23 Ide Bisnis di Daerah Sepi yang Bisa Untung Besar


Kamu tetap bisa memulai peluang bisnis di daerah sepi. Misalnya, memproduksi suatu bisnis dan mengirimnya ke luar wilayah atau bisa fokus pada konsumen tertarget untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di lokasi yang sepi tersebut. Yuk, cek apa saja peluang bisnis di lokasi yang sepi! 

Rekomendasi Ide Bisnis di Daerah Sepi

Berpikir bahwa bisnis hanya kan laris bila berlokasi di daerah yang raman penduduk dan strategis? Itu mungkin benar tapi tidak menutup kemungkinan ada peluang bisnis di lokasi yang sepi juga. 

Pasalnya, tetap akan ada penduduk di wilayah yang sepi dan mereka akan membeli berbagai kebutuhan sehari-hari. Tetap ada peluang bisnis di sana, seperti potensi laris untuk membuka toko kelontong, toko sembako, dan bisnis kuliner. 

Lokasi yang sepi juga sering dijadikan target lokasi bisnis karena lingkungannya cocok–seperti untuk bisnis peternakan, budidaya, atau pertanian, dan sebagainya. 

Sementara pembangunan di berbagai wilayah sedang diupayakan, banyak lokasi yang dulunya sepi sekarang mulai ramai dan menumbungkan perputaran ekonomi dan jenis bisnis baru yang menjanjikan. 

Kamu bisa menjadi pengusaha pioner di lokasi tersebut dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan daya beli penduduk sekitar. 

Berikut ini beberapa peluang bisnis di lokasi sepi yang cukup menjanjikan:

1. Bisnis Online

Bisnis online memungkinkan kamu untuk jualan dari mana saja dan kemana saja. Kamu tidak terikat dengan fakta apakah lokasi bisnis kamu strategis atau tidak, sehingga sangat masuk akal kamu bisa memulai bisnis online jenis apapun di wilayah yang sepi. 

Hal yang terpenting kamu harus mengembangkan bisnis dengan pendekatan digital marketing. Mulai dari memanfaatkan media sosial untuk promosi, jualan di marketplace, juga mengoptimalkan bisnis online dengan website toko online

Konsumen kamu bisa mengakses dan transaksi jual-beli di website toko online. Kamu bisa bergabung di Praktisidigital, buat toko online gratis dengan fasilitas dan panduan bisnis online lengkap!

Selain itu, kamu bisa mengintegrasikan toko online kamu dengan digital platforms lainnya untuk buat iklan online dengan praktis, lho! Bebas pilih template sesuai dengan brand identity toko kamu, ada pilihan payment gateway, integrasi kurir, dan perangkat digital marketing yang memadai. 

Mau bisnis pakaian, mainan anak, skincare, produk lokal dari desa, atau bisnis makanan, kamu bisa menjalankan bisnis dari mana saja dengan optimal. Pelajari cara buat toko online dengan Praktisidigital lebih lanjut di sini! 

2. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah jenis bisnis yang berpotensi selalu laris dan menjanjikan. Memang ada tantangan tersendiri bila jual makanan di daerah sepi, namun kamu bisa memulainya setelah punya rencana yang matang. 

Lakukan analisis jenis makanan apa yang sekiranya akan laku, apakah itu makanan pokok, makanan daerah, camilan, atau makanan kekinian. Pahami siapa target konsumen kamu dan bagaimana daya beli mereka. 

Sesuaikan itu semua agar bisnis kuliner kamu relevan untuk target konsumen–baik dari jenis makanan, rasa makanan, dan harganya. Plus, bila makanan yang kamu jual enak dan terjangkau, pasti pengunjung dari jauh pun rela datang. 

Ingat bahwa semua orang suka makanan enak dan mereka cenderung akan berpetualang atau kembali lagi untuk mencoba makanan enak. Kamu juga bisnis kuliner secara online, lho! 

3. Toko Sembako

Toko sembako menyediakan produk-produk kebutuhan pokok lengkap. Di mana pun kamu berada, kamu akan selalu cari toko sembako untuk membeli kebutuhan sehari-hari. 

Jadi, toko sembako termasuk bisnis yang ideal, bahkan di kawasan sepi. Kamu juga membantu penduduk sekitar agar tidak perlu jauh-jauh membeli produk yang mereka butuhkan. 

Selebihnya, kamu sesuaikan dengan minat beli dan daya beli. Bisa menjual produk dalam bentuk eceran agar lebih terjangkau. 

Akan jadi ide yang bagus bila kamu buka toko-toko sembako satu-satunya di wilayah tersebut. Toko sembako kamu pasti akan selalu ada pembelinya. 

4. Bisnis Pom Bensin Mini

Di wilayah yang sepi, mungkin pom bensin jaraknya cukup jauh dan jarang. Kamu bisa membantu pengendara di wilayah sekitar dengan buka pom bensin mini. 

Kamu bisa ikut mendirikan bisnis franchise SPBU resmi dari Pertamina. Program ini bernama Pertashop, dalam rangka meningkatkan dan memenuhi pelayanan serta kebutuhan perusahan migas plat merah ini. 

Namun, modal yang dibutuhkan untuk bangun pom bensi mini Pertamina cukup tinggi. Sekitar Rp250 juta untuk Gold, skema Diamond Rp400 juta, dan skema Platinum sekitar Rp500 juta. 

Setiap daerah mungkin punya syarat dan peraturan berbeda yang diatur oleh Pertamina dan perangkat daerah setempat. 

5. Budidaya Tanaman

Bisnis di daerah sepi selanjutnya adalah budidaya tanaman, tepatnya bila kamu tinggal di kawasan perkebunan, pegunungan, atau punya cukup lahan subur. 

Ada beberapa jenis bisnis budidaya yang laris dijual, termasuk:

  • Tanaman hias. Jenis tanaman langka seperti Monstera Adansonii Variegata harga jualnya bisa mencapai jutaan hingga belasan juta. 
  • Tanaman obat. Jenis rempah-rempah dan daun herbal juga banyak dicari dan harganya lumayan tinggi. 
  • Tanaman hasil pertanian. Berbagai jenis sayuran, buah, dan bumbu. 
  • Tanaman hidroponik. Bisa berupa tanaman hias atau hasil pertanian seperti cabai, bawang, tomat, dll. 
  • Tanaman organik. Banyak konsumen yang beralih ke sayuran organik karena diklaim lebih sehat. 

Tentunya kamu harus punya keahlian berkebun dan bertani. Plus, belajar bisnis juga untuk menjual hasil panen kebun kamu warga sekitar atau ke luar kota. 

6. Bisnis Peternakan

Kamu bisa memulainya dari modal kecil (ratusan ribu) dengan ternak skala kecil. Harus belajar ilmu peternakan, termasuk pembibitan, perawatan, dan pengembangbiakan. 

Beberapa jenis bisnis peternakan yang bisa kamu kembangkan di daerah sepi:

  • Ternak lele 
  • Ternak jangkrik 
  • Ternak ikan hias 
  • Ternak burung puyuh 
  • Ternak semut kroto 
  • Ternak kelinci 
  • Ternak ayam 

Bila punya modal yang lebih besar, kamu bisa mencoba ternak kambing atau ternak sapi. 

Lokasi sepi seperti pedesaan sangat ideal untuk bisnis peternakan karena ada lahan yang luas, makanan organik, udara bersih, dan jauh dari penduduk sehingga hewan ternak kamu tidak mengganggu atau diganggu. 

Selanjutnya, kamu juga harus belajar cara menjual hewan ternak atau hasil dari peternakan baik ke pasar, vendor, atau konsumen di luar kota. 

7. Budidaya Ikan 

Peternakan ikan juga lebih ideal dikelola di wilayah pedesaan yang sepi. Tentunya kamu harus belajar serba-serbi ternak ikan. 

Analisis jenis ikan apa yang laku untuk diternakan, seperti ikan lele, ikan nila, ikan gurame, dan lainnya. Selain dijual ke pasar, hasil budidaya ikan bisa kamu jual ke warung makan atau restoran. 

8. Budidaya Jamur

Budidaya jamur termasuk peluang di desa yang menguntungkan. Berdasarkan beberapa sumber, modal budidaya jamur kurang dari Rp10 juta tapi kamu bisa coba dengan skala yang lebih kecil sebagai permulaan. 

Sesuaikan dengan peluang, ada budidaya jamur tiram, jamur kuping, dan jamur merang. Silakan bereksperimen dan pelajari tekniknya. 

9. Bisnis Sayur dan Buah Organik

Tanaman organik adalah tanaman yang ditanam tanpa bahan kimia seperti pestisida insektisida, herbisida, nematisida, fungisida, dan rodentisida. 

Banyak konsumen yang memilih makan sayur dan buah organik karena lebih sehat. Kandungan vitamin, mineral, dan gizinya juga diklaim lebih tinggi. 

Kamu bisa memanfaatkan pekarangan rumah atau menanam dalam pot-pot kecil. Setelah berhasil menanam, tantangan sebernanya adalah untuk memasarkan dan menjualnya. 

10. Bisnis Pakaian

Pakaian juga kebutuhan pokok manusia, jadi bisnis pakaian di lokasi sepi pun tetap masuk akal. Namun, kamu harus menyesuaikannya dengan target konsumen kalian. 

Apakah mereka lebih butuh kaos, daster, pakaian anak, baju muslim, dan lainnya. Kamu bisa menjual dengan sistem arisan atau pun kredit.

Selebihnya, kamu bisa jual pakaian secara online untuk target pasar di luar lokasi kamu yang sepi.

11. Toko Elektronik

Kamu bisa mulai buka toko elektronik skala kecil. Misalnya, menjual alat elektronik yang umum seperti lampu, kabel-kabel, saklar, kipas angin, senter, remot, dan sebagainya. 

Untuk barang elektronik yang harganya lebih mahal seperti TV, LCD, atau mesin cuci, kamu bisa sediakan pembelian secara kredit. Sekaligus membuka jasa perbaikan dan reparasi alat elektronik, bila kamu menguasainya. 

12. Toko Jahit

Buka toko jahit sederhana untuk menjual benang, jarum, minyak pelumas, resleting, kancing, gunting, pita, payet, dan lain sebagainya. Sekaligus usaha sebagai penjahit rumahan atau jasa permak pakaian. 

Jasa permak pakaian sering dibutuhkan untuk mengatasi permasalah seperti baju robek, celana kebesaran atau kesempitan, pakaian yang rusak, atau merombak pakaian. 

13. Content Creator 

Siapa bilang menjadi content creator hanya untuk mereka yang tinggal di kota-kota besar? Siapa saja bisa menjadi content creator asalkan punya ide, inovasi, semangat, dan kemauan untuk belajar. 

Contohnya, kamu bisa membagikan cerita kehidupan di kota kamu yang wilayahnya cukup sepi. Bagaimana suasananya, lingkungannya, makanannya, tempat wisata setempat, tipe masyarakat, atau kebiasaan unik yang tidak ditemukan di daerah lain. 

Kamu juga bisa membagikan kegiatan kamu sehari-hari (daily vlog), hobi kamu, parodi, kemampuan bercerita, menyanyi, atau pandangan kamu akan suatu isu. Untuk itu, kamu harus memiliki karakter dan etika yang baik, juga belajar tampil dan bicara di depan umum. 

Sebagai pemula, kamu bisa gunakan device sederhana dan pilih media sosial yang nyaman untuk kamu pakai. 

Hal yang penting, kamu tidak membuat konten yang melanggar hukum atau etika, ya. Serta, ciptakan konten yang mendidik dan menghibur dengan cara positif. 

14. Fotografer Landskap

Bisnis di daerah sepi selanjutnya adalah fotografer lanskap atau pemandangan. Dengan asumsi lingkungan tempat tinggal kamu memiliki pemandangan bagus dan asri, kamu bisa menangkap gambar terbaik lalu bagikan di media sosial atau dijual secara online

Kamu bisa berkarya secara visual. Atau, kamu bisa foto keunikan di wilayah kamu, bagunan, dokumentasi budaya, atau kegiatan masyarakat setempat. Selain itu, kamu bisa jadi fotografer bagi wisatawan yang datang ke sana. 

15. Toko Souvenir Lokal

Bisnis toko cinderamata lokal lebih cocok bila kamu tinggal di sekitar tempat wisata. Meski sepi, tapi ada potensi wisata baik itu dari bangunan bersejarah, alam yang indah, atau keunikan lainnya. 

Biasanya, toko oleh-oleh menjual makanan tradisional, kaos dengan desain lokal, pernak-pernik, atau pun karya furnitur asli penduduk setempat. 

16. Toko Serba Ada

Peluang bisnis di daerah sepi selanjutnya adalah toko serba ada atau toserba. Toserba adalah toko/swalayan yang menjual berbagai kebutuhan seperti pakaian, makanan, kosmetik, peralatan rumah tangga, dan sebagainya secara eceran. 

Ini akan memudahkan penduduk setempat untuk mendapatkan barang kebutuhan mereka, tidak perlu mencari jauh-jauh ke luar daerah. 

17. Bisnis Jastip

Jastip adalah jasa titip. Artinya, kamu menawarkan jasa ke orang-orang yang ingin beli produk apapun di lokasi lain yang akan kamu tuju. 

Ini dapat membantu warga setempat untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan mereka. Kamu akan mendapat sejumlah komisi sesuai dengan kesepakatan. 

18. Menjadi Vendor Hasil Panen

Kamu bisa menjadi perantara antara petani dengan konsumen. Bertindak sebagai vendor atau mitra bagi petani, peternak, dan nelayan dengan aturan dan pembagian yang adil. 

Mereka bisa menemukan calon pembeli yang potensial dan kamu dapat komisi atas jasa kamu. Atau, kamu yang memasarkan hasil tanam kamu sendiri dalam sektor yang lebih luas. 

19. Toko Kelontong 

Toko kelontong menjual kebutuhan harian di luar sembako (walaupun bisa termasuk sembako juga), seperti perlengkapan mencuci, produk rumah tangga, ala-alat mandi, jajanan, pembersih rumah, dan sebagainya. 

Warung di tempat sepi pasti tetap akan laku oleh konsumen yang merupakan warga sekitar. Apalagi bila itu adalah satu-satunya toko kelontong di wilayah tersebut. 

20. Bisnis Dropship atau Reseller

Selanjutnya adalah bisnis dropship dan reseller secara online. Dropship hampir tidak butuh modal karena kamu hanya membantu mempromosikan dan menjualkan produk dari toko lain atas nama kamu, kemudian kamu mendapat sejumlah komisi. 

Sementara reseller artinya menjualkan kembali. Kamu butuh modal dan stok untuk memasarkan produk itu ke calon konsumen. 

21. Bisnis Koin Wifi

Koin Wifi adalah bisnis hotspot wifi yang dioperasikan dengan koin. Pengguna harus memasukan koin untuk mendapat kata sandi dan akses internet. 

Walaupun di wilayah sepi, bisnis ini bisa tetap jalan terutama bila ada anak-anak yang sedang dalam masa belajar sekolah online atau pun warga yang butuh sambungan internet dengan harga lebih terjangkau daripada beli paket internet sendiri. 

22. Agen Gas Elpiji dan Galon

Bisnis di daerah sepi selanjutnya adalah agen gas elpiji dan galon. Bagaimana pun, kedua barang ini termasuk dalam kebutuhan pokok sehari-hari.

Jualan gas elpiji selalu menguntungkan. Gas elpiji tidak ada masa kedaluwarsa dan selalu dibutuhkan masyarakat setiap saat. 

23. Bisnis Sewa Rumah atau Guest House

Bila lokasi kamu dekat dengan tempat wisata atau kampus, kamu bisa menyediakan sewa rumah atau bertindak sebagai guest house. Tentu saja bila kamu punya sisa ruangan di rumah yang tidak terpakai. 

Bisa kamu disewakan untuk wisatawan, pelajar yang sedang magang, atau mereka yang sedang mengerjakan projek kerja atau pendidikan di wilayah sekitar. Biasanya orang-orang dari luar daerah tertarik untuk tinggal di kota kecil untuk belajar budaya, wisata kuliner, menikmati suasana baru dengan kearifan lokal, dan sebagainya. 

Itulah beberapa peluang bisnis di daerah sepi yang bisa kamu coba. Selebihnya, optimalkan bisnis kamu dengan bisnis online sehingga kamu tidak terpaku hanya pada target konsumen langsung di wilayah sekitar. 

Kamu juga bisa memperkenalkan berbagai produk khas dari kota kecil kamu ke lingkup yang lebih besar dengan kualitas dan keunikan yang spesial. Jika usahamu bisa dipromosikan/dijual secara online, maka segeralah buat toko online profesional melalui Praktisidigital. Tersedia layanan gratis tanpa syarat dan dilengkapi banyak fitur!