagai pilihan metode pembayaran, akun virtual ini adalah salah satu pilihan yang paling praktis ketika ingin melakukan isi ulang saldo secara cepat. 

Ada baiknya pilihan yang akan kita lakukan disesuaikan terlebih dahulu dengan bank yang kita miliki karena metode pembayaran ini tidak memungkinkan untuk dilakukan bila tidak sesuai dengan bank yang dipilih. Jadi artinya BRI VA tidak bisa dibayarkan melalui bank BCA atau sebaliknya. Hal itu juga berlaku di mesin ATM, kode VA BNI tidak bisa dibayarkan melalui atm bank Mandiri atau pun ATM bank lain, selain BNI itu sendiri.

Perlu diketahui juga, website pemerintah biasanya hanya bekerja sama dengan bank BUMN untuk pembayarannya, jadi jika kamu tidak memiliki akun bank negara, ada baiknya melakukan pembayaran pajak, BPJS, atau tagihan lainnya melalui e-commerce atau memilih metode pembayaran lain.

Cara Pembayaran Virtual Account

Pembayaran dengan akun virtual ini sangat mudah sekali. Apabila pembayaran dilakukan melalui ATM BNI/BRI/Mandiri/BTN, berikut tata caranya:

  1. Masuk ke menu pembayaran.
  2. Cari pilihan pembayaran dengan virtual account, bila tidak ada silakan ke metode pembayaran lain sampai ada menu virtual account (BRIVA untuk pengguna BRI).
  3. Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan nomor VA.
  4. Klik ya/lanjutkan.
  5. Lalu jumlah pembayaran harus harus dilakukan akan muncul secara otomatis.
  6. Tekan ya/setuju/benar.
  7. Pembayaran telah selesai dilakukan.

Pada beberapa bank, menu ini biasanya terdapat pada menu utama transfer, kemudian sesama bank, lalu akan muncul opsi virtual account. Tidak perlu bingung bila mesin ATM atau aplikasi banking kita tidak menampilkan opsi ini karena kemungkinan besar mereka menggunakan istilah lain untuk fitur ini.

Khusus untuk kamu yang sedang merintis usaha, ada baiknya menyediakan metode pembayaran melalui virtual account karena kemudahan dan kecepatan transaksinya. Sebagai penjual pun kamu bisa dengan mudah melacak pemasukan karena transaksi akan tercatat secara otomatis langsung ke akun bank atau ke akun penjualan jika melalui e-commerce.

Tersedia pembayaran melalui virtual account di Praktisidigital dari bank dan jaringan bank mulai dari BCA, Mandiri, BNI, Permata, BRI, Danamon, ATM Bersama, Alto, dan Prima. Selain itu, tersedia juga pembayaran dari dompet digital seperti OVO dan Shopeepay. Kamu bisa memilih metode pembayaran ini bersama dengan metode lainnya, jadi pembeli juga memiliki pilihan pembayaran yang cukup bervariasi.

Tunggu apa lagi? Segera daftar di Praktisidigital untuk buat website agar bisa meningkatkan pelayanan toko online kamu dengan berbagai pemilihan metode pembayaran.