19 Cara Jual Buah Online Segar, Tidak Cepat Busuk!


Bisnis jual buah online segar cukup menguntungkan dan patut dicoba. Mengingat perilaku konsumen saat ini mau belanja dengan cepat, mudah, praktis, dan hemat tanpa keluar rumah. Yuk, pahami cara jual buah segar online berikut ini! 

Cara Jual Buah Online Segar 

Mulai dari jual produk rumah tangga, pakaian, sembako, makanan, hingga buah-buahan bisa dilakukan secara online. Pebisnis harus mengikuti perkembangan teknologi dan pasar, di mana konsumen lebih cenderung belanja secara online sekarang. 

Konsumen suka belanja online karena kemudahan bertransaksi dan penawaran harga yang lebih terjangkau dengan kualitas sama baiknya. 

Bila kamu berniat berbisnis buah segar secara online, berikut ini beberapa tips dan caranya: 

1. Tentukan Jenis Buah

Pertama, kamu harus buat daftar buah apa yang akan dijual secara online. Buah yang tidak mengenal musim seperti apel, pisang, pir, anggur, melon, jeruk, dan semangka hampir selalu laris di pasaran. 

Lebih bagus lagi bila bisa menyediakan berbagai jenis buah lengkap, misalnya beberapa jenis apel (apel merah, apel hijau, apel malang, dll). 

Bagi pemula, kamu bisa coba jual beberapa jenis buah umum saja sambil belajar. Pelan-pelan kamu bisa melengkapi barang dagangan kamu sesuai permintaan.

2. Kerja Sama dengan Vendor Terpercaya

Kamu butuh vendor terpercaya, entah itu pedagang di pasar atau petani buah langsung. Kamu harus mendapat sumber buah segar yang bisa diandalkan, tepat waktu, dan tersedia setiap saat. 

Harga buah dari vendor juga biasanya lebih murah, jadi kamu bisa mendapat lebih banyak peluang keuntungan. Vendor juga membantu kamu memenuhi stok buah sesuai kebutuhan tanpa ribet. 

3. Mempelajari tentang Buah-buahan

Walaupun urusan kamu hanya fokus untuk jual buah online, penting juga untuk memahami ilmu tentang buah-buahan tersebut. 

Misalnya, jenis-jenis buah, bagaimana cara cek buah mentah dan matang, ciri-ciri buah yang manis, sudah mau busuk, umur simpan buah, cara membersihkan buah, dan mungkin juga cara mengolah buah. 

Bagaimana pun pasti akan ada konsumen yang bertanya seputar topik-topik tadi. Kamu harus berinteraksi dan memberi informasi yang tepat untuk konsumen, bukan semata-mata cari keuntungan. 

4. Bergabung dengan E-Commerce

Cara jitu jual buah segar online adalah dengan bergabung di e-commerce. Platform jualan online yang sudah menyediakan semua fitur yang kamu butuhkan. 

Ikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Kamu juga harus kreatif mengikuti program diskon atau gratis ongkir yang digalakan. 

5. Branding di Media Sosial

Perkenalkan brand kamu di media sosial. Beri tahun calon konsumen bahwa brand kamu menyediakan berbagai jenis buah segar dan bisa diantar langsung ke alamat mereka. 

Tonjolkan visual dari buah-buahan dengan konten gambar dan video. Beri informasi seputar kualitas buah dan manfaatnya juga. 

6. Buat Website Toko Online

Optimalkan bisnis online kamu dengan website toko online. Mengapa begitu? Website toko online akan meningkatkan kredibilitas brand kamu dibanding toko buah online lainnya. 

Kamu memiliki ruang lebih luas untuk memberi informasi produk dan promosi yang sedang berjalan melalui website toko online. Jangkauan bisnis dan target konsumen juga lebih luas.

Jangan khawatir, hubungi Praktisidigital untuk membuat website online yang mudah dan gratis. Kamu cukup daftar, unggah katalog, dan memaksimalkan peluang bisnis dengan website toko online

7. Buat Paket Buah

Buat kategori buah menarik sesuai dengan minat pasar. Misalnya:

  • Paket buah untuk diet. 
  • Buah enak untuk makan malam. 
  • Buah untuk sarapan sehat. 

Kamu bisa juga membuat paket buah dari porsi kecil dan harga lebih terjangkau atau porsi 2 orang dan seterusnya. 

Ini memudahkan konsumen untuk beli kombinasi buah segar yang sudah dikupas dan tinggal makan. 

8. Jual Parsel Buah

Sediakan parsel buah berbagai ukuran dan tema. Misalnya, parsel lebaran, parsel natal, parsel lamaran, parsel buah wedding, atau parsel buah untuk menjenguk orang sakit. 

Biasanya konsumen kesulitan memilih kombinasi apa saja yang cocok untuk parsel. Nah, kamu bisa hadir untuk memberi mereka solusi buah segar terbaik. 

Kategorikan juga dari harga paling rendah dan paling tinggi. Tentu saja kamu juga harus mengemas parsel dengan cantik atau sesuai dengan tren parsel saat ini. 

9. Terapkan Sistem Pre-Order

Mengingat umur simpan buah tidak lama, kamu bisa buka sistem pre-order. Artinya konsumen bisa pesan, pilih, dan bayar dulu, buah-buahan akan dikirim sesuai tanggal permintaan. 

Sistem pre-order cocok untuk mereka yang ingin pesan parsel buah, apalagi dalam partai besar. Selebihnya, kamu bisa pakai sistem ready stock untuk buah yang cepat laris seperti pisang, jeruk, atau apel. 

10. Sediakan Buah Musiman

Di Indonesia ada banyak jenis buah musiman yang lezat, seperti durian, rambutan, kedondong, nangka, jenis mangga tertentu, salak, manggis, jambu biji, dan lainnya. 

Terkadang orang mencari buah-buahan tersebut saat sedang tidak musimnya, misalnya ibu hamil yang sedang ngidam. 

Kamu bisa bekerja sama dengan petani buah atau bahkan penjual buah di luar kota untuk menyediakan buah tersebut. Ini bisa menjadi keunggulan toko buah online kamu dari kompetitor. 

11. Kerja Sama dengan UMKM

Tantangan pedagang buah adalah bagaimana menyiasati buah yang tidak berhasil terjual dan buah-buahan yang mulai tidak segar lagi. Terlalu sayang bila dibuang begitu saja, maka kamu bisa kerja sama dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lainnya. 

Misalnya, memberikan sisa buah yang tidak laku (atau jual dengan harga lebih murah) ke produsen atau industri rumahan untuk diolah jadi keripik buah, es krim, es buah, jus buah, sirop buah lokal, dodol buah, manisan buah, pakan hewan, atau produk lainnya yang bermanfaat. 

12. Kreatif dengan Jual Olahan Buah Juga

Sebaliknya, kamu bisa menampung olahan buah dari UMKM tersebut di toko buah online kamu. Kamu bisa juga menjual produk lain yang masih berhubungan dengan buah, misalnya rujak, keripik buah, selai buah, sate buah, dan sebagainya. 

13. Buat Strategi Promosi

Cara jual buah online agar laris harus dengan promosi. Itu bisa berupa diskon, potongan harga, cashback, atau hadiah gratis. 

Kamu bisa buat strategi jual buah kiloan yang lebih murah dari harga satuan. Potongan harga beberapa persen juga pasti menggiurkan konsumen kamu.

Keunggulan dari jualan online adalah banyak diskon untuk konsumen. Jadi, kamu harus pintar menghitung modal dan keuntungan kamu, jangan sampai diskonnya terlalu besar hingga kamu merugi. 

14. Buat Konten Menarik

Tantangan jualan online adalah bagaimana kamu bisa menarik perhatian calon konsumen dengan konten-konten menarik. 

Selain visual dari buah-buahan, buat audiens penasaran dengan copywriting yang manis atau caption yang mengundang. 

Misalnya, buat konten seputar: 

  • Tebak-tebakan buah. 
  • Pertumbuhan buah. 
  • Tanya jawab dengan followers
  • Fakta unik buah. 
  • Tren makan buah dari negara lain. 
  • Jenis buah langka. 
  • Giveaway
  • Buah favorit artis. 
  • Mungkin bila ada sejarah buah tersebut. 

Kamu bisa cari ide kreatif lain, ya. Kombinasikan konten foto, gambar, dan video pendek juga. Ikuti juga tren digital yang sedang viral saat ini untuk meningkatkan engagement. 

15. Beri Edukasi ke Konsumen

Bukan hanya konten menarik, tapi kamu juga harus menyajikan konten-konten informatif dan edukatif. Penjual buah bisa menjadi menjadi garda terdepan untuk kampanye makan buah setiap hari.

Pada deskripsi produk atau konten di website, kamu bisa membahas seputar kandungan nutrisi buah, manfaat buah, dan keuntungan konsumsi buah setiap hari. 

Itu nilai plus kamu dari toko buah online lainnya. Beri konsumen pemahaman untuk makan buah setiap hari dan kenapa harus beli buah di toko kamu. 

16. Kerja Sama dengan Influencer

Perkenalkan brand toko buah online kamu dengan bantuan influencers, artis, atau orang terkenal di media sosial. 

Influencers punya pengaruh cukup besar untuk memengaruhi para pengikutnya untuk menggunakan atau membeli produk yang dia promosikan. Pastikan bahwa mereka punya citra baik untuk mempromosikan brand kamu di platform mereka, ya. 

17. Buat Packaging yang Aman dan Menarik

Tren jualan online saat ini bukan cuma mengedepankan kualitas produk dan promosi, namun packaging juga jadi unsur penting juga. 

Lihat bagaimana packaging makanan atau produk saat ini terlihat sangat estetika, minim penggunaan plastik, dan sangat visual. 

Kemasan produk juga bisa jadi media iklan terselubung. Saat brand kamu punya kemasan produk yang bagus, konsumen bisa secara sukarela memotretnya dan mengunggah di media sosial mereka. 

Tidak sedikit konsumen yang terpengaruh untuk membeli sebuah produk karena kemasannya bagus. Di sini, kamu bisa menonjolkan warna buah dengan kemasan minimalis. 

Tulis informasi brand, alamat toko, website, akun media sosial, dan juga tagline brand di kemasan produk. Silakan kerja sama dengan desainer dan copywriter untuk menciptakan kemasan produk sebagai media promosi. 

18. Sediakan Berbagai Jasa Kirim

Tidak memungkinkan untuk mengirim buah dalam waktu berhari-hari, lebih baik sediakan opsi pengerimin same day atau kirim instan dengan jasa ojek online. Itu lebih aman dan cepat. 

Jangan sampai konsumen kecewa karena buah pesanannya tiba sangat lama atau buah rusak karena di terlalu lama di perjalanan. 

19. Jual Keperluan Lain Terkait Buah 

Bahan jualan utama memang buah-buahan segar, namun kamu mungkin bisa melengkapi barang dagangan dengan kebutuhan lain yang terkait. 

Misalnya, kamu bisa jual juga:

  • Pisau buah. 
  • Alat kupas buah praktis. 
  • Keranjang penyimpanan buah. 
  • Alat peras buah. 
  • Botol penyimpanan jus. 

Mungkin ada alat-alat pendukung lain yang terkait. Pikirkan apa produk lain yang biasanya konsumen beli saat membeli buah. Terus lakukan improvisasi dan belajar untuk berbisnis online. 

Jual buah segar online adalah ide bisnis potensial, terutama di masa pandemi ketika masyarakat harus membatasi diri keluar rumah. Plus, kesadaran untuk makan buah segar juga meningkat untuk menjaga sistem imun dan kesehatan secara keseluruhan. 

Itulah pembahasan tentang tips dan cara jual buah online bagi pemula. Ada peluang bisnis dan keuntungan bila kamu mau mencoba dan berusaha. 

Jangan lupa daftar Praktisidigital, lengkapi data diri, dan langsung upload minimal 3 produk untuk menikmati kemudahan jualan online! Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berbisnis!