11 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Bisnis, Efektif!


Cara meningkatkan loyalitas pelanggan bisa dilakukan dengan berbagai langkah. Setiap pelaku bisnis harus mengetahui bahwa pelanggan setia adalah investasi yang baik untuk kelangsungan sebuah bisnis. Berdasarkan hal tersebut, hal ini harus menjadi salah satu fokus utama dalam bisnis.

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar kesetiaan pelanggan dapat meningkat:

1. Buat Customer Loyalty Program

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan adalah dengan membuat customer loyalty program.

Setiap pelanggan yang melakukan transaksi akan mendapatkan rewards yang nantinya bisa ditukar dengan hadiah tertentu seperti produk gratis, potongan harga, atau hadiah menarik lainnya.

Tentunya ini akan membuat pelanggan merasa diapresiasi dan akan tertartik untuk melakukan transaksi terus-menerus.

2. Buat Program Referral

Cara selanjutnya juga tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama, yaitu dengan mengadakan program referral. Setiap pelanggan akan mendapatkan kode unik yang bisa diberikan pada orang-orang yang mereka kenal.

Nantinya setiap orang yang menggunakan kode tersebut akan mendapat keuntungan berupa potongan harga atau yang lainnya, pemilik kode juga akan mendapatkan yang sama. Jadi pelanggan akan menyebarkan kode tersebut seluar mungkin untuk mendapat banyak keuntungan.

Program satu ini menjadi salah satu strategi ampuh untuk mengakuisisi pelanggan baru dan tentunya mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

3. Gunakan Bahasa yang Baik

Banyak pelaku bisnis yang mungkin tidak menyadari bahwa gaya komunikasi yang digunakan akan sangat berpengaruh pada kesetiaan pelanggan. Jika ingin membuat pelanggan loyal maka penjual harus bisa membuat pelanggan terikat dengan brand.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahasa yang paling relevan dengan target pasar. Selain menunjukkan pelayanan yang baik, bahasa yang baik dan relevan dengan pelanggan ini bisa menciptakan keakraban.

4. Transparan kepada Konsumen

Cara meningkatkan loyalitas pelanggan selanjutnya adalah dengan selalu transparan pada pelanggan. Setiap ada kendala pada layanan atau produk, sebisa mungkin infokan pada pelanggan sebelum mereka bertanya-tanya.

Jangan lupa juga untuk meminta maaf atas kendala yang terjadi tersebut. Keterbukaan ini akan membuat pelanggan merasa dihargai dan dapat terus percaya pada brand kamu.

5. Pastikan Pelayanan Berjalan Baik

Semua pekerja tentunya memang harus bekerja dengan baik. Khusus untuk bagian pelayanan yang berhubungan langsung dengan pelanggan, tentunya perlu menguasai kemampuan komunikasi yang baik.

Pasalnya bagian ini lah yang merepresentasikan sebuah brand atau bisnis. Selain memiliki pengetahuan tentang produk yang dijual ini, bagian pelayanan juga harus bisa menjawab setiap pertanyaan pelanggan yang beragam dengan baik.

6. Beri dan Ingatkan Promosi

Memberikan promo secara rutin bisa membuat pelanggan setia terhadap brand, apalagi jika promosi yang diberikan khusus yang relevan dengan pelanggan. Misalnya, beri promo berdasarkan produk yang pernah dibeli atau berdasarkan metode pembayaran yang biasa digunakan.

Menggunakan promo khusus seperti ini akan meningkatkan kemungkinan pelanggan memanfaatkannya.

7. Survei Kepuasan Pelanggan

Meskipun di beberapa e-commerce sudah ada fitur review produk, tapi sering kali pelanggan tidak menggunakan fitur ini. Kamu juga bisa membuat survei kepuasan pelanggan untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengalaman belanja dari sisi pelanggan. Hasil survei ini akan membantu kita untuk dapat meningkatkan pelayanan yang nantinya juga akan berpengaruh pada kepuasan pelanggan.

8. Layani Komplain Pelanggan dengan Baik

Cara meningkatkan loyalitas pelanggan selanjutnya adalah dengan melayani komplain dengan baik. Baik kendala atau kerusakan produk diakibatkan oleh penjual atau pembeli, pembeli tetap harus menanggapi pelanggan dengan baik.

Selanjutnya, pembeli akan membantu pelanggan untuk mengatasi kendala yang dialami tersebut dan membantu mencari tahu penyebabnya. Selanjutnya baru dapat dicari solusi yang terbaik untuk kedua belah pihak.

Apabila komplain pelanggan tidak dilayani dengan baik. Tentu pelanggan akan kecewa dan tidak akan kembali lagi.

9. Respons Pelanggan dengan Cepat

Menjadi fast response bisa menjadi salah satu keunggulan penjual. Semakin cepat menanggapi pelanggan maka akan semakin dianggap baik pelayanan suatu bisnis. 

Memang tidak semua bisnis mampu untuk membuka layanan 24 jam, tapi paling tidak kamu harus cepat menanggapi pelanggan sesuai dengan jam operasional yang sudah ditentukan.

Pelanggan juga harus mengetahui dengan jelas kapan waktu libur dan tutup toko sehingga tidak merasa diabaikan ketika tidak mendapatkan tanggapan dengan cepat.

10. Sediakan Berbagai Metode Pembayaran

Semakin hari metode pembayaran semakin beragam. Ternyata mau tidak mau ini juga berpengaruh pada kesetiaan pelanggan.

Apabila kita tidak terbuka dengan berbagai inovasi metode pembayaran ini, bisa jadi pelanggan akan berpindah ke brand lain yang dianggap lebih memberikan kemudahan dalam pembayaran.

11. Jalin Hubungan Lewat Media Sosial

Media sosial bukan hanya menjadi tempat untuk memperkenalkan produk, tapi semakin banyak brand yang memanfaatkannya untuk menjalin relasi kuat dengan pelanggan. 

Banyak brand yang membuat pelanggannya diperlakukan sebagai teman sehingga mereka cenderung menjaga hubungan dengan brand tersebut. Informasi pun jadi lebih cepat sampai ke pelanggan dengan gaya hubungan yang seperti ini.

Sekian informasi tentang cara meningkatkan loyalitas pelanggan. Selalu ingat bahwa ini merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh sebuah brand jika ingin terus maju.

Ada banyak cara untuk memperluas jangkauan bisnis. Salah satunya adalah dengan berjualan melalui website toko online. Yuk, buat website bisnis kamu sekarang juga lewat Praktisidigital. Bebas biaya dan tanpa ribet karena tak perlu coding atau setting apa pun!