11 Keuntungan Menjadi Reseller Online, Bisnis Tanpa Modal!


Keuntungan menjadi reseller tisak kalah banyak dengan menjadi distributor atau penjual tangan pertama. Menjadi reseller cocok untuk kamu yang ingin mulai usaha tanpa perlu memproduksi barang sendiri dan memiliki modal kecil. Tertarik? Yuk, kita bahas apa saja yang bisa kamu dapatkan!

Keuntungan Menjadi Reseller Online

1. Tidak Perlu Modal Besar

Sebagai reseller kamu tidak memerlukan modal besar, ini adalah keuntungan utamanya. Kamu hanya perlu mencari supplier atau distributor utama yang produknya menarik untuk dijual kembali. Nah, kamu bisa menghubungi mereka lalu mengajukan penawaran untuk menjadi reseller

Biasanya supplier sudah menyiapkan paket reseller dengan harga lebih murah, sehingga kamu bisa menjual barang tersebut dengan harga yang bisa tetap bersaing di pasaran. Jika kamu tidak memiliki modal yang besar, kamu bisa menggunakan sistem pre-order untuk mengumpulkan modal.

2. Produk Sudah Siap Dipasarkan

Kelebihan menjadi reseller yaitu kamu tidak perlu pusing memikirkan produk apa yang mau dijual dan bagaimana cara produksi produk tersebut.

Kamu tidak perlu mendesain produk kamu, kamu cukup mencari produk apa yang sedang laku di pasaran, yang menarik untukmu, atau yang bisa membawa untung besar.

3. Tak Perlu Memiliki Toko Fisik

Saat ini menjadi reseller lebih menguntungkan bila dilakukan secara online karena pembeli online lebih aktif dan banyak. Kamu tidak perlu punya toko fisik untuk memasarkan barang, cukup dengan akun marketplace atau website kamu sendiri.

Selain itu, kamu bisa terus terhubung dengan supplier melalui aplikasi pesan instan atau media sosial, tidak perlu setiap hari mengunjungi mereka untuk mendapatkan barang atau mengecek stok.

4. Tidak Membutuhkan Tempat Besar

Kamu tidak memerlukan tempat yang begitu besar karena kamu tidak butuh tempat untuk produksi, tapi cukup sediakan tempat untuk menyimpan stok barang.

Sebaiknya kamu juga tidak menyetok barang terlalu banyak sebagai reseller. Kamu harus pintar melihat permintaan pasar untuk dapat menyetok barang yang tepat.

5. Bisa Mengelola Toko dari Mana Saja

Kebanyakan reseller mengelola toko secara online, sehingga toko bisa dikelola dari mana saja.

Jika kamu tidak ingin repot, kamu juga bisa menjual kembali barang supplier dengan sistem dropship, yaitu pengiriman di-handle oleh supplier dan kamu hanya perlu memasarkan produk secara online. Sistem satu ini lebih memungkinkan kamu lagi untuk dapat mengelola toko dari mana saja.

6. Fleksibel Mencari Supplier Lain

Biasanya reseller tidak terikat kontrak pasti dengan supplier, jadi kamu bisa mencari supplier lain bila merasa ada penawaran barang yang lebih murah atau pelayanan yang lebih baik. Hal ini juga bisa dilakukan supaya kamu bisa memiliki cadangan stok barang, bila ternyata supplier utamamu tidak dapat memenuhi pesananmu, kamu bisa mengambilnya dari supplier yang lain. 

7. Bisa Menjual Banyak Jenis Barang Sekaligus

Bila kamu mulai bosan menjual barang yang itu-itu saja, kamu bisa mulai mencari barang lain dan sekaligus mencari supplier-nya. Kamu tidak perlu terpaut pada satu barang saja. Jadi kamu juga bisa mengganti barang jualanmu dengan terus mengikuti tren.

8. Bisa Menentukan Harga Jual Sendiri

Biasanya kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah dari supplier, sehingga kamu bisa menentukan berapa harga jual kembali. Ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui harga pasar. Hal ini juga memudahkan kamu untuk melakukan perhitungan keuangan tokomu.

Terkadang harga dari supplier memungkinkan kamu untuk menjual barang dengan harga lebih rendah dari harga eceran supplier. Kamu bisa memanfaatkan harga ini untuk mengadakan promosi tokomu.

Baca Juga: 10 Cara Menjadi Reseller Sukses dengan Untung Besar

9. Sudah Punya Target Pasar dan Konsumen

Produk yang kamu akan jual sudah merupakan barang jadi, sehingga produsen sudah memikirkan target pasarnya.

Kalau kamu ingin menjadi reseller mainan anak-anak, produsen sudah mengetahui target pasarnya adalah anak-anak usia tertentu dengan ekonomi orang tua pada level tertentu. Kamu hanya tinggal berfokus pada kelompok masyarakat yang dimaksud.

Tentu saja memudahkan reseller dalam menjalankan promosi, bukan? Kamu tidak perlu mencari lagi target pasarmu.

Beberapa barang sudah memiliki konsumen atau pelanggan setianya sendiri. Sebagai reseller, kamu hanya perlu masuk ke lingkaran pada konsumen ini dan menawarkan barangmu. 

10. Mendapat Bimbingan dari Supplier

Supplier tentu saja juga diuntungkan dengan keberadaan reseller baru. Mereka akan berusaha supaya reseller mendapatkan banyak pesanan.

Biasanya, supplier akan mengadakan pelatihan-pelatihan dasar, seperti digital marketing, pemasaran secara langsung, atau bagaimana melayani pelanggan. Jadi, kamu tidak perlu berkecil hati bila belum punya pengalaman karena kamu bisa minta bimbingan ke supplier-mu.

11. Keuntungan yang Didapat Relatif Besar

Keuntungan menjadi reseller tidak bisa dianggap remeh. Jika kamu mengambil 5–10% keuntungan dari setiap barang yang kamu jual dan kamu bisa menjual puluhan bahkan ratusan barang dalam satu bulan, kamu bisa mendapat keuntungan yang besar.

Kuncinya adalah kamu harus tekun memasarkan produk dan tokomu, serta pintar-pintar mencari celah pelanggan yang bisa kamu masuki.

Sudah tahu segudang keuntungannya, apakah kamu masih ragu untuk mulai menjadi reseller? Yuk, mulai cari barang apa yang ingin kamu jual dan buat website toko online gratis di TokoTalk untuk mulai memasarkan produkmu sekarang!